Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi Custom Domain (Termudah)

3 min read

featured image cara mengembalikan kode CNAME yang hilang saat custom domain

Blogspot memang disukai karena kemudahan penggunaannya dan bisa dipakai untuk membuat website secara gratis. Tapi, sayangnya Anda harus menggunakan subdomain Blogspost sebagai alamat websitenya. Apakah ada cara mengganti domain Blogspot ini? Jawabannya, ada

Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara custom domain Blogspot. Dengan begitu, kalian bisa menggantinya dengan nama domain pilihan Anda sendiri. Ikuti tutorial lengkapnya, yuk!

Mau domain gratis untuk blog profesional yang bisa Anda jadikan penghasil uang dengan AdSense? Coba WordPress Hosting yuk!

Mulai Cuan dari Blog

Cara Mengganti Domain Blogspot secara Manual

Cara mengganti domain Blogger cukup mudah untuk dipraktikkan kok. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Login ke Blogspot
  2. Dapatkan CNAME Blogspot
  3. Login ke hPanel Niagahoster
  4. Ubah Informasi CNAME
  5. Tambahkan CNAME Record Baru
  6. Tambahkan A Record Baru
  7. Verifikasi Perubahan di Blogger
  8. Ubah Pengaturan www di Blogger

Mari kita lihat penjelasan lengkapnya di bawah!

1. Login ke Blogspot

Pertama-tama, login ke Blogspot menggunakan akun Google Anda.

2. Dapatkan CNAME Blogspot

Di dashboard Blogger, klik menu Settings pada bagian kiri. Selanjutnya, scroll ke bawah sampai menemukan bagian Publishing, lalu klik Custom Domain.

tampilan setting blogger untuk melakukan custom domain blogspot

Setelahnya, akan muncul pop-up Custom domain. Di sini, masukkan nama domain Anda dengan www, kemudian klik SAVE untuk menyimpan pengaturan.

Kalau sudah, Anda akan mendapatkan pesan yang berisi CNAME dan Destination seperti gambar di bawah. Beberapa informasi berikut akan dibutuhkan pada tahap-tahap berikutnya.

informasi perubahan dns di custom domain blogspot

3. Login ke hPanel Niagahoster

Tahap selanjutnya adalah menambahkan CNAME baru pada DNS management panel pengelolaan domain Anda. Kalau Anda pelanggan setia Niagahoster, langkah pertama dalam tahap ini adalah login ke hPanel.

halaman login hpanel niagahoster

Pilih domain yang akan Anda ubah lalu klik Kelola.

kelola domain niagahoster

4. Ubah Informasi CNAME

Pada dashboard pengelolaan domain, akses menu DNS/Nameserver dari sidebar sebelah kiri. Setelah itu, klik Edit pada CNAME Record yang sudah ada.

tampilan dns management di niagahoster

Ubah kolom Target seperti informasi yang Anda terima di Blogspot. Jika sudah, klik Update.

mengedit cname record di hpanel niagahoster

5. Tambahkan CNAME Record Baru

Setelah mengedit CNAME, Anda masih perlu menambahkan sebuah CNAME Record yang baru. Untuk melakukannya, akses bagian Kelola DNS record, lalu tambahkan CNAME sesuai gambar berikut ini:

menambahkan cname record baru di niagahoster

Jika sudah, klik tombol Tambah Record.

6. Tambahkan A Record Baru (Opsional)

Tahap yang satu ini sebenarnya opsional. Namun, menambahkan A Record baru dapat mengarahkan pengunjung yang mengakses website Anda, baik dengan menambahkan www pada URL maupun tidak.

Jika Anda melewatkan tahap ini, maka pengunjung yang tidak mengetikkan www ketika mengakses situs Anda akan menjumpai halaman error.

Untuk itu, tambahkan A Record baru pada bagian Kelola DNS record dengan kriteria seperti di bawah:

  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21

Jika bingung, Anda dapat melihat gambar di bawah:

menambahkan 4 a record baru di niagahoster

7. Verifikasi Perubahan di Blogger

Kembali lagi ke halaman dashboard Blogger, masukkan nama domain Anda. Misalnya saja, www.vpsniagahoster.com. Untuk melakukan penyimpanan, klik tombol SAVE.

cara custom domain blogspot

Apabila proses penyimpanan gagal, artinya domain sedang dalam masa propagasi sampai domain dapat dikenali oleh sistem Blogger. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu hingga beberapa jam setelah melakukan pengaturan di hPanel Niagahoster.

masa propagasi domain

Nah, kalau proses penyimpanan berhasil, maka nama domain Anda akan tersimpan di bagian Custom domain. Di tahap ini, blog Anda sudah bisa diakses dengan domain tersebut. Selamat, ya!

nama domain tersimpan di bagian Custom domain.

8. Ubah Pengaturan WWW di Blogger

Cara mengganti domain Blogspot belum selesai. Masih ada tahap terakhir yaitu mengatur WWW. Saat ini blog Anda hanya bisa diakses menggunakan www di depan nama domain. Contohnya, www.vpsniagahoster.com.

Biasanya, akan muncul keterangan bahwa DNS tidak bisa ditemukan seperti pada gambar di bawah ini.

dns tidak ditemukan tanpa www

Agar blog Anda bisa diakses tanpa WWW, Anda harus melakukan redirect. Caranya, di bagian Publishing pada menu Settings Blogger, temukan toggle Redirect domain dan klik untuk mengaktifkannya.

langkah redirect domain dalam cara mengganti domain blogger

Selesai! Kini, blog Anda sudah bisa diakses menggunakan nama domain tanpa WWW. Sampai sini, Anda sudah berhasil mengikuti cara mengganti domain blogspot menjadi custom domain.

Kenapa Anda Perlu Menggunakan Custom Domain di Blogspot?

Jangan buru-buru mengikuti menghapus blog Anda di Blogspot. Sebab, Anda bisa menggunakan custom domain atau nama domain yang dipilih sendiri. Memang, kenapa sih Anda harus mengganti domain Blogspot? Ini dia penjelasannya.

  • Kurang fleksibel. Subdomain itu tidak bisa dipindahkan ke platform lain. Apabila suatu hari Anda memutuskan untuk beralih ke content management system (CMS) seperti WordPress, alamat blog yang sudah ada tidak dapat digunakan di platform yang baru. Anda akan rugi jika sudah memiliki banyak pembaca setia.
  • Susah ditemukan di Google. Ketika memasukkan sebuah kata kunci pencarian di Google, kemungkinan besar tidak ada blog dari Blogspot yang muncul. Oleh karena itu, Blogspot bukanlah pilihan yang tepat jika ingin blog Anda terkenal.
  • Tidak terlihat profesional. Blogspot bukanlah media yang tepat untuk membangun suatu brand. Banyaknya spam yang dilakukan dengan blogspot.com mengurangi kredibilitas platform ini.
  • Sulit mendapatkan backlink. Backlink merupakan salah satu cara agar blog Anda mudah ditemukan oleh Google. Namun, bisa jadi Anda akan sulit mendapatkan backlink yang berkualitas karena website lain biasanya enggan memberikan backlink kalau Anda menggunakan Blogspot.
  • Dapat digunakan untuk membuat email. Pemilik domain juga dapat membuat email dengan nama blog di belakangnya, seperti budi@namablog.com. Jika digunakan dalam konteks bisnis, tentunya alamat email tersebut membuat Anda terlihat profesional.
  • Custom domain ramah di kantong. Harga domain tidak selalu menguras dompet kok. Beberapa ekstensi domain seperti .xyz, .online, dan .site tersedia dengan harga terjangkau. Di Niagahoster, bahkan Anda bisa membeli sebuah domain mulai dari Rp 14ribu saja!

Yuk, Ganti Domain Blogspot Anda dengan Custom Domain!

Sampai sini, Anda sudah mempelajari cara custom domain Blogspot dalam beberapa langkah saja. Mulai dari mencari dan memasukkan CNAME baru, mengarahkan IP domain ke IP server Google, sampai menghubungkan domain ke Blogspot.

Langkah-langkah ini bisa Anda ikuti dengan mudah jika Anda beli domain di Niagahoster. Sebab, pada dasarnya Anda hanya perlu meng-copy paste CNAME dari Blogspot ke menu custom Blogspot di hPanel Niagahoster.

Selain mendapat kemudahan di atas, apa saja sih keuntungan yang didapat kalau beli domain di Niagahoster?

  • Sudah pasti terpercaya karena memiliki sertifikat ICANN.
  • Banyak pilihan ekstensi, mulai dari .com, .org, .net, .co.id, dan masih banyak lagi.
  • Adanya fitur untuk memudahkan pengelolaan domain, seperti Domain Management dan Unlock Domain. 
  • Bisa mengikuti program gratis domain dari Niagahoster

Jadi, makin yakin beli domain di Niagahoster ‘kan? Yuk, miliki custom domain Anda dengan klik tombol di bawah ini!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

12 Replies to “Cara Mengganti Domain Blogspot Jadi Custom Domain (Termudah)”

  1. bagus banget artikelnya jadi bisa custom domain blogspot dengan mudah, nice artikel 😀

    1. Wah, pelanggan setia nih. Terima kasih telah menggunakan layanan Niagahoster. Semoga kakak selalu puas dengan kinerja dan pelayanan kami ^^

  2. Mas, saya sempat ikutin langkah-langkahnya sampai berhasil.. Tapi beberapa menit kemudian, jadi 404 not found itu gimana ya solusinya.

    1. Hai, kak. Kalo halaman jadi 404 artinya domain masih dalam masa propagasi, biasanya berlangsung hingga beberapa jam.
      Mohon ditunggu dan silakan coba lagi setelah beberapa jam, biasanya halaman sudah bisa diakses lagi.

  3. sekarang tampilannya BEDA dengan yang ada di tutorial, saya bingung. sampai sekarang belum bisa menymabungkan ke blogspot. GAGAL TERUS

    mohon bantuan

    1. Hai, kak. Artikel ini sudah kami perbarui dengan memuat tampilan panel Niagahoster yang baru.
      Silakan kakak untuk mempraktikkan ulang. Terima kasih.

  4. Tampilannya tidak sama bahkan BERBEDA dengan yang ada di tutorial, saya belum bisa menghubungkan ke blogspot. Mohon bantuannya

    1. Hai, kak. Terima kasih kritik dan sarannya.
      Artikel tersebut telah kami perbarui dengan memuat panel Niagahoster yang terbaru.
      Selamat mencoba kembali.

  5. Saya sudah pakai dan beli dengan inisial jeffriegerry.online memperlancar usaha saya, terima kasih atas bantuannya… bukan sekedar financial saja tapi pengetahuan dan dibantunya itu sangat berharga… salam web…. buat niagahoster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *