Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

6 Langkah Mudah Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik

2 min read

judul artikel blog

Artikel yang bagus saja tidak cukup, Anda juga perlu judul artikel blog yang menarik. Judul adalah hal pertama yang orang lihat ketika mereka mencari kata kunci di mesin pencari atau di timeline media sosial mereka.

Anda harus bisa menarik perhatian calon pembaca untuk mengklik artikel Anda, baik artikel tersebut muncul di hasil pencarian atau timeline media sosial. Melalui judul, Anda harus bisa menciptakan kesan pertama yang baik kepada calon pembaca.

Berdasarkan data dari Copyblogger, hanya 2 dari 10 orang meneruskan membaca artikel setelah membaca judulnya. Artinya, 80 persen orang hanya membaca judul saja, tanpa membaca artikel keseluruhan. Kemungkinan penulis artikel blog gagal meyakinkan calon pembaca untuk membaca artikel melalui judul.

Tentu 80 persen adalah angka yang besar bukan? Yang perlu Anda lakukan agar orang-orang mau meneruskan membaca artikel Anda secara keseluruhan adalah dengan meyakinkan mereka sejak dari judul. Bagaimana membuat judul artikel blog yang menarik?

Berikut 6 Langkah Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik

1. Mulai dengan Draft Judul

Sebelum menulis artikel, buatlah draft judul terlebih dahulu. Hal ini penting agar Anda tidak menulis artikel yang terlalu luas cakupannya dan fokus pada beberapa hal tertentu saja.   

Misalnya, Anda ingin menulis artikel dengan topik “bisnis online”. Dari topik ini Anda bisa mendapatkan beberapa judul seperti:

– Panduan Memulai Bisnis Online bagi Pemula

– Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

– Ide-Ide Bisnis Online Menjanjikan

Terlihat perbedaannya bukan? Topik adalah pokok bahasan yang masih bisa dibagi menjadi beberapa artikel blog. Sedangkan judul adalah acuan spesifik dalam menulis sebuah artikel.

Namun, contoh-contoh judul di atas masih belum menarik bukan? Di langkah selanjutnya, akan dijelaskan bagaimana membuat judul yang menarik perhatian banyak orang.

2. Berikan Informasi yang Akurat

Mungkin Anda sering kali menemukan judul-judul artikel clickbait di internet. Menyebalkan, bukan? Ketika Anda membuka artikel tersebut ternyata isi artikel tidak sesuai dengan judul yang ada.

Salah satu aturan penting dalam membuat judul artikel adalah menghargai pengalaman pembaca. Jika Anda memberikan harapan atau ekspektasi terlalu tinggi pada judul yang tidak sesuai dengan isi artikel, Anda akan kehilangan kepercayaan pembaca.

3. Poles dengan Kata Sifat dan Angka

Dengan membuat judul artikel yang berisi informasi akurat, apakah Anda bisa membuatnya menarik? Tentu saja bisa.

Anda bisa menggunakan kata-kata sifat (adjective) yang mewakili artikel yang ditulis. Misalnya, “menjanjikan”, “terbaik”, “paling populer”, “terpercaya”, dan kata-kata sifat lain yang kiranya bisa menarik perhatian orang, tetapi tetap mewakili artikel.

Kemudian, tambahkan angka ke dalam judul artikel Anda, bila memungkinkan. Orang-orang akan lebih tertarik pada artikel-artikel dengan model listicle karena mereka tahu berapa banyak poin penting yang akan didapatkan dari suatu artikel.

Berdasarkan penelitian Content Marketing Institute, judul artikel blog yang menggunakan angka menghasilkan performa 45 persen lebih baik dibandingkan judul artikel biasa.

4. Buat Judul yang Singkat

Membuat judul artikel blog memang susah susah gampang. Anda harus bisa merangkum keseluruhan artikel dalam beberapa kata saja.

Judul artikel yang terlalu panjang akan membingungkan calon pembaca. Calon pembaca perlu mengetahui dengan pasti apa yang akan mereka dapatkan dari membaca sebuah artikel. Judul artikel yang singkat ini menunjukkan ketegasan Anda akan apa yang ingin disampaikan melalui artikel tersebut.

Panjang judul artikel juga harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuannya adalah agar artikel bisa mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian, sebaiknya pastikan panjang judul selalu di bawah 70 karakter.

Jika tujuan Anda adalah agar artikel banyak dibagikan di media sosial, menurut Hubspot panjang judul artikel yang efektif adalah 8-12 kata untuk Twitter dan 12-14 kata untuk Facebook.

5. Buat Judul untuk Pembaca, Bukan Mesin

Anda memang perlu berusaha mengoptimasi judul artikel disesuaikan dengan focus keyword yang ditargetkan. Namun, terlalu mengikuti focus keyword saja akan membuat artikel Anda terlalu kaku, bahkan terlihat aneh.

Walaupun begitu, jangan lupa bahwa Anda menulis judul tersebut untuk manusia, bukan mesin. Memang lebih baik untuk meletakkan focus keyword di awal judul. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, jangan paksakan diri untuk meletakkan kata tersebut di depan.

6. Brainstorm dengan Orang Lain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda menulis judul artikel untuk dibaca oleh manusia. Jadi sebelum merilis judul artikel tersebut, sebaiknya tunjukkan judul tersebut kepada teman, kolega, atau siapapun yang bisa Anda minta pendapatnya.

Apakah judul yang Anda buat sudah enak dibaca? Apa yang kurang dari judul tersebut? Apa yang perlu ditambahkan ke dalam judul itu?

Dapatkanlah pendapat dan masukan sebanyak-banyaknya agar judul Anda semakin baik dan semakin menarik perhatian banyak orang.

Download E-Book: Panduan SEO Lengkap

Kesimpulan

Judul blog adalah hal paling pertama yang dilihat oleh calon pembaca sebelum membaca artikel Anda. Anda harus bisa menarik perhatian calon pembaca sebelum mereka membaca artikel melalui judul.

Judul harus singkat, jelas, mengandung informasi akurat, dan sesuai dengan isi artikel. Hindari penggunaan judul clickbait yang membohongi pembaca. Judul artikel clickbait mungkin bisa menarik perhatian pembaca secara instan, tetapi tidak bertahan lama. Bahkan blog Anda bisa dicap sebagai pemberi informasi bohong karena menggunakan judul artikel clickbait.

 

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × two =