Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya - Niagahoster

Apakah Anda sedang ragu memilih antara blogspot atau WordPress (.org dan .com) untuk membuat website? Jika benar silakan simak ulasan kami mengenai platform mana yang tepat untuk Anda gunakan.

Ketika akan membuat website atau blog tentu memerlukan banyak waktu, karena Anda harus menentukan beberapa hal. Diantaranya seperti strategi melakukan promosi blog, baik itu melalui mesin pencari atau sosial media untuk mendapatkan pengunjung.

Selain itu yang paling utama adalah menentukan platform yang akan digunakan. Biasanya Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan, sebagai contoh memilih Blogspot atau WordPress seperti yang akan kami bahas pada artikel ini.

WordPress.com dan WordPress.org

Sebelum melakukan perbandingan antara memilih Blogspot atau WordPress, kami akan membahas mengenai WordPress terlebih dahulu. WordPress (.com dan .org) merupakan platform yang paling banyak digunakan berdasarkan data dari BuiltWith.

Tahukah Anda jika WordPress.com dan WordPress.org adalah dua jenis platform yang berbeda?

Biasanya, jika ada yang ingin membuat website untuk pertama kalinya akan kesulitan membedakan WordPress.com dan WordPress.org.

Untuk mengetahui perbedaan dari keduanya adalah dengan cara melakukan pengecekan pada setiap platform. Berikut ini kami bahas perbedaannya supaya Anda dapat memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan.

1. WordPress.com

WordPress.com adalah platform yang digunakan untuk membuat blog dan website dengan WordPress. Anda hanya perlu membuat akun di WordPress.com kemudian menentukan subdomain (namawebsite.wordpress.com), pilih template kemudian Anda sudah bisa langsung menerbitkan artikel pertama.

Berikut adalah paket WordPress.com yang dapat Anda gunakan.

  1. Gratis (terbatas).
  2. Personal ($60/tahun)
  3. Premium ($132/tahun)
  4. Business ($429/tahun)

Meskipun terlihat lebih mudah untuk membuat blog di WordPress.com, tentu ada beberapa kekurangan dan kelebihannya seperti berikut ini.

a. Kelebihan 

Khusus bagi Anda yang bertujuan untuk mengabadikan cerita seperti artikel harian, WordPress.com adalah pilihan yang tepat. Berikut diantaranya:

  • Gratis, dengan penyimpanan sampai 3 GB. Anda bisa beralih ke layanan berbayar untuk media penyimpanan yang lebih besar.
  • Anda tidak perlu repot melakukan update, karena sudah ditangani oleh WordPress.com

b. Kekurangan

Ada beberapa batasan jika Anda menggunakan WordPress.com dan ini adalah yang membedakannya dengan WordPress.org. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Akan tampil iklan dari WordPress jika Anda menggunakan layanan WordPress.com gratis. Sehingga iklan akan tampil pada website Anda dan Anda tidak mendapatkan bayaran untuk iklan tersebut. Jika Anda ingin iklan tidak tampil, Anda harus melakukan upgrade ke layanan berbayar (mulai dari $60/tahun).
  • WordPress.com tidak mengijinkan iklan selain WordAds seperti Adsense dan sejenisnya dipasang di blog Anda.
  • Tidak bisa upload plugin.
  • Tidak bisa upload template, Anda hanya bisa menginstal template gratis yang sudah disediakan WordPress.
  • Tidak bisa memasang code untuk melacak statistik pengunjung seperti Google Analytics, kecuali Anda menggunakan paket bisnis.
  • Website Anda bisa saja dihapus sewaktu waktu oleh pihak WordPress.com karena dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka.
  • Mengandung tautan ke WordPress.com, untuk menghilangkannya harus upgrade ke paket bisnis.
  • Tidak bisa menambahkan fitur eCommerce.

2. WordPress.org

WordPress.org adalah platform yang memiliki popularitas yang cukup tinggi. Platform ini open source dan tersedia secara gratis untuk Anda gunakan. Platform ini sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis website, mulai dari untuk membuat blog sampai website perusahaan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

a. Kelebihan

Anda memiliki hak penuh untuk mengelola dan mengatur website. Anda bisa mengurangi atau menambah fitur sesuai kebutuhan. Berikut ini kelebihan menggunakan WordPress.org untuk membangun website.

  • Gratis dan mudah digunakan
  • Memiliki kontrol penuh
  • Dapat menambah plugin dan template
  • Bisa digunakan untuk membuat toko online
  • Berpeluang mendapatkan uang dari blog melalui iklan seperti Adsense dan sejenisnya
  • Bebas mengubah tampilan dengan template yang diinginkan

b. Kekurangan

Hanya ada beberapa kekurangan yang dimiliki WordPress.org, berikut diantaranya.

  • Modal – Anda harus mengeluarkan biaya untuk hosting dan domain, sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 80.000 setiap bulannya. Hal ini tergantung penggunaan sumber daya pada hosting Anda, misalnya semakin banyak pengunjung kebutuhan biaya akan bertambah karena harus beralih ke paket hosting yang lebih tinggi. Tapi hal tersebut akan sebanding dengan penghasilan yang Anda dapatkan.
  • Update – Harus melakukan update WordPress sendiri, tapi dapat Anda lakukan dengan mudah melalui dashboard admin WordPress, hanya sekali klik saja.
  • Backup – Anda perlu melakukan backup rutin, tapi akan dimudahkan dengan adanya plugin untuk melakukan backup otomatis.

Dari perbandingan antara WordPress.com dan WordPress.org, untuk WordPress.com memiliki fitur yang cukup terbatas ketika Anda menggunakan paket gratis atau personal.

Untuk membuat sebuah blog yang akan digunakan untuk menulis blog pribadi, Anda dapat menggunakan paket gratis dari WordPress.com, tapi Anda harus rela dengan iklan yang tampil di blog Anda dan tidak bisa memasang Adsense.

Jika Anda ingin fitur dan kontrol yang lebih lengkap, maka Anda harus melakukan upgrade ke paket bisnis dengan membayar $429/tahun atau sekitar Rp. 5.705.700 (jika $1 = RP. 13.300).

Sedangkan jika Anda menggunakan WordPress.org dengan fitur dan kontrol yang lebih lengkap, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp. 600 ribu untuk satu tahun.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai WordPress.org, silakan baca tutorial mengenai cara membuat website.

WordPress vs Blogger (Blogspot)

Setelah Anda memahami perbedaan WordPress.com dan WordPress.org dan dapat menentukan platform mana yang tepat untuk kebutuhan Anda, selanjutnya adalah melakukan perbandingan antara memilih WordPress atau Blogspot.

Sebagai catatan, untuk WordPress yang dibandingkan di sini adalah WordPress.org dengan Blogger (blogspot).

1. Kepemilikan

a. Blogger

Jika Anda menggunakan blogger, Anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan, jika penggunaan akun Google Anda belum melebihi 15GB. Anda hanya perlu membuat akun Google, langkahnya sama seperti daftar Gmail, bedanya Anda perlu mengakses Blogger.com.

Blogger sendiri merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan Anda tidak memiliki kontrol penuh. Sehingga sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka maka website Anda bisa dihapus kapan pun. Untuk berjaga-jaga, maka Anda perlu melakukan backup konten blog Anda.

b. WordPress

Sedangkan, jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform untuk website Anda, maka Anda perlu membeli hosting di layanan seperti Niagahoster untuk menyimpan data website.

Anda bebas menentukan seberapa lama website akan diaktifkan dan Anda adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting, sehingga Anda memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya.

Silakan baca tutorial mengenai cara membuat website langkah demi langkah jika ingin mengetahui lebih lengkap mengenai cara hosting website.

2. Tampilan

a. Blogger

Untuk tampilan default yang disediakan oleh Blogger (blogspot) cukup terbatas. Jika Anda ingin mengubah tampilan seperti warna dan tampilan dapat Anda ubah melalui tools yang tersedia.

template blogspot

Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menarik, Anda perlu membeli template dari phak ke tiga yang banyak tersedia. Di indonesia sendiri sudah banyak penyedia template Blogger premium dengan kualitas yang cukup baik.

b. WordPress

Salah satu keuntungan menggunakan WordPress adalah tersedianya ribuan template gratis dengan tampilan menarik, sehingga website Anda akan terlihat profesional.

template wordpress

Anda dapat menemukan template gratis dengan mudah sesuai dengan kategori dari website Anda, misalnya template untuk website berita atau lainnya, Anda hanya perlu mengakses repository template WordPress.

3. Kontrol

a. Blogger

Anda tidak memiliki kontrol penuh pada website dengan tool cukup terbatas yang dapat Anda gunakan untuk mengelola website. Sebagai contoh, untuk permalink akan mengikuti permalink default, sehingga Anda tidak bisa membuat struktur permalink sesuai dengan yang diinginkan.

b. WordPress

Karena WordPress merupakan software open source, sehingga dengan mudah Anda dapat menambahkan fitur baru. Untuk menambahkan fitur baru, Anda tidak perlu menguasai pemrograman, cukup menginstal plugin sesuai dengan jenis fitur yang diinginkan.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin membuat toko online yang dilengkapi shopping cart, cukup menginstal plugin WooCommerce dan melakukan beberapa pengaturan sesuai petunjuk.

4. Keamanan

a. Blogger

Salah satu keuntungan menggunakan Blogger, website Anda cukup aman karena dikelola oleh Google, dengan syarat Anda menggunakan template default. Anda tidak perlu repot mengelola penggunaan sumber daya server atau mengamankan blog Anda. Meskipun website Anda dapat dihapus sewaktu-waktu oleh pihak Blogger.

b. WordPress

WordPress dikenal sebagai platform yang terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala.  Untuk kontrol sepenuhnya ada pada Anda, sehingga harus melakukan backup sendiri. Ada banyak plugin yang tersedia untuk memudahkan hal tersebut, silakan baca artikel mengenai plugin wajib WordPress.

Apakah Bisa Pindah dari Blogspot atau WordPress Gratis ke WordPress.org?

Kebanyakan pengguna baru yang belum mengetahui perbedaan antara WordPress.com, Blogspot atau WordPress self hosted, lebih memilih membuat blog gratis baik dari WordPress.com atau Blogger.com.

Setelah mereka mengetahui batasan yang tersedia pada Blogspot atau WordPress.com dan website yang mereka buat tujuannya cukup serius, (baik untuk perusahaan ataupun untuk menghasilkan uang dari blog), biasanya ingin berpindah ke WordPress.org.

Untuk melakukan hal tersebut sangatlah mudah, Anda cukup mengikuti tutorial cara migrasi Blogger ke WordPress. dan cara migrasi WordPress.com ke WordPress.org.

Kesimpulan

infografis blogspot atau wordpress

Cara terbaik ketika akan memilih apakah WordPress.com, Blogspot atau WordPress self hosted untuk website Anda adalah dengan mengetahui setiap fitur dan batasan yang tersedia seperti yang telah kami bahas melalui artikel ini.

Selain itu juga tergantung dari tujuan website yang Anda buat, untuk website perusahaan atau blog dengan sumber penghasilan dari iklan seperti Adsense, kami sarankan Anda menggunakan WordPress.org atau self hosted.

Jika Anda menggunakan WordPress.com atau Blogger.com, maka kontrol yang Anda dapatkan cukup terbatas, berbeda jika Anda menggunakan WordPress.org (menggunakan hosting Indonesia sendiri) dengan kontrol pada website sepenuhnya ada pada Anda.

Setelah Anda membaca artikel ini, kami berharap Anda dapat mengetahui perbedaan antara WordPress.com, Blogspot atau WordPress yang dihosting.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau masukkan, jangan ragu untuk berkomentar melalui form yang tersedia. Silakan Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Arah Mata Angin

    Mantap Bang,,,ini artikel yang gue cari

  • planetlagu

    Jujur, Saya lebih menyukai wordpress (self hosted) daripada blogspot, karena memiliki fitur yang jauh lebih lengkap.

  • animeterbaik

    Blogspot dan wordpress sama bagusnya. Namun jika disuruh untuk memilih, maka Saya akan memilih wordpress, karena fiturnya lebih lengkap.

  • sahilluqman

    Bagaimana dengan tingkat SEO atau mudah tidaknya terindeks Google? Kan Blogspot punya Google, logikannya kan akan dimudahkan menempati posisi Google, Apa benar demikian? Mohon jawabannya njeh

    • Waryanto

      Mengenai tingkat SEO kami belum mendapatkan data yang valid atau pernyataan langsung dari Google jika salah satu CMS lebih unggul. Untuk mengetahuinya Anda dapat menganalisa hasil pencarian untuk kata kunci tertentu di Google, kemudian mengecek platform yang digunakan website di posisi teratas. 🙂

      • Syafiq

        Meski sumbernya agak lama, mungkin penyataan Matt di video ini bisa sedikit memberi gambaran mengenai pengaruh CMS yang kita pilih terhadap SEO.

        https://www.youtube.com/watch?v=xHO_2OMSTP0

        Meski tidak secara gamblang menyebut mana platform yang lebih baik, saya percaya Google memberlakukan aturan main yang sama tidak peduli platform blogging apa yang digunakan.

  • tutorial89

    wah ternyata masing masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing ya. tinggal disesuaikan dengan kebutuhannya saja. makasih infonya.

    • Waryanto

      Benar, silakan disesuaikan dengan kebutuhan. 🙂

  • mizipediacom

    ohhh sperti itu ya mas,, dan mana yang lebih bagus ya, jika kita ingin berjualan di dunia maya, namun harus memiliki toko online tentu nya kn, yang paling bagus itu kira2 menggunkan template toko online dari WP atau Blogger ya??thnks

    • Yasin K

      Kalau untuk tampilan yang customable bagus menggunakan WordPress.

  • admin

    thx for info

four − two =