Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Panduan Cara Daftar Google News dengan Mudah

6 min read

22_11_20 Panduan Cara Daftar Google News dengan Mudah

Kebutuhan informasi kian meningkat di era digital saat ini. Pengguna internet membutuhkan akses informasi yang aktual dan kredibel. Untuk itu, Google menghadirkan layanan Google News. Anda bisa mengikuti cara daftar Google News agar konten berita Anda muncul di Google.

Nah, di artikel ini, Anda akan mempraktikkan cara daftar Google News dengan benar. Selain itu, kami juga akan membocorkan syarat dan cara membuat berita di Google, serta manfaat bergabung dengan Google News Publisher.

Anda jadi penasaran, kan? Langsung saja, ini dia artikel selengkapnya!

Apa itu Google News?

Seperti namanya, Google News adalah layanan Google yang fokus pada penyediaan konten berita yang berasal dari berbagai website di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Tampilan Google News

Tampilannya yang menarik dan intuitif memudahkan pembaca ketika mengakses beragam berita baik melalui komputer maupun handphone. Menariknya, layanan ini bisa dinikmati secara gratis. Tidak heran jika lebih dari satu juta pengguna di Google Play sudah mendownload Google News.

Pengguna pun tidak diharuskan login untuk menikmati layanan ini. Akan tetapi, jika menggunakan akun Google saat akses, Anda akan disuguhi dengan personalized content. Artinya, berita-berita yang muncul akan sesuai dengan kesukaan Anda. 

Benar, salah satu keunggulan Google News dibandingkan platform lain adalah kemudahan bagi pengguna untuk mendapatkan berita berdasarkan Topik, Lokasi, atau Sumber berita

Bagi pemilik blog, daftar Google News Publisher dan mendapatkan tempat di sana adalah sebuah keuntungan. Bayangkan, jumlah kunjungan Google News dalam satu bulan bisa mencapai 494 juta di seluruh dunia. Jadi, jika Anda mampu memanfaatkan platform ini dengan tepat, dampaknya akan sangat positif bagi blog Anda. 

Anda tentu tidak beranggapan Google News hanya untuk media online yang sudah populer saja, bukan? Tepat sekali. Cara daftar Google News untuk blogger biasa juga bisa, kok. Artinya, konten berita Anda pun bisa menjadi berita utama jika memang menarik dan layak dipublikasikan. 

Syarat Daftar ke Google News

Agar bisa mendapatkan semua manfaat dari Google News, Anda perlu bergabung ke layanan ini terlebih dahulu. Secara umum, Anda hanya perlu melakukan dua hal: cara daftar Google News untuk blogger dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Cukup mudah, bukan?

Sebelum kita melangkah ke cara mendaftarkan artikel ke Google News, mari pelajari syaratnya terlebih dahulu ya.

1. Buatlah Blog Berita

Memiliki konten berita saja tidak cukup, Anda harus mengikuti cara membuat berita di Google. Hal ini akan sangat membantu ketika berniat mengikuti cara mendaftarkan artikel ke Google News. 

Perlu diingat, proses seleksi setelah Anda mendaftar dilakukan manual oleh pihak Google. Mereka akan memastikan blog Anda sesuai dengan tujuan layanan mereka: menyediakan berita terbaru dan penting

Jadi, jika tujuan Anda mendapatkan tempat di Google News, daftarkanlah blog Anda dengan cara membuat berita di Google, apapun niche atau jenis berita yang menjadi topik utama Anda.  

Jangan khawatir dulu. Membuat blog berita tidaklah terlalu sulit. Jika Anda ingin membuat website berita dengan mudah dan cepat, kami memiliki panduan lengkapnya untuk Anda

2. Ciptakan Konten Berkualitas

Memiliki konten berkualitas adalah kunci dari peringkat teratas mesin pencari. Ketentuan yang sama berlaku juga di layanan Google News Publisher. Apakah maksud dari cara membuat konten berita di Google yang berkualitas?

Tidak Menjiplak Konten Orang Lain

Selalu ciptakan konten Anda sendiri. Memiliki konten yang unik adalah kunci kesuksesan sebuah blog. Anda bisa melakukan penelitian sendiri tentang suatu berita yang ingin Anda  tuliskan. Walaupun Anda bisa sesekali menerbitkan berita yang berasal dari pihak lain, pastikan selalu menuliskan dengan gaya Anda sendiri. Dengan demikian, Google News akan menganggap konten Anda adalah sebuah konten berita baru.   

Fokus ke Salah Satu Jenis Berita

Selain tidak bercampur dengan konten lain, blog Anda sebaiknya hanya mengulas salah satu jenis berita saja. Misalnya tentang berita teknologi atau gawai (gadget). Hal ini akan memudahkan pengunjung memahami blog. Selain itu, Google News akan dengan mudah mengkategorikan blog Anda tersebut. Bahkan jika Anda mampu membuat berita yang mendalam (in-depth news), peluang menjadi berita utama kian besar. 

Selalu Terupdate

Blog berita menuntut Anda untuk menerbitkan konten tiap hari. Ini tentu sesuai dengan ciri berita yang bahkan menuntut penerbitan lebih dari satu topik setiap hari dan selalu terupdate.

Jika Anda merasa kesulitan melakukannya seorang diri, Anda bisa menggunakan beberapa penulis untuk membuat artikel berbeda untuk diterbitkan di hari yang sama. Inilah yang sering dilakukan oleh website berita lain, setidaknya sebagai langkah awal ketika mengikuti cara daftar Google News. 

Bukan Konten Yang Dilarang

Memiliki konten unik bukan berarti Anda bisa menulis berita dengan topik apa saja. Google News Publisher sendiri sudah menentukan bahwa konten berita yang menampilkan konten kekerasan, kebencian dan konten seksual ataupun konten yang terkait pelanggaran hak cipta sangat dilarang. 

Jika blog Anda terkait dengan konten-konten tersebut, Google News akan menolak pendaftaran yang Anda lakukan. 

3. Perhatikan Struktur Blog Anda

Terkait dengan faktor teknis website Anda, Google News akan lebih cepat menerima pendaftaran blog Anda jika mengikuti ketentuan sebagai berikut:

Gunakan URL Yang Unik dan Tidak Berubah

Google News Publisher secara gamblang menyebutkan bahwa jika URL konten Anda selalu berubah, blog Anda tidak akan dimasukkan ke dalam Google News. Alasannya, mesin crawl Google yang bertugas mendeteksi konten berita tidak bisa bekerja dengan baik di kondisi tersebut.  

Sajikan Tampilan Yang Menarik Dan Responsif

Memiliki tampilan blog yang menarik baik di desktop maupun mobile sangatlah penting. Google News memprioritaskan blog yang memenuhi kriteria ini demi meningkatkan kenyamanan pengguna. 

Namun, perlu diingat bahwa blog Anda sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan efek dengan JavaScript. Sebagaimana panduan yang Google berikan, blog dengan kode pemrograman yang sederhana lebih diutamakan.    

Gunakan Navigasi Yang Mudah

Jika blog Anda memiliki beberapa halaman utama, pastikan untuk beralih dari satu halaman ke halaman lain mudah dilakukan. Navigasi di blog Anda merupakan salah satu faktor dalam proses seleksi/kurasi di Google News. 

4. Jelaskan Identitas Blog Anda Dengan Baik 

Informasi blog Anda sangat penting untuk tahapan verifikasi. Sebelum mulai pendaftaran pastikan penulisan blog Anda telah sesuai. Selain itu, halaman About Page Anda harus mampu menjelaskan identitas blog Anda dengan baik.

Lebih lanjut, jika Anda menggunakan beberapa kontributor atau penulis konten berita di blog Anda, profil mereka harus disebutkan dengan jelas. Tidak hanya nama saja mereka, Anda bisa menampilkan foto mereka dan sekilas latar belakang profesi mereka. 

Google News memberi Anda kesempatan untuk melakukan koreksi jika terdapat kesalahan penulisan setelah terdaftar. Namun, melakukannya dengan benar sejak awal adalah langkah yang bijaksana. 

Inilah Cara Daftar Blog ke Google News 

Setelah beberapa syarat di atas sudah Anda penuhi, langkah selanjutnya adalah cara mendaftarkan artikel ke Google News Publisher.

Berikut ini adalah cara daftar Google News:

1. Masuk dengan Akun Google

Silakan masuk ke laman Google News Publisher dan login menggunakan akun Google Anda. 

2. Verifikasi Kepemilikan Website

Jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan verifikasi kepemilikan website Anda, Anda akan diminta melakukannya terlebih dahulu menggunakan Google Search Console. Panduan lengkapnya bisa Anda di tautan berikut. Perlu diingat, karena Google News memiliki mesin crawler sendiri, pastikan Anda menambahkan xml sitemap blog berita Anda juga. Tujuannya, membuat Google News selalu update pada perubahan yang terjadi di blog Anda. 

3. Masuk ke Google News Publisher Center

Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini jika baru akan melakukan cara daftar Google News untuk pertama kali. 

cara daftar google news - google news publisher center

4. Menambahkan Blog Anda

Silakan menambahkan blog Anda pada pilihan “Want to suggest a website for Google News? Click here.” Anda akan melihat halaman permintaan pendaftaran ke Google News seperti tampilan berikut:

cara daftar google news - menambahkan blog ke google news

5. Mengisikan Informasi Tentang Blog Anda

Beberapa informasi akan diminta untuk proses kurasi oleh pihak Google. Silakan isi informasi yang diminta dengan benar.

General Information

  • About your news site: Detail informasi tentang blog berita yang Anda daftarkan

Site Information

  • Source URL: Alamat blog berita Anda.
  • Source Name: Nama blog Anda.
  • Site Language: bahasa yang digunakan di blog dan konten berita Anda. Ingat, Google News tidak memperkenankan penggunaan lebih dari satu bahasa. 
  • City, State/Province dan Region: Alamat lengkap Anda.

Select All Categories that Apply to the Content of Your Site

cara daftar google news - memilih kategori blog
  • Opinion content: jika publikasi Anda tentang konten opini
  • User generated content: jika konten buatan pengguna telah melalui proses editing di situs Anda
  • Blog: centang opsi ini
  • Press release: jika Anda juga menerbitkan siaran pers
  • Satire: jika website Anda bertema satire

News Section Information

URL dan jenis informasi yang disajikan blog
  • URL: Nama domain maupun beberapa subdomain yang ingin Anda tambahkan
  • Labels: jenis berita yang Anda tampilkan

6. Selesai

Setelah data terisi dengan benar, klik Submit

7. Menunggu Review Google

Pemberitahuan bahwa pendaftaran blog ke Google News sudah disimpan

Proses selanjutnya berupa review yang akan dilakukan oleh tim Google selama satu hingga tiga minggu. Selama seluruh syarat berhasil Anda penuhi, tahapan daftar Google News ini akan berjalan dengan baik.

Manfaat Daftar Google News

Cara daftar Google News menawarkan berbagai manfaat bagi pemilik blog ketika berhasil menjadi bagian dari layanan ini. 

Apa saja manfaatnya? Mari kita kupas satu persatu. 

1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari

Jika Anda memiliki konten berita yang unik dan berkualitas, Google News Publisher tak segan untuk menempatkannya dalam daftar Berita Utama. Dengan kondisi ini, Google tentu akan menganggap website Anda juga layak berada di posisi teratas mesin pencari. Sebagai contoh, ketika kita mengetikan “sandiaga” di Google, berita dari CNBC Indonesia juga muncul disana.

Contoh hasil pencarian Google

Seperti yang Anda ketahui, mendapatkan posisi teratas bukanlah hal mudah. Anda harus terus melakukan optimasi mesin pencari atau SEO. Namun, dengan memanfaatkan Google News secara maksimal, posisi teratas Google bukanlah hal yang mustahil.  

2. Bertambahnya Jumlah Pengunjung

Manfaat cara daftar Google News untuk blogger yang kedua adalah bertambahnya jumlah pengunjung.

Semakin mudah konten Anda ditemukan, semakin besar kemungkinan blog Anda dikunjungi. Tidak hanya itu, pengunjung blog Anda bisa dipastikan berasal dari traffic yang berkualitas. 

Kenapa bisa demikian? Fitur personalized content berperan besar dalam hal ini. Pengguna yang mengunjungi blog Anda akan merasa senang bahwa topik yang Anda miliki relevan dengan apa yang mereka butuhkan.  

3. Sebagai Media Branding Yang Efektif

Jika blog Anda menawarkan konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Selain pengunjung akan sering datang ke blog Anda lagi, Anda akan dianggap ahli di bidang tersebut. Hal ini akan membantu Anda membangun branding untuk website Anda. 

Sebagai contoh, Techcrunch adalah website yang berfokus pada berita teknologi. Semua jenis berita teknologi mulai dari ulasan startups, aplikasi desktop dan mobile, hingga ke ajang teknologi tahunan ditampilkan dengan baik. 

Jika Anda penggemar otomotif, bisa saja apa yang dilakukan oleh Iwan Banaran bisa menjadi inspirasi Anda. 

Backlink adalah tautan di sebuah website yang mengarah ke website lain. Sebagai blogger, Anda tentu memahami bahwa peran backlink dalam mendongkrak kredibilitas blog Anda sangat besar. 

Saat Anda mengikuti cara mendaftarkan artikel ke Google, konten Anda berpeluang direkomendasikan oleh Google News. Jika sudah begitu, konten Anda akan menjadi referensi terupdate tentang suatu topik.

Apabila blogger lain membutuhkan referensi pendukung, tentu mereka akan menggunakan sumber yang terpercaya. Bisa jadi sumber itu adalah konten blog Anda. 

Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin terpercaya blog Anda.  

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan

Memanfaatkan berbagai jenis iklan online untuk mempromosikan sebuah blog adalah hal yang wajar. Namun, jika Anda bisa mendapatkan hasil yang sama tanpa mengeluarkan biaya, tentu lebih baik.  

Dengan cara membuat berita di Google, layanan ini berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog Anda. Organic traffic adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk hal ini.

Siap Daftar Google News?

Demikianlah cara daftar Google News untuk blog Anda. Mudah, bukan? Anda hanya perlu memenuhi syarat yang diperlukan untuk bergabung. Selanjutnya, lanjutkan dengan cara mendaftarkan artikel ke Google dan mengisi beberapa informasi yang Google perlukan.

Jika konten berita blog Anda berhasil ditampilkan di Google News, kesempatan menduduki posisi teratas di mesin pencari terbuka lebar. Selain itu, peningkatan jumlah pengunjung blog Anda hanya tinggal menunggu waktu. Dan yang tak kalah penting, Anda bisa membangun brand image yang baik untuk blog Anda dengan tujuan jangka panjang. 

Semoga artikel ini membantu membuat blog Anda semakin terkenal. Jangan lupa klik tombol Subscribe agar tidak ketinggalan artikel terbaru kami. Sampai jumpa lagi!

Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

7 Replies to “Panduan Cara Daftar Google News dengan Mudah”

    1. Terima kasih, jangan lupa subscribe Niagahoster Blog agar terus update akan artikel terbaru kami.

      1. Terima kasih infonya mas muhammad, namun sebelumnya kenapa yaa website saya yang berstatus sedang tayang, namun ketika di search di google news tidak ditemukan? Apakah ada treatment agar cepat terindeks di google news? Terima kasih sebelumnya.

        1. Hai, kak. Apakah sudah pernah dicoba di-searching websitenya di mesin pencari Google secara manual pakai query semacam site:namawebsitekakak.com belum?
          Jika website kakak muncul, itu artinya website tersebut sebenarnya sudah terindeks, tapi kontennya yang sulit bersaing dengan konten website lain.
          Solusinya dengan menambahkan schema & rich snippet untuk setiap berita yang dipublish. Caranya dengan melihat artikel https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-memasang-rich-snippet/
          Nanti pilih opsi News Article buat schemanya, ya. Semoga membantu ^^

  1. Untuk sekarang apakah masih bisa pakai cara ini?

    Karena dapat informasi untuk google news katanya lebih sulit sekarang

    1. Hai, kak. Untuk cara daftar sebenarnya masih sama kok.
      Hanya saja, yang dianggap susah itu lebih ke cara agar website berita kita muncul di Google News.
      Untuk itu, coba dipraktikkan dulu tips-tips yang ada di artikel, sambil melihat tren dan algoritma Google terbaru seperti apa.
      Semoga membantu ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *