Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

21+ Usaha Jasa yang Menjanjikan Profit Berlipat

15 min read

ide bisnis milenial dan gen z

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, membuka sebuah usaha jasa bisa jadi pilihan yang tepat. Terutama jika Anda memiliki keahlian khusus, tapi terkendala modal yang terbatas. 

Bisnis jasa memiliki potensi keuntungan yang menggiurkan. Apalagi, jika dijalankan secara online. Namun, untuk meraih kesuksesan tersebut, pastikan Anda memilih jenis usaha di bidang jasa yang tepat. 

Itulah mengapa kami telah merangkum 21+ usaha jasa yang paling menjanjikan di tahun ini. Tapi, sebelum masuk ke pembahasan utama. Yuk kita kenalan dulu dengan bisnis jasa!

Apa itu Usaha Jasa?

Bisnis jasa adalah usaha yang tidak melibatkan adanya pembelian barang dan tidak memerlukan media penyimpanan khusus. Jadi, yang dijual adalah layanan.

Berbeda dengan bisnis yang menjual barang fisik, nilai yang ditawarkan bisnis jasa justru tidak dapat dilihat, namun dapat dirasakan. Contoh value yang ditawarkan oleh bisnis jasa adalah kenyamanan.

Berikut adalah beberapa contoh usaha jasa yang populer:

  1. Jasa pembuatan website
  2. Jasa penerjemah
  3. Jasa reparasi laptop
  4. Jasa titip
  5. Jasa penulisan artikel
  6. Jasa foto pernikahan
  7. Jasa laundry

Dan masih banyak lagi..

Penasaran dengan jenis-jenis usaha jasa yang lainnya? Mari kita bahas lebih detail di bagian selanjutnya!

21+ Usaha Jasa yang Menjanjikan 

Berikut ini adalah berbagai usaha jasa yang bisa Anda coba. Beberapa di antaranya bisa dilakukan dari rumah dan membutuhkan modal yang kecil. 

1. Jasa Reparasi Laptop

Jika Anda memiliki keahlian memperbaiki laptop, Anda bisa membuka usaha jasa reparasi yang menguntungkan. 

Usaha Jasa Reparasi Laptop

Saat ini, laptop sudah menjadi perangkat penting. Tak kurang dari 67% penggunaannya adalah untuk menunjang pekerjaan. Artinya, laptop harus selalu dalam keadaan berfungsi dengan baik. 

Jika terjadi kendala, orang akan berusaha mencari bantuan untuk memperbaikinya. Pada kondisi tersebut, peran Anda sebagai seorang teknisi laptop sangat dibutuhkan. 

Oleh karena itu, pastikan Anda mempromosikan keahlian tersebut secara luas. Langkah ini untuk memudahkan calon konsumen yang membutuhkan jasa Anda. Bisa melalui brosur, iklan di koran, media sosial hingga website pribadi. 

Baca Juga: Cara Membuat Website untuk Pemula

Semakin banyak yang menggunakan jasa Anda, semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
KecilSedang – TinggiBrosur, Iklan di Koran, Media Sosial, Website

2. Jasa Pijat Bayi

Berbekal keahlian saja mungkin belum cukup. Anda harus memiliki kejelian dalam melihat kebutuhan pasar. Salah satunya, tentang tren kebugaran yang bukan dominasi orang dewasa saja. 

Jika Anda memiliki keahlian memijat, membuka usaha jasa pijat bayi bisa menjadi pilihan bisnis jasa unik. Peminatnya kian meningkat dan persaingannya belum cukup tinggi. 

Usaha Jasa Pijat Bayi

Faktanya, potensi profit yang bisa Anda raup dari bisnis ini bisa mencapai hingga 80% dari investasi yang Anda keluarkan!

Bisnis pijat bayi ini bisa Anda mulai dari rumah. Artinya, Anda tak perlu pusing memikirkan lokasi khusus di awal membuka usaha di bidang jasa ini. 

Namun, jika modal Anda cukup besar, Anda bisa saja membuka baby spa yang lengkap dengan berbagai pilihan layanan. Tentu, potensi keuntungannya pun kian berlipat. 

Apapun yang Anda pilih, kuncinya adalah memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Tidak hanya itu, teruslah berupaya mempromosikan usaha tersebut sehingga semakin banyak orang yang mengetahui usaha jasa Anda. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
KecilSedang – TinggiBrosur, Media Sosial, Website

3. Jasa Riset Pemasaran

Sebuah bisnis menuntut perencanaan yang baik dengan data yang akurat. Namun, tak banyak pebisnis yang mampu melakukan riset dengan baik. Kendala bisa berasal dari waktu maupun teknis pelaksanaannya. 

Peluang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha jasa riset bisnis. Tentunya, Anda harus memiliki keahlian yang mumpuni, ya?

Halaman Website Riset Pemasaran

Secara umum, usaha jasa Anda akan membantu klien mengamati pangsa pasar bisnis yang akan mereka bangun. 

Sebagai contoh, klien Anda ingin membangun sebuah bisnis kuliner seafood di area tertentu. Riset yang Anda lakukan bisa meliputi peluang penjualan hingga analisa kompetisinya. Anda bisa melakukan pengumpulan data secara manual atau melakukan interview ke beberapa orang. 

Karena calon klien Anda adalah pebisnis yang serius membangun usaha, Anda harus mampu menampilkan diri sebagai seorang profesional. 

Promosi yang Anda lakukan sebaiknya melalui website yang menarik. Bukan selebaran atau semacamnya. Selain memudahkan calon klien menemukan Anda, tentu akan lebih mudah menampilkan kesan bonafide atas usaha jasa Anda. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
MenengahTinggiWebsite

4. Jasa Terjemah

Anda mungkin sudah tidak asing dengan jenis usaha di bidang jasa ini. Faktanya, bisnis jasa terjemah masih cukup menjanjikan. 

Meskipun saat ini sudah ada Google Translate, Anda tak perlu khawatir. Peran seorang penerjemah masih sangat diperlukan. 

Usaha Jasa Terjemah

Tingkat akurasi Google Translate masih belum sempurna. Jadi, untuk berbagai dokumen atau informasi yang membutuhkan ketepatan, jasa penerjemahan manusia masih menjadi prioritas. 

Untuk memulai bisnis ini, Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar. Berbekal sebuah laptop dan koneksi internet, Anda bisa mulai membangun usaha jasa Anda. 

Sebagai upaya promosi, Anda bisa saja bergabung ke berbagai platform freelance seperti Freelancer Indonesia atau Upwork

Namun, itu hanya langkah awal. Sebab, seiring perkembangan usaha jasa Anda, membangun sebuah website portofolio tentu lebih baik. Tujuannya, untuk membangun kredibilitas Anda sebagai seorang penerjemah. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
KecilSedang – TinggiPlatform Freelancer, Website

5. Jasa Penulisan Artikel

Anda memiliki keahlian menulis dengan baik? Jangan jadikan sekedar hobi. Keahlian tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya, dengan menjadi penulis artikel. 

Seperti halnya jasa terjemah, jasa penulisan artikel banyak dibutuhkan di berbagai platform freelancer. Topik yang dibutuhkan pun beragam. Mulai dari kesehatan hingga teknologi. 

Tidak hanya itu, seiring berkembangnya content marketing untuk memasarkan produk, banyak perusahaan membutuhkan artikel dengan kualitas baik untuk blog mereka. Sayangnya, tidak sedikit yang kesulitan membuat konten yang menarik. 

Inilah peluang yang bisa Anda manfaatkan.

Jika ingin menggeluti bisnis jasa ini, Anda bisa bergabung ke platform freelancer sebagai langkah awal. Tidak ada biaya pendaftaran. Namun, Anda harus berbagi penghasilan menggunakan sistem komisi. 

Usaha Jasa Penulisan Artikel

Jadi, apabila menginginkan penghasilan Anda bertambah, mulailah usaha jasa Anda sendiri. Bangunlah blog profesional yang menunjukkan hasil karya Anda. Lalu, gunakanlah untuk mempromosikan usaha jasa Anda. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
KecilSedang – TinggiPlatform Freelancer, Website

6. Jasa Pembuatan Website

Kebutuhan website sebagai identitas online semakin meningkat. Baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Tak heran jumlah website di seluruh dunia mencapai hampir 2 miliar.

Faktanya, bagi beberapa orang membuat website sendiri kadang tidak mudah. Jadi, harus meminta bantuan pihak lain. 

Usaha Jasa Pembuatan Website

Jika memiliki kemampuan coding yang baik, Anda bisa membangun usaha jasa pembuatan website.

Untuk memulai bisnis jasa ini, Anda cukup bermodal laptop saja. Meskipun demikian, potensi keuntungannya sangat besar. Terutama jika Anda mampu melayani segmen pasar yang berbeda. Mulai dari website pribadi, toko online, hingga website perusahaan. 

Tidak hanya itu, keuntungan Anda bisa lebih besar jika mampu membangun kemitraan dengan pihak lain. Salah satunya, bergabung dalam program Niagahoster Partner (NiPa)

NiPa memberi Anda kesempatan untuk menjadi reseller hosting tanpa deposit dan biaya bulanan.

Platform ini memberikan Anda kemudahan untuk mengelola bisnis secara mandiri. Mulai dari manajemen pengguna, email otomatis maupun untuk penentuan harga. Bagi web developer, terdapat harga khusus untuk bergabung.

Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal di bisnis ini, Anda cukup fokus pada upaya promosi yang akan dilakukan. Bisa melalui platform freelancer, media sosial maupun website portfolio Anda. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
KecilSedang – TinggiPlatform Freelancer, Media Sosial, Website

Yuk coba layanan Hosting Termurah dari Niagahoster

7. Jasa Antar Jemput Sekolah

Ketika bicara bisnis transportasi, Anda pasti tahu kisah sukses startup penyandang gelar decacorn, bukan? Benar. Potensi jenis bisnis ini memang cukup menjanjikan. 

Baca juga: 7 Tips Membangun Startup Anda, Simpel dan Efektif

Namun, sebenarnya masih banyak niche market bisnis transportasi yang bisa digarap. Salah satunya adalah jasa antar jemput sekolah. Usaha di bidang jasa ini bukan terbilang baru. Beberapa dari Anda mungkin pernah menggunakannya.

Halaman Website Antar Jemput Sekolah

Jika Anda tertarik terjun di bisnis jasa ini, Anda perlu melakukan beberapa perencanaan. Yang pertama, terkait mobil sebagai sarana antar jemput. Apakah Anda akan membelinya atau menggunakan jasa rental dengan sistem bagi hasil?

Selain itu, Anda perlu melakukan promosi. Target konsumennya sudah jelas yaitu anak sekolah. Jadi, Anda perlu menentukan apakah akan menyebar brosur atau mengadakan kerjasama dengan pihak sekolah?

Saat memulai usaha, Anda bisa melakukannya sendiri. Jika sudah mulai banyak konsumen, Anda bisa mengajak rekan Anda bekerja sama. Bahkan, Anda juga bisa membangun sistem berbasis aplikasi untuk kelancaran operasional bisnis Anda. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarSedangBrosur, Kerjasama dengan Sekolah, Media Sosial, Iklan di Koran

8. Jasa Tambal Ban Keliling

Jika Anda tinggal di lokasi dengan banyak kendaraan hilir mudik, membuka usaha jasa tambal ban bisa jadi pilihan tepat. 

Untuk terjun di bisnis ini, Anda tentu harus memiliki keahlian yang baik. Sebab, Anda dituntut untuk mampu bekerja dengan cepat dan tepat. 

Halaman Website Tambal Ban Keliling

Bisnis jasa ini mengharuskan Anda memiliki modal yang cukup di awal usaha. Terutama untuk membeli kompresor, alat press dan peralatan pendukung lain. Selain itu Anda juga perlu mempersiapkan modal untuk kebutuhan operasional. 

Namun, peluang usaha jasa tambal ban sendiri cukup menggiurkan. Bahkan ada pebisnis yang mampu menjalankan usaha jasa tambal ban ini hingga beromset miliaran rupiah. 

Apabila lokasi Anda tidak memungkinkan untuk membuka usaha, Anda bisa menyewa suatu tempat yang strategis jika memiliki modal cukup. 

Atau, Anda bisa menjajal jasa tambal ban keliling. Dengan demikian Anda bisa melayani masyarakat di area tertentu dengan lebih fleksibel. Promosi usaha tersebut bisa Anda lakukan melalui selebaran, media sosial bahkan website. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarSedangBrosur, Iklan di Koran, Media Sosial, Website

9. Jasa Les Privat

Adakah usaha jasa yang tidak memerlukan modal sama sekali? 

Jasa les privat bisa jadi salah satunya. Bisnis jasa ini berfokus pada kemampuan mengajar yang baik. Jadi, kebutuhan modal bukanlah faktor utama meskipun akan dapat membantu pengembangannya.

Halaman Website Les Privat

Sebagai contoh, Anda bisa saja memulai bisnis jasa ini dari rumah, memanfaatkan salah satu ruangan yang nyaman untuk belajar. Alternatif lain, Anda bisa mengajar dengan langsung mengunjungi rumah siswa (door-to-door). 

Semua itu tergantung strategi bisnis yang akan Anda terapkan. 

Dari sisi target pasar, Anda bisa mengajar untuk semua pelajaran atau salah satu pelajaran saja, seperti bahasa Inggris. Sesuaikan dengan keahlian Anda. 

Di sisi lain, membuka usaha jasa les privat bisa juga dilakukan secara online. Bukan hanya untuk tujuan promosi tapi sebagai inti kegiatan. 

Setiap sesi mengajar dapat dilakukan melalui WA atau aplikasi lain yang mendukung. Bisa berupa chat, telp atau video call. Sekali lagi, tergantung sistem bisnis yang akan Anda bangun. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
KecilSedang – TinggiBrosur, Media Sosial, Website

10. Jasa Foto Pernikahan

Keahlian fotografi Anda tidak dapat dipandang sebelah mata. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha jasa fotografi yang cukup menghasilkan. 

Salah satunya, jasa foto wedding yang kini makin banyak dibutuhkan. Sebab, tiap orang ingin momen istimewanya terdokumentasikan dengan baik. 

Usaha Jasa Foto Pernikahan

Untuk memulai bisnis jasa ini, peralatan yang diperlukan memang tidak murah. Namun, Anda tetap dapat melakukannya dengan modal terbatas. Bisa dengan cara menyewa peralatan dan memulainya dengan hanya satu kamera terlebih dahulu. 

Yang terpenting adalah keahlian Anda menciptakan hasil foto terbaik.

Bisnis ini terbukti menjanjikan keuntungan yang besar. Salah satu contohnya adalah Feri Ardian. Ia adalah pemilik Boeloe Photography yang sukses membangun bisnis fotografi meskipun mendapatkan keahliannya secara otodidak.  

Membangun usaha di bidang jasa foto perkawinan memerlukan strategi yang tepat. 

Pertama, tentukan jenis layanan, apakah prewedding, wedding documentation atau sistem paket. Kedua, lakukan langkah promosi yang tepat sasaran, baik melalui media sosial, mulut ke mulut maupun website portofolio. Ketiga, tawarkan harga terbaik sesuai kualitas yang ditawarkan.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Kecil – MenengahSedang – TinggiWord of Mouth, Brosur, Media Sosial, Website

11. Jasa Laundry

Jasa cuci baju atau laundry bukanlah bisnis baru. Namun, usaha jasa ini masih menjanjikan potensi keuntungan yang besar. Permintaan masyarakat akan hasil cuci yang cepat, rapi dan murah masih cukup banyak. 

Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut. Bahkan, jika belum memiliki tempat usaha. Jasa laundry memang bisa menjadi bisnis rumahan yang potensial. 

Usaha Laundry

Contoh sukses dari bisnis jasa ini cukup banyak. Salah satunya Hibah, pengusaha laundry yang mampu membangun bisnis dengan omset Rp25 juta/bulan. Hibah mengaku bisa balik modal hanya dalam waktu 3 bulan dari memulai usahanya.

Investasi utama dari bisnis ini tentu saja mesin cuci. Selain itu, untuk operasional, Anda membutuhkan perlengkapan pendukung, detergen, setrika dan lainnya. Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah modal yang Anda miliki. 

Pelajari peluang pasar di area Anda. Lalu lakukan langkah promosi yang tepat. Jika Anda mampu memberikan hasil terbaik dan tepat waktu, konsumen Anda tentu akan meningkat. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
MenengahSedangBrosur, Media Sosial, Website

12. Jasa Titip

Salah satu contoh usaha jasa yang bisa Anda mulai tanpa modal adalah jasa titip. 

Prinsip bisnis jasa titip adalah Anda membelikan suatu barang pesanan dan mendapatkan komisi dari usaha tersebut. 

Jasa titip berkembang karena adanya permintaan masyarakat untuk memiliki barang yang spesifik. Misalnya, pembelian barang di event tertentu. Atau, pembelian barang di negara lain yang kebetulan sedang disinggahi pelaku bisnis ini. 

Usaha Jasa Titip

Salah satu contoh sukses dari bisnis jastip adalah Desanti Sarah. Ia adalah seorang ibu rumah tangga yang membuka jasa titip untuk berbagai kebutuhan. Mulai pakaian anak, furnitur hingga buku. Ia mengaku pernah mendapatkan keuntungan hingga Rp10 juta dari satu event saja. 

Kenapa bisnis jasa ini bisa dimulai tanpa modal? 

Sebab, Anda bisa menentukan sistem kerjasamanya: pembelian hanya akan dilakukan setelah klien mengirimkan uang. Ditunjang dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dari klien, sistem ini tentu akan berjalan dengan baik. 

Jika ingin memulai bisnis ini, Anda harus jeli melihat event yang sedang berlangsung di kota Anda. Lalu, Anda bisa mulai mempromosikan usaha jasa titip melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
KecilSedangMedia Sosial, Website

13. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Apakah Anda seorang pet lover dan tahu cara merawat hewan peliharaan dengan baik? 

Membuka bisnis salon hewan bisa jadi pilihan yang menarik. 

Permintaan akan jasa pet grooming makin tinggi. Alasannya, kebutuhan perawatan harus dilakukan secara rutin, tapi pemilik hewan tidak memiliki cukup waktu melakukannya sendiri.

Oleh karena itu, jika terjun ke bisnis jasa unik, Anda bisa saja meraup keuntungan yang besar.

Contohnya, Henny Marlita. Pemilik salon hewan ini mengaku omzet usahanya bisa menembus Rp25 juta/bulan! Padahal, ia mengawali bisnis ini dengan modal yang tidak banyak. 

Sebagai langkah awal, promosi dari usaha jasa ini bisa Anda lakukan melalui media sosial, WA atau bergabung ke marketplace. Ketika klien Anda sudah banyak, penghasilan Anda otomatis meningkat. Lalu, Anda bisa mulai mengembangkan usaha Anda. 

Usaha Jasa Perawatan Hewan

Vodka&Latte bisa menjadi contoh yang relevan. Salon hewan ini juga menyediakan cafe yang nyaman bagi pengunjung. Tak heran, banyak klien rela antri memanfaatkan jasa mereka.

Jika mencapai kesuksesan seperti ini, Anda sudah bisa mulai menerapkan tarif premium dengan menyediakan layanan yang mewah. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Kecil – MenengahSedang – TinggiMedia Sosial, Website

14. Usaha Jasa Potong Rambut

Anda tentu tahu bahwa memotong rambut bukan hanya tentang kerapian tapi juga style. Mulai dari gaya Undercut dan Morrissey untuk pria, hingga Bob dan Pixie untuk wanita. 

Singkat kata, tren gaya rambut tak ada habisnya. Inilah peluang untuk membuka usaha jasa potong rambut dengan keahlian yang Anda miliki. 

Bahkan, jika Anda jeli, ada peluang bisnis jasa potong rambut keliling yang bisa digarap. Terutama bagi Anda yang belum memiliki tempat usaha yang ideal. Sebab, kesibukan seseorang seringkali menjadi hambatan untuk menyempatkan datang ke salon.

Usaha Potong Rambut

Itulah langkah yang dilakukan oleh Bima Sigit Kuspriyadi, pendiri Bang Cukur. Usaha jasa potong rambutnya terbukti mendatangkan penghasilan yang cukup besar. 

Bima mempromosikan usahanya melalui media sosial dan WhatsApp. Hal ini tentu bisa menginspirasi Anda. 

Faktanya, kecanggihan teknologi memungkinkan Anda terbantu dalam menemukan lokasi pelanggan dengan mudah. Caranya, memanfaatkan fitur sharing live location. Dengan demikian, tak banyak waktu Anda terbuang untuk mendatangi pelanggan. 

Jika mampu menekuni bisnis ini, bukan tidak mungkin Anda meraih kesuksesan seperti Nick The Barbership. Bisnis yang dijalankannya mampu mencapai omzet puluhan juta rupiah tiap bulan.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Kecil – MenengahSedangMedia Sosial, Website

15. Usaha Jasa Bersih Rumah

Seperti halnya laundry, bisnis jasa bersih rumah juga bukan ide baru. Namun, umumnya masih melayani permintaan di lingkungan sekitar saja. 

Padahal peluang dari usaha jasa ini cukup besar. Alasannya, kondisi di kota besar membuat orang kian sibuk dengan pekerjaannya sehingga masih membutuhkan jasa tersebut. 

Selain itu, kemajuan dunia online membuat Anda bisa menjaring konsumen yang lebih besar dengan mudah. Bisa dengan cara promosi melalui media sosial dan website.

Usaha jasa bersih rumah yang masih menjanjikan.

Untuk menjalankan bisnis ini, modal untuk membeli peralatan tidak terlalu besar. Bahkan kalau peralatan di rumah Anda masih bagus, bisa juga digunakan.

Ada banyak contoh sukses dari bisnis jasa bersih rumah. Salah satunya, Ibu Nuridah yang bisa menghasilkan omzet Rp7 juta/bulan dari usaha jasa bersih rumah ini.

Terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar, usaha jasa ini bisa Anda pertimbangkan.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Kecil – MenengahSedangBrosur, Media Sosial, Website

16. Usaha Jasa Home Painting

Di media sosial seperti Tiktok, banyak orang memamerkan keindahan kamarnya setelah renovasi. Baik dengan memasang wallpaper baru atau membuat lukisan dinding (mural) yang sedang tren.

Tren ini bisa jadi peluang Anda yang memiliki keahlian menggambar untuk mencoba bisnis jasa home painting. 

Apakah cukup menjanjikan? Tentu saja. Contohnya, Andy Prasetiya, seorang pelukis mural, yang bisa mendapatkan omzet hingga Rp60 juta/bulan dari usaha di bidang jasa seni ini. 

Peminat seni mural yang kian banyak membuat bisnis jasa ini seolah tak ada matinya. Jenisnya pun beragam. Nah, Anda bisa menawarkan jasa untuk dekorasi kamar saja, melukis gedung dan sekolah, atau melayani semua permintaan yang datang.

Ketika terjun di usaha jasa ini, pastikan Anda melakukan riset untuk mengetahui tren desain permintaan pelanggan. Jangan lupa untuk terus mengembangkan skill Anda agar semakin banyak order yang diterima. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarTinggiBrosur, Media Sosial, Website

17. Usaha Jasa Landscape

Anda mungkin tak menyangka kalau kemampuan menata tanaman bisa mendatangkan uang jutaan. Buktinya, bisnis jasa landscape mulai jadi tren, bahkan di tengah kondisi pandemi saat ini.

Kondisi yang mengharuskan tetap di rumah, membuat banyak orang ingin memiliki taman yang cantik. Jadi, tanpa perlu kemana-mana, bisa melihat pemandangan yang indah.

Usaha Jasa Landscape

Pernah mendengar kisah Petani Bule, kan? Mantan sosialita ini memilih terjun untuk bertani dan membangun bisnis jasa landscape.

Atau, pernah mendengar sukses Hari Harjanto, pemilik usaha landscape Wongtani yang setiap bulan omzet usahanya mencapai hingga Rp300 juta? 

Singkatnya, kalau Anda memiliki kemampuan dalam membuat taman, bisnis jasa landscape bisa Anda coba. 

Bisnis jasa ini juga tidak menuntut Anda punya koleksi tanaman dulu. Sebab, tanaman untuk taman tersebut bisa dari pelanggan Anda sendiri. Tertarik?

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarTinggiBrosur, Media Sosial, Website

Baca Juga: Tanaman Mart: Dari Sekadar Hobi, Jadi Bisnis Online yang Melejit

18. Usaha Jasa Cari Kos

Bagi mahasiswa baru, proses penerimaan mahasiswa tentu cukup melelahkan. Belum lagi, ada kebutuhan untuk mencari kos yang tepat bagi mahasiswa dari daerah lain. Kedua hal ini kadang harus dilakukan bersamaan dan tidaklah mudah.

Kondisi tersebut bisa Anda tangkap sebagai peluang untuk membuat usaha jasa cari kos. Memang sih banyak platform besar yang sudah terjun ke bisnis jasa ini. Namun, masih banyak niche yang belum digarap kok.

Jadi, Anda perlu jeli melihat permintaan pasar dan bukan tidak mungkin bisa menghasilkan omzet yang besar.

Usaha Jasa cari kos yang memiliki permintaan cukup tinggi.

Cerita dari Abigail Roos bisa menjadi inspirasi. Berawal dari coba-coba menawarkan jasa lewat Instagram, siapa sangka omzet bisnisnya mencapai Rp5 juta dalam dua bulan saja.

Padahal saat itu biaya yang dikeluarkan untuk promosi dan cetak poster hanya Rp500 ribu saja. 

Nah, kalau Anda tertarik, Anda bisa meniru upaya yang dilakukan oleh Abigail, yaitu menawarkan usaha jasa Anda secara online. Sebab, lebih mudah menjaring konsumen yang luas secara cepat.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarSedangBrosur, Media Sosial, Website

19. Usaha Jasa Pindahan

Pindah kos, rumah atau kantor umumnya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Namun, pelaksanaannya seringkali tetap merepotkan. Apalagi kalau pindahan itu harus dilakukan secara mendadak, ya?

Nah, kondisi itulah yang membuat munculnya permintaan atas jasa pindahan. 

Bisnis Jasa Pindahan

Sudah banyak lho orang yang menjalankan bisnis jasa ini dan berhasil. Salah satunya adalah Asyhari dari Trust Mover. Usaha jasa pindahan yang dibangun terus berkembang hingga omzetnya mencapai Rp200 juta/bulan.

Pun demikian, Anda tak perlu khawatir sudah ketinggalan, ya. Peluang dari jasa pindahan masih terbuka, kok. Sebab, beberapa usaha yang ada baru fokus di kota besar dengan segmentasi tertentu.

Anda bisa saja menjalankan bisnis tersebut untuk niche tertentu yang secara persaingan masih belum tinggi. Misalnya, khusus untuk mahasiswa atau lainnya.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarSedangBrosur, Media Sosial, Website

20. Usaha Jasa Personal Chef

Di masa pandemi, beberapa orang tentu pernah membayangkan bisa menikmati fine dining (makan malam romantis) tanpa harus keluar rumah. 

Nah, Anda bisa mewujudkannya untuk mereka dengan membuka usaha jasa personal chef. 

Bisnis jasa ini memang lebih populer untuk di kawasan wisata. Terutama, yang tamunya berasal dari mancanegara, seperti di Bali. Namun, permintaan jasa personal chef juga semakin meningkat di berbagai kota lho.

Jadi, kalau Anda memiliki keahlian memasak tapi memiliki modal terbatas untuk membuka bisnis katering, bisnis jasa ini bisa menjadi pilihan. 

Namun, pastikan Anda melakukan riset dulu untuk di lokasi tempat tinggal Anda. Hal ini penting untuk mengetahui kebutuhan dari calon konsumen Anda nantinya.

Oh ya, jangan lupa untuk melakukan promosi lewat media sosial atau website agar usaha jasa Anda tersebut semakin dikenal. 

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarTinggiBrosur, Media Sosial, Website

21. Usaha Jasa Konsultasi Bisnis

Kalau Anda punya pengetahun di bidang bisnis, Anda bisa mencoba peluang usaha jasa konsultasi bisnis. Saat ini banyak orang yang membutuhkannya, lho.

Meskipun cukup banyak perusahaan yang sudah terjun ke bisnis ini, peluang usaha jasa ini masih cukup besar. Terutama, kalau Anda memiliki pengalaman sukses membangun bisnis.

Agar terlihat lebih profesional, pastikan Anda memiliki sertifikasi sebagai business coach. 

Selain itu, Anda bisa membangun website bisnis yang menunjukkan portofolio Anda. Dukungan berbagai media sosial resmi juga dapat membantu upaya promosi Anda, lho. 

Halaman website jasa konsultasi bisnis

Oh ya, Anda tentu sudah tidak asing dengan Dr Indrawan Nugroho, kan? Akun YouTube-nya cukup viral karena pengetahuan bisnisnya cukup luas. Nah, Anda bisa menjadikannya inspirasi untuk membangun bisnis jasa ini dengan personal branding yang tepat.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarTinggiBrosur, Media Sosial, Website

22. Usaha Jasa Edit Foto

Saat ini, setiap orang bisa mengedit foto lewat HP dengan mudah dan gratis. Namun, apakah hasilnya bisa optimal? Tentu tidak semuanya, ya?

Itulah kenapa jasa edit foto masih menjadi bisnis jasa yang layak diperhitungkan. Sebab, proses edit foto ternyata tidak hanya tentang tool yang digunakan, tapi juga skill foto yang harus mumpuni. 

Belum lagi, kalau fotonya akan digunakan untuk keperluan bisnis seperti dipasang di marketplace atau untuk identitas online. Hasil yang seadanya justru akan membuat bisnis jadi kurang profesional.

Bisnis Jasa Edit Foto

Peluang usaha jasa edit foto ini ditangkap baik oleh Ade Octa Yudistira, pelaku bisnis jasa edit foto. Berawal dari sekadar membantu edit foto teman dan berlanjut dengan promosi jasa di media sosial, omzet bisnis jasa Ade mencapai Rp7 juta/bulan.

Anda memiliki kemampuan edit foto yang baik? Pelajari tren permintaan konsumen dan tawarkan usaha jasa Anda sesuai tren tersebut.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
MenengahTinggiBrosur, Media Sosial, Website

23. Usaha Jasa Cuci Mobil

Jasa cuci mobil memiliki permintaan yang cukup tinggi. Bahkan, dalam sehari omzet bisnis jasa ini bisa mencapai Rp1,5 juta untuk di kota-kota besar. Jadi, ini bisa menjadi peluang bisnis yang perlu dicoba.

Namun, Anda bisa lebih kreatif dengan menawarkan jasa cuci mobil di rumah (home service). Selain persaingannya belum terlalu tinggi, konsumen akan lebih senang dengan value yang Anda tawarkan. 

Halaman Website Cuci Mobil

Untuk memulai bisnis jasa ini, Anda tentu membutuhkan peralatan khusus cuci mobil, seperti kompresor, snow tank, selang, lap microfiber dan lainnya. Umumnya, modal yang dibutuhkan di kisaran Rp7 juta.

Nah, kalau Anda ingin berinovasi, Anda bisa membuka usaha jasa cuci mobil waterless. Sesuai namanya, tak banyak air yang dibutuhkan selama proses pencucian. Hal ini tentu akan lebih mudah untuk mendukung usaha cuci mobil yang dijalankan.

Kebutuhan ModalTingkat KeahlianSarana Promosi
Menengah – BesarTinggiBrosur, Media Sosial, Website

Baca juga: Bangun Kredibilitas Bisnis agar Usaha Anda Semakin Laris! Begini Caranya..

3 Kelebihan Membangun Usaha Jasa

Terdapat banyak pilihan untuk memulai bisnis usaha jasa. Namun, apa kelebihan jenis bisnis ini? Berikut ini berbagai kelebihan yang dimiliki sebuah usaha jasa:

1. Bisa Dilakukan dengan Modal Minim

Beberapa usaha jasa bisa dilakukan dengan modal minim, bahkan tanpa modal sama sekali. 

Hal ini tergantung dari kemampuan maupun jenis bisnis yang Anda pilih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menentukan skala bisnis jasa yang akan Anda bangun.

Tidak semua investasi harus Anda lakukan dengan membeli, menggunakan sistem sewa juga merupakan pilihan yang bijaksana. Contoh usaha dibidang jasa tersebut adalah usaha antar jemput, fotografi atau laundry. 

Namun, setelah bisnis Anda berjalan, sisihkanlah keuntungan sebagai modal untuk pengembangan usaha. Dengan demikian, keuntungan Anda akan berlipat karena menggunakan aset Anda sendiri. 


2. Tidak Memerlukan Tempat Khusus

Memiliki sebuah tempat usaha khusus yang layak adalah kondisi ideal. Sayangnya, bagi pebisnis pemula, hal ini tidak selalu dapat dipenuhi. 

Usaha jasa memungkinkan Anda menjalankan bisnis tanpa tempat khusus. Anda bisa mulai dengan memanfaatkan tempat tinggal Anda sebaik mungkin. Jika perlu Anda bisa melakukan penataan ruangan yang efektif. 

Alternatif lain, Anda bisa memulai bisnis jasa keliling. Jadi, tidak dituntut penyediaan tempat usaha. Bahkan, beberapa usaha seperti pembuatan artikel atau jasa terjemah bisa Anda lakukan secara online. 

Dengan demikian, faktor tempat bukanlah hambatan dalam membangun usaha jasa. 

3. Tidak Membutuhkan Stok dan Distribusi

Berbeda dengan bisnis produksi barang, Anda tidak perlu memikirkan stok maupun distribusi. Artinya tidak memerlukan gudang dan armada pengantaran khusus. 

Pada usaha jasa, core product-nya adalah keahlian yang Anda miliki. 

Tentu saja pada prakteknya ada produk yang Anda hasilkan. Misalnya pada jasa foto pernikahan, ada hasil foto yang dicetak. Namun, tidak harus demikian karena hasil foto bisa diberikan dalam bentuk soft copy, tergantung strategi bisnis yang Anda lakukan. 

Jadi, Mau Coba Usaha Jasa yang Mana?

Usaha jasa adalah jenis usaha yang mampu memberikan keuntungan berlipat meskipun dimulai dengan modal terbatas. 

Beragam pilihan bisnis jasa sudah kami ulas di atas sehingga memudahkan anda menentukan pilihan. Berikut ini rangkumannya:

  1. Reparasi Laptop
  2. Pijat Bayi
  3. Riset Pemasaran
  4. Terjemah
  5. Penulisan Artikel
  6. Pembuatan Website
  7. Antar Jemput Sekolah
  8. Tambal Ban
  9. Les Privat
  10. Foto Pernikahan  
  11. Laundry
  12. Jasa Titip
  13. Perawatan Hewan
  14. Potong Rambut
  15. Bersih Rumah
  16. Home Painting
  17. Landscape
  18. Cari Kos
  19. Pindahan
  20. Personal Chef
  21. Konsultasi Bisnis
  22. Edit Foto
  23. Cuci Mobil

Nah, sudah menentukan usaha jasa mana yang ingin Anda jalankan? Mulailah saat ini dan promosikan dengan baik agar mampu berkembang dengan cepat. Sukses untuk Anda!

Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *