Mirza M. Haekal Mirza is an SEO Content Writer at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his writing. He's also a die-hard Dragon Ball fan and a memes junkie.

Awas! Bahaya “Evil Twin” di Wifi Publik Gratisan

3 min read

Featured Image Awas! Bahaya Evil Twin di Wifi Publik Gratisan

Siapa yang bisa menolak wifi gratisan? Tanpa pikir panjang, kebanyakan orang akan langsung mematikan paket datanya dan menyambungkan hp atau laptop mereka ke wifi gratisan. 

Tapi, tahukah Anda mengenai bahaya menggunakan wifi gratisan?

Bahaya tersebut bernama Evil Twin. Saking bahayanya, Pandasecurity —salah satu perusahaan cyber security terkemuka dunia— mengatakan bahwa Evil Twin menjadi salah satu bahaya keamanan cyber terbesar di tahun 2019. Bukan hal yang mengejutkan karena Evil Twin bisa mengumpulkan berbagai data penting dari seseorang tanpa terdeteksi sama sekali.

Namun, Anda bisa bernafas lega. Sebab, seperti masalah cyber lainnya, Anda juga bisa melawan Evil Twin ini, lho. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Evil Twin?

Singkatnya, Evil Twin adalah jaringan wifi palsu yang meniru jaringan wifi asli. Tiruan ini benar-benar sangat mirip. Mulai dari nama, kekuatan sinyal, hingga frekuensinya. Pengguna bisa saja menyambungkan perangkatnya ke wifi Evil Twin ini karena mengira itu adalah wifi yang asli.

Evil Twin umumnya muncul di lobi hotel, kafe, restoran, dan di fasilitas transportasi publik (stasiun, bandara, terminal bus, dan pelabuhan). Namun, tak menutup kemungkinan ia juga bisa muncul di tempat-tempat publik lain yang ramai.

Cara Kerja Evil Twin

Evil Twin ini bekerja dengan menggunakan teknik penyerangan bernama man-in-the-middle (MITM). Teknik ini memungkinkan pembuat Evil Twin untuk menyuntikkan malware atau backdoor kepada perangkat pengguna tanpa terdeteksi sama sekali. Malware tersebut lalu bisa digunakan untuk berbagai macam hal sesuai keinginan penyerang. 

Salah satu praktik Evil Twin terpopuler adalah pengguna diarahkan ke halaman login palsu. Entah itu login media sosial, login email, atau sekedar login untuk menggunakan wifi tersebut. 

Pengguna yang tak tahu mengira bahwa itu adalah kolom login normal dan mengisi username serta password mereka tanpa rasa curiga. Walaupun faktanya, mereka baru saja menyerahkan informasi penting kepada hacker secara sukarela.

Bahaya Wifi Gratisan Evil Twin

Evil Twin adalah wifi publik yang dibuat dengan satu tujuan: mendapatkan informasi berharga dari orang yang menggunakannya. Informasi berharga ini bisa berupa password, akun bank, foto pribadi, dan lain sebagainya.

Informasi berharga yang berhasil didapatkan ini kemudian bisa digunakan penyerang untuk berbagai hal-hal buruk. Mulai dari data pribadi Anda dijual kepada orang lain, saldo rekening dikuras, hingga blackmail sekalipun. Mengerikan, bukan?

Cara Mendeteksi Wifi Palsu Evil Twin

Tidak mudah untuk mendeteksi wifi Evil Twin karena kemiripan yang ia miliki. Namun, ada beberapa hal yang patut Anda curigai saat menyambungkan perangkat ke wifi publik, yakni:

1. Tidak Ada Proses Login Wifi

Walaupun Evil Twin juga bisa menciptakan halaman login wifi palsu, tapi Anda juga harus curiga apabila wifi publik —terutama dengan nama brand, seperti Wifi KFC, Wifi Terminal Tiga dan sebagainya— tak memiliki halaman login wifi atau halaman syarat dan ketentuan.

Sebab, halaman tersebut biasanya digunakan sebagai sarana informasi. Misalnya informasi mengenai durasi Anda bisa memakai wifi gratis tersebut, promo yang sedang berjalan, atau informasi terkait lainnya.

2. Tidak Ditanya Password

Anda wajib curiga apabila wifi publik gratis tidak memerlukan password untuk login sama sekali. Sebab, walaupun wifi tersebut gratis, tapi biasanya Anda tetap diminta memasukkan password. Entah itu password dari nomor nota pembelian, nomor antrian Anda, nomor tiket, dan lain sebagainya. 

Penyerang berusaha mempermudah proses Anda menyambung ke wifi Evil Twin. Jadi ia sengaja tidak menanyakan password apapun. Kalau sudah begitu, Anda wajib curiga jika wifi langsung bisa digunakan tanpa password sama sekali.

3. Koneksi Lambat

Wifi Evil Twin tak jarang hanya diciptakan melalui fitur tethering smartphone, sehingga kecepatannya lambat. Memang, wifi publik gratisan yang lambat bukan serta merta merupakan Evil Twin. Akan tetapi, Anda tetap pantas curiga. Apalagi jika poin nomor satu dan dua di atas juga Anda alami.

Bagaimana Cara Melawan Bahaya Wifi Gratisan Evil Twin?

Cara termudah dan terampuh untuk melawan bahaya wifi gratisan Evil Twin adalah dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN). Kami akan menjelaskan dengan singkat mengenai VPN di bawah ini.

Apa Itu VPN?

VPN merupakan layanan koneksi yang memberikan akses internet yang aman kepada Anda.  Koneksi dengan VPN akan diubah jalurnya dan data pertukaran yang terjadi juga disembunyikan. Jangankan hacker, pemerintah atau penyedia layanan internet pun juga tak bisa memonitor kegiatan Anda jika menggunakan VPN.

Apa itu VPN

Anda bisa menganggap VPN ini sebagai tameng pelindung antara perangkat Anda dengan wifi publik tersebut. Sehingga, si penyerang tak bisa mencuri informasi apapun dari Anda. Oleh karena itu, seketika setelah Anda tersambung dengan wifi publik, langsung nyalakan VPN Anda.

Tertarik mempelajari VPN lebih jauh? Kami sudah menuliskan artikel lengkap pembahasan mengenai VPN di →VPN Dasar: Apa itu VPN & Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara Mendapatkan VPN Gratis

Karena keamanan yang ditawarkan, kebanyakan VPN itu berbayar. Tapi tenang saja, ada juga beberapa VPN gratis yang bisa Anda gunakan, walaupun beberapa fiturnya memang dibatasi. Seperti kecepatannya, durasi penggunaan, atau jumlah bandwith yang bisa Anda gunakan.

Beberapa situs penyedia VPN gratis yang bisa Anda gunakan di laptop untuk melawan bahaya wifi gratisan adalah Hotspot Shield, TunnelBear, dan Hide.me. Sedangkan untuk perangkat mobile, ada banyak sekali VPN gratis yang tersedia di Play Store (Android) maupun App Store (iOS). Beberapa yang kami rekomendasikan adalah Hotspot Shield, TunnelBear, Windscribe, dan Speedify.

Oh ya, VPN di atas menggunakan server yang disediakan masing-masing situs/aplikasi. Anda juga bisa membuat server VPN gratis sendiri, lho—asalkan Anda sudah memiliki VPS. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti panduannya di artikel → Cara Membuat VPN Server (OpenVPN)

Kesimpulan

Melihat potensi bahaya yang bisa disebabkan oleh Evil Twin, apakah Anda terkejut dengan betapa mudah cara melawannya? Cukup gunakan VPN seketika setelah tersambung dengan wifi publik gratisan dan Anda bisa bernafas lega. Si penyerang tak bisa melakukan apapun terhadap Anda dan semua data pribadi yang berharga akan aman.

Kami harap artikel ini bisa bermanfaat dan membantu melindungi Anda dari bahaya wifi gratisan. Jangan lupa klik tombol subscribe untuk mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap mengenai dunia internet seperti ini. Sampai jumpa!

0
Mirza M. Haekal Mirza is an SEO Content Writer at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his writing. He's also a die-hard Dragon Ball fan and a memes junkie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 12 =