Mirza M. Haekal Mirza is an SEO Content Writer at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his writing. He's also a bibliophile with more than 250 books in the collection. If you to want to recommend or discuss a book with him, please reach Mirza on Twitter or Instagram @mirzamhaekal.

10+ Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Uang

7 min read

10+ Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Uang

Banyak orang yang ingin terjun ke dunia freelance karena fleksibilitas yang ditawarkan. Tapi, karena banyaknya situs freelance yang ada justru membuat mereka bingung untuk memilih situs freelance yang tepat.

Kebingungan ini umumnya muncul karena pekerja freelance pemula takut ditipu oleh klien yang tak membayar hasil jerih payahnya. Anda tak mau kan sudah menuangkan semua tenaga dan waktu untuk sebuah proyek, tapi ujung-ujungnya klien melarikan diri.

Namun, Anda sudah datang ke tempat yang tepat. Di artikel kali ini, kami akan memberikan rekomendasi daftar situs freelance Indonesia dan internasional yang sudah terbukti bisa dipercaya. Sehingga Anda bisa dengan tenang mencari klien dan mengembangkan karir freelance Anda. Apa saja itu?

  1. Projects.co.id
  2. Sribulancer
  3. Sribu
  4. Fiverr
  5. UpWork
  6. Freelancer
  7. Toptal
  8. PeoplePerHour
  9. Guru
  10. Simply Hired
  11. Writer Access
  12. 99Design

Apa yang membuat situs freelance di atas terpercaya? Kami akan memberikan penjelasannya di bawah. Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu situs freelance dan apa manfaatnya bagi Anda.

Apa Itu Situs Freelance?

Seperti namanya, situs freelance adalah suatu platform di mana para pencari kerja freelance dan pencari jasa freelance berkumpul. Di sini, pencari jasa akan memposting suatu pekerjaan dan pencari kerja akan melakukan penawaran untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Menggunakan situs freelance, Anda bisa menemukan pekerjaan dengan lebih mudah. Ada berbagai macam pekerjaan yang ditawarkan di situs freelance.

Lewat situs ini, Anda bisa mengambil pekerjaan dari mana saja. Baik itu dari luar daerah atau dari luar negeri sekalipun. 

Baca juga: 7 Tips Kerja Remote Lebih Produktif dan Menyenangkan

Semakin banyak pekerjaan yang Anda ambil, semakin banyak portofolio yang Anda punya. Lama-kelamaan, skill dan reputasi Anda juga semakin baik. Inilah yang kemudian akan membantu membangun karir freelance Anda.

12 Situs Freelance Terpercaya

Daftar website freelance Indonesia dan internasional di bawah kami pilih berdasarkan riset dari berbagai sumber. Indikator pertimbangan kami adalah dari fitur, jumlah/variasi pekerjaan serta tentu saja review dari para pengguna website freelance tersebut. 

Satu hal yang perlu Anda ingat. Di bawah ini, kami memasukkan situs freelance Indonesia terlebih dahulu, baru kemudian situs freelance internasional.

Jadi, urutan penomoran ini adalah acak. Bukan berarti situs nomor satu lebih terpercaya daripada nomor tujuh. Semua situs di bawah ini sama-sama terpercaya dan Anda bisa menggunakan manapun sesuai kebutuhan.

1. Projects.co.id

Situs Freelance Indonesia Projects

Projects.co.id termasuk ke salah satu situs freelance Indonesia paling terkenal.

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan freelance dari berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah programming, desain, media sosial, audio/video, hingga jasa tulis menulis.

Oh ya, di Projects.co.id Anda juga bisa melakukan jual-beli berbagai macam produk digital.

Jadi, apabila Anda ingin menjual berbagai produk digital buatan sendiri, seperti ebook, template website, atau produk digital lainnya, situs ini bisa dicoba. Untuk informasi menjadi penjual di Projects.co.id Anda bisa klik di sini.

Satu fitur unik di Projects.co.id yang jarang ada di situs freelance lainnya adalah program bernama Affiliate Referral. Program ini membuat Anda bisa mendapatkan komisi apabila ada orang yang mendaftar ke Projects.co.id dan melakukan transaksi melalui link yang Anda berikan.

Keunggulan:

  • Salah satu yang terbesar di Indonesia, sehingga di Projects.co.id Anda bisa menemukan berbagai peluang pekerjaan.
  • Jual/beli produk digital. Jadi, tak hanya menawarkan jasa, Anda juga bisa menjual produk digital di Projects.co.id.
  • Program Affiliate Referral. Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif tambahan dengan program ini.

2. Sribulancer

Situs Freelance Indonesia Sribulancer

Selain Projects.co.id, Sribulancer juga berhasil mengukuhkan diri sebagai situs kerja freelance Indonesia terpopuler.

Tak jauh berbeda dengan Projects.co.id, Anda bisa menemukan macam-macam jenis pekerjaan di sini. Pembuatan website? Ada. Desain grafis? Oh, ada juga. Penulisan artikel? Ada, dong.

Sribulancer ini dulu juga termasuk situs freelance pertama yang menawarkan pembayaran melalui transfer bank. Jadi, sangat cocok bagi warga Indonesia yang kebanyakan tak memiliki kartu kredit. 

Sribulancer juga mendukung pembayaran dalam mata uang USD ataupun IDR sebab situs mereka juga tersedia dalam versi Bahasa Inggris untuk kancah Internasional. Sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan klien dari luar negeri.

Keunggulan:

  • Salah satu situs freelance populer di Indonesia. Macam-macam klien yang membutuhkan berbagai pekerjaan bisa ditemukan di sini.
  • Go International! Sribulancer tersedia dalam dua bahasa dan dalam dua mata uang, sehingga Anda bisa mendapatkan klien dari luar negeri.

3. Sribu

Situs Freelance Indonesia Sribudesign

Sribu atau SribuDesign adalah situs freelance Indonesia yang masih satu manajemen dengan Sribulancer.

Namun, berbeda dengan Sribulancer yang menawarkan berbagai macam jasa freelance, Sribu ini hanya fokus dengan freelance seputar desain grafis saja. Sehingga cocok bagi Anda yang merupakan Graphic Designer.

Walaupun hanya fokus kepada desain grafis saja, tapi jenis desain yang ada di sini sangat beragam. Anda bisa menemukan pekerjaan yang “simpel” seperti desain logo, hingga pekerjaan yang rumit seperti desain interior.

Di Sribu juga ada sistem kontes, di mana para pencari kerja akan memasukkan karya mereka kepada pemilik suatu proyek. 

Dengan mengikuti kontes, Anda bisa menambah portofolio. Bahkan, saat berhasil memenangkan kontes, tak hanya hasil karya Anda dipilih klien, tapi juga akan mendapatkan hadiah dari Sribu. Menarik, bukan?

Keunggulan:

  • Fokus pada desain grafis. Cocok bagi Anda yang bergelut di dunia desain grafis.
  • Klien mencari macam-macam jenis desain grafis. Tak hanya terbatas pada desain logo, tapi juga desain interior.
  • Sistem kontes untuk menambah portofolio dan mendapatkan hadiah dari pihak Sribu.

4. Fiverr

Situs Freelance Fiverr

Website internasional pertama dalam daftar ini adalah Fiverr. Fiverr ini mempunyai cara kerja yang justru berkebalikan dengan kebanyakan website freelance yang ada. 

Di situs freelance lain, klien lah yang membuat pengumuman untuk mencari pekerja freelance. Namun di Di Fiverr,  pekerja freelance lah yang membuat pengumuman untuk mencari klien. 

Sistem di Fiverr ini tentu saja unik. Sebab, Anda tak harus repot-repot untuk apply atau promosi pada pengumuman yang dibuka klien satu per satu. Anda tinggal buat pengumuman dan menunggu pengumuman Anda untuk mendapatkan klien yang sesuai.

Fiverr juga sangat menghargai privasi para pengguna yang menggunakan situs ini.

Jadi, Anda tak usah takut mengenai penipuan ataupun kebocoran data pribadi. Fiverr juga sudah menggunakan sistem keamanan data yang canggih, sehingga apabila Anda bertukar file di sana sudah dijamin keamanannya. 

Keunggulan:

  • Klien yang mencari Anda. Jadi, Anda tak perlu repot-repot cari klien kesana kemari.
  • Sistem keamanan canggih. Tak perlu takut kena tipu atau data pribadi Anda dicuri.

5. Upwork

Situs Freelance Upwork

Upwork ini dikenal sebagai website freelance terbesar di jagat maya dengan lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien di sana. Dengan angka yang luar biasa tersebut, Anda bisa menemukan banyak peluang kerja di sini.

Di Upwork sistem pembayaran bisa berupa hitungan per jam ataupun per proyek yang diselesaikan. Jadi, memberikan fleksibilitas baik kepada pencari kerja maupun pencari jasa.

Upwork juga memberikan berbagai fitur yang bisa mendukung perjalanan karir freelance Anda. Sebut saja seperti collaborative space dan pembuatan invoice.

Keunggulan:

  • Situs freelance terbesar. Sehingga Anda bisa menemukan klien yang membutuhkan berbagai macam pekerjaan di sini.
  • Sistem pembayaran fleksibel. Bisa per jam ataupun per proyek, tergantung kesepakatan.
  • Fitur-fitur pendukung karir freelance. Seperti collaborative space dan pembuat invoice bawaan.

6. Freelancer

Situs Freelance Freelancer

Hampir mirip dengan Upwork, Freelancer juga termasuk situs freelance dengan jumlah pengguna terbanyak. Berdasarkan laporan, ada lebih dari 42 juta pencari kerja dan klien yang menggunakan situs Freelance ini. 

Satu hal yang membedakan Freelancer dengan situs freelance lainnya adalah Anda diharuskan membayar untuk menjadi anggota di sini.

Namun, tenang saja. Anda tak disuruh langsung membayar begitu saja, kok. Anda baru diharuskan membayar setelah mengajukan delapan proposal kepada pencari jasa.

Keunggulan:

  • Salah satu website freelance terbesar. Ada lebih dari 42 juta pencari kerja dan klien.
  • Gratis delapan proposal awal (Free trial). Anda bisa mencoba-coba situs ini sebelum memutuskan untuk membeli permanen.

7. Toptal

Situs Freelance Toptal

Berbeda dengan situs freelance lain yang ada di daftar ini, untuk mendaftar di Toptal Anda harus punya deretan portofolio berkualitas.

Sebab, Toptal ini menawarkan pencari jasa dengan talenta-talenta terbaik yang ada di dunia. Sehingga membuat proses seleksi di sini juga sangat ketat.

Baca juga: Cara Membuat Website Portofolio

Kesulitan dan kualitas yang terjamin membuat bayaran di Toptal jauh lebih tinggi daripada situs freelance lain yang ada di daftar ini.

Selain itu, Anda juga bisa memilih projek dengan jangka panjang atau jangka pendek. Jadi, bisa dikatakan bahwa Toptal ini adalah situs freelance elit untuk kaum elit pula.

Keunggulan:

  • Top 1%. Hanya pencari kerja/klien elit saja yang ada di sini.
  • Bayaran jauh lebih besar dibanding dengan website freelance lainnya.

8. PeoplePerHour

Situs Freelance PeoplePerHour

Untuk menjadi anggota di PeoplePerHour memang tak membutuhkan uang sepeserpun.

Namun, persaingan yang ada di sini bisa dikatakan lebih ketat daripada situs freelance lainnya. Oleh karena itu, ada sistem rating di sini yang berguna untuk sarana promosi Anda untuk bersaing.

Nah, karena ketatnya persaingan di PeoplePerHour, Anda jangan berharap mendapatkan keuntungan yang besar. Selalu patok harga yang wajar agar bisa bersaing dengan pengguna lainnya.

Keunggulan:

  • Tak butuh uang untuk pendaftaran. Anda bisa langsung daftar dan menggunakannya.
  • Sistem rating untuk promosi agar bisa bersaing.

9. Guru

Situs Freelance Guru

Sejak didirikan pada tahun 2001 silam, Guru telah menjadi salah satu website freelance terbaik yang ada di dunia.

Di Guru, baik pencari kerja maupun pencari jasa diharuskan untuk membuat profil mereka masing-masing. Baru kemudian setelah mereka cocok dengan profil masing-masing, pekerjaan bisa dimulai.

Selalu ada saja pekerjaan baru di Guru setiap harinya, sehingga Anda harus sering-sering membuka situs freelance ini agar selalu up-to-date. Anda juga bisa mencari kerja berdasarkan lokasi, kategori maupun jenis pembayaran (per jam atau per projek).

Keunggulan:

  • Sistem pencocokan profil. Sistem ini  bisa meminimalisir ketidakcocokan dengan klien.
  • Pekerjaan baru setiap harinya.
  • Fitur pencari kerja membuat Anda bisa mencari pekerjaan berdasarkan lokasi, kategori, ataupun jenis pembayaran.

10. SimplyHired

Situs Freelance SimplyHired

Mungkin dari variasi pekerjaan yang ditawarkan, SimplyHired menempati posisi teratas. Ada pekerjaan bertema teknologi, pekerjaan administratif, hingga pekerjaaan konstruksi pun juga ada.

Selain itu, SimplyHired juga menawarkan pekerjaan dari 24 negara berbeda dan menyediakan fitur untuk mencari pekerjaan di lokasi terdekat Anda. Berguna sekali, bukan?

SimplyHired adalah situs freelance yang menawarkan pekerjaan baik secara online maupun offline. Sehingga apabila Anda tak menemukan pekerjaan di situs freelance lain yang sesuai dengan skill, SimplyHired bisa dijadikan alternatif.

Keunggulan:

  • Variasi pekerjaan sangat banyak, dari teknologi hingga konstruksi.
  • Pekerjaan dari 24 negara berbeda. Peluang untuk mendapatkan klien menjadi lebih besar.
  • Tersedia pekerjaan secara online maupun offline. Jadi alternatif menarik untuk dapat pekerjaan dibandingkan situs freelance lainnya.

11. Writer Access

Situs Freelance Writeraccess

Seperti namanya, Writer Access adalah situs freelance yang khusus bagi penulis lepas (freelance writer).

Di Writer Access Anda bisa menemukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dunia tulis menulis. Beberapa di antaranya seperti menulis artikel, studi kasus, laporan ilmiah dan masih banyak lainnya.

Writer Access juga menawarkan berbagai tools seperti optimasi keyword, content planner, dan analytics. Berbagai tools ini bisa membantu pekerjaan Anda sebagai penulis untuk efisien dan lebih berkualitas.

Baca juga: 9 SEO Tools Gratis Terbaik untuk Riset Keyword

Keunggulan:

  • Khusus bagi penulis. Sangat jarang situs freelance khusus penulis dan Writer Access ini salah satu yang terbaik.
  • Berbagai tools yang membantu. Mulai dari content planner hingga analytics.

12. 99design

Situs Freelance 99designs

Dari namanya sepertinya sudah jelas bahwa website freelance yang satu ini memang fokus untuk desainer. Hampir mirip dengan Sribu, di 99design Anda juga bisa berkompetisi dalam kontes untuk menarik minat pencari jasa kepada Anda. 

Di 99design juga disediakan beragam artikel yang bisa membantu Anda menjadi graphic designer yang lebih baik lagi. Ada tips desain, tips membangun karir freelance dan masih banyak lainnya.

Keunggulan:

  • Fokus ke proyek-proyek untuk desainer
  • Artikel yang membantu. Beragam artikel bisa membantu Anda membangun karir freelance.

Kesimpulan

Jika Anda baru memulai karir freelance, kami sarankan untuk mencoba situs freelance Indonesia terlebih dahulu seperti Project.co.id, Sribulancer dan SribuDesign. 

Baru setelah familiar dengan dunia freelance, Anda bisa mendaftar di situs freelance internasional untuk meningkatkan skill dan menambah portofolio. Nah, setelah Anda benar-benar ahli di bidang yang digeluti bisa mencoba bergabung dengan Toptal.

Kami harap 12 daftar situs freelance Indonesia maupun internasional di atas bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak klien. Kalau mau karir freelance Anda berkembang lebih jauh. kami sarankan Anda memiliki website.

Selain agar terlihat lebih profesional, website tersebut bisa menjadi tempat untuk menaruh portofolio Anda sehingga lebih terpercaya. Singkatnya, keberadaan website bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan personal branding Anda.

Tenang saja, Anda tak perlu ahli coding untuk membuat website, kok. Seorang freelance designer atau freelance writer juga bisa punya website yang tak kalah bagusnya.

Bagaimana caranya? Ikuti saja langkah-langkah yang sudah kami tulis di → Cara Membuat Website untuk Pemula [Tanpa Coding]

Jangan lupa klik tombol subscribe di bawah untuk mendapatkan tips seputar internet langsung ke email Anda. Semoga sukses dengan karir freelance Anda, ya!

1
Mirza M. Haekal Mirza is an SEO Content Writer at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his writing. He's also a bibliophile with more than 250 books in the collection. If you to want to recommend or discuss a book with him, please reach Mirza on Twitter or Instagram @mirzamhaekal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =