Bastian Febri Visual Designer. Belakangan banyak membuat tulisan tentang design di Niagahoster.

Membuat Banner Iklan Efektif untuk Bisnis Anda

8 min read

Banner iklan bisa digunakan untuk mempromosikan website bisnis Anda agar lebih dikenal masyarkat luas.

Seperti yang diketahui, internet memiliki cakupan sangat luas dan dapat diakses oleh siapa saja di seluruh dunia. Bahkan, menurut internetworldstats.com, pengguna internet di seluruh dunia saat ini mencapai 3,631,124,813 orang.

Cakupan yang luas menjadikan internet sebagai media promosi efektif. Ini memang bagus untuk Anda, namun di sisi lain Anda juga perlu berhati-hati. Luasnya cakupan pengguna juga dapat berarti membanjirnya kompetitor. Agar dapat berhasil di sini, Anda perlu tampil menarik.

Nah, salah satu cara agar layanan Anda terlihat menarik adalah dengan menggunakan banner iklan.

banner iklan

Fungsi Utama Banner Iklan

Apa itu Banner ? Banner iklan adalah iklan menggunakan display grafis berbentuk seperti ‘spanduk’ yang dipasang pada halaman website. Pada dasarnya banner ads memiliki fungsi yang sama dengan kolom iklan pada media cetak. Perbedaan utamanya, calon pelanggan dapat berinteraksi secara langsung melalui banner ads, baik itu membeli maupun sekedar melihat produk yang diiklankan.

Banner iklan ini dapat Anda jadikan salah satu strategi marketing untuk memancing pengunjung masuk ke website layanan Anda, agar pengunjung dapat melihat berbagai produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Bahkan, banner iklan dapat membantu menciptakan brand image layanan Anda. Fungsi utama banner iklan bisa secara lengkap Anda lihat dalam ulasan berikut ini.

1. Alat Presentasi yang Fleksibel

Selain menghadirkan iklan berikut informasi kreatif dan menarik, banner iklan dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya terbatas pada gambar statis (tanpa animasi bergerak) iklan saja, Anda juga dapat menambahkan lebih banyak media untuk banner Anda seperti animasi, slideshow, dan media streaming guna meningkatkan brand awareness pengunjung.

2. Membangun Brand Perusahaan

Tak dapat dipungkiri bahwa membangun sebuah brand memerlukan strategi khusus agar dapat berhasil dengan baik. Nah, Anda membutuhkan promosi menarik serta kreatif agar calon pelanggan lebih tertarik dan dapat lebih mudah mengingat bisnis Anda. Banner iklan dapat menjadi cara Anda mewujudkan hal ini.

3. Meningkatkan Traffic Pengunjung

Bagi pemilik website, traffic atau statistik jumlah pengunjung website merupakan hal yang sangat penting. Semakin tinggi traffic, semakin tinggi pula potensi suatu website meraih keuntungan. Di sinilah fungsi banner iklan dalam meningkatkan jumlah traffic. Banner iklan yang dipasang di website lain (seperti iklan), akan membantu mendorong pengunjung mengklik banner untuk selanjutnya membawa pengunjung ke website Anda.

4. Menampilkan Informasi Khusus Lebih Menarik

Diskon dan promo spesial adalah salah satu cara efektif meningkatkan pendapatan. Nah, banner iklan dapat digunakan untuk menampilkan diskon, promo produk terbaru, hingga update layanan. Dengan cara ini, informasi layanan Anda dapat tampil lebih menarik.

Namun sayangnya, banner iklan website sering dianggap mengganggu tampilan halaman website. Misalnya, membuat loading halaman jadi lambat, mata pengunjung tidak fokus, merusak tampilan website, dan lain-lain.

Hal tersebut terjadi karena banner iklan website yang dikampanyekan belum maksimal dalam penyajiannya! Oleh sebab itu, apa yang perlu dilakukan agar sebuah banner iklan di website menjadi lebih efektif?

Baca juga: Cara Beriklan di Instagram Ads untuk Pemula

Tips Cara Membuat Banner Iklan Lebih Efektif

Ketika Anda menjalankan promosi iklan online, Anda akan dihadapkan pada tantangan seberapa efektif iklan yang Anda kampanyekan. Misalnya,  apakah para pengunjung website mengklik iklan tersebut? Ataukah mereka hanya mengacuhkannya, bahkan memblokirnya?

Biar kami beritahu sedikit rahasia, banner iklan harus memiliki daya tarik sempurna agar dapat tampil dengan efektif. Berikut adalah beberapa tips dalam membuat banner agar lebih efektif.

1. Perhatikan Struktur Utama Banner Iklan

Dalam mendesain sebuah iklan banner, ada struktur yang perlu Anda perhatikan agar banner iklan menjadi lebih efektif dalam mempromosikan bisnis Anda.

2. Logo Perusahaan

Jika iklan banner tidak menempatkan logo usaha Anda, calon pengunjung tidak akan tahu siapa Anda. Hal ini dapat berpengaruh pada enggannya mereka mengklik banner Anda.

Karenanya, memasang logo perusahaan dalam desain banner iklan sangatlah penting. Logo perusahaan dapat membangun kepercayaan serta brand awareness. Perhatikan juga proporsi penempatan dan ukuran logo, harus mudah terlihat dan terbaca sebagai logo atau identitas usaha Anda.

3. Pesan

Agar lebih efektif, pesan dalam iklan banner iklan harus singkat, padat, dan jelas. Pesan di sini merupakan tujuan yang ingin Anda sampaikan, apakah ingin memperkenalkan produk baru, diskon spesial, dan lain-lain. Selain itu, kami sangat menyarankan Anda menggunakan prinsip bahasa yang mendesak dan terbatas. Penjelasan mengenai hal ini akan kami bahas pada bagian lain ulasan ini.

4. Gambar Pendukung

Penggunaan gambar dan ilustrasi menarik yang sesuai dengan produk/layanan Anda mampu menyampaikan pesan jauh lebih efektif dibandingkan teks. Pastikan Selain itu menggunakan gambar dengan resolusi yang baik, akan menambah kesan profesional bisnis Anda. Untuk gambar dengan hasil yang lebih baik, Anda dapat menggunakan jasa fotografi atau menggunakan desainer untuk ilustrasi.

5. CTA (Call to Action)

CTA adalah tujuan yang ingin capai, seperti ajakan bagi pengunjung website untuk bertindak. Bentuk ajakannya bisa bermacam-macam, misalnya menghubungi, membeli, melihat produk, dan sebagainya.

CTA dapat berupa tombol ataupun hanya sebatas teks saja. Agar lebih efektif, CTA harus tampil lebih menonjol dari segi bentuk, tipografi, maupun warna. Hal ini dapat membuat poin ajakan Anda lebih mudah ditangkap oleh pengunjung website.

6. Warna

Menggunakan warna yang tepat untuk tombol CTA, background, maupun teks pesan dalam banner iklan adalah sangat penting, karena setiap warna dapat merangsang perasaan atau suasana hati orang yang melihatnya. Kombinasi warna yang efektif mampu meningkatkan daya tarik pengunjung untuk mengklik banner iklan tersebut. Selain itu penggunaan kontras warna juga harus diperhatikan, seperti kontras warna antara teks dan background, warna tombol, maupun warna brand usaha Anda.

Baca juga: Contoh Iklan Bisnis Online

Gunakan Standar Dimensi, Format, dan Ukuran Banner yang Efektif Dimensi

banner iklan

Dimensi Banner Iklan memiliki standar ukuran yang ditetapkan oleh IAB. IAB adalah singkatan dari International Advertising Bureau, organisasi periklanan berbasis di Amerika Serikat yang mengembangkan standar industri serta melakukan penelitian.

banner iklan

Nah, saat ini memang tersedia banyak publisher iklan di internet. Salah satu yang memiliki jumlah pengguna terbesar adalah Google AdSense. Karenanya kami menggunakan layanan ini sebagai acuan utama.

1. Format

desain banner iklan unik

desain banner iklan unik
Setelah melihat contoh banner iklan diatas, kita mengetahui bawah terdapat 2 format tampilan bersifat statis maupun dinamis yang dapat Anda tampilkan. Anda akan membutuhkan file dengan format JPG, PNG, GIF maupun SWF (Flash) untuk versi animasi. Perlu diingat bahwa tidak semua perangkat dapat menampilkan iklan banner. Karenanya, selalu pastikan iklan banner Anda berjalan dengan efektif pada perangkat yang Anda inginkan.

Begitu juga halnya ketika banner Anda berbentuk animasi. Durasi animasi perlu Anda perhatikan, terlebih karena pengunjung tidak memiliki banyak waktu untuk memperhatikan iklan tersebut.

2. Ukuran File

Ukuran file tidak boleh luput dari perhatian. Menurut ketentuan Google, file berukuran kecil akan lebih baik. Ukuran yang disarankan di sini adalah sebisa mungkin di bawah 150KB. File iklan yang terlalu besar dapat berpengaruh pada kecepatan loading maupun kinerja website Anda. Jika website Anda lambat diakses, kesempatan pengunjung untuk melihat tayangan iklan dapat berlalu begitu saja.

3. Perhatikan Kesederhanaan dan Keterbacaan

desain banner iklan online

Iklan banner yang tampil pada halaman website hanya memiliki beberapa detik untuk mendapatkan perhatian audiens sebelum mereka melanjutkan ke bagian halaman lain. Namun, seringkali pengiklan mencoba menampilkan sebanyak mungkin informasi ke dalam iklan banner. Bukannya berefek baik, pada akhirnya audiens malah kehilangan fokus pada informasi utama yang disampaikan dalam banner tersebut.

Untuk memastikan iklan banner efektif, aspek kesederhanaan serta keterbacaan komponen dalam banner harus terjaga. Tujuannya, agar audiens dapat langsung memahami apa yang ingin disampaikan dalam iklan tersebut.

Berikut adalah beberapa tips membuat banner iklan menjadi lebih sederhana.

• Gunakan teks singkat dan padat.
• Batasi penggunaan elemen gambar atau ornamen.
• Tidak perlu menggunakan banyak warna.

4. Fungsikan CTA dengan Tepat

desain banner iklan online

Mungkin unsur yang paling penting dalam iklan banner iklan adalah CTA (Call to Action). CTA adalah ajakan kepada audiens untuk melakukan suatu tindakan. Menggunakan kalimat standar seperti klik di sini mungkin tidak akan menarik perhatian banyak orang. Gunakan kata atau kalimat yang lebih spesifik, misalnya BUY NOW atau BELI SEKARANG jika Anda ingin mengarahkan mereka untuk membeli. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut (seperti mendapatkan leads) dari pengunjung Anda, gunakan kalimat spesifik seperti ISI FORMULIR atau DAFTAR SEKARANG.

Mengapa Call To Action penting untuk banner iklan Anda? Call To Action menjadi hal utama dalam mencapai tujuan konversi. Melalui CTA Anda dapat meminta audiens melakukan apa yang Anda inginkan. Jadi, hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah penyampaian agar pesan iklan tetap konsisten. Kemudian, kemas CTA agar terasa seperti sebuah ajakan yang menarik. Dalam prakteknya Anda dapat mencoba menggunakan tiga tips berikut ini.

• Usahakan Call To Action terlihat menonjol dengan warna terang
• Gunakan warna yang kontras dengan background
• Buat Call To Action dalam bentuk sebuah tombol

5. Gunakan Gambar/Ilustrasi yang Berkualitas

banner iklan berkualitas

Penggunaan gambar berkualitas dalam desain banner sangat penting karena dapat menambah kesan profesional dan meyakinkan audien. Seperti apa gambar/ilustrasi yang baik digunakan dalam sebuah desain banner iklan? Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang dapat Anda lakukan.

• Selalu pastikan untuk menggunakan gambar/ilustrasi yang relevan dengan produk maupun jasa.
• Perhatikan juga kualitas gambar yang digunakan, jangan pasang gambar berkualitas rendah seperti hasil download dari website lain.
• Resolusi gambar harus tinggi. Jangan gunakan hasil foto amatir, yang membuat gambar terlihat pecah dan tidak jelas.
• Apabila menggunakan stock foto, gambar maupun ilustrasi, pastikan Anda memiliki izin menggunakan stock tersebut sebelumnya, atau Anda akan digugat karena melanggar lisensi hak cipta karya orang lain.

6. Gunakan Prinsip Bahasa Mendesak

membuat banner iklan

Prinsip bahasa mendesak dan terbatas merupakan suatu cara untuk memengaruhi tindakan audiens melalui sisi psikologis. Sebelum mengambil keputusan pembelian produk, calon pelanggan tentu akan berpikir dan membuat pertimbangan terlebih dahulu. Di sini Anda dapat memengaruhi mereka untuk segera melakukan tindakan, agar mereka segera membeli produk ataupun menggunakan layanan Anda.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam menciptakan bahasa mendesak yang efektif untuk banner iklan Anda.

Waktu

Ada banyak kalimat yang dapat dipadukan dengan bahasa mendesak yang berhubungan dengan waktu, berikut beberapa contoh kata yang menggambarkan tindakan untuk segera, seperti: Sekarang Saatnya, Berakhir Malam Ini, Kesempatan Terakhir, dan sebagainya.

Kelangkaan

Kelangkaan/terbatasnya jumlah produk merupakan salah satu cara efektif dalam mendorong seseorang melakukan tindakan. Jika Anda memiliki produk yang ingin dipromosikan, Anda dapat menambahkan kalimat yang memiliki kesan terbatas seperti Produk Terbatas, 10 Produk Tersisa, Hanya Ada 10 Item, dan lain-lain.

Kompetisi

Tak dapat dipungkiri bahwa manusia suka berkompetisi. Memenangkan sebuah kompetisi menjadi gengsi bagi sebagian orang. Karenanya, kalimat mendesak yang terkesan seperti adanya ‘kompetisi’ dapat menjadi cara ampuh jika dipasang pada banner iklan Anda. Contoh kalimat yang bisa Anda gunakan adalah Siapa cepat dia dapat, Spesial untuk 10 pendaftar pertama, dan sebagainya.

7. Pertimbangkan Penggunaan Animasi

membuat banner iklan animasi

Banner iklan dengan tampilan yang unik dan interaktif tentu akan terlihat lebih menarik. Akan tetapi, dalam kenyataannya iklan banner animasi/motion graphic tidak selalu menghasilkan konversi yang lebih baik dibandingkan banner statis.

Malah, ada banner iklan dengan animasi yang memerlukan plugin tambahan seperti Adobe Flash atau Silverlight, yang belum tentu didukung oleh semua browser. Jika demikian, banner animasi kemungkinan tidak selalu berjalan sempurna.

Saat ini telah diciptakan alternatif lain sebagai pengganti Adobe Flash untuk media interaktif dalam website. Alternatif ini bernama HTML5.

[ecko_alert color=”gray”]HTML5 adalah Hyper Text Markup Language yang digunakan untuk membuat konten dinamis murni menggunakan kode. HTML5 sering digunakan untuk membuat iklan banner online, berikut berbagai macam konten website lain.

membuat banner iklan

Berbeda dari Adobe Flash, HTML5 bukanlah software atau program. Ini adalah bahasa yang digunakan untuk membuat konten, dan relatif baru dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Namun dalam penggunaannya, HTML5 memerlukan ketrampilan yang baik dalam coding CSS maupun Javascript.[/ecko_alert]

Jadi, tetap perhatikan penggunaan animasi untuk sebuah banner iklan, apakah format dan ukuran file akhir seperti Flash, GIF, maupun HTML5, dapat benar-benar efektif dalam segi load maupun kompatibel disetiap browser pengunjung.

8. Desain Responsif

membuat banner iklan

Saat ini sebagian besar pengguna internet mengakses website melalui perangkat mobile. Jumlahnya bahkan meningkat pesat, mengalahkan pengguna desktop. Karenanya Anda perlu menggunakan banner iklan yang dapat tampil pada perangkat mobile dengan baik.

Pemasangan space iklan memang jamak dilakukan oleh pemilik website. Akan tetapi, kerap muncul permasalahan pada waktu pemilik website mengatur format banner ke ukuran yang tetap. Ketika dibuka menggunakan perangkat berbeda, iklan tidak berjalan baik. HTML5 menghadirkan solusi untuk memecahkan masalah ini, membuat iklan banner responsif yang dapat mengadaptasi ukuran dengan baik.

Berikut adalah alasan mengapa HTML5 sangat efektif dalam menciptakan display iklan yang responsif.

• Iklan dalam format  HTML mudah untuk diakses dan dibaca pada perangkat apapun.
• Teks, video, gambar, dan Javascript semua digunakan dalam satu iklan seperti sebuah halaman situs website.
• Banner dapat menggunakan script yang dinamis.

Membuat banner responsif memang perlu keterampilan khusus dalam hal coding HTML, CSS maupun Javascript. Namun, saat ini telah banyak website telah menyediakan pembuatan banner builder yang memudahkan Anda berkreasi menggunakan coding tanpa harus mahir terlebih dahulu.

Baca juga: 10 Tips Membuat Iklan Ramadhan Efektif dari Google

Referensi Online Banner Creator

Mungkin bagi Anda yang bukan seorang desainer maupun developer yang tidak paham tentang desain dan coding, solusi yang dapat Anda lakukan adalah menyewa jasa desainer atau developer untuk menciptakan kampanye iklan dengan banner iklan.

Banyak orang menyewa jasa desainer maupun developer untuk menciptakan kampanye iklan. Kami tidak mengatakan ini adalah langkah yang buruk. Hanya saja, sebenarnya Anda bisa membuat banner iklan sendiri di rumah, baik statis maupun animasi, dengan tool khusus.

Berikut adalah beberapa referensi website desain banner online yang dapat Anda coba.

1. Canva.com

Prosedur penggunaannya sangat praktis. Tersedia juga banyak foto, gambar, dan clipt art yang beraneka ragam, baik yang berbayar maupun yang gratis untuk menciptakan desain banner unik.

canva

2. Bannersnack.com

BannerSnack merupakan salah satu situs untuk merancang banner online secara gratis yang cukup populer. Anda dapat membuat berbagai jenis iklan banner seperti Flash, GIF, HTML5, dan lain-lain.

Ada banyak template dari berbagai dimensi ukuran untuk banner iklan, termasuk untuk postingan media sosial. Anda juga dapat menentukan ukuran secara custom sesuai keinginan Anda.

bannersnack

3. Snappa.io

Snappa.io menggabungkan seluruh aset visual terbaik dalam graphic editor kaya fitur. Berbekal graphic editor ini, Anda bisa mewujudkan gambar apapun yang Anda inginkan. Anda hanya perlu drag & drop objek saja, dan dapat menambahkan efek menarik melalui slider!

snappa

4. HTML5Maker.com

Di sini Anda dapat merancang banner animasi seperti desainer profesional. Tampilan yang sederhana dan mudah digunakan akan memudahkan Anda membuat desain banner sesuai keinginan. Menariknya lagi, tersedia juga banyak pilihan foto dan gambar gratis untuk Anda.

html5maker


Banner iklan merupakan media iklan online yang dapat dengan mudah Anda pasang pada website. Namun, jangan sampai efektivitas banner dalam mempromosikan bisnis Anda menjadi sia-sia karena konten dan tampilan yang kurang menarik.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tetap memperhatikan setiap aspek dalam membuat banner iklan yang efektif. Take your time, tidak perlu terburu-buru. Pertimbangkan konsep, struktur, konten, hingga ukuran dimensinya dengan matang. Setelah semuanya siap, artinya Anda juga sudah siap meraih kesuksesan yang lebih masif dari internet berbekal banner iklan.

Baca juga:

Selamat mencoba! Jika Anda memiliki pertanyaan, atau masukan, jangan ragu sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini ya ?

Bastian Febri Visual Designer. Belakangan banyak membuat tulisan tentang design di Niagahoster.

3 Replies to “Membuat Banner Iklan Efektif untuk Bisnis Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *