Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

8+ Plugin WordPress untuk Membuat Website Mobile Friendly

4 min read

Featured image plugin mobile WordPress terbaik

Menurut Google, 94 persen konsumen Indonesia mengakses internet melalui smartphone pada tahun 2018. Temuan ini tentu tidak bisa dianggap sepele oleh para pelaku bisnis online. Dengan smartphone sebagai perangkat utama konsumen Indonesia, pelaku bisnis online dituntut untuk bisa menyediakan website mobile friendly.

Selain karena masifnya konsumen Indonesia yang mengakses internet melalui perangkat mobile, masih ada beberapa alasan lain yang perlu Anda ketahui mengapa website mobile friendly begitu penting. Anda dapat membaca artikel lengkapnya di tautan berikut 7 Alasan Website Harus Mobile Friendly.

Sebagian orang mungkin berpikir, membuat website versi desktop saja sudah cukup sulit, kini ditambah tuntutan untuk membuat website mobile friendly. Tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuat website mobile friendly di WordPress dengan bantuan plugin!

Di artikel ini saya akan membahas delapan plugin WordPress terbaik yang bisa membantu Anda membuat website versi mobile dengan mudah. Berikut adalah daftar plugin untuk membuat website mobile friendly:

8+ Plugin Mobile WordPress Terbaik

1. WPTouch

Plugin mobile WordPress terbaik - WPtouch

WPTouch adalah pilihan paling populer untuk membuat website mobile friendly. Plugin ini akan membantu Anda mengubah website Anda lebih mobile friendly tanpa merusak tema website WordPress di desktop. Selain itu, WPTouch juga memastikan website versi mobile Anda lolos dari Google Mobile Test sehingga bisa meningkatkan ranking SEO Anda.

Plugin WPTouch tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar. Jika keperluan Anda hanya membuat website mobile friendly dengan fitur-fitur dasar, versi gratisnya sudah cukup. Versi premium WPTouch memungkinkan Anda untuk mengganti font, mengatur pilihan caching, dan support dari developer.

2. AMP for WP

Plugin mobile WordPress terbaik - AMP for WP

Plugin kedua yang cukup populer untuk membuat website mobile friendly adalah AMP for WP. Plugin ini menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan tema WordPress yang Anda gunakan. Jika tema WordPress yang Anda gunakan belum cukup cepat, Anda bisa menggantinya dengan tema dari AMP for WP yang lebih cepat dan responsif.

Sama dengan WPTouch, versi gratis AMP for WP memungkinkan Anda untuk membuat website mobile friendly dengan mudah. AMP for WP menyediakan dua cara untuk menambahkan fitur premium.

Cara pertama adalah membeli akun premium dengan harga mulai dari 149 US Dollar per tahun. Dengan akun premium, Anda bisa mengakses semua fitur dan extension premium di AMP for WP. Cara kedua adalah membeli per fitur/extension. Jika Anda hanya membutuhkan satu atau dua fitur tambahan tentu cara kedua lebih hemat untuk Anda.

3. Jetpack by WordPress

Plugin mobile WordPress terbaik - Jetpack

Plugin mobile WordPress ketiga ini mungkin sudah cukup familiar bagi kebanyakan orang, yaitu Jetpack. Jetpack dikenal sebagai plugin All-In-One yang menyediakan fitur keamanan hingga media sosial untuk WordPress. Mungkin banyak orang yang belum tahu ini: Jetpack juga menyediakan tema mobile friendly untuk website WordPress Anda.

Anda bisa dengan mudah mengatur tampilan mobile website Anda melalui menu pengaturan di Jetpack. Jetpack memungkinkan Anda untuk mengatur tampilan mobile website dari menu hingga ukuran gambar. Kabar baiknya, Jetpack tersedia gratis untuk semua pengguna WordPress.

Baca juga: Jetpack: Plugin WordPress dengan Fitur Super Lengkap!

4. WordPress Mobile Pack

Plugin mobile WordPress terbaik - WordPress Mobile Pack

WordPress Mobile Pack menawarkan progressive web apps yang memungkinkan Anda untuk membuat website versi mobile disesuaikan dengan standar aplikasi di Android dan iPhone.

Jadi pengunjung bisa menikmati website Anda seolah-olah sedang membuka aplikasi di smartphone mereka. Tema-tema WordPress yang disediakan WordPress Mobile Pack benar-benar mirip dengan aplikasi-aplikasi di smartphone.

WordPress Mobile Pack tersedia dalam versi gratis dan premium. Versi gratisnya mencakup fitur progressive web apps hingga mengganti font dan warna. Jika membeli versi premiumnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak pilihan tema dan pengaturan yang lebih bebas.

5. WP Mobile Menu

Plugin mobile WordPress terbaik - WP Mobile Menu

WP Mobile Menu adalah plugin yang tepat jika Anda ingin fokus membuat menu yang bagus di website versi mobile. Seringkali ditemui website versi mobile dengan tema cantik dan responsif, tetapi menunya berantakan.

Menu yang berantakan di website versi mobile bisa membingungkan pengunjung bahkan membatalkan niat mereka untuk membeli. Masalah tersebut dapat Anda selesaikan dengan WP Mobile Menu.

WP Mobile Menu memungkinkan Anda memodifikasi menu di website tanpa merusak tema aslinya. Jadi Anda bisa membuat menu dengan efek slide yang halus, ikon besar, teks menu jelas, dan tombol yang jelas pula. Dengan begitu, pengunjung Anda tidak akan kabur karena kesulitan menemukan menu yang mereka cari.

6. Max Mega Menu

Plugin mobile WordPress terbaik - Max Mega Menu

Selain WP Mobile Menu, Max Mega Menu juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi permasalahan menu di website versi mobile Anda. Fitur utama Max Mega Menu adalah mengubah menu website Anda menjadi mega menu, yaitu menu yang menampilkan semua pilihan halaman website dalam bentuk sub menu seperti contoh di bawah ini:

Plugin ini sangat cocok untuk website toko online atau website berita online yang perlu menampilkan berbagai macam pilihan menu. Jadi ketika pelanggan mengarahkan kursornya ke satu menu produk, mereka juga bisa melihat variasi yang ditawarkan.

Misalnya, Anda mengelola toko online pakaian. Anda bisa membuat menu produk utamanya adalah “Celana” dan variasinya adalah Celana Pendek, Celana Panjang, Celana Jeans, Celana Pria, dan Celana Wanita. Dengan Max Mega Menu, Anda bisa membuat menu tersebut lebih mudah dilihat oleh pengunjung website.

Plugin ini menggunakan drag and drop builder sehingga mudah dioperasikan siapa saja tanpa bantuan programmer. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan widget seperti maps, ikon media sosial, kalender, form kontak, hingga gambar ke mega menu.

Anda bisa menggunakan versi gratisnya dengan fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas. Jika fitur di atas masih belum memenuhi kebutuhan, Anda bisa membeli akun premiumnya mulai dari harga 23 US Dollar per tahun.

7. AppPresser

Plugin mobile WordPress terbaik - AppPresser

Jika WordPress Mobile Pack hanya berfungsi untuk membuat website versi mobile yang seolah-olah seperti aplikasi smartphone, AppPresser adalah plugin untuk membuat aplikasi smartphone yang sebenarnya.

AppPresser akan membantu Anda membuat website WordPress Anda dalam versi aplikasi baik untuk Android maupun iPhone. Namun, plugin ini disarankan untuk digunakan oleh developer berpengalaman saja. Pengoperasian AppPresser mungkin terlalu sulit dipahami oleh orang-orang awam.

Plugin ini agak lebih mahal dibanding plugin WordPress kebanyakan. Untuk versi termurah, Anda bisa mendapatkannya dengan harga 19 US Dollar per bulan yang mencakup app builder, support selama setahun, dan satu tema.

Paket yang lebih mahal, yaitu Paket Agency, dibandrol dengan harga 49 US Dollar per bulan. Di paket kedua Anda bisa mendapatkan lebih banyak fitur seperti layanan geolokasi, social sharing, dan AdMob Ads.

8. Any Mobile Theme Switcher

Plugin mobile WordPress terbaik - Any Mobile Theme Switcher

Dengan Any Mobile Theme Switcher, Anda bisa mengaktifkan dua tema berbeda untuk dua perangkat berbeda. Jadi Anda bisa memilih satu tema WordPress untuk versi desktop dan memilih tema lainnya untuk versi mobile.

Plugin ini adalah solusi jika tema WordPress yang sudah Anda pasang untuk versi desktop ternyata tidak cukup cepat dan responsif untuk versi mobile. Any Mobile Theme Switcher memungkinkan Anda untuk memasang tema berbeda dari versi desktop tanpa merusak tema asli versi desktop.

9. Smush Image Compression and Optimization

Plugin mobile WordPress terbaik - Smush

Sebagai bonus, plugin terakhir bukan plugin yang secara spesifik mengubah website versi desktop menjadi versi mobile. Namun, plugin ini juga penting untuk meningkatkan kinerja website versi mobile Anda.

Plugin tersebut adalah Smush Image Compression and Optimization. Smush Image membantu Anda untuk mengompres gambar dan mengoptimasinya tanpa mengurangi kualitas gambar yang Anda upload di website. Plugin ini penting karena ukuran gambar yang terlalu besar bisa menjadi penyebab menurunnya kecepatan website Anda, baik versi desktop maupun mobile.

Baca Juga : Cara Optimasi Website Untuk Google Mobile First Index

Kesimpulan

Website versi mobile sangat penting bagi keberlangsungan website jenis apa pun saat ini. Baik website toko online, company profile, maupun blog dituntut untuk mempunyai website mobile friendly.

Membuat website mobile friendly menjadi lebih mudah dengan bantuan delapan plugin di atas. Anda bisa memilih satu atau beberapa plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikian artikel mengenai plugin mobile WordPress terbaik. Anda bisa meninggalkan komentar di bawah untuk bertanya atau memberikan saran tentang apa pun yang berkaitan dengan website, bisnis online, atau marketing online.

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

2 Replies to “8+ Plugin WordPress untuk Membuat Website Mobile Friendly”

  1. Admin mau tanya plugin seperti ini apa bisa digunakan untuk menampilkan ads(iklan) dari bentuk tampilan desktop tetap muncul dalam bentuk tampilan mobile? kan biasanya kalau ads di tampilan dekstop belum tentu muncul di tampilan mobile. Penjelasannya admin?
    Terima kasih.

    1. Baik saya bantu jawab pak. untuk menampilkan ads yang bisa tampil di desktop maupun mobile di settingan ads bapak setting (ads responsive) pak pilihannya, dan script nya bisa di masukkan ke pluginnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *