Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Cara Cepat Mendapatkan Klien untuk Jasa Pembuatan Website

7 min read

Salah satu hal penting yang perlu dipikirkan saat membuka jasa pembuatan website adalah cara mendapatkan klien baru. Sebab, kelangsungan bisnis ditentukan oleh seberapa banyak klien yang dimiliki. Plus, seberapa sering klien memberikan pekerjaan.

Cara mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website berbeda dengan bisnis lain. Apa saja yang perlu Anda lakukan? Strategi apa yang cukup jitu untuk itu?

Nah, artikel kami kali ini akan mencoba membahas berbagai upaya tersebut. Mari simak lebih lanjut!

Cara Mendapatkan Klien untuk Jasa Pembuatan Website

Pada artikel Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website, kami sudah menjelaskan apa saja persiapan yang harus dilakukan. Beberapa di antaranya adalah

  • Membuat website company profile
  • Membuat akun media sosial bisnis
  • Mencetak kartu nama bisnis

Semua persiapan tersebut akan sangat membantu bisnis pembuatan website Anda. Lalu, apa saja cara mendapatkan klien untuk web developer? Ini dia jawabannya:

1. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar yang tepat penting bagi bisnis. Langkah ini juga perlu dilakukan sebagai cara mendapatkan klien untuk bisnis jasa pembuatan website.

Dengan target pasar yang jelas, Anda akan lebih fokus dalam memasarkan produk dan biaya promosinya pun akan jauh lebih kecil.

Tidak hanya itu, pengembangan usaha juga akan lebih mudah dengan lingkup yang kecil dulu. Misalnya, menarget pasar lokal hingga nasional, sebelum masuk ke pasar internasional.

Untuk menentukan target pasar bagi bisnis Anda, mulailah dengan mengamati persaingan usaha dulu. Lalu, lanjutkanlah dengan membuat buyer persona sebagai sosok representasi konsumen Anda. Kemudian, Anda bisa mengelompokkan konsumen berdasarkan kebutuhannya akan produk Anda. 

Baca Juga: Pentingnya Kenali Target Pasar Anda

2. Terapkan One-Stop Shopping

Coba Anda tanya ke diri Anda sendiri: Anda memilih mengunjungi berbagai toko berbeda untuk berbelanja atau hanya ke satu toko yang menyediakan semua kebutuhan Anda?

Jawabannya tentu yang kedua, ya? Ini juga berlaku dalam bisnis pembuatan website.

Penjelasannya seperti ini. Tidak semua calon konsumen tahu apa yang mereka butuhkan. Dan, konsumen akan menggunakan pilihan termudah untuk mereka.

Artinya, bisa saja konsumen menganggap dengan menggunakan jasa Anda website mereka akan langsung aktif. Padahal, sebuah website membutuhkan hosting dan domain untuk bisa online. Dan, keduanya adalah produk terpisah yang harus dibeli sendiri.

Nah, jika bisnis Anda tidak menyediakannya, calon konsumen mungkin akan memilih tempat lain yang menawarkan kemudahan One Stop Shopping tersebut.

Cara mendapatkan klien bagi web developer dengan layanan reseller hosting

Solusinya, Anda bisa bekerja sama dengan layanan hosting untuk menjadi reseller hosting. Jadi, bisa menyediakan hosting dan domain dalam paket bundling. 

Anda bisa bergabung dengan Niagahoster Partner. Platform ini memungkinkan Anda menjadi seorang reseller hosting tanpa deposit. Artinya, tak perlu menyiapkan modal khusus untuk menjalankannya.

Anda justru akan mendapatkan berbagai keuntungan. Pertama, memiliki usaha jasa pembuatan website yang lengkap dengan paket hosting. Kedua, bisa melakukan markup harga penjualan hosting sesuai dengan keuntungan yang Anda inginkan. 

Tertarik Bergabung menjadi Reseller Hosting Niagahoster?

3. Lakukan Optimasi Landing Page

Landing page adalah salah satu halaman terpenting bagi website bisnis karena mampu mendorong pengunjung untuk langsung melakukan transaksi.

Melakukan optimasi landing page merupakan cara mendapatkan klien baru yang efektif. Namun, pastikan Anda memahami elemen apa saja yang harus ditonjolkan.

optimasi landing page adalah langkah penting sebagai cara mendapatkan klien baru

Inilah beberapa optimasi yang perlu Anda lakukan:

  • Tambahkan whitespace untuk menghindari tampilan landing page penuh sesak.
  • Pastikan hero shot (foto/video) yang digunakan efektif menarik perhatian dan menjelaskan manfaat yang bisa didapatkan calon konsumen
  • Perbaiki tulisan penawaran (copy) Anda agar lebih dapat membujuk calon konsumen segera melakukan transaksi
  • Tempatkan tombol Call to Action (CTA) di tempat yang lebih strategis bagi pengunjung

Dengan beberapa cara tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk menggaet calon konsumen baru. Jangan lupa untuk melakukan pengujian beberapa perubahan di atas hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga: 7+ Contoh Landing Page Menarik untuk Website Anda

4. Lengkapi Website Anda dengan Blog

Sekarang adalah era content marketing. Dan, salah satu bentuk content marketing yang populer adalah blog.

Cara mendapatkan klien baru untuk jasa pembuatan website bisa dengan ngeblog.

Ngeblog bisa menjadi salah satu cara mendapatkan klien untuk web developer. Kenapa demikian?

Pada saat Anda membangun blog dan membuat artikel yang bermanfaat, Anda memberikan value yang lebih kepada konsumen. Hal ini tidak saja dapat membangun reputasi tapi juga memperkuat engagement. Terutama karena Anda bisa berbalas komentar dengan pengunjung.

Tidak hanya itu, konten yang up-to-date dari blog disukai mesin pencari. Artinya, bisa ikut mendongkrak visibilitas website bisnis Anda.

Dan faktanya, bisnis yang melakukan upaya promosi melalui blog mendapatkan hasil 13 kali lipat lebih baik.

Baca Juga: 7 Langkah Membuat Strategi Content Marketing Untuk Bisnis

5. Tawarkan Jasa Gratis

Siapa tak suka penawaran gratis? Semua orang menyukainya.

Nah, memberikan penawaran gratis cukup jitu sebagai cara mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website. Namun, tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Ada berbagai layanan dalam pembuatan website yang bisa Anda gunakan dalam strategi ini. Bisa berupa special deals, potongan harga atau bonus.

Misalnya, Anda bisa memberikan gratis beberapa tema premium untuk 100 konsumen pertama. Atau, Anda akan memberikan support setahun penuh bagi konsumen yang menggunakan jasa Anda kembali.

Cara mendapatkan klien bagi web developer dengan menawarkan jasa gratis.

Dengan cara ini, Anda bisa memberikan value lebih kepada konsumen sambil berupaya menarik hati konsumen kompetitor dengan penawaran tersebut.

Baca Juga: 5 Hal Wajib Saat Kelola Website Agar Klien Puas

6. Buat Sistem Referral

Jika sebelumnya Anda memberikan bonus secara gratis, dengan referral sistemnya berbeda. Inilah cara mendapatkan klien baru dengan bantuan klien existing/lama.

Di dalam sistem referral, Anda meminta bantuan klien untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Tentunya, ditujukan untuk klien yang puas setelah mendapatkan hasil pekerjaan terbaik Anda.

Tak jarang, dalam sistem referral, ada bonus atau benefit yang Anda berikan kepada klien tersebut sebagai ucapan terimakasih. Misalnya, berupa potongan harga atau cashback pada project berikutnya.

Meskipun terlihat sederhana, cara ini cukup efektif. Faktanya, bisnis yang memiliki sistem referral bisa meraih conversion rate lebih tinggi hingga 70% dan mendapatkan pekerjaan 69% lebih cepat.

7. Upselling dan Cross Selling

Apabila upaya Anda mendapatkan klien baru belum berhasil, cobalah lakukan upselling dan cross selling untuk klien Anda saat ini.

Upselling adalah menjual produk dengan nilai jual lebih tapi memiliki manfaat yang lebih besar, sedangkan cross selling adalah menjual produk yang berbeda tapi masih sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Kedua langkah tersebut merupakan salah satu cara mempertahankan konsumen agar terus menggunakan produk Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki produk yang memberikan bantuan support selama 3 bulan, Anda bisa menawarkan perpanjangan support dengan harga khusus. Atau, Anda bisa menawarkan paket pembuatan website dengan bundling beberapa plugin yang meningkatkan fungsionalitas website.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk pelanggan saat ini saja. Anda juga bisa mencoba menghubungi klien lama Anda dan memberikan penawaran yang menjadi kendala dari konsumen tersebut.

Baca Juga: Strategi Jitu Customer Retention

8. Reach out dengan Email Marketing

Salah satu cara mendapatkan klien untuk web developer adalah mengirimkan email penawaran bisnis. Langkah ini bisa merupakan follow up dari pengunjung blog atau landing page yang pernah memberikan data diri kepada Anda.

Jangan ragu menggunakan cara ini. Faktanya, 74% konsumen lebih menyukai penawaran melalui email dibanding media lain. Tak hanya terlihat profesional, email marketing memungkinkan Anda membangun komunikasi yang lebih personal.

Sebagai langkah awal, Anda bisa membangun email list terlebih dahulu untuk memperbesar peluang menjaring konsumen lebih banyak. Selanjutnya, buatlah konten penawaran yang menarik dengan teknik copywriting yang efektif. Jika mendapat respons, teruslah membangun komunikasi dengan calon konsumen tersebut.

Baca Juga: Panduan Lengkap Email Marketing

9. Aktif di Berbagai Forum

Manfaatkan waktu luang Anda untuk aktif di berbagai forum. Anda bisa bergabung ke forum seperti Reddit, Quora dan Yahoo Answer. Atau, Anda lebih suka dengan Kaskus?

Aktif di berbagai forum bisa menjadi cara mendpatkan klien baru.

Apapun pilihan Anda, aktiflah menjawab berbagai pertanyaan yang ada di forum tersebut. Sesekali Anda perlu juga membuat thread terkait dengan pembuatan website. Hal ini selain bisa meningkatkan visibilitas bisnis Anda juga bisa menjadi upaya menunjukkan expertise Anda di bidang pembuatan website.

Gunakan nama bisnis Anda di forum tersebut dan selalu berkomunikasi atas nama bisnis Anda. Namun, jangan berpromosi terlalu berlebihan yang mengakibatkan Anda di-banned dari grup tersebut.

Jika dilakukan dengan benar, hal ini bisa menjadi cara mendapatkan klien baru dengan efektif.

10. Memanfaatkan Word of Mouth di Social Media

Jangan abaikan kekuatan media sosial dalam mencari klien untuk bisnis Anda. Faktanya, 80% konsumen mengatakan pembelian mereka dipengaruhi oleh rekomendasi teman di media sosial.

Artinya, jika salah satu klien Anda puas dengan pekerjaan Anda dan berbagi cerita di media sosial, potensi mendapatkan klien berikutnya kian besar.

Strategi word of mouth memang masih efektif sebagai cara mendapatkan klien baru. Jadi, agar memudahkan orang melakukan mention atau menunjukkan bisnis Anda, siapkan dulu akun media sosial resmi untuk bisnis Anda. Kemudian, buatlah berbagai postingan yang menarik tentang bisnis jasa pembuatan website Anda.

Jangan lupa, tentukan platform media sosial yang tepat.

Jika Anda ingin menjangkau banyak audiens, Facebook bisa menjadi pilihan utama. Apabila ingin menjangkau profesional, LinkedIn adalah pilihan terbaik.

11. Terlibat dalam Proyek Open Source

Tak ada ruginya bergabung dalam proyek open source. Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan skill sekaligus membangun networking dengan project leaders dan freelancer.

Pilihlah proyek yang sesuai kemampuan Anda dan mulailah berkontribusi. Salah satunya, melalui GitHub. Jika proyek open source Anda berhasil, hal tersebut bisa menjadi portofolio Anda yang dapat ditampilkan di website.

Terlibat dalam proyek Opensource juga bisa menjadi cara mendapatkan klien baru.

Bagi konsumen, berbagai pencapaian dari sebuah bisnis di bidang profesional dapat menambah kepercayaan (trust) untuk menggunakan jasa mereka. Jadi, langkah ini bisa menjadi cara mendapatkan klien untuk web developer.

12. Bekerjasama dengan Freelancer atau Pebisnis Lain

Tak jarang sebuah agency menerima pekerjaan yang tak dapat diselesaikan sendiri. Atau, pekerjaan yang diminta bersifat bundling tapi agency yang bersangkutan tidak memiliki kemampuan tersebut. Artinya, Anda bisa saja mendapatkan klien dari kerjasama dengan mereka.

Untuk mendapatkan kesempatan ini, Anda bisa terlebih dahulu membangun networking dengan mereka. Dan, memastikan calon rekan bisnis Anda mengetahui keahlian khusus Anda. Misalnya, sebagai WordPress Expert.

Di sisi lain, Anda tak akan ragu lagi untuk mendapatkan berbagai jenis pekerjaan dari klien yang Anda temui. Sebab, jika Anda tidak mampu menyelesaikan seluruhnya, Anda bisa menghubungi freelancer lain untuk mengerjakan proyek tersebut bersama-sama.

Baca Juga: 10+ Situs Terbaik untuk Mendapatkan Freelancer

13. Bergabung ke Platform Job Boards

Untuk mendapatkan klien, Anda bisa memulainya sebagai freelancer melalui beberapa website job boards seperti Sribulancer dan Freelancer.co.id. Atau, yang lebih spesifik terkait web development, Anda bisa mencoba codeable.io atau Authentic Jobs jika ingin menjajal pangsa pasar internasional.

Anda bisa bergabung ke platform job boards sebagai cara mendapatkan klien untuk web developer.

Hal ini bisa menjadi cara mendapatkan klien untuk web developer yang efektif. Sebab, setelah klien puas dengan hasil yang diterima, Anda bisa menggunakan strategi lain. Misalnya dengan referral untuk mendapatkan klien baru atau up selling untuk menambah revenue.

Tidak hanya itu, bergabung di beberapa platform freelancer dengan review yang positif akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan klien berikutnya.

14. Menyelenggarakan Webinar Gratis

Anda pernah menyelenggarakan webinar? Jika belum, inilah saatnya mencoba menggunakannya sebagai cara mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website Anda.

Menyelenggarakan webinar juga efektif sebagai cara mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website.

Webinar adalah seminar online yang efektif menjangkau banyak audiens sekaligus melakukan promosi bisnis. Di dalam webinar, Anda bisa membantu audiens menemukan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Dan, menunjukkan bagaimana bisnis Anda bisa membantu mengatasi permasalah tersebut.

Sebaiknya Anda menyelenggarakan webinar tersebut secara gratis. Tujuannya, agar menarik banyak orang. Namun, Anda bisa menentukan jumlah peserta yang bisa bergabung agar tetap mendapatkan webinar yang berkualitas. Bila perlu, Anda bisa menggelar beberapa session sesuai antusiasme peserta.

Promosi webinar Anda bisa dilakukan melalui website resmi dan diperkuat dengan postingan di berbagai akun media sosial Anda.

15. Menghadiri Event Penting

Anda bisa menemukan klien potensial di berbagai event yang diselenggarakan. Baik event yang terkait web development seperti Word Camp maupun event bisnis seperti Festival Gerakan Warung Nasional atau Festival Jajanan Nusantara.

Temukan klien Anda dalam berbagai event penting seperti Word Camp.

Pada event tersebut, Anda berkesempatan untuk membangun networking baik dengan sesama developer atau pebisnis yang Anda temui. Lalu, Anda bisa mencoba mengenalkan bisnis jasa pembuatan website Anda. Dengan komunikasi yang baik, Anda bisa menciptakan peluang untuk menggaet konsumen baru.

Bila perlu, Anda bisa menjadwalkan secara khusus, event apa yang ingin Anda hadiri. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu nama bisnis, untuk diberikan kepada calon klien Anda.

Setelah event berakhir, Anda bisa mencoba melakukan reach dengan mengirim email atau menyapa melalui media sosial.

16. Menjadi Pembicara di Event Tertentu

Kesempatan ini mungkin tidak sering Anda dapatkan. Namun, bisa saja Anda mendapatkan undangan menjadi pembicara di event tertentu. Dan menjadi kesempatan untuk mendapatkan klien baru untuk bisnis Anda.

Jika mendapatkannya, gunakan dengan baik. Siapkan materi terbaik Anda untuk menunjukkan expertise Anda di bidang web development dan profesionalitas Anda sebagai pebisnis.

Tidak harus berupa event yang besar. Anda bisa menjadi pembicara untuk event komunitas lokal yang memang sangat membutuhkan informasi tentang web development.

Perlu diingat bahwa fokus Anda sebagai pembicara adalah memberikan informasi sesuai yang diinginkan audiens. Jadi, jangan terlalu melakukan promosi bisnis yang berlebihan. Jika kemampuan Anda diakui, klien akan mencoba menghubungi Anda.

Manakah Cara Terbaik untuk Anda?

Berbagai cara mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website sudah Anda ketahui. Mulai dengan menentukan target pasar, membuat landing page teroptimasi, hingga menerapkan one stop shopping dengan bisnis reseller hosting.

Mulailah menentukan cara yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Hasilnya tentu tak akan tampak dalam sekali coba. Oleh karena itu, teruslah berupaya dan lakukan pengukuran tingkat keberhasilan cara tersebut sesuai hasil yang diharapkan.

Bagaimana? Sudah siap melakukannya?

5
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]