Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Expired Domain

4 min read

expired domain

Jika Anda memiliki website, Anda memerlukan domain agar orang-orang dapat mengunjungi website Anda secara online. Domain ini berfungsi sebagai alamat dan website sebagai rumah. Orang-orang baru akan bisa mengunjungi website yang Anda miliki jika mereka mengetahui domain atau alamat website Anda. Dan domain ini bersifat unik, tidak ada nama domain yang sama persis. Anda harus selalu memperbaharui kepemilikan domain agar tidak menjadi expired domain.

Apa itu Expired Domain?

Domain atau alamat website ini memiliki masa kadaluarsa. Pemilik domain harus memperbarui kepemilikan domain ini secara berkala agar domain Anda tidak kadaluarsa atau menjadi expired domain.

Apa yang terjadi jika sebuah domain menjadi kadaluarsa atau expired? Website jadi tidak bisa diakses, bahkan parahnya domain akan terhapus secara otomatis.

Anda dapat melihat siklus domain seperti yang digambarkan pada ilustrasi di bawah.

expired domain

 

Expired domain ini adalah semua nama domain yang tidak diperpanjang sebelum masa kadaluarsanya. Berbeda dengan domain baru, expired domain ini sudah ada pemiliknya jadi dalam beberapa kasus Anda perlu membeli expired domain melalui lelang yang diadakan REGISTRAR.

Bisa jadi Anda perlu membayar harga lebih mahal dibanding membeli domain baru. Untuk domain baru sendiri Anda dapat membelinya di perusahaan penyedia layanan web hosting dan domain, Niagahoster misalnya.

Meskipun begitu, ada beberapa orang membeli domain expired karena menganggap dengan membeli domain expired mereka tidak perlu membangun popularitas domain dari awal. Namun, apakah membeli domain expired ini benar-benar menguntungkan?

Seperti halnya barang-barang bekas, domain expired ini juga meninggalkan jejak dari pemilik lamanya. Beberapa jejak yang ditinggalkan oleh pemilik lama itu dapat dimanfaatkan oleh pemilik baru yang membelinya. Akan tetapi, tidak semua jejak yang ditinggalkan pemilik lama bisa dimanfaatkan, bahkan beberapa dapat merugikan pemilik baru.

Artikel ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan domain expired agar bisa dijadikan pertimbangan apakah Anda harus membeli domain expired atau domain baru. Apa saja yang dapat dimanfaatkan dari domain expired? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan Expired Domain

Beberapa Expired Domain Memiliki Ranking Website Tinggi

Beberapa expired domain memiliki ranking website tinggi sehingga pemilik baru tidak perlu bersusah payah untuk mempromosikan domain dari awal. Biasanya perusahaan atau organisasi besar memiliki ranking website yang tinggi.

Membeli domain expired bisa dikatakan berhasil hanya ketika Anda dapat menemukan expired domain dengan ranking website tinggi. Membeli domain expired dengan ranking website yang biasa-biasa saja tidak begitu banyak memberikan keuntungan bagi Anda.

Ingat! Tidak semua expired domain memiliki ranking website tinggi.

Beberapa Expired Domain Memiliki Back Link Bagus

Ketika Anda membeli sebuah domain kadaluarsa, otomatis back link yang telah dibangun pemilik sebelumnya juga ikut menjadi milik Anda. Anda hanya perlu menambahkan atau memodifikasi back link yang sudah ada.

Hal ini akan menjadi mudah ketika back link yang dibangun oleh pemilik sebelumnya adalah back link yang berkualitas. Harus diperhatikan bahwa back link yang banyak tidak menjamin kualitasnya juga bagus. Back link tidak berkualitas tidak membawa banyak manfaat bagi Anda, bahkan dapat menurunkan ranking Anda.

Terhindar dari Penalti Google

Sederhananya, pemilik baru hanya menggunakan kembali (reuse) domain yang sudah lama ada di indeks Google. Oleh karena itu, pemilik baru dapat terhindar dari dugaan penggunaan teknik promosi ilegal yang dapat menyebabkan turunnya ranking website.

Meskipun expired domain memiliki jejak yang dapat dimanfaatkan, penggunaan expired domain ini bisa dikatakan terbatas. Anda hanya dapat memanen manfaat expired domain hanya dari expired domain yang memiliki track record bagus dalam hal trafik, ranking website, dan backlink.

Kehati-hatian sangat dibutuhkan dalam memilih domain expired jika ingin membelinya. Tidak semua expired domain dapat digunakan karena pada dasarnya domain expired tidak bernilai kecuali memiliki kriteria di atas. Selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga perlu mempertimbangkan risiko dari pembelian domain expired.

Kekurangan Expired Domain

Nama Domain Pernah Dipenalti oleh Google

Beberapa website terkadang melakukan spamming dan hal-hal ilegal lainnya untuk menaikkan peringkat website mereka. Akibatnya, Google menghapus website tersebut dari indeksnya sehingga tidak akan muncul di hasil pencarian.

Walaupun pemilik domain baru bisa mengirimkan petisi ke Google untuk mengembalikan domain tersebut ke indeks, tetapi hal itu akan merepotkan Anda. Jangan sampai membeli expired domain menjadi hal merepotkan untuk Anda.

Selain itu, tidak tersedia banyak cara terpercaya untuk mengetahui kalau sebuah expired domain pernah dipenalti oleh Google atau tidak.

Perlu diingat, Anda memerlukan banyak waktu untuk memastikan sebuah expired domain tidak melakukan tindakan ilegal untuk mendapatkan wanking website yang tinggi.

Ranking Alexa Tidak Valid

alexa ranking
Source: lucep.com

Ranking Alexa dari expired domain bisa saja tidak valid. Jika Anda menemukan expired domain dengan ranking Alexa yang tidak valid, kemungkinan besar ketika domain tersebut diaktifkan kembali akan mengarah ke nilai yang lebih buruk ketika direset. Alih-alih mendapatkan keuntungan dari expired domain, pembelian expired domain akan merugikan Anda.  

Popularitas Domain Tidak Kembali Seperti Semula

Popularitas expired domain juga direset di sebagian besar mesin pencarian. Idealnya setelah expired domain diaktifkan kembali, popularitasnya akan kembali dalam kurun waktu satu atau dua bulan. Namun, ada kemungkinan popularitasnya tidak kembali seperti sebelum masa kadaluarsanya.

Dan Anda hanya dapat mengecek kemungkinan popularitas domain yang Anda beli ketika Anda mengaktifkannya kembali. Jadi sebelum membeli Anda tidak dapat mengonfirmasi apakah popularitas expired domain tersebut akan kembali seperti semula atau tidak.  

Back Link Berkualitas Rendah

Alasan Anda membeli expired domain mungkin adalah karena back link-nya. Namun, Anda perlu teliti memeriksa apakah back link domain tersebut benar-benar berasal dari website asli atau bukan.

Ada beberapa website yang curang dengan menggunakan link farm untuk mendapatkan back link. Back link dari link farm ini memang tetap dianggap sebagai back link, tetapi back link-nya tetap tidak berkualitas.

Back link yang banyak, tapi kualitasnya rendah tidak akan berpengaruh banyak ke trafik. Sedangkan back link sedikit, tapi berkualitas dapat meningkatkan trafik.

Pemilik Domain Sebelumnya Menggunakannya untuk Bisnis Tidak Sehat

expired domain bisnis tidak sehat

Salah satu alasan membeli expired domain adalah untuk mendapatkan trafik instan. Akan tetapi, Anda juga perlu memerhatikan track record dari pemilik sebelumnya. Jika pemilik sebelumnya memiliki track record yang buruk, ada kemungkinan Anda juga akan ikut terkena imbasnya.

Anda perlu memastikan apa konten yang di-posting oleh pemilik sebelumnya. Apakah pemilik sebelumnya menggunakan domain itu untuk kejahatan dan tindakan kriminal atau tidak.

Anda juga perlu memastikan bahwa pemilik domain sebelumnya tidak menyebarkan hate speech dan konten semacamnya. Hal ini penting karena reputasi domain sebelumnya akan Anda bawa ketika Anda membelinya.

Kesimpulan

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan dari expired domain, Anda tentu bertanya-tanya apakah aman untuk membeli domain tersebut?

Dari pemaparan di atas dapat dilihat risiko yang dibawa domain expired lebih banyak dibandingkan manfaatnya. Selain itu, dibutuhkan ketelitian tinggi untuk memeriksa track record dari domain expired.

Memeriksa track record sebuah domain expired juga memerlukan waktu yang tidak sedikit. Bisa jadi waktu yang dihabiskan untuk memeriksa track record domain expired dapat digunakan untuk membangun popularitas domain baru.

Dalam beberapa kasus membeli domain expired seperti membeli kucing dalam karung. Ada beberapa bagian dari domain kadaluarsa yang sulit kita konfirmasi sebelum pembeliannya. Bagian-bagian yang tidak dapat dikonfirmasi keamanannya ini bisa jadi akan merugikan Anda ke depannya.

Harus diingat bahwa Anda harus menerapkan prinsip efektif dan efisien ketika ingin membangun domain berkualitas. Efektif adalah ketika Anda berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Efisiensi adalah suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya sumber daya dan biaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Mungkin Anda memang dapat mencapai tujuan Anda, yaitu memiliki domain dengan popularitas yang baik, dengan membeli expired domain. Akan tetapi, jika proses yang dibutuhkan untuk membeli domain expired terlalu panjang, usaha Anda menjadi tidak efisien.

Anda perlu mengeluarkan waktu dan biaya untuk memastikan track record domain expired yang akan Anda beli. Belum lagi Anda harus memasukkan faktor-faktor X yang tidak terlihat dalam proses pembelian domain expired.

Oleh karena itu, kami menyarankan lebih baik untuk membeli domain murah baru. Anda memang perlu bersusah payah untuk membangun reputasi, popularitas, ranking website, dan back link dari awal.

Akan tetapi, langkah pembelian domain baru ini jauh lebih aman dan lebih efisien dibanding membeli expired domain. Anda tidak perlu berurusan dengan track record dari pemilik domain lama.

"Anda dapat mengunjungi laman ini untuk membeli domain baru yang Anda inginkan. Tidak perlu khawatir untuk membangun popularitas domain dari awal karena Niagahoster selalu menyediakan tips-tips dan tutorial untuk meningkatkan popularitas website dan domain. Selalu cek blog Niagahoster untuk mendapatkan tips-tips dan tutorial terbaru yang berkaitan dengan website dan domain.  "

 

 

 

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

4 Replies to “Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Expired Domain”

  1. Memang ada kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan expired domain. Jadi memang harus lebih teliti dalam memilih domain expired.

  2. Memang benar kenyataannya, pernah beli Experied domain dengan PR lumayan lah,
    saya kira SEO powerfull konten bisa langsung di P1 ternyata tidak bisa, memang harus dioptimasi kembali agar Domain kembali baik di mata Seacrh Engine.

    alahasil sekarang Experied Domain ane malah gak ke pake cuma buat otak atik tumbal kalau mau oprek website.

  3. Mas maksudnya dari artikel ini mengenai “memodifikasi back link” yang sudah ada itu gimana dan caranya gimana ya ? mohon di infokan ya Thank you

    Beberapa Expired Domain Memiliki Back Link Bagus
    Ketika Anda membeli sebuah domain kadaluarsa, otomatis back link yang telah dibangun pemilik sebelumnya juga ikut menjadi milik Anda. Anda hanya perlu menambahkan atau “memodifikasi back link” yang sudah ada.

    1. Halo, mohon maaf atas keterlambatan merespon.

      Memodifikasi di sini mungkin yang dimaksud penulis adalah menyesuaikan link yang sudah terhubun dengan domain tersebut. Misalnya seperti menghapus backlink yang sudah expired, tidak bagus, atau spam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 7 =