Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Cara Mencari Expired Domain yang Harus Anda Ketahui

3 min read

22_8_15_5+ Cara Cek Umur Domain Website & Blog

Menggunakan expired domain diyakini bisa meningkatkan peringkat website di hasil pencarian dengan cepat. Maka, hal itu jadi membuat Anda ingin tahu cara mencari expired domain, ya? 

Nah, artikel ini menjelaskan cara mencari domain expired berkualitas dengan mudah. Tak hanya itu, di sini Anda akan belajar tips-tips mencarinya. Jadi, mari simak bersama!

Apa Itu Expired Domain dan Kelebihannya?

Expired domain adalah domain yang masa berlakunya habis karena tidak diperpanjang. Domain tersebut kemudian dihapus dari sistem dan dijual kembali.

Meski dihapus, expired domain memiliki dua keunggulan dibandingkan domain baru, yaitu:

  • Memiliki page rank yang tinggi yang memudahkan  website mendapat ranking tinggi di hasil pencarian Google. 
  • Sudah mendapatkan banyak backlink berkualitas untuk membangun link profile dengan lebih mudah.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa menggunakan expired domain bisa membantu upaya search engine optimization (SEO). Tak heran jika banyak orang memanfaatkan expired domain untuk meningkatkan peringkat website atau menambahkan backlink berkualitas ke website mereka.

Lantas, bagaimana cara mencari expired domain?

Baca Juga: Perbedaan Aged Domain dan Expired Domain

Cara Mencari Expired Domain Berkualitas

Anda bisa mencari expired domain dengan mengunjungi website-website berikut ini:

  • expireddomains.net
  • domcop.com
  • domaincoasters.com
  • dropcatch.com 
  • serp.domains

Nah, berikut ini adalah cara mencari domain expired berkualitas di expireddomains.net:

1. Buat Akun

Buat akun Anda dengan mengunjungi expireddomains.net dan klik menu Sign Up di pojok kanan atas.

log in ke expireddomains sebagai cara mencari expired domain

Ketikkan username, password, dan alamat email Anda di kolom yang tersedia. Lalu, klik Sign Up untuk mendaftarkan akun. Berikutnya Anda perlu mengaktifkan akun terlebih dulu melalui link yang dikirimkan ke email Anda.

Sebenarnya Anda bisa mencari expired domain di expireddomains.net tanpa harus memiliki akun. Namun, Anda tidak bisa menggunakan filter yang memudahkan pencarian tanpa log in.

2. Log In ke Member Area Anda

Setelah mengaktifkan akun, klik Login di pojok kanan atas website.

log in ke expireddomains sebagai cara mencari expired domain

3. Pilih Ekstensi Domain

Dengan log in, Anda akan dibawa masuk ke member area expireddomains.net. Di halaman itu Anda bisa klik menu untuk memilih ekstensi domain yang diinginkan. Misalnya, klik menu Deleted .com untuk domain dengan ekstensi .com.

memilih ekstensi expired domain

Nantinya, daftar expired domain dengan ekstensi .com akan muncul.

hasil pencarian expired domain

4. Terapkan Filter Pencarian

expireddomains.net memiliki filter pencarian yang memudahkan cara mencari expired domain. Untuk menggunakannya, klik Show Filter di atas daftar domain.

membuka filter pencarian sebagai cara mencari expired domain

Ada banyak filter yang bisa Anda gunakan, termasuk opsi untuk menampilkan domain yang mengandung kata tertentu.

filter pencarian expired domain

Tips Mencari Expired Domain

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah pilih saat melakukan cara mencari domain expired berkualitas, yaitu:

1. Perhatikan Skor DA dan PA

Hal pertama yang harus Anda cek ketika mencari expired domain adalah skor domain authority (DA) dan page authority (PA). Keduanya adalah indikator kekuatan domain dan halaman website untuk bersaing di pencarian Google.

Semakin tinggi skor DA dan PA, semakin tinggi kekuatan sebuah domain. Karena itulah Anda perlu memilih expired domain yang DA dan PA-nya tinggi.

Untuk cek DA PA domain yang diinginkan, Anda bisa mengakses tools Moz dan mengetikkan domain di kolom yang tersedia. Nantinya, Moz akan menampilkan metrik-metrik terkait domain Anda sebagai berikut.

metrik domain di analisis Moz

Baca Juga: Cara Meningkatkan Domain Authority

Setelah cek skor DA PA, periksa juga backlink di domain tersebut. Tujuannya untuk memastikan kualitas backlink yang didapatkan.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu apakah domain yang Anda inginkan mendapatkan spam backlink. Jika ya, sebaiknya Anda mencari domain lain. Pasalnya, spam backlink adalah praktik SEO yang dilarang Google.

Untuk cek backlink, Anda juga bisa menggunakan Moz dengan klik menu Link Research > Linking Domains di sebelah kiri halaman.

menu untuk menampilkan daftar backlink di Moz

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

3. Cek Status Indeks di Google

Expired domain bisa saja sudah tidak diindeks Google. Sebabnya, domain sudah dihapus karena melewati masa domain bisa diaktifkan ulang.

Sebaiknya, Anda tidak memilih domain seperti itu karena DA, PA, dan metrik lainnya telah terhapus. Oleh karena itu, Anda jadi tidak mendapat keuntungan untuk meningkatkan peringkat website dengan cepat.

Untuk mengetahui status indeks domain di Google, silakan akses pencarian Google dan ketikkan site: diikuti domain yang Anda inginkan. Misalnya, site:website.com. Apabila Google menampilkan halaman-halaman website yang terhubung dengan domain tersebut, artinya domain masih diindeks.

Baca Juga: 9+ Cara Agar Website Cepat Diindeks Google

4. Ketahui Riwayat Konten Domain

Terakhir, Anda perlu memeriksa sejarah konten website dengan domain pilihan Anda. Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah website tersebut pernah memuat konten yang melanggar ketentuan Google. Contohnya konten negatif dan plagiarisme.

Apabila pernah melanggar ketentuan Google, hindari membelinya. Toh, peringkat website jadi sulit meningkat dan Anda juga tidak bisa mendaftar ke Adsense untuk menampilkan iklan di website.

Nah, salah satu tools untuk mengetahui riwayat konten adalah WaybackMachine. Untuk menggunakannya, ketikkan domain di kolom yang tersedia, dan klik Browse History.

website WaybackMachine

Hasil pengecekan riwayat konten berupa kalender seperti di bawah ini:

menggunakan WaybackMachine sebagai salah satu langkah di cara mencari expired domain

Di kalender tersebut, Anda bisa mengecek sesuai tanggal yang memiliki lingkaran biru atau hijau untuk melihat konten website pada saat itu.

Sudah Tahu Cara Mencari Expired Domain, Kan?

Di artikel ini Anda sudah belajar cara mencari expired domain. Dengan menggunakan expired domain, Anda bisa membuat website baru tanpa bersusah-payah meningkatkan peringkatnya.

Perlu diingat, cara mencari domain expired berkualitas membutuhkan waktu dan tenaga. Anda harus memeriksa metrik-metrik domain dan memastikan domain tersebut tidak melanggar ketentuan Google.

Selain itu, mencari expired domain yang namanya sesuai dengan brand atau bisnis Anda tidaklah mudah. Anda butuh kesabaran untuk menemukan domain seperti itu.

Daripada berlama-lama, membeli domain baru bisa jadi pilihan yang lebih cepat. Alasannya, pilihan nama domainnya lebih banyak. Selain itu, optimasi SEO-nya bisa Anda lakukan kemudian.

Jika ingin memiliki domain baru, Anda bisa mendapatkannya di Niagahoster dengan beragam pilihan ekstensi domain, mulai dari .com hingga .xyz.

Tak hanya itu, harga domain di Niagahoster sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp14.000/tahun. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih domain yang Anda inginkan!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.