Imas Indra Imas is a passionate and detail-oriented content writer. Years of experience taught her how essential quality content is. Now she upgraded her skill set with experience in SEO and combines it with her ability to create unique articles and tutorials.

50+ Topik Blog Menarik untuk Meningkatkan Pengunjung Blog Anda

13 min read

mencari ide konten

Kehilangan inspirasi ketika menulis blog adalah hal yang wajar. Tapi, jangan biarkan itu menjadi alasan untuk berhenti menulis.

Artikel ini akan membantu Anda mencari inspirasi konten melalui beberapa cara. Selain itu, Anda juga akan mendapat bocoran topik-topik blog apa saja yang menarik dan membuat blog Anda kebanjiran pengunjung.

Cara Mudah Mencari Inspirasi Topik Blog

Inspirasi bisa datang di tempat yang terduga. Anda bisa saja tiba-tiba mendapat ide di toilet atau di jalan menuju ke kantor. Hanya saja mencari inspirasi dengan cara begini sering kali tidak efektif. Setelah banyak merenung, belum tentu Anda mendapatkan ide dan dorongan untuk menulis.

Maka dari itu, coba pikirkan sebuah pertanyaan yang ingin Anda jawab dalam bentuk konten. Jadikan pertanyaan itu sebagai judul konten yang Anda ingin buat. Dengan begitu, konten akan menjadi lebih fokus dan terarah.

Setelah memiliki pola pikir yang tepat, saatnya Anda mencari inspirasi langsung dari sumbernya! Ada begitu banyak channel yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi konten. Beberapa di antaranya adalah:

  • Quora dan Yahoo! Answers. Kedua channel ini memuat banyak pertanyaan dari berbagai bidang. Gunakan keduanya untuk mencari ide yang sifatnya umum.
  • Facebook dan LinkedIn grup. Kedua tempat tersebut cocok untuk mencari inspirasi topik-topik yang sifatnya lebih spesifik dan perlu keahlian. Gunakan akses informasi di grup untuk mendapatkan inspirasi konten yang berkualitas sesuai dengan bidang Anda.
  • Instagram, Twitter, dan portal berita lainnya. Pakai media sosial dan portal informasi lainnya sebagai inspirasi konten yang sedang tren dan ramai dibicarakan.
  • Blog Ideas Generator. Salah satu fitur dari Hubspot ini akan mengejutkan Anda dengan ide-ide konten yang tak terduga. Cara kerja cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan lima kata kunci dalam bahasa Inggris ke dalam kotak yang disediakan. Generator akan secara otomatis mengacak kata kunci dan menawarkan judul konten untuk Anda.

Baca juga: Apa Itu Content Marketing?

Kumpulan Ide Topik Blog Menarik

mencari ide konten

Cara lain untuk mengundang banyak pengunjung adalah dengan menulis topik-topik yang banyak dicari.

Tenang saja, topik-topik yang dimaksud tak akan membatasi Anda dalam niche blog tertentu. Jadi, Anda bisa saja memakai topik-topik ini dan menyesuaikannya dengan tema blog yang dimiliki.

Berikut adalah 50+ topik menarik yang bisa Anda pakai untuk mendulang trafik blog.

1. Review produk

Setidaknya ada 31-42% pengguna internet mencari review produk melalui internet. Ini artinya, review produk akan tetap menjadi konten yang dicari.

Topik ini juga cenderung mudah untuk dibuat. Anda tak perlu menjadi seseorang dengan pengikut banyak untuk menulis review yang meyakinkan. Anda hanya perlu ketelitian, kreativitas, dan kejujuran untuk membuat konten yang menarik.

Selain mengundang pengunjung, topik yang satu ini juga memungkinkan Anda mendulang rupiah ke kantong. Ada banyak brand yang bersedia bekerja sama dengan blogger supaya produknya bisa direview.

2. Tutorial

Tutorial adalah salah satu topik yang banyak dibutuhkan orang. Itu mengapa tutorial adalah sebuah ide konten yang menarik.

Dibandingkan dengan topik lain, tutorial bisa dikatakan low maintenance. Anda tidak perlu sering-sering mengupdate konten tersebut selama tidak ada perubahan cara atau sistem.

Namun sayangnya, ada semacam peraturan tidak tertulis tentang siapa yang berhak membuat konten semacam ini. Tutorial biasanya ditulis oleh mereka yang dianggap ahli di bidangnya.

Maka dari itu banyak perusahaan yang mendedikasikan halaman website mereka dengan blog berisi tutorial. Seperti halnya Niagahoster yang menampilkan berbagai tutorial mengenai pengaturan dan optimasi website. Di blog Niagahoster, Anda bisa menemukan cara menaikkan trafik, cara membuat website supaya mobile-friendly, dan tutorial lainnya.

3. Perbandingan produk

Ide konten yang satu ini sekilas mirip dengan review produk. Hanya saja Anda perlu mereview dua atau bahkan tiga produk dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Topik semacam ini akan membantu pembaca menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Cerita perjalanan

Setidaknya 95% pengguna internet mencari informasi tentang tujuan wisata sebelum berlibur. Ini artinya, cerita perjalanan bisa menjadi tema konten yang mendatangkan banyak pengunjung.

Tambahkan informasi penting seperti rekomendasi akomodasi dan transprortasi untuk memudahkan pengunjung. Tambahan foto-foto atau video singkat akan membuat konten Anda jauh lebih menarik.

5. Checklist

Checklist disusun supaya seseorang tak melupakan kegiatan atau barang tertentu. Anda bisa mengadaptasi checklist untuk keperluan konten Anda.

Contohnya, untuk niche parenting buatlah checklist hal yang harus dipersiapkan ketika mengajak si kecil ke bioskop. Untuk niche teknologi, Anda bisa buat checklist hal yang diperlu dilakukan sebelum membeli gadget terbaru.

Selain konten yang sifatnya persiapan, Anda juga bisa membuat konten yang sifatnya tantangan. Misalnya, checklist yang harus dilakukan dalam satu sesi olahraga atau checklist buku yang harus dibaca dalam waktu setahun.

6. Do It Yourself (DIY)

Bagi sebagian orang, membuat barang sendiri jauh lebih menyenangkan dibandingkan harus membeli. Selain menghemat uang, tentu ada rasa puas dan bangga karena barang yang dibuat tak akan ada yang menyamai. Apalagi kalau barang yang dibuat sangat dibutuhkan dan kebetulan sedang ngetren.

Beberapa konten DIY yang sempat hits antara lain cara membuat slime, alas bedak, dan masker bibir.

7. Profil

Konten inspiratif biasanya mendatangkan banyak trafik. Salah satu bentuknya adalah profil.

Anda bisa saja menulis profil seseorang yang sukses dan berpengaruh. Paparkan fakta-fakta menarik yang tak banyak orang ketahui. Dengan begitu Anda tak mengulang-ngulang pernyataan yang sama di website lain.

8. Wawancara

Wawancara adalah cara lain untuk membuat konten berkualitas.

Anda bisa saja mewawancarai tokoh terkenal untuk mendapatkan banyak klik. Tapi, Anda bisa juga menuliskan hasil wawancara dengan orang-orang terdekat.

Buat pertanyaan-pertanyaan menarik yang relevan dengan pembaca Anda. Cara lain adalah menanyakan pendapat orang-orang mengenai tren terkini.

9. Rekomendasi buku

Jika buku adalah jendela dunia, maka rekomendasi buku adalah cara mengenalkan dunia Anda ke orang lain. Mungkin karena itulah konten-konten semacam ini tak pernah surut peminat.

Alih-alih merekomendasikan buku secara acak, cobalah untuk merekomendasikan buku yang masih sesuai dengan tema blog Anda. Secara tidak langsung Anda akan terlihat lebih ahli di bidang yang Anda digeluti.

10. Pengantar atau 101

Jika Anda memiliki niche blog yang cukup spesifik atau rumit, coba dedikasikan beberapa konten pengantar atau 101.

Konten semacam ini akan mempermudah pengunjung baru untuk memahami topik yang Anda tulis. Dengan menyediakan konten semacam ini, ada kemungkinan besar bagi Anda untuk mendapatkan pengunjung-pengunjung baru.

Anda bisa mencontoh blog Trash for Tossers milik Lauren Singer. Ia membuat bagian pengantar khusus bernama Easy Changes yang berisi alternatif gaya hidup yang ramah lingkungan. Bagian ini tentu saja bermanfaat bagi pengunjung yang bingung dari mana harus menerapkan gaya hidup tersebut.

11. Kumpulan pertanyaan (FAQs)

Seberapa sering Anda mendapatkan pertanyaan tentang diri Anda dan blog? Daripada harus mengulang jawaban yang sama, lebih baik Anda membuat satu halaman khusus untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Format konten semacam ini umum dipakai di website perusahaan. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mengadopsinya. Anda bisa mendedikasikan FAQ tentang bagaimana brand bisa bekerja sama dengan Anda. Jangan salah, konten semacam ini bisa membawa pengunjung bolak-balik ke website Anda.

Kalau contoh di atas terasa terlalu formal, Anda bisa juga memodifikasinya. Contohnya, daftar pertanyaan yang sering dilontarkan saat wawancara kerja. Atau, pertanyaan yang sering ditanyakan kepada vegetarian. Intinya, pertanyaan apapun yang sering dilontarkan ada Anda.

12. Cara cepat (life hack)

Manusia menyukai solusi praktis untuk segala masalah. Itu mengapa topik seperti ini takkan surut didatangi pengunjung.

Untuk menulis topik ini, coba perhatikan masalah-masalah yang mungkin dihadapi pengunjung Anda. Semisal, cara menyelamatkan ponsel yang kehujanan, mengatasi baju yang terkena noda, memutihkan gigi, dsb.

13. Komentar berita / topik terkini

Topik yang sedang hangat dibicarakan bisa Anda angkat menjadi sebuah konten. Fokus perhatian khalayak tentang topik yang dibicarakan akan mengundang pengunjung untuk menambah informasi.

Karena topik-topik semacam ini cepat sekali menjadi basi, pastikan untuk mempublikasikan konten Anda sesegera  mungkin. Anda tak mau konten yang dibuat ketinggalan jaman, kan?

14 .Rekomendasi film

Seperti halnya buku, film adalah pilihan hiburan bagi sebagian orang. Jadi, tak ada salahnya membuat rekomendasi film untuk ditonton.

Meskipun terlihat mudah, Anda perlu sedikit lebih kreatif untuk menyusun rekomendasi ini. Daripada menggunakan kategori konvensional seperti horor, drama, komedi dan sebagainya, cobalah buat rekomendasi yang unik. Misalnya, daftar film untuk ditonton setelah patah hati atau film untuk ditonton sepulang kerja.

Semakin unik kategori yang Anda buat, semakin besar penasaran pengunjung untuk membaca rekomendasi yang Anda buat.

15. Guest blogging

Guest blogging memperbolehkan Anda mempublikasikan konten di blog milik orang lain. Cara ini umum dipakai untuk menarik pengunjung dari blog lain.

Sebelum melakukan guest blogging, baiknya Anda mencari sesama blogger yang memiliki niche yang sesuai. Karena jika niche terlalu berbeda, tujuan awal untuk menarik pembaca baru juga takkan tercapai.

16. Giveaway

Giveaway adalah salah satu strategi marketing yang kini kerap dipakai. Strategi ini mengharuskan pengunjung berkompetisi untuk mendapatkan hadiah yang dijanjikan. Sering kali giveaway dipakai brand untuk meningkatkan jumlah pengikut dan engagement konten. Cara ini bisa Anda terapkan untuk menambah jumlah trafik dan pengikut di media sosial.

17. Cerita personal

Topik satu ini banyak dihindari oleh blogger-blogger profesional. Alasannya tak lain karena topik ini merusak citra profesional itu sendiri.

Namun, jika Anda merasa perlu menunjukkan sisi lain yang manusiawi, cerita personal bisa menjadi bentuk konten yang tepat. Cara ini dipakai untuk meyakinkan pembaca bahwa Anda adalah bagian dari pembaca. Dengan begitu, pembaca merasa lebih dekat dengan Anda. Mereka pun tidak menyangsikan apa yang Anda tulis.

Akan tetapi, untuk konten yang satu ini, Anda perlu banyak berlatih agar konten tidak terlihat seperti curhatan. Sertakan hal-hal yang bisa dipelajari dari cerita Anda daripada sekedar mengeluh.

18. Tips

Konten berupa tips sudah pasti banyak dicari. Hanya saja, Anda tetap perlu melakukan riset dan menyertakan informasi yang tak banyak dibahas. Hal ini untuk menghindari konten Anda sekedar dibaca sekilas oleh pengunjung.

19. Kesulitan dalam menjalankan sesuatu

Jika tips adalah rekomendasi hal yang perlu dilakukan, maka ini adalah kebalikannya.

Menulis kesulitan dalam menjalankan sesuatu bisa memberikan cara pandang lain pada pembaca. Konten semacam ini bisa terasa relatable dan kemungkinan besar akan dibagikan oleh pembaca yang merasa setuju dengan pemikiran Anda.

Konten yang juga bentuk lain dari tips ini, akan membantu pmebaca bersiap menghadapi kesulitan ketika igin mempelajari sesuatu.

20. Ulasan acara

Tak semua acara diberitakan di media massa. Jika pun iya, tak semua berita bisa menyajikan cerita yang lengkap.

Di sinilah kesempatan Anda untuk mengulas acara dengan lebih lengkap. Anda bisa memilah informasi mana saja yang berguna dan menarik bagi segmen pembaca Anda.

Gaya bahasa dan bercerita yang khas tentunya akan menjadi poin plus. Dibandingkan dengan gaya laporan berita yang kaku, ulasan acara bisa dibuat lebih menarik. Apalagi kalau Anda menyertakan foto-foto dan poin-poin penting dari acara tersebut.

21. Daftar istilah

Jika tema blogmu cukup spesifik dan teknis, tak ada salahnya untuk membuat konten berisi daftar istilah. Bayangkan ini seperti kamus atau indeks yang membantu pengunjung memahami suatu istilah. Letakkan konten ini bersama dengan FAQs untuk membuatnya lebih sesuai.

22. Unduh gratis

Buatlah konten yang bisa diunduh pengunjung secara gratis. Letakkan watermark nama Anda di materi tersebut. Cara ini bisa membuat blog Anda tersebar.

Cara lain adalah dengan mengaktifkan fitur download sekaligus berlangganan melalui email. Dengan ijin pengunjung, Anda bisa mengirimkan konten-konten terbaru. Sehingga mereka kemungkinan besar akan menjadi pembaca setia Anda.

Konten unduh gratis pun bisa beragam bentuknya  Dari checklist, e-book gratis, hingga wallpaper ponsel, dan template konten media sosial.

23. Rekomendasi blogger

Merekomendasikan blogger lain pada pembaca bukan berarti mengusir pembaca dari blog Anda. Jika Anda berada di komunitas blogger yang cukup solid, justru itu bisa menjadi perekat hubungan Anda dengan sesama blogger. Karena Anda memberikan backlink bagi blog yang direkomendasikan. Belum lagi jika kemudian Anda diajak untuk berkolaborasi bersama.

24. Hal-hal yang harus dihindari

Sekali lagi, ini adalah bentuk lain dari tips. Format ini menciptakan kesan penting sehingga pengunjung akan menjadi lebih awas terhadap hal yang Anda katakan.

Format konten semacam ini cocok untuk diterapkan pada tema blog yang spesifik. Semisal untuk blog seputar fitness, Anda bisa membuat “Hal-Hal yang Harus Dihindari Ketika Berolahraga di Saat Bulan Puasa.”

Karena sifatnya spesifik, pastikan Anda menggabungkan penjelasan umum dengan pengalaman Anda. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan konten yang sifatnya orisinil.

25. Forum edukasi dan sumber inspirasi

Internet memang gudangnya segala ilmu dan informasi. Tapi harus diakui, akan lebih mudah jika kita bisa mendapatkan konten pendidikan dan inspirasi lainnya dalam satu tempat. Hal inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menyusun rekomendasi forum dan sumber inspirasi.

Jika Anda cukup jeli, Anda bisa mendapatkan komisi dari platform yang Anda rekomendasikan.

26. Eksperimen

Eksperimen adalah format konten yang praktis mendulang banyak pengunjung. Rasa penasaran yang besar menahan pengunjung berlama-lama di blog Anda.

Jangan bayangkan eksperimen melulu di laboratorium. Format konten ini bisa Anda adaptasi dalam berbagai bentuk sesuai dengan tema blog. Cobalah buat eksperimen dengan tujuan menjawab sebuah pertanyaan yang spesifik.

27. Konten video

Menambah konten video ke dalam blog bukanlah ide yang buruk. Menurut Hubspot, konten video bisa menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka lebih lama berada di blog Anda. Dalam sebuah eksperimen konten video disebut 55% lebih diperhatikan dibandingkan dengan konten artikel yang hanya 29%.

Tak hanya itu aja, konten video disebut bisa meningkatkan backlink blog. Tentu saja ini sangat berguna untuk reputasi blog serta meningkatkan peringkat blog di mesin pencarian.

Jika Anda punya waktu luang, kemampuan, dan peralatan yang mumpuni, menambahkan video ke dalam blog adalah hal yang perlu dijajal. Meski sedikit rumit, output yang didapatkan pasti setimpal.

28. Rekomendasi hadiah

Di Indonesia, budaya memberi hadiah mungkin tidak sebesar di luar negeri. Meski begitu, bukan berarti Anda tak bisa memanfaatkan hype-nya.

Buatlah rekomendasi hadiah menjelang akhir tahun, sekitar bulan November atau Desember. Pada rentang waktu ini, biasanya banyak orang yang mencari rekomendasi hadiah untuk perayaan Natal.

Pun, Anda bisa membuat beberapa versi konten yang sesuai dengan momen tertentu. Misalnya, rekomendasi hadiah ulang tahun, hadiah valentine, hadiah tahun ajaran baru, hadiah pernikahan, dsb. Akan lebih baik jika rekomendasi itu dibuat sesuai dengan tema blog Anda.

29. Resep

Generasi millennial (usia 25-34 tahun) menyukai pengalaman memasak. Sebuah survei menyatakan 59% milenial memasak dengan membawa ponsel pintar atau tablet ke dapur. Dari internetlah mereka menemukan resep dan bermaksud mencoba memasaknya.

Adalah ide yang bagus kalau Anda mulai menambahkan konten resep ke blog. Untuk membuat resep khusus audiens millennial, cobalah buat resep dengan bahan yang mudah didapat dan gampang dimasak.

30. Rekomendasi akun media sosial inspiratif

You’re what you follow. Apa yang kamu ikuti menunjukkan siapa dirimu.

Menulis akun media sosial inspiratif bisa jadi strategi sambil menyelam minum air. Di satu sisi, Anda dapat meneguhkan persona Anda. Mengikuti akun media sosial dengan tema serupa akan menunjukkan seberapa besar Anda memiliki perhatian di tema tersebut. Poin plus lagi, jika Anda memiliki hubungan dekat dengan pemilik akun yang direkomendasi. Hal itu akan menunjukkan seberapa besar Anda menjadi bagian dari komunitas yang sama.

Di sisi lain, Anda ikut membantu pengunjung mencari akun media sosial inspiratif. Kembali ke kalimat pembuka bagian ini, anggap saja Anda membantu meredefinisi ulang identitas pengunjung Anda.

31. Mitos vs. Fakta

Mitos vs. Fakta merupakan bentuk konten yang tepat, jika Anda bermaksud meluruskan suatu topik. Konten sejenis ini akan mengusik rasa penasaran pembaca dan mengajak mereka memeriksa kembali apa yang selama ini mereka tahu.

32. Komunitas dan forum

Informasi mengenai komunitas dan forum online cukup banyak dicari. Komunitas online membantu Anda dan pembaca berjejaring dan mengembangkan blog. Dari sanalah blogger mendapatkan pembaca setia. Begitu juga dengan informasi terbaru dan hal penting lainnya.

33. Pengalaman pertama melakukan sesuatu

Kebanyakan orang tak menyukai rasa tidak familiar. Itulah mengapa kebanyakan tak menjajal hal baru. Dengan tipikal konten semacam ini, Anda sebetulnya sedang membantu pembaca memberanikan diri mencoba pengalaman baru.

34. Ulasan jasa atau layanan

Ada kalanya kita perlu memakai jasa layanan. Entah itu swasta atau urusan di kantor pemerintahan. Mulai dari perbaikan ponsel yang rusak sampai mengurus perpanjangan Surat Ijin Mengemudi.

Karena hal-hal semacam ini tak terhindarkan, ada baiknya supaya Anda membuat ulasan tentang jasa layanan tersebut.

35. Prediksi

Banyak hal tak bisa diduga di dunia. Tapi itu tak menghalangi kita untuk mengira-ngira apa yang terjadi selanjutnya. Prediksi adalah bentuk konten yang pas untuk itu semua.

Namun, konten berisi prediksi tak melulu berbau klenik. Anda bisa buat prediksi untuk hal-hal populer yang ada di sekitar,seperti prediksi trend fashion, prediksi pertandingan olahraga, dsb.

36. Tantangan

Tantangan atau challange mulai menjadi konten yang dinikmati.

Kalau Anda perhatikan, ada saja tantangan baru yang muncul dan viral setiap bulannya. Mungkin Anda masih ingat Ice Bucket Challenge, Mannequin Challenge, atau Kiki Challenge. Ketiganya adalah tantangan yang cukup viral di internet.

Jika ada punya pengikut yang banyak dan cukup setia, tak ada salahnya meramaikan jagad internet dengan membuat tantangan.

37. Rekomendasi app sesuai niche

Aplikasi di ponsel pintar membuat segala hal menjadi mudah. Tapi, akan jauh lebih mudah jika Anda bisa merekomendasikan aplikasi yang berguna untuk pembaca. Dengan begini, tak ada lagi cerita membuang waktu untuk sekedar menjajal aplikasi di ponsel.

38. Kuis

Jika Anda menggunakan Facebook di tahun 2007-2009, Anda pasti familiar dengan kuis-kuis yang ada di dalamnya. Kuis tersebut tak ada sama sekali hubungannya dengan hadiah atau peringkat. Sebaliknya, kuis yang sebagian besar berformat kuis kepribadian tersebut dibuat dengan iseng saja.

Meski begitu, sekali-sekali Anda bisa juga menerapkannya di blog. Buatlah kuis-kuis kepribadian yang unik. Cara ini juga bisa dipakai untuk melihat tipikal pengunjung blog Anda.

39. Tips produktivitas

Tips untuk bekerja produktif dan efisien adalah sesuatu yang dibutuhkan pembaca Anda. Karena dengan begitu, mereka bisa melanjutkan dengan kegiatan lainnya.

Jika Anda memang tipikal blogger yang produktif, ide konten ini cocok untuk Anda tulis. Anda bisa menggabungkan berbagai hal untuk menulis konten ini. Mulai dari statistik, hasil eksperimen, rekomendasi aplikasi, dan pengalaman Anda sendiri.

40. Daftar kutipan

Jika Anda perhatikan, banyak sekali orang yang memakai kutipan tokoh terkenal untuk caption Instagram. Maka membuat daftar kutipan di blog nampaknya ide yang tak terlalu buruk.

Coba buat kategori atau kata kunci untuk setiap daftar kutipan yang Anda tampilkan. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mudah mencari kutipan yang sesuai dengan fotonya

41. Kesalahan masa lalu

Kita belajar dari kesalahan masa lalu. Tapi alangkah lebih mudah jika kita bisa belajar dari kesalahan orang lain. Dengan begitu kita tak mengulangi kesalahan yang sama.

Ide konten ini cocok untuk Anda yang cukup memiliki pengalaman di bidang Anda. Bisa dipastikan pengunjung blog akan berterima kasih karena Anda telah menulis konten ini.

42. Surat terbuka

Surat terbuka merupakan ide konten yang menarik. Anda bisa menunjukkan sisi personal Anda dalam mengomentari suatu permasalahan.

Dengan format semacam ini, Anda bisa menjaga nada tulisan Anda tetap hangat. Meski sebetulnya Anda sedang mengkritik atau meminta perhatian seseorang.

43. Kaleidoskop atau rangkuman peristiwa dalam setahun

Kaleidoskop atau rangkuman peristiwa umumnya muncul di akhir tahun. Jika Anda perhatikan, di saat-saat itu pula, konten semacam ini cukup viral.

Anda bisa menduplikasi format serupa untuk blog Anda. Tak perlu terpaku dengan isi konten yang membahas kehidupan artis atau fenomena nasional. Anda bisa saja membuat kaleidoskop tentang pencapaian selama setahun atau hal-hal menarik di komunitas Anda.

44. Podcast

Podcast mulai menjamur di Indonesia. Tak ada salahnya jika Anda ingin melebarkan sayap ke format konten ini.

Beberapa plugin podcast di WordPress secara otomatis memasukkan podcast ke dalam aplikasi seperti iTunes, Spotify, Google Play Music, dan direktori berbasis RSS lainnya. Sebuah cara yang patut dipertimbangkan untuk mengenalkan blog Anda ke audiens yang lebih luas.

45. Kesalahpahaman tentang niche

Tren yang diadopsi dari luar negeri biasanya sering menimbulkan kesalahpahaman. Misal, soal olahraga yoga, diet keto, atau gaya hidup alternatif.

Meluruskan kesalahpahaman tentang niche-mu mungkin akan lebih efektif. Apalagi jika dibandingkan dengan harus menjelaskan segala sesuatunya dari awal. Karena belum tentu juga pembaca tertarik mengetahui lebih dalam topik yang Anda tulis.

Anda bisa menuliskan kesalahpahaman yang sering muncul dalam satu kalimat. Lalu, membantah pernyataan itu dengan penjelasan. Cara ini membuat tulisan Anda lebih terstruktur dan mudah diingat.

46. Artikel serial

Artikel bersambung membantu Anda membuat konten dalam jangka panjang.

Format konten semacam ini memang mengharuskan Anda merencanakan konten apa saja yang ingin ditulis. Sekilas, terdengar agak rumit memang. Akan tetapi, ini justru membuat konten yang Anda tulis lebih terstruktur. Pembaca juga akan dimudahkan dengan topik yang fokus dan data yang kaya.

Secara teknis, format konten ini membantu Anda membangun hubungan antara konten dalam blog. Pengunjung kemungkinan besar akan kembali ke blog Anda untuk membaca artikel selanjutnya. Contoh konten artikel serial yang cukup menarik adalah serial The Book of Life dari School of Life.

47. Konten premium

Membuka donasi mulai umum dilakukan oleh pembuat konten dan blogger melalui Patreon. Cara ini dipakai supaya pembuat konten dapat terus berkarya.

Kalau Anda salah satunya, ada baiknya mendedikasikan konten premium untuk pengikut setia Anda. Hanya pengunjung yang berdonasi saja yang bisa membuka konten yang Anda buat. Bentuk kontennya pun bebas. Anda bisa membuat artikel, podcast, memberikan e-book, Facebook grup eksklusif, bahkan membuat satu sesi diskusi online.

Baca juga: 7 Langkah Membuat Strategi Content Marketing

48. Balik layar

Kalau Anda sulit membagikan cerita personal, behind the scene atau balik layar merupakan cara lain menunjukkan kepribadian Anda. Cara ini jauh lebih mudah dan estetis dibandingkan cara yang disebut sebelumnya.

Anda bisa memotret meja kerja, proses riset dan menulis, segelas kopi di meja, atau apa saja. Anda juga bisa bercerita soal kebiasaan membuat konten serta kesulitannya.

49. Ilustrasi dan grafis

Konten tak melulu soal tulisan. Jika Anda memang menyukai dunia desain dan ilustrasi, jadikan saja itu konten Anda.

Sejauh ini ada dua kategori ilustrasi yang umum ditampilkan. Pertama, ilustrasi yang sifatnya dekoratif dan mudah untuk dibagikan. Konten semacam ini biasanya berupa wallpaper atau tipografi. Jenis konten ini juga mudah untuk diunduh dan digunakan secara mandiri Jika Anda memang ingin membuat ilustrasi semacam ini, pastikan Anda membuatnya dalam resolusi yang sesuai dengan layar ponsel dan laptop.

Kedua, merupakan ilustrasi yang hanya ‘sekedar’ dinikmati. Bentuk konten ini banyak dibagikan dan dikomentari karena sifatnya yang kurang fleksibel. Akan tetapi, bukan berarti konten ini tidak bagus. Anda bisa melihat Instagram Oliver Latta untuk mengetahui lebih lanjut konten yang dimaksud.

50. Hal-hal yang bisa dipelajari dari sesuatu

Jika Anda menganggap review buku atau film sedikit membosankan, format konten yang satu ini patut dicoba.

Alih-alih menceritakan semua detil dalam tulisan, format ini menggarisbawahi hal-hal penting untuk pembaca. Menuliskan hal-hal yang dipelajari memberikan kebebasan untuk Anda bercerita momen-momen penting di buku atau film. Dengan kata lain, Anda tak banyak-banyak memberikan spoiler pada pembaca jika mereka belum membaca buku atau menonton filmnya.

51. Inspirasi kegiatan liburan

Tak semua orang senang berlibur ke luar daerah. Meski begitu, mereka tetap membutuhkan ide untuk menghabiskan waktu liburan mereka.

Dari sini Anda bisa menyusun ide kegiatan selama liburan. Lagi-lagi, sesuaikan ide Anda dengan tema yang digeluti. Ini akan memudahkan bagi pengikut Anda, selain juga menjaga ekspektasi mereka tentang ide liburan Anda.

Anda juga bisa menyusun rencana liburan dalam bentuk challenge atau tantangan. Cara ini terasa lebih menantang dan meningkatkan engagement pengunjung terhadap konten Anda.

52. Ucapan terima kasih

Penulis takkan berarti tanpa pembacanya. Jadi, jangan lupa ucapkan terima kasih untuk pembaca setia Anda.

Dedikasikan satu konten ucapan terima kasih setiap Anda mencapai target pengikut. Kalau memungkinkan, bagikan resources yang berguna bagi pengikut Anda. Di antaranya kupon promo, e-book gratis, checklist, ataupun fitur coba gratis dari jasa layanan tertentu.

Tak hanya menyenangkan bagi pembaca, cara ini akan menambah pengunjung blog Anda. Lagi-lagi, sebuah strategi sambil menyelam minum air.

Kesimpulan

Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi menulis melalui internet. Dari sana pula, Anda juga bisa mendapatkan banyak ide topik untuk ditulis di blog.

Hanya saja, Anda tetap perlu konsisten dengan tema blog yang Anda tulis. Dengan begitu personal branding akan menjadi kuat dan bisa menarik pengunjung ke blog Anda.

Semoga ide topik di atas bisa membantu Anda menjadi lebih produktif. Jadi, tunggu apa lagi? Mari berkarya!

0
Imas Indra Imas is a passionate and detail-oriented content writer. Years of experience taught her how essential quality content is. Now she upgraded her skill set with experience in SEO and combines it with her ability to create unique articles and tutorials.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + five =