Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Mau Tahu Apa Saja Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain?

3 min read

perbedaan aged domain dan expired domain

Salah satu pertimbangan saat membeli domain adalah melihat keuntungan SEO-nya. Tak hanya domain baru, banyak orang juga mempertimbangkan aged domain vs expired domain untuk website mereka. Namun, apa perbedaan aged domain dan expired domain, ya?

Nah, di artikel ini kami akan membahas tentang perbedaan keduanya. Jadi, Anda akan tahu kelebihan dan kekurangannya sebelum melakukan pembelian. 

Sudah penasaran dengan perbandingan aged domain vs expired domain, ‘kan? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Pengertian Aged Domain vs Expired Domain

perbedaan aged domain dan expired domain

Aged domain merupakan domain yang digunakan dalam jangka waktu tertentu di ranah online. Bisa dikatakan bahwa aged domain ialah domain milik orang lain yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi masih terus diperpanjang masa aktifnya.

Karena sudah memiliki rekam jejak di internet, aged domain biasanya memiliki keuntungan dari sisi SEO, terkait profil konten atau backlink yang pernah dimiliki.

Sedangkan, expired domain merupakan domain yang sudah kedaluwarsa karena tidak diperpanjang sebelum masa aktifnya habis. Nantinya, expired domain akan direset dari sistem sehingga semua status yang pernah tercatat akan dihapus. 

Penyedia layanan domain nantinya bisa menjual kembali domain tersebut layaknya sebuah domain baru. 

Nah, sudah paham pengertiannya, ‘kan? Lalu, apa perbedaan aged domain dan expired domain?

Baca juga: Cara Cek Umur Domain

Kelebihan dan Kekurangan Aged Domain

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan aged domain:

Kelebihan Aged Domain

  • Sudah Terindeks Google –Biasanya, aged domain sudah masuk ke Google Index karena sudah ada aktivitas pada website yang pernah aktif dengan domain tersebut. Hal ini merupakan salah satu keuntungan SEO dari aged domain
  • Memiliki Domain Authority yang Tinggi – Domain authority bisa menjadi jurus jitu bagi Anda yang ingin domain Anda bisa bersaing. Nah, beberapa aged domain sudah memiliki domain authority yang tinggi berkat banyaknya backlink yang dimiliki website tersebut.
  • Terhindar dari Filter Google Sandbox – Google memiliki filter untuk mencegah penyimpangan strategi SEO untuk bisa cepat masuk ke hasil pencarian. Hal ini biasanya dilakukan oleh sebuah website dengan domain baru. Filter bernama Google Sandbox ini akan memberi penalti berupa penurunan ranking hingga penghapusan URL di index. Umumnya, website dengan aged domain dianggap sudah melewati masa penilaian dari filter tersebut.  
  • Bisa Jadi Peluang Investasi – Aged domain dengan nama yang unik dan memiliki domain authority yang tinggi bisa jadi aset investasi digital yang menarik. Sebagai contoh, domain voice.com yang berumur 15 tahun laku terjual seharga 30 juta USD.

Kekurangan Aged Domain

  • Harga yang Mahal – Jual beli aged domain biasanya dilakukan dengan sistem lelang. Itulah yang membuat harga aged domain lebih mahal. Apalagi kalau semakin tinggi domain authority dan semakin bagus nama domainnya, maka semakin mahal pula harga aged domain tersebut. 
  • Nama Domain Tidak Sesuai Keinginan – Berbeda dengan domain baru, aged domain yang dilelang tentu terbatas pilihannya. Jadi, kemungkinan tidak sesuai dengan keinginan atau niche bisnis Anda. 

Nah, sekarang waktunya kita bahas tentang expired domain supaya Anda tahu perbedaan aged domain dan expired domain. Scroll ke bawah, ya!

Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan expired domain:

Kelebihan Expired Domain

  • Tingginya Page Rank – Selama belum direset pada sistem, beberapa expired domain memiliki Page Rank yang tinggi, sehingga pemilik domain baru nantinya akan mendapatkan keuntungan SEO tersebut. Hal ini penting karena menurut Google, Page Rank merupakan faktor penentu peringkat berdasarkan algoritma Google.
  • Memiliki Backlink yang Bagus – tak jarang expired domain memiliki backlink yang baik untuk mendukung website berada di peringkat teratas SERP. Jadi, bisa menjadi modal Anda dalam upaya link building tanpa perlu membangun backlink dari awal. 
  • Harga Lebih Murah – Expired domain bisa dibilang lebih murah, sebab secara umur domain tidak selama aged domain. Apalagi domain yang statusnya sudah deleted atau dihapus dari sistem,  harganya akan sama seperti domain baru. 

Kekurangan Expired Domain

  • Pilihan Nama Domain Terbatas – Mencari nama expired domain yang cocok dengan bisnis Anda bisa dibilang gampang-gampang susah karena pilihannya terbatas. Jadi, belum tentu tersedia yang cocok dengan bisnis dan niche Anda.
  • Umur Domain Direset – Umur expired domain akan direset apabila tidak diperpanjang melebihi masa aktif dan tenggang (grace period) sesuai ketentuan.. Artinya, Anda sudah tidak mendapatkan keuntungan SEO yang dimiliki domain tersebut. .

Sudah paham perbedaan aged domain dan expired domain? Lalu, di mana Anda bisa  membeli aged domain atau expired domain, ya?

Situs Penyedia Aged Domain dan Expired Domain

Kini, mencari penyedia layanan domain yang menyediakan aged domain dan expired domain sudah cukup mudah. Anda bisa menemukan aged domain dan expired domain di website-website berikut ini:

  • Domcop.com
  • Registercompass.com
  • Moonsy.com
  • Expireddomain.net
  • Domainhq.co.id
  • Domaincoaster.com
  • Odys.global
  • Freshdrop.com 

Baca Juga: Cara Mencari Expired Domain

Aged Domain vs Expired Domain: Mana yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui perbedaan aged domain dan expired domain, sudahkah Anda menentukan pilihan? 

Intinya, baik aged domain maupun expired domain bisa Anda pilih untuk website Anda. Utamanya, karena keuntungan untuk membantu Anda mendapat peringkat tinggi di Google. Sebab, keduanya sama-sama cenderung memiliki profil backlink yang berkualitas dan domain authority serta rank yang tinggi. 

Dari segi harga, expired domain memang lebih murah dari aged domain. Pun demikian, tanpa keuntungan SEO karena sudah direset Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membeli domain baru yang harganya bisa lebih murah.

Kesimpulan

Di artikel ini, Anda sudah menyimak perbedaan aged domain dan expired domain. Yang perlu Anda perhatikan adalah harga yang cukup mahal dan pilihan nama domain yang terbatas.

Nah, kalau aged domain vs expired domain belum bisa menjadi pilihan, Anda bisa membeli domain baru dengan harga terjangkau dan pilihan yang beragam sesuai kebutuhan Anda.

Di Niagahoster, Anda bisa membeli domain baru mulai dari Rp 14.000 saja! Berbagai pilihan ekstensi domain tersedia, termasuk domain .id termurah. Ga cuma itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan free domain berkualitas di sini.

Dengan domain baru, Anda memang harus membangun reputasi website dari awal. Tapi tidak perlu khawatir! Anda tetap bisa meraih peringkat atas di SERP kalau Anda mengelola website Anda dengan baik. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan domain impian Anda di Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *