Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

9 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2020

12 min read

11+ Alternatif Google Adsense untuk Blog Anda di 2020_Featured Image

Bagaimana cara menjadi blogger? Cukup mudah. Anda tinggal membuat blog dan menulis konten. 

Tapi, cara menjadi blogger sukses seperti Iwan Banaran atau Sugeng Riyadi, tentu tidak sesederhana itu. Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan. Inilah yang belum tentu semua orang tahu. 

Nah, di artikel ini kami akan mengajak Anda mengintip rahasia cara menjadi blogger profesional. Mulai dari upaya mempersiapkan blog dengan benar hingga strategi mendapatkan keuntungan menjadi blogger.

Penasaran, kan? Mari simak lebih lanjut! 

Apa Persiapan yang Harus Dilakukan?

Percayalah, tidak ada cara menjadi blogger sukses yang instan. Semua harus dilakukan bertahap dan harus dimulai dengan persiapan yang baik.

Berikut ini adalah berbagai persiapan yang perlu Anda lakukan ketika membangun blog pertama Anda:

1. Tentukan Tujuan

Mengetahui tujuan pembuatan blog merupakan cara menjadi blogger pemula yang baik. Inilah langkah awal yang tidak boleh begitu saja Anda lewatkan.

Dengan memiliki tujuan, Anda jadi tahu bagaimana blog tersebut akan dibangun. Dan, ke arah mana blog tersebut nantinya akan dikembangkan.

Hal ini penting karena blog bukanlah kegiatan yang dalam satu-dua hari akan menunjukkan hasil. Perlu upaya terus menerus untuk membuatnya besar. 

Apa saja tujuan dari kegiatan blogging? Untuk mengembangkan kemampuan menulis, berbagi informasi dengan orang lain, dan mendapatkan penghasilan secara online. 

Apapun tujuan Anda, tuliskanlah di awal membangun blog. 

2. Tentukan Topik

Banyak sekali topik blog yang bisa Anda pilih. Namun, bukan berarti Anda bisa membahas semua topik dan membuat blog gado-gado atau campuran, ya?

Anda cukup memilih salah satu pokok bahasan sebagai topik. Lalu, mengembangkan topik tersebut untuk jangka panjang.

Pilihlah topik blog yang sesuai dengan minat dan keahlian. Dengan demikian, tidak ada kata bosan ketika mengelola blog atau kehabisan ide saat akan menulis konten.

Selain itu, pilihlah topik yang paling banyak dibutuhkan masyarakat. Hal ini biasanya Anda ketahui dari banyaknya pencarian yang dilakukan di mesin pencari. 

Menentukan topik blog sebagai cara menjadi blogger profesional.

Topik yang kami maksudkan disini bukan hanya tentang teknologi, kuliner, fashion dan lain-lain. Namun, topik tersebut bisa berupa bahasan yang lebih spesifik, seperti review buku, rekomendasi film, hingga berbagai tips produktivitas.

Baca Juga: 50+ Topik Blog yang Menarik

3. Pilih Platform Blog

Memilih platform blog merupakan hal penting dari cara menjadi blogger sukses. Sebab, kesalahan memilih platform akan menghambat perkembangan blog Anda. 

Saat ini terdapat banyak pilihan platform yang tersedia. Pilihlah sesuai dengan tujuan dan skill Anda. Bagi pemula, menggunakan platform CMS (Content Management System) adalah pilihan terbaik. 

Penggunaan platform WordPress sebagai cara menjadi blogger sukses.

WordPress adalah salah satu CMS yang bisa Anda gunakan. Platform ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk dapat mengelola blog bahkan tanpa kemampuan coding sama sekali

Tidak hanya itu, WordPress merupakan platform yang ramah mesin pencari. Artinya, akan mendukung blog Anda untuk bisa tampil di halaman utama Google dengan lebih mudah.

9 Cara Menjadi Blogger Sukses

Setidaknya ada sembilan cara menjadi blogger sukses yang perlu Anda ketahui. Lakukan semua cara ini, tapi mulailah dari yang Anda anggap paling mudah dulu.

1. Tingkatkan Skill Menulis

Artikel adalah produk utama dari blog Anda. Jika Anda memiliki keahlian menulis yang baik, artikel yang Anda buat pun akan berkualitas. 

Sayang kan kalau Anda memiliki topik blog yang unik dan informasi yang bermanfaat tapi tidak mampu menyampaikannya dengan baik?

Perlu diingat bahwa skill menulis harus selalu diasah. Jadi, cara ini berlaku untuk Anda yang baru saja membuat blog maupun yang ingin meningkatkan performa blognya.

Apa saja yang perlu dilakukan?

  • Gunakan penjelasan yang sederhana. Tujuannya, agar artikel Anda bisa dipahami lebih banyak orang. Sebab, pembaca Anda bisa saja berasal dari berbagai kalangan dengan tingkat pemahaman yang berbeda.
  • Gunakan kalimat dan paragraf yang pendek. Paragraf yang terlalu panjang (wall of text) sering menjadi hambatan bagi pembaca untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. 
  • Hindari empty sentence. Kalimat yang tidak memberikan informasi penting sebaiknya tidak digunakan. Ingat, pembaca datang ke blog Anda untuk sebuah informasi yang mereka butuhkan.
  • Perhatikan struktur artikel. Tidak semua orang membaca artikel Anda secara keseluruhan. Tak jarang mereka hanya melakukan skim (baca cepat) untuk menemukan informasi penting saja. Untuk memudahkan pembaca Anda, gunakanlah heading untuk memisahkan beberapa topik. Dengan struktur yang baik, artikel Anda akan lebih mudah dipahami. 
  • Batasi pada topik yang spesifik. Membuat artikel dengan topik spesifik membantu pembaca fokus terhadap suatu informasi tertentu. Jika Anda merasa suatu topik terlalu luas, buatlah menjadi beberapa artikel berbeda. Lalu, kaitkan satu sama lain. 

Dengan melakukan berbagai cara di atas secara rutin, kemampuan menulis Anda akan meningkat dan bisa menjadi cara menjadi blogger yang baik. 

Baca Juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly

2. Atur Waktu dengan Baik

Cara ini sebenarnya bukan eksklusif untuk blogger saja. Namun, banyak sekali blogger yang gagal mencapai hasil yang diharapkan karena kesalahan dalam time management.

Anda mungkin bertanya: “Kapan waktu terbaik untuk ngeblog?”

Pada dasarnya kegiatan blogging tidak mengikat harus dilakukan di waktu tertentu. Akan tetapi, banyaknya hal yang harus dilakukan membuat pengaturan waktu menjadi penting. 

Jadi, Anda bisa tahu kapan waktu untuk merencanakan konten, menulis artikel dan melakukan langkah optimasi blog. 

Inilah beberapa tips cara menjadi blogger sukses dalam hal time management:

  • Tentukan target posting Anda. Dengan mengetahui tujuan target posting, Anda bisa mengetahui berapa banyak waktu yang perlu Anda perlukan untuk blogging. Untuk pemula, Anda bisa mencoba dengan satu posting tiap minggu. 
  • Maksimalkan waktu produktif Anda. Lakukan pekerjaan di waktu produktif Anda untuk hasil lebih baik dan lebih cepat. Misalnya, banyak blogger yang dapat menulis lebih baik di pagi hari. Tak jarang yang bisa menulis lebih cepat di malam hari. Kapanpun waktu produktif Anda, gunakan dengan baik. 
  • Catat ide konten kapan saja. Tak jarang Anda mendapatkan inspirasi ide konten saat mengerjakan kegiatan lain. Tidak masalah. Catatlah terlebih dahulu, lalu kembangkan di waktu yang tepat. 
  • Lakukan beberapa hal yang sama. Melakukan beberapa pekerjaan sama di satu waktu bisa meningkatkan efisiensi pekerjaan Anda. Misalnya, dalam satu waktu Anda bisa berfokus pada pembuatan beberapa draft konten. Di waktu lain, Anda bisa melakukan upaya optimasi gambar di beberapa artikel.

Apabila Anda sudah bisa mengatur waktu dengan baik, akan semakin banyak kegiatan blogging yang bisa Anda lakukan. Dengan demikian, cara menjadi blogger profesional sudah Anda terapkan dengan tepat. 

3. Terus Belajar Hal Baru

Pengunjung blog bukan hanya datang untuk mendapatkan informasi bermanfaat, tapi juga informasi baru. 

Jadi, apabila ingin mendapatkan jumlah pengunjung yang meningkat, selalu pelajari hal baru. Dengan demikian, Anda bisa terus membuat konten unik yang menarik untuk dibaca.

Anda bisa belajar hal baru dengan melakukan eksperimen sendiri atau membaca dari berbagai buku atau sumber resmi lainnya. 

Bagi seorang blogger, ada beberapa hal utama yang bisa Anda pelajari sebagai cara menjadi blogger sukses, antara lain:

  • Edit foto. Dengan kemampuan membuat foto tampil menarik, Anda akan lebih mudah dalam membuat ilustrasi. Meskipun tidak semua gambar di blog harus Anda buat sendiri, kemampuan ini akan membuat blog Anda unik.
  • Coding. Anda memang bisa menjalankan blog tanpa kemampuan coding. Namun, untuk beberapa hal yang vital seperti performa dan keamanan blog, mengetahui sedikit coding dapat membantu. 
  • SEO (Search Engine Optimization). Ilmu SEO selalu berubah sehingga Anda harus terus update dengan cara optimasi blog yang tepat. Tujuannya, membuat blog Anda bisa tetap muncul di halaman utama mesin pencari.
  • Membangun networking. Tidak mungkin mencapai kesuksesan sebagai blogger tanpa didukung koneksi yang baik. Terutama, dengan sesama blogger. Mengetahui apa yang harus dilakukan untuk membangun jaringan bisa membantu Anda dikenal dalam lingkup lebih luas. 

Anda tentu mengetahui hal-hal apa lagi yang perlu Anda pelajari sesuai topik blog yang Anda bangun. Lakukan hal tersebut secara rutin.

Baca Juga: Teknik SEO Paling Ampuh

4. Berkomunikasi dengan Baik

Kesalahan membangun komunikasi dengan pembaca bisa menjadi hambatan dalam cara menjadi blogger sukses. 

Para blogger profesional mengetahui hal ini sehingga berusaha selalu meningkatkan upaya komunikasi mereka dengan audiens. 

Komunikasi sebagai seorang blogger dengan audiens utamanya dilakukan melalui kolom komentar. Meskipun bisa juga ada pertanyaan yang disampaikan melalui akun media sosial blog Anda. 

Inilah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membangun komunikasi dengan audiens:

  • Upayakan membalas semua komentar. Kecuali berupa spam, semua komentar yang Anda terima perlu dibalas dengan baik. Untuk itu, jadwalkan waktu tersendiri khusus untuk mengecek semua komentar yang masuk. 
  • Balas komentar tersebut sendiri. Banyak software yang bisa membalas komentar masuk secara otomatis. Namun, sebaiknya Anda menjawab semua komentar tersebut sendiri. Selain jawabannya lebih tepat, kedekatan dengan audiens bisa terbangun baik. 
  • Balas komentar secukupnya. Jawablah pertanyaan pengunjung dengan singkat dan jelas sesuai topik yang sedang dibicarakan saja. Tidak perlu melebar ke pembahasan lain yang tidak perlu.
  • Gunakan bahasa sederhana. Jika terpaksa menggunakan jargon atau singkatan dalam menjawab komentar, berikan penjelasan mudahnya. Hal ini untuk memastikan jawaban Anda bisa dipahami banyak orang. 
  • Balas komentar dengan sopan. Tak jarang Anda tidak setuju dengan komentar yang diberikan pengunjung. Tetaplah jawab dengan sopan disertai alasan ketidaksetujuan Anda. 

5. Bangun Jaringan yang Luas

Anda mungkin bisa membuat konten seorang diri. Namun, untuk mengembangkan blog, menggandeng pihak lain bisa menjadi strategi yang cukup efektif

Kenapa demikian? 

Anda bisa melakukan upaya promosi blog lebih mudah. Sebab, tanpa promosi, waktu yang dibutuhkan untuk membuat blog Anda besar akan lebih lama.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat berupa solusi dari permasalahan blogging yang Anda temui.

Untuk dapat membangun jaringan yang luas, apa yang perlu Anda lakukan?

  • Bergabunglah ke komunitas. Di Indonesia, komunitas blogger mulai banyak ditemui. Contohnya, Komunitas Blogger Jakarta, Indonesian Beauty Blogger dan lainnya. Dengan bergabung ke komunitas, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat.
  • Mulai dengan berbagi. Sebelum Anda mendapatkan manfaat dari pihak lain, berbagilah informasi penting ke orang lain dulu. Bisa dengan menjawab pertanyaan dari anggota lain di forum. Bisa juga dengan berbagi link ke artikel blog anggota komunitas yang relevan.
  • Tawarkan kolaborasi. Jangan ragu untuk mengajak blogger lain membuat konten bersama. Terutama, blogger yang memiliki kelebihan di satu topik tertentu. Cara lain, Anda bisa menulis artikel di blog mereka alias guest post. 
  • Jangan terbatas pada satu topik. Jalinlah komunikasi dengan banyak blogger meskipun dengan topik yang tidak sama dengan Anda. Meskipun Anda tidak bisa langsung berkolaborasi pada sebuah konten, Anda tetap bisa bertukar informasi tentang blogging. 

Dengan menerapkan langkah di atas, akan semakin mudah bagi Anda untuk membangun jaringan lebih luas dan membuat blog Anda semakin besar. 

6. Tetaplah Produktif

Blog secara default akan memunculkan postingan terbaru di atas. Jika pengunjung hanya melihat postingan lama, kesan yang muncul adalah blog Anda tidak dikelola dengan baik. 

Oleh karena itu, jadilah produktif dan update blog Anda secara rutin. 

Tentu menjadi blogger yang produktif tidaklah mudah. Terutama, bagi blogger baru. Untungnya, ada berbagai cara menjadi blogger yang produktif. Inilah yang perlu dilakukan:

  • Gunakan template. Untuk membuat artikel dengan lebih cepat, gunakanlah template yang memuat pengaturan format untuk jenis posting tertentu. Anda bisa membuat lebih dari satu template. Dengan demikian, Anda tak perlu membuat setiap konten dari sebuah halaman kosong.
  • Buatlah mind map. Kehabisan ide bisa menjadi salah satu penyebab produktivitas Anda terhenti. Jika Anda memiliki peta ide yang tercatat dengan baik, rencana konten Anda akan lebih tertata. Menggunakan mind map merupakan cara menjadi blogger yang produktif. 
  • Gunakan teknik pomodoro. Dari setiap 30 menit waktu Anda membuat konten, sisihkan 5 menit khusus untuk istirahat. Bisa digunakan untuk membalas pesan WA, mengecek email, mencuci tangan, dan lainnya. Dengan demikian, waktu 25 menit Anda bisa fokus untuk menyelesaikan konten.
  • Buat project management. Selain mengatur waktu kerja, aturlah pekerjaan Anda berdasarkan jenisnya. Contohnya, membaginya dalam 3 jenis: rencana, sedang dikerjakan dan selesai. Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Trello untuk memantau produktivitas Anda. Jadi, Anda bisa tahu berapa banyak yang tertunda atau sudah selesai dalam waktu tertentu.
  • Lakukan update konten. Jika Anda belum menemukan ide untuk membuat konten baru, lakukan update konten lama Anda. Langkah update konten juga merupakan bagian dari produktivitas seorang blogger. Konten yang selalu up-to-date dapat meningkatkan kredibilitas blog Anda. 

7. Selalu Kreatif

Salah satu alasan pengunjung datang ke blog Anda adalah adanya informasi yang bermanfaat, yang tidak ditemukan di blog lain. Maka, menjadi blogger yang kreatif akan membantu kesuksesan blog tersebut. 

Kreatifitas blogger bisa ditunjukkan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Bagikan informasi baru. Menulis informasi baru yang belum pernah dibuat bisa menjadi langkah blogging yang efektif. Tentunya hal ini harus didukung dengan pengetahuan yang cukup. Bisa dengan melakukan riset dari sumber lain atau melakukan eksperimen sendiri. Misalnya, Anda bisa membuat artikel “Tips Memutihkan Kulit tanpa Kosmetik” atau “Tips Menurunkan Berat Badan tanpa Diet Ketat”, dan lainnya.
  • Gunakan pendekatan baru. Meskipun informasi Anda sama dengan blog lain, cara penyampaian yang berbeda bisa menjadi strategi blog yang baik. Hal ini bisa menjadi cara menjadi blogger sukses. Beberapa website yang bisa menjadi inspirasi untuk blog Anda adalah Vice Indonesia. Situs ini menggunakan pendekatan yang berbeda ketika menyajikan sebuah berita. 
  • Manfaatkan media pendukung. Jika selama ini blog lain hanya menawarkan penjelasan dengan teks, Anda bisa melengkapi penjelasan Anda dengan video, infografik dan lainnya. Tidak hanya itu, jika artikel di blog lain hanya memungkinkan pembaca membaca secara online, Anda bisa membuat versi ebook. Tujuannya, agar bisa dibaca kapanpun dimanapun secara offline. 

Anda tentu juga memiliki tips lain untuk menjadi kreatif, bukan? Apapun itu, manfaatkanlah untuk menjadikan blog Anda berkembang lebih baik. 

8. Konsisten

Memiliki konsistensi merupakan rahasia utama cara menjadi blogger sukses. Alasannya, kesuksesan blog membutuhkan waktu. 

Bagi blogger pemula, hal ini tidaklah mudah. Setelah bersusah payah membuat konten dan hanya mendapat sedikit pengunjung tentu membuat frustrasi. Tak jarang, sebagian besar blogger pemula, tak mau melanjutkan prosesnya.

Padahal kesuksesan blog hanya bisa diraih jika Anda tetap sesuai rencana yang dibuat dan menjalankan rencana tersebut hingga berhasil. 

Bagi blogger pemula, hal ini tidaklah mudah. Mengetahui blognya hanya dikunjungi oleh sedikit pengunjung tentu bisa menurunkan semangat untuk terus membuat konten. 

Inilah beberapa tips untuk konsisten dalam kegiatan blogging:

  • Mulai dengan target kecil. Menentukan target tinggi di awal membangun blog bukanlah ide baik. Sebab, jika tidak berhasil meraihnya, bisa jadi Anda akan bosan dan kecewa. Sebaiknya mulailah dari target yang realistis. Lalu perlahan tingkatkan target tersebut. Target ini bisa berupa jumlah kata yang Anda tulis, jumlah posting tiap minggu hingga jumlah pengunjung tiap bulan. 
  • Lakukan penjadwalan posting. Jika jadwal posting Anda adalah seminggu sekali, maka lakukan sesuai rencana tersebut. Artinya, meskipun Anda telah menyelesaikan 2-3 konten, tetap publikasikan sesuai rencana awal Anda. 
  • Ciptakan kebiasaan menulis. Melakukan kegiatan secara rutin hingga menjadi kebiasaan tentu akan lebih mudah dalam pelaksanaannya. Tak terkecuali kebiasaan menulis untuk blog Anda. Jika Anda sudah menikmati langkah pembuatan konten, hal ini tidak akan lagi menjadi beban untuk Anda. 
  • Lakukan pengukuran hasil secara rutin. Salah satu hal yang membuat Anda terus semangat untuk membuat konten adalah ketika berhasil mencapai hasil. Oleh karena itu, lakukan pengukuran hasil atas apa yang pernah Anda lakukan. Misalnya, apakah target jumlah kata harian Anda terpenuhi, atau apakah target jumlah pengunjung bulanan Anda telah sesuai keinginan. 

Dengan upaya tersebut, upaya blogging Anda bisa lebih konsisten. Inilah bekal Anda untuk bisa menjadi blogger yang sukses. 

9. Hindari Kesalahan Blogger Pemula

Cara menjadi blogger sukses yang terakhir adalah menghindari kesalahan pemula ketika membangun blog. 

Kenyataannya, sebagian besar blogger pemula melakukan kesalahan yang hampir sama. Dengan mengetahui kesalahan tersebut, Anda bisa menghindarinya sehingga upaya membangun blog Anda bisa lebih efektif. 

Apa saja kesalahan tersebut?

  • Keliru memilih nama domain blog. Patut dicatat, nama domain untuk blog Anda sangat penting karena terkait dengan identitas online Anda. Jika terjadi kesalahan, mau tidak mau, Anda harus memulai semuanya dari awal. Apabila blog tersebut digunakan untuk mendukung bisnis, hal ini tentu akan menyebabkan kerugian.
  • Salah intent. Membuat blog yang unik itu harus. Namun, Anda perlu tetap memperhatikan apa yang pengunjung inginkan. Misalnya, jika pengunjung suka dengan tampilan blog yang simple, jangan buat blog Anda penuh dengan animasi dan pernik yang mengganggu.
  • Menggunakan layanan hosting yang buruk. Kemudahan dalam mengakses blog Anda merupakan kunci kepercayaan pengunjung. Jika blog Anda lambat atau sulit diakses, pengunjung bisa jadi tidak mau datang ke blog Anda lagi. Jika didukung server hosting yang optimal, kesuksesan blog Anda bisa ditingkatkan.
  • Melanggar hak cipta. Setiap karya orang lain harus Anda hargai. Baik berupa artikel, gambar dan lainnya. Jika Anda menggunakan foto dari pihak lain, pastikan sudah mendapatkan izin terlebih dahulu. Apabila menggunakan dari sumber gratis seperti Pixabay, cantumkan nama pembuatnya sesuai ketentuan.
  • Mengabaikan SEO. Optimasi mesin pencari sangat penting bagi sebuah blog untuk tumbuh. Jika upaya SEO yang dilakukan tepat, akan meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda. Namun, banyak blogger pemula yang hanya menulis konten tanpa memperhitungkan faktor SEO. Alhasil, kemajuan blog menjadi lambat karena jumlah pengunjung tidak cepat bertambah.
  • Kurang sabar dalam menjalani proses. Banyak blogger pemula yang mengharapkan hasil instan dari kegiatan blogging yang dilakukan. Padahal, seiring banyaknya jumlah blog, persaingan tentu semakin ketat. Artinya, perlu upaya ekstra dan strategi yang tepat untuk membuat blog Anda unggul dari yang lain. Selain itu, mendapatkan pengunjung setia juga membutuhkan ketekunan dalam membuat konten yang menarik.

Upayakan untuk menghindari kesalahan blogger pemula di awal Anda membangun blog. Dengan begitu, upaya membuat blog Anda menjadi besar bisa ditempuh dalam waktu yang lebih cepat. 

Baca Juga: 13+ Kebiasaan Blogger Sukses 

3 Keuntungan Menjadi Blogger

Anda sudah mengetahui cara menjadi blogger sukses. Lalu, apa sebenarnya keuntungan menjadi seorang blogger?

1. Pengetahuan Bertambah

Sebagai seorang blogger, Anda tentu harus melakukan riset ketika menulis artikel. Tanpa Anda sadari, pengetahuan Anda akan bertambah. Sebab, Anda tentu akan mempelajari suatu topik dengan serius agar mampu menciptakan konten yang berkualitas.

Seiring waktu berjalan, Anda tentu semakin sering mempelajari hal baru untuk mendukung informasi dalam konten blog Anda. Dibanding cara belajar konvensional, mengelola blog akan mendorong Anda terus belajar hal baru tanpa lelah. 

2. Dianggap Sebagai Ahli Suatu Topik

Semakin sering Anda belajar tentang suatu topik, Anda akan semakin menguasai topik tersebut. Tak jarang, Anda akan menjadi rujukan informasi oleh pembaca Anda. Dalam lingkup yang lebih luas, Anda akan dianggap ahli di suatu topik. 

Salah satu contohnya adalah blogger Iwan Banaran yang sempat menjadi komentator dalam acara otomotif di TV nasional. Hal ini tentu berkat pengetahuan yang dalam tentang otomotif yang ditunjukkan melalui berbagai artikel di blognya. 

3. Mendapatkan Uang

Anda bisa mendapatkan penghasilan dari sebuah blog. Inilah salah satu keuntungan menjadi blogger. Bahkan, Anda tak perlu menunggu blog Anda besar untuk mendapatkan manfaat ini.

Dari manakah Anda bisa mendapatkan uang dari blogging? Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan. Inilah beberapa contohnya:

1. Iklan

Menampilkan iklan merupakan cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari blog. 

Sebagai blogger, Anda cukup bergabung ke salah satu platform iklan, lalu menambahkan script ke blog Anda. Platform yang Anda gunakan kemudian akan menampilkan iklan sesuai dengan topik blog Anda. 

Platform yang paling umum untuk iklan adalah Adsense dan Adword.

Hasil yang Anda dapatkan tergantung dari jenis iklan yang ditayangkan. Jika berjenis CPC (Cost Per Click), Anda akan mendapatkan uang ketika iklan di blog Anda diklik oleh pengunjung. 

Salah satu keuntungan menjadi blogger adalah mendapatkan penghasilan dari iklan.

Selain itu, harga tiap klik iklan berbeda, tergantung topik blog Anda. Sebagai contoh, jika topik blog Anda tentang ponsel dan banyak menampilkan iklan ponsel tentu harga per iklannya lebih tinggi daripada blog tentang mainan anak-anak. 

Jika Anda tertarik dengan cara ini, Anda bisa mendaftar ke platform iklan tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Daftar Google Adsense

2. Afiliasi

Anda bisa mendapatkan penghasilan besar dari afiliasi. John Chow adalah contoh blogger yang menggunakan cara ini dan mengaku mendapatkan pendapatan hingga $83 ribu per bulan.

Inti dari kegiatan afiliasi adalah Anda akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk pihak lain dengan menggunakan kode khusus, link atau banner afiliasi yang Anda tempatkan di blog Anda.

Komisi yang Anda terima ditentukan oleh masing-masing platform yang diikuti. Ada yang memberikan 10% atau 25% dari tiap penjualan yang berhasil. 

Bergabung dengan program afiliasi merupakan bagian dari cara menjadi blogger profesional.

Di Indonesia, Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi Indonesia dari Niagahoster. Komisi penjualan yang Anda dapatkan adalah 70% dari setiap penjualan produk.

Baca Juga: Apa itu Program Afiliasi? Apa Keuntungannya?

3. Endorse

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. Endorsement adalah cara promosi dengan cara mengulas suatu produk. 

Jika blog Anda sukses, tak jarang Anda akan dihubungi oleh pihak lain untuk mempromosikan produk mereka. Apabila Anda setuju dengan kerjasama yang ditawarkan, Anda akan mendapatkan uang dari promosi yang dilakukan.

Sebagai blogger, Anda cukup membuat sebuah artikel yang menjelaskan produk tersebut. Mulai dari berbagai fitur yang dimiliki dan kelebihannya.

Jangan khawatir terhadap hasil yang didapatkan. Apabila mereka puas dengan upaya yang Anda lakukan, bukan tidak mungkin nilai kerjasamanya akan meningkat. Artinya, uang yang Anda dapatkan akan lebih banyak. 

4. Berjualan Produk

Jika Anda memiliki bisnis, blog bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan secara online. Apapun jenis produknya, baik barang maupun digital. 

Sebagai contoh, Anda bisa berjualan produk pakaian di blog Anda yang banyak memberikan tutorial fashion terbaru. Blog semacam ini tentu paling diminati calon konsumen. Alasannya, selain mendapatkan produk yang bagus, mereka bisa bertanya seputar tren tersebut di blog Anda. 

Jika Anda memiliki keahlian menulis, membuat ebook bisa menjadi pilihan. Langkah ini tentu lebih memudahkan Anda daripada harus melibatkan penerbit dalam mencetak buku fisik. 

5. Menawarkan Jasa

Blog bisa menjadi cara meraup keuntungan dengan menawarkan keahlian Anda. 

Sebagai contoh, jika memiliki keahlian di bidang coding, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada pengunjung Anda. Namun, tentu saja Anda harus mampu menunjukkan keahlian Anda melalui blog tersebut terlebih dahulu. 

Dengan menciptakan berbagai konten yang menarik dan solutif, akan semakin mudah bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen tentang keahlian Anda. 

Blog bisa menjadi cara meraup keuntungan dengan menawarkan keahlian Anda. 

Apabila Anda memiliki keahlian di bidang coding, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website kepada pengunjung Anda. Namun, tentu saja Anda harus mampu menunjukkan keahlian Anda melalui blog tersebut terlebih dahulu. 

Dengan menciptakan berbagai konten yang menarik dan solutif, akan semakin mudah bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen tentang keahlian Anda. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Penutup

Anda telah belajar banyak cara menjadi blogger sukses dan profesional. Hal tersebut bisa menjadi bekal Anda saat akan membangun blog dengan baik. 

Anda tentu semakin bersemangat untuk segera mengelola blog Anda untuk jangka waktu yang panjang. Apalagi, setelah memahami keuntungan menjadi blogger ternyata cukup banyak. Yang paling utama adalah mendapatkan uang secara online. 

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Mulai dari iklan hingga berjualan produk. Tentukan mana yang terbaik sesuai keahlian Anda. Dan, raihlah sukses online bersama blog tersebut!

5
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 4 =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]