Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Jetpack: Plugin WordPress dengan Fitur Super Lengkap!

3 min read

featured image jetpack wordpress

Saat ini Anda baru membuat website WordPress. Tapi Anda masih bingung mencari plugin yang dapat memberikan solusi lengkap untuk website Anda. Nah, salah satu opsi terbaik yang bisa Anda pilih adalah Jetpack.

Jetpack WordPress adalah plugin yang dapat membantu Anda mengatasi berbagai persoalan, mulai dari mengoptimasi performa website hingga meningkatkan keamanan. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Penasaran? Di artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu plugin Jetpack, fitur-fiturnya, dan cara menggunakannya. Yuk simak lebih lanjut!

Apa itu Jetpack?

Jetpack adalah plugin WordPress yang menyediakan berbagai macam fitur. Fitur-fitur ini disebut modul. Anda bebas memilih modul yang ingin Anda aktifkan.

Jetpack WordPress adalah plugin ini dikembangkan oleh Auttomatic, yaitu perusahaan yang membuat WordPress.com. Inilah mengapa Jetpack cukup populer di kalangan pengguna WordPress.

Jetpack bisa diinstall dan diaktivasi secara gratis. Selain itu, banyak juga modul Jetpack WordPress yang bisa Anda nikmati secara cuma-cuma. 

Jika Anda tertarik untuk menikmati lebih banyak modul – dengan berbagai fitur tambahan, Anda dapat berlangganan ke paket premium Jetpack.

Apa Saja Fitur-Fitur Jetpack? 

Di bawah, kami akan menjelaskan beberapa modul yang bisa Anda gunakan secara gratis di Jetpack. Setiap modul dibagi berdasarkan fungsinya, yaitu antara meningkatkan keamanan, optimasi performa, atau mengatur penampilan.

Meningkatkan Keamanan Website

modul security di jetpack

Jetpack WordPress menyediakan opsi untuk membuat website Anda menjadi semakin aman. Berikut adalah daftar modul keamanan yang bisa Anda gunakan secara gratis:

  • Downtime monitoring – Modul ini akan mengirimkan notifikasi via email jika website Anda offline/mengalami downtime.
  • Brute force protection – Modul ini menghindarkan website Anda dari resiko brute force attack. Sehingga, bot dan hacker akan kesulitan untuk menjebol dashboard website Anda. 
  • Auto-update plugins – Salah satu langkah untuk membuat website Anda lebih aman adalah dengan memastikan plugin Anda selalu diperbarui. Sesuai dengan namanya, modul ini akan membantu Anda melakukan auto-update plugin.
  • WordPress.com login – Ingin menambah lapisan keamanan pada website Anda? Anda bisa mengaktifkan penggunaan login dengan akun WordPress.com.

Fitur-fitur keamanan yang ditawarkan memang bersifat dasar. Tapi, untuk ukuran plugin gratis, Jetpack mampu memberikan keamanan yang cukup baik. Khususnya bagi website pemula.

Baca juga: 10+ Plugin Security WordPress Terbaik dan Gratis

Optimasi Performa Website

modul performance di jetpack

Ingin meningkatkan performa website Anda? Tenang, Jetpack punya beberapa modul gratis untuk mengoptimalkan kecepatan website:

  • Site accelerator – Modul ini dapat meningkatkan kecepatan loading website Anda dengan mengoptimasi proses loading gambar dan file statis (seperti HTML, CSS, dan JavaScript). 
  • Lazy-loading images – Dengan modul ini, pengunjung hanya perlu loading elemen website yang tampil di permukaan. Sehingga proses loadingnya bisa lebih cepat dan memakan lebih sedikit memori.

Mengatur Tampilan dan Penerbitan Konten

modul writing di jetpack

Di dalam dashboard pengaturan Jetpack (tepatnya di tab Writing), ada beberapa modul yang dapat membantu Anda mengatur tampilan dan penerbitan konten. Berikut di antaranya:

  • Content composing – Modul ini memiliki beberapa fungsi. Mulai dari menyalin postingan atau halaman, hingga menggunakan shortcode untuk embed media dari website lain.
  • Custom content types – Dengan modul ini, Anda bisa membuat testimonial dan portfolio dengan bantuan shortcode.
  • Infinite scroll –  Modul ini memungkinkan pengunjung website untuk membuka konten-konten website Anda dengan melakukan scrolling. Fitur ini sangat bagus untuk website dengan jumlah postingan yang banyak (seperti blog).
  • Widgets – Anda dapat menggunakan widget-widget tambahan, seperti social icons, blog stats, hingga Google Translate.
  • Post by email – Modul ini memungkinkan Anda untuk posting konten via email. 
  • Create full screen carousel slideshow –  Anda bisa menampilkan gambar dalam bentuk carousel yang bisa dilihat secara full screen. Fitur ini dapat mendorong pengunjung untuk berinteraksi dengan konten Anda, khususnya pengguna mobile.
contoh carousel

Baca juga: 8+ Plugin WordPress untuk Membuat Website Mobile Friendly

Bagaimana Cara Setting Jetpack di Situs WordPress?

Setelah melihat berbagai fitur di atas, mungkin Anda tertarik untuk menggunakan Jetpack. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara setting Jetpack di situs WordPress. Mulai dari proses set up hingga aktivasi modul.

Ingat, Anda harus menginstall dan mengaktifkan plugin Jetpack terlebih dahulu sebelum melakukan set up.

Baca juga: Cara Install Plugin WordPress

Proses Set Up Jetpack

Setelah mengaktivasi Jetpack, Anda akan melihat layar yang menyarankan Anda untuk melewati proses set up. Klik tombol Set up Jetpack, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun WordPress Anda. Jika sudah terhubung, Anda tinggal mengklik tombol Approve.login wordpress untuk setup plugin jetpack
  2. Setelah login, Anda akan melihat layar yang menawarkan berbagai paket Jetpack premium. Tapi jika Anda ingin menggunakan paket gratis, cukup scroll ke bagian paling bawah, lalu klik Start with Free.
  3. Sekarang Anda akan masuk ke dashboard Jetpack. Di sini Anda bisa melihat ringkasan analisis website Anda. Mulai dari grafik statistik, hingga laporan keamanan.

Proses Aktivasi Modul

Setelah mendapat akses ke dashboard Jetpack, Anda tinggal mengaktifkan modul yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Begini caranya:

  1. Di pojok kanan atas layar, klik Settings.
    menu settings di plugin jetpack
  2. Anda akan melihat beberapa tab di dalamnya. Seperti Security, Performance, dan Writing. Anda bisa mengaktifkan berbagai modul di dalam tab-tab tersebut.
  3. Contohnya, misalkan Anda masuk ke tab Performance. Anda bisa mengaktifkan modul Site Accelerator dengan mengklik tombolnya. 
  4. Anda bisa menggunakan cara yang sama untuk mengaktifkan modul lainnya. Pastikan Anda hanya mengaktifkan modul yang sesuai dengan kebutuhan website.

Kesimpulan

Jetpack adalah plugin WordPress dengan paket lengkap. Anda bisa menikmati berbagai fitur dengan mengaktifkan modul-modulnya. Mulai dari meningkatkan keamanan website, melakukan optimasi performa, hingga mengatur tampilan konten.

Di artikel ini, kami menjelaskan beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh Jetpack WordPress. Anda juga telah belajar tentang cara setting Jetpack di website WordPress. 

Ingin tahu plugin lain yang tepat untuk website WordPress Anda? Silakan mampir di artikel kami yang membahas tentang puluhan plugin WordPress terbaik untuk Anda install!

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *