Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

10 min read

Panduan Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website

Terpikir untuk membuka bisnis jasa pembuatan website? Kenapa tidak? Saat ini, peran website kian penting tapi belum banyak yang mampu membuat website sendiri. Peluang usahanya masih cukup menjanjikan lho.

Berbekal keahlian web development, Anda bisa membuat jasa pembuatan website sendiri dan meraih keuntungan besar. Tertarik, kan?

Nah, bagaimana cara memulainya?

Di artikel ini, kami akan berbagi informasi tentang bisnis jasa pembuatan website. Beberapa yang akan kami bahas disini antara lain:

  • Apa saja yang harus disiapkan
  • Bagaimana cara mendapatkan klien
  • Bagaimana cara mengelola bisnis tersebut
  • Bagaimana cara mengembangkannya

Mari langsung saja mulai dari pembahasan yang pertama. 

Apa yang Harus Disiapkan?

Kemampuan pemrograman yang baik memang akan berbicara banyak untuk menekuni bisnis jasa pembuatan website. Namun, apakah itu cukup?

Kenyataannya, membuka jasa pembuatan website yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada berbagai hal yang perlu Anda siapkan termasuk penerapan strategi bisnis yang jitu.

Jika hal tersebut terpenuhi, meraih kesuksesan bukanlah hal sulit.

Ketika memulai sebuah bisnis, persiapan yang matang akan memberikan berbagai keuntungan. Pertama, mampu membuat produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. Kedua,  mampu menghadapi persaingan usaha dengan baik.

Setidaknya, ada tujuh hal yang perlu dilakukan di awal membangun usaha. Apa saja?

1. Ciptakan Brand

Brand adalah nama bisnis yang membedakan Anda dari kompetitor. Brand ini pula yang akan selalu diingat oleh konsumen. 

Peran branding sangat penting. Dengan branding, bisnis Anda bisa dikenal dengan mudah karena adanya identitas yang unik. Produk jasa Anda pun bisa dipasarkan dengan lebih baik. 

Selain itu, bisnis yang memiliki brand akan terlihat lebih profesional. Hal ini penting untuk dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. 

Pernahkah Anda melihat sebuah bisnis yang mampu tumbuh besar tanpa memiliki dan membangun brand mereka? Tentu tidak, kan? Itulah pentingnya branding.

Sebagai langkah awal, upaya branding Anda tidak perlu terlalu rumit. Cukup pastikan bahwa brand tersebut sudah mencakup tiga hal penting: visi misi bisnis yang dibangun, sasaran konsumen, dan unique selling points

2. Buat Website Company Profile

Tentu sedikit aneh jika Anda membangun sebuah bisnis jasa pembuatan website tanpa memiliki website sendiri, bukan? 

Membuat website company profile di awal membangun bisnis bisa jadi faktor kunci kesuksesan Anda. Baik Anda memulainya sebagai seorang freelance web developer atau pebisnis yang terjun penuh ke jenis usaha ini. 

Contoh website company profile bisnis jasa pembuatan website.

Anda bisa menggunakan website company profile tersebut sebagai sarana utama membangun reputasi online. Buatlah website yang unik dan menunjukkan brand Anda. 

Sebuah website company profile umumnya akan memuat informasi sebagai berikut:

  • Halaman Utama yang menjelaskan nama dan informasi singkat perusahaan Anda
  • Portofolio yang akan menampilkan semua karya terbaik Anda di bidang web development.
  • Kontak yang menunjukkan alamat dan informasi kontak Anda agar mudah dihubungi 
  • Our Team jika bisnis Anda melibatkan banyak orang berkompeten yang menjanjikan hasil maksimal. 

Tampilkan semua informasi di atas dengan lengkap namun singkat. 

Terutama di bagian halaman karya, pastikan hanya karya terbaik yang ditampilkan. Karya terbaik bisa berupa contoh website dengan kualitas prima yang pernah Anda buat atau website yang digunakan oleh klien yang memiliki nama besar atau terkenal. 

Langkah ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang web developer yang kredibel.

3. Buat Akun Media Sosial

Untuk keperluan bisnis, buatlah akun media sosial khusus. Sebab, akun tersebutlah yang nantinya akan menjadi sarana promosi brand Anda. Penggunaan akun pribadi terkesan kurang profesional. 

Karena banyaknya pilihan media sosial, tentukanlah platform mana yang sebaiknya Anda gunakan berdasarkan calon konsumen yang ingin didapatkan. 

Di Indonesia, Facebook merupakan media sosial yang terpopuler sehingga bisa menjadi sarana menjangkau lebih banyak orang. Di sisi lain, LinkedIn lebih cocok untuk membangun koneksi secara profesional. 

Anda bisa saja menggunakan beberapa platform media sosial untuk mendukung strategi bisnis yang berbeda.

4. Cetak Kartu Nama Bisnis

Masihkah kartu nama bisnis diperlukan? Tentu masih. Sebab, calon klien atau rekan bisnis Anda pasti tidak hanya berasal dari aktivitas online saja. 

Membuat kartu nama untuk jasa pembuatan website.
Foto Sumber: CSSAuthor

Contohnya, Anda bisa bertemu calon klien atau rekan bisnis pada saat datang ke event seminar bisnis atau pameran teknologi. Jika memiliki kartu nama, Anda cukup memberikannya dalam upaya membangun networking atau mempromosikan bisnis jasa pembuatan website Anda. 

Jadi, menyiapkan kartu nama bisnis tidak boleh dilupakan. 

Namun, satu hal yang penting, pastikan Anda menuliskan email bisnis Anda di kartu nama bisnis tersebut. Hal ini akan jauh menunjukkan kesan profesional. 

Maka, alih-alih menggunakan email bikinwebsite@gmail.com, sebagai contoh, akan lebih baik menggunakan admin@bikinwebsite.com. 

5. Menentukan Target Pasar

Seperti bisnis pada umumnya, menentukan target pasar adalah langkah penting untuk membantu Anda lebih fokus dalam pemasaran produk dan upaya pengembangan usaha. 

Pasar bagi jasa pembuatan website cukup luas. Mulai dari pribadi, perusahaan, hingga instansi pemerintah. Cakupan pasarnya pun bisa nasional dan internasional. Jadi, tanpa memilih target pasar, Anda akan kesulitan menentukan strategi bisnisnya. 

Salah satu cara yang cukup efektif dalam menentukan target pasar adalah membuat buyer persona. Buyer persona adalah sosok imajiner klien Anda yang berisi informasi tentang nama, faktor demografi, kebutuhan teknis, hingga daya beli mereka. 

6. Memilih Jenis Jasa

Jenis jasa yang Anda tawarkan dipengaruhi oleh skill dan strategi bisnis yang akan diterapkan. 

Ada beberapa pilihan. Pertama, menawarkan jasa pembuatan website dengan coding manual dari nol. Kedua, menjadi WordPress developer yang fokus membantu klien membangun website dengan platform WordPress

Menjadi WordPress developer sebagai salah satu jenis jasa pembuatan website.

Tidak hanya itu, Anda bisa menawarkan jasa desain website saja. Atau, menawarkan jasa yang bersifat all-in, hingga website tersebut online. Yang terakhir adalah jenis yang paling banyak diminati oleh konsumen. 

Jika bersifat all-in, Anda akan memerlukan layanan hosting yang aman dan cepat untuk menjamin reputasi bisnis Anda dan kepuasan klien Anda. Terutama untuk memastikan bahwa website dapat selalu diakses 24 jam penuh. (Kita akan bahas lebih lanjut perihal hosting di bagian Pengembangan Bisnis

Sebagai tambahan, Anda bisa memberikan support untuk masing-masing klien Anda dalam kurun waktu tertentu. 

7. Menetapkan Harga

Faktor harga tak kalah penting dalam memulai bisnis jasa pembuatan website. Jika terlalu mahal, tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor. Jika terlalu murah, kurang dapat memberikan penghasilan yang baik.

Anda bisa melakukan riset harga yang ditawarkan kompetitor sekaligus mempelajari daya beli konsumen untuk jasa pembuatan website. Platform freelance seperti Sribulancer atau Fiverr bisa menjadi tempat yang ideal untuk melakukan kedua riset tersebut bersamaan. 

Cara Mendapatkan Klien untuk Bisnis Jasa Pembuatan Website Anda

Mendapatkan klien pertama adalah tahapan yang juga menentukan dalam memulai bisnis jasa pembuatan website. 

Umumnya, waktu yang dibutuhkan dalam hitungan minggu atau bulan. Bahkan, jika menggunakan cara yang tepat, bisa saja akan berhasil lebih cepat. 

Mari pelajari caranya satu per satu. 

1. Optimalkan Website Anda

Seseorang yang mencari jasa pembuatan website, tentu akan menilai kualitas website Anda terlebih dahulu. Mereka mungkin akan menggunakan jasa Anda jika website tersebut cukup menarik. 

Jadi, optimasi website Anda sangatlah penting. Maka, lakukanlah sedini mungkin. 

Tidak hanya dari sisi desain, fungsionalitas website tersebut haruslah baik. Bila perlu, Anda bisa menyematkan fitur dan teknologi terbaru untuk membangun kesan yang baik. 

Jangan lupa untuk memastikan website tersebut mobile-friendly agar tetap menarik saat diakses dari berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. 

Yang tidak kalah penting, siapkan landing page yang mampu menjelaskan produk jasa Anda dengan baik. Landing page inilah yang akan menentukan apakah pengunjung akhirnya jadi menggunakan jasa Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menyematkan blog di dalam website tersebut dan menciptakan konten yang mampu menarik pengunjung.

2. Promosi di Media Sosial

Salah satu kekuatan dari media sosial adalah kemampuan berbagi konten dengan mudah dan cepat. Manfaatkanlah kekuatan tersebut untuk membantu upaya promosi jasa pembuatan website Anda. 

Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara:

  • Posting informasi tentang dunia web development atau keahlian Anda.
  • Bergabung ke Facebook group untuk membangun network.
  • Mempromosikan konten yang berasal dari blog Anda.

Jika Anda aktif melakukan ini, bukan tidak mungkin ada calon klien yang tertarik menggunakan jasa Anda. 

3. Bergabung ke Platform Freelance

Mendapatkan klien melalui platform freelance bisa jadi ide bagus. Terutama di awal mula membangun bisnis jasa pembuatan website.  

Freelancing bukan lagi hal baru. Di Indonesia, sudah banyak situs freelance bagi para pekerja lepas untuk mendapatkan proyek pekerjaan secara online. Contohnya adalah Sribu dan UpWork.

Upwork bisa menjadi media untuk mendapatkan klien di awal membangun usaha.

Pada umumnya, calon klien yang membutuhkan jasa pembuatan website akan mempostingnya di berbagai platform. Biasanya, akan ditentukan detail pekerjaan, lama pengerjaan, dan anggaran yang disediakan. 

Jangan ragu untuk ikut ambil bagian dalam bid (menawarkan jasa Anda). Bisa saja pendapatannya belum terlalu besar pada proyek tertentu. Namun, setidaknya Anda sudah bisa mendapatkan klien pertama Anda dan meninggalkan kesan yang baik dengan memberikan kualitas pekerjaan terbaik.

4. Memberikan Kursus Online

Memberikan kursus online secara gratis mungkin belum banyak dilakukan sebagai sebuah strategi untuk memulai usaha. Namun, jangan dipandang sebelah mata. Terutama bagi Anda yang memiliki target klien dari luar negeri.  

Anda bisa bergabung dengan kursus online seperti SkillCrush, Coursera dan Udemy. Dengan kemampuan bahasa Inggris Anda, menjadi pengajar course web development atau bahasa pemrograman bisa menjadi strategi bisnis yang unik. 

Udemy bisa menjadi platform kursus online sebagai media mendapatkan klien.

Selain berbagi pengetahuan yang memberikan value kepada orang lain, beberapa platform memperbolehkan Anda membagikan link. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan bisnis jasa pembuatan website Anda. 

Cara ini sekaligus bisa menjadi upaya membangun branding. Sebab, orang akan percaya dengan bisnis jasa pembuatan website Anda.  

5. Melakukan Outreach

Outreach adalah upaya mengirimkan email berisi penawaran jasa Anda kepada target klien. Upaya ini mirip dengan teknik sebar brosur. 

Outreach bisa menjadi cara mendapatkan klien yang efektif apabila Anda memilih dengan tepat tujuan pengiriman email Anda. Utamakan calon klien yang paling potensial. Cirinya, mereka pernah menyatakan tertarik dengan bisnis Anda dengan mendownload ebook, mengunjungi blog dan lainnya. 

Daftar email dari calon klien tersebut bisa Anda dapatkan dari subscriber blog, media sosial, dan channel kursus online Anda. 

Mengelola Bisnis Jasa Pembuatan Website

Tidak perlu menunggu bisnis Anda menjadi besar baru melakukan pengelolaan bisnis. Lakukanlah sejak awal untuk menjamin kelancaran usaha sekaligus menjaga kualitas pekerjaan Anda. 

Inilah beberapa hal yang perlu Anda lakukan:

1. Gunakan Kontrak Kerja

Menggunakan kontrak kerja di masing-masing proyek adalah hal yang penting. 

Kontrak kerja bisa membantu Anda menyelesaikan pekerjaan lebih baik. Baik dari ketepatan penyelesaian pekerjaan dan kualitas pekerjaan yang diinginkan. 

Kontrak kerja juga berfungsi mencegah adanya perselisihan akibat kesalahpahaman. 

Terutama, jika menangani proyek dari perusahaan maupun instansi pemerintah, kontrak kerja harus disiapkan. Sebab, ada pertanggungjawaban organisasi yang wajib dilakukan. Kesalahan dalam melakukan pekerjaan tersebut bisa saja berimplikasi hukum.

Jika kontrak tersebut bukan berasal dari Anda, pastikan Anda membaca dengan baik tiap pasal yang disebutkan. Apabila ada yang tidak sesuai, diskusikanlah di awal penawaran atau sebelum Anda melanjutkan ke proses pengerjaan. 

Di sisi lain, untuk klien personal, kontrak kerja relatif lebih sederhana. Anda cukup menggunakan syarat dan ketentuan penggunaan jasa. Sifatnya seperti perjanjian kerjasama. 

Di dalam syarat dan ketentuan, Anda bisa menuliskan secara spesifik apa yang termasuk dalam pekerjaan Anda. Biasanya, informasi ini ditampilkan pada halaman harga jasa. Misalnya, berapa banyak halaman yang Anda buat, revisi yang akan dilakukan, dan lainnya.  

2. Atur Administrasi

Setiap proyek memiliki ketentuan yang berbeda. Baik dari sisi harga, metode pembayaran, fitur yang diminta, penyelesaian pekerjaan, dan lainnya. Tanpa pengaturan administrasi yang baik, pekerjaan Anda bisa terganggu. 

Jika Anda masih melakukannya sendiri di awal bisnis, gunakanlah berbagai tools yang bisa membantu Anda. 

Sebagai contoh, untuk mengatur klien Anda, gunakanlah aplikasi customer relationship management

Anda bisa mencatat data pribadi klien Anda dan order yang pernah dilakukan. Hal ini akan memudahkan saat klien ingin menggunakan jasa Anda kembali untuk melakukan update.  Jadi, Anda tak perlu menanyakan semua hal dari awal

 Selain itu, gunakan aplikasi accounting untuk mengatur perihal pembayaran. 

ZohoBooks bisa menjadi aplikasi yang membantu Anda di awal membangun usaha bisnis.

Menggunakan cara pencatatan manual dengan spreadsheet seperti Ms Excel bisa saja dilakukan. Namun, menggunakan aplikasi gratis seperti Zoho Books yang bisa mengatur otomasi untuk pengiriman invoice dan mencatat workflow tentu akan lebih memudahkan pekerjaan Anda. Selain itu, ada fitur tracking yang bisa membantu Anda mengelola tiap proyek.    

4 Tips Mengembangkan Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jika berhasil mengelola tiap proyek dengan baik, bukan tidak mungkin klien Anda akan terus bertambah. Nah, itulah saat yang tepat untuk memikirkan upaya pengembangan bisnis.  

Pengembangan bisnis bertujuan untuk lebih meningkatkan pendapatan, melayani konsumen dengan lebih baik, dan membangun reputasi brand menjadi lebih baik. 

1. Upselling

Up selling adalah sebuah strategi bisnis untuk menjual produk dengan memberikan nilai manfaat lebih kepada konsumen. Up selling umumnya dilakukan dengan menawarkan produk dengan fitur tambahan.

Sebagai contoh, Anda bisa menawarkan fitur personalisasi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Dengan fitur personalisasi, klien bisa lebih leluasa melakukan perubahan pada tampilan website mereka.

Fokus dari strategi ini utamanya adalah kepuasan konsumen. Namun, potensi peningkatan pendapatannya cukup besar. Sebab, tak jarang konsumen rela mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan tambahan fitur yang menarik dan eksklusif.  

2. Membangun Partnership

Mengembangkan bisnis dengan menggandeng pihak ketiga adalah hal yang lazim. Tapi, siapakah partner yang tepat untuk bisnis jasa pembuatan website? 

Secara umum, pihak tersebut harus mampu mendukung bisnis Anda sekaligus meningkatkan revenue. Dalam bisnis jasa pembuatan website,  bekerja sama dengan perusahaan hosting dan menjadi reseller hosting adalah pilihan tepat. 

Berikut ini beberapa alasannya:

  • mendapatkan keuntungan dari penjualan hosting
  • membuat bisnis tampil beda dari kompetitor
  • menambah kredibilitas bisnis dengan lebih banyak layanan yang dimiliki

Di Indonesia, salah satu platform terbaik untuk menjadi reseller hosting adalah Niagahoster Partner. Inilah beberapa keistimewaannya:

  • Tanpa Modal. Platform ini memungkinkan Anda merambah bisnis reseller hosting dengan modal Rp0 .
  • White Label. Anda tetap bisa menggunakan brand bisnis Anda seolah memiliki layanan hosting tersebut sendiri. Jadi, akan lebih baik bagi reputasi bisnis Anda.
  • Bisa Menentukan Harga Sendiri. Tak ada batasan dalam menentukan harga. Anda bisa memberi nama paket hosting dan menentukan harganya sendiri sesuai yang Anda mau. 
  • Kemudahan Pengelolaan Klien.  Tak perlu repot memikirkan sistem yang akan digunakan. Dengan adanya manajemen user yang terintegrasi akan semakin mudah bagi Anda mengelola semua klien dengan satu login, mengelola hosting dan domain, dan mengatur email untuk pelanggan secara otomatis.
Menjadi reseller hosting untuk mendukung bisnis jasa pembuatan website

Sudah banyak contoh sukses dari bisnis reseller hosting. Salah satunya adalah Hajon Mahdy Mahmudin, CEO dari Hotama Web Agency

Mendaftar sebagai reseller hosting terbukti mampu membantunya meraih kesuksesan meskipun sempat mengalami kendala bisnis. Faktanya, Hotama mengaku mendapatkan 40% keuntungan dari order perpanjangan hosting. 

3. Membangun Tim

Anda tak mungkin mengembangkan bisnis seorang diri. Pun jika Anda mengawalinya sebagai seorang freelancer. Apalagi, jika Anda terjun ke bisnis jasa pembuatan website secara penuh. Membangun tim yang kompeten dan mampu bekerja sama dengan baik sangat penting.   

Saat proyek pekerjaan sudah semakin banyak, Anda perlu merekrut beberapa orang untuk membantu pekerjaan Anda. Tujuannya, untuk memastikan pekerjaan bisa selesai tepat waktu. 

Baca juga: 5 Sifat Penting Ini Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

Bisnis jasa pembuatan website Anda juga harus dikelola dengan baik dari sisi administrasi, pembayaran, dan lainnya. Selain itu, diperlukan juga Account Executive yang akan bersentuhan langsung dengan konsumen dan memastikan hasil pekerjaan sesuai harapan.

Dengan tim yang mampu bekerja dengan baik, Anda tak perlu khawatir menerima banyak order. Sebab Anda bisa memastikan semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik dengan standar kualitas yang terjaga. n.

4. Menambah Jangkauan Pasar

Persiapan yang Anda lakukan meliputi penentuan target pasar yang tepat. Namun, seiring berkembangnya bisnis, peluang untuk melebarkan sayap bisnis kian besar. 

Jika sebelumnya Anda mengandalkan upaya posting di blog, website dan media sosial, saatnya Anda untuk berinvestasi melalui iklan. Tujuannya, untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Sebagian Anda mungkin beranggapan bahwa iklan hanya akan menambah pengeluaran yang membuat keuntungan menurun. Hal tersebut tidaklah benar. 

Pada prakteknya, sebuah strategi iklan yang efektif bisa saja menghasilkan ROAS (Return of Ads Spend) yang positif. Tidak hanya balik modal, malah lebih untung. 

Setidaknya ada lima jenis iklan yang sering digunakan untuk mengembangkan bisnis yaitu:

  • Paid Search. Beriklan di mesin pencari akan membuat website bisnis Anda tampil di bagian atas mesin pencarian. Cara ini berpotensi meningkatkan penjualan karena faktanya 63% pembelian produk berasal dari pencarian online. 
  • Paid Social. Sesuai namanya, paid social adalah memanfaatkan platform media sosial untuk beriklan. Diantara yang paling populer adalah Facebook Ads dan Instagram Ads.
  • Email Marketing. Kekuatan email untuk mempromosikan produk dikatakan 40% lebih efektif dibandingkan media sosial menurut data McKinsey. Artinya, email marketing masih bisa diandalkan untuk mempromosikan produk Anda. 
  • Remarketing. Jika iklan Anda menyasar orang yang tertarik kepada produk Anda, tentu peluang berhasilnya lebih besar, bukan? Namun, Anda tentu tidak menyangka bahwa tingkat conversion rate-nya bisa mencapai 161%! Wow!
  • Video Marketing. 54% orang lebih menginginkan konten dalam bentuk video dibandingkan konten lain seperti artikel. Jadi, jangan lupakan upaya beriklan menggunakan video untuk meraih audiens yang lebih luas. 

Semua jenis iklan di atas bisa Anda gunakan secara bersamaan. Namun, apabila dari sisi budget belum memungkinkan, Anda bisa memilih yang paling efektif menurut strategi bisnis Anda. Paid search dan paid social merupakan yang paling direkomendasikan. 

Penutup

Kami baru saja memberikan panduan bisnis jasa pembuatan website dengan lengkap. Tentu, Anda semakin yakin untuk memulai bisnis Anda sendiri, bukan?

Anda menjadi paham bahwa untuk memulai bisnis ini tak perlu melakukan semua langkah sekaligus. Anda bisa membaginya dalam beberapa tahap. Untuk persiapan, Anda bisa membuat brand, membangun website portofolio, hingga menentukan target pasar dan tarif.

Kemudian, Anda bisa melakukan pengelolaan dengan menyiapkan kontrak dan mengatur administrasi. Jika pekerjaan selesai tepat waktu dan hasilnya baik, klien tentu akan senang.  

Langkah terpenting dari bisnis jasa pembuatan website adalah pengembangan bisnis untuk meraih keuntungan optimal. Diantara beberapa hal, memilih partner yang dapat diandalkan sangat penting. Apalagi jika kerjasama dengan partner Anda membuat produk Anda lebih baik lagi.  

Nah, sudah siap untuk membangun bisnis Anda sendiri? Calon klien telah menunggu untuk mendapatkan hasil terbaik dari jasa pembuatan website Anda. Selamat mencoba!

1
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − four =