Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Meningkatkan Domain Authority yang Wajib Anda Tahu

4 min read

Cara Meningkatkan Domain Authority

Domain Authority merupakan salah satu indikator supaya website mendapat ranking tinggi di Google. Tapi, sudahkah Anda tahu cara meningkatkan Domain Authority? 

Nah, jika Anda ingin tahu cara menaikkan Domain Authority, artikel ini cocok untuk Anda. Tak perlu berlama-lama, yuk simak artikelnya sampai tuntas!

Manfaat Memiliki Domain Authority Tinggi

Domain Authority (DA) adalah skor buatan SEO tool bernama Moz yang digunakan untuk memprediksi kemungkinan ranking website di search engine. Skornya terhitung dari angka dari 1 sampai 100. 

Adapun manfaat memiliki skor Domain Authority yang tinggi, antara lain:

  • Website dapat meroket ke hasil pencarian teratas dalam waktu yang singkat. 
  • Traffic website juga akan meningkat karena website memperoleh ranking teratas di SERP.
  • Menarik orang untuk memasang backlink dengan sukarela.
  • Menjadi peluang investasi digital. Sebab, domain website dengan skor DA bagus bisa dijual dengan harga tinggi. 

Nah, untuk mengukurnya, Anda bisa menggunakan cara cek Domain Authority berikut:

  • Untuk mengecek DA, Anda bisa mengunjungi https://analytics.moz.com/
  • Masukkan URL website pada kolom analisis. Lalu, klik Analyze.
  • Anda bisa melihat skor DA di kolom overview. 
sebelum menerapkan cara meningkatkan domain authority, sebaiknya cek DA terlebih dahulu

Kalau Anda ingin tahu panduan lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi artikel kami yang berjudul cara cek DA PA.

Setelah paham apa saja manfaat Domain Authority, yuk simak cara menaikan domain authority website Anda.

9 Cara Meningkatkan Domain Authority

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan Domain Authority yang bisa Anda terapkan: 

1. Membuat Website Mobile-Friendly

Website mobile-friendly adalah website yang dioptimasi untuk perangkat mobile. Saat ini, membuat website yang mobile-friendly ialah hal wajib. Mengapa demikian? Ini dia alasan Anda harus membuat website mobile-friendly:

  • Website mobile-friendly merupakan salah satu faktor penentu skor DA. Jadi, membuat website mobile-friendly bisa menjadi cara meningkatkan Domain Authority.
  • 62,06% traffic website berasal dari pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile.
  • Algoritma Google memprioritaskan website mobile-friendly di hasil pencarian.

2. Lakukan Riset Konten Kompetitor

Kualitas konten merupakan salah satu faktor penentu skor DA. Itulah sebabnya, riset konten kompetitor dengan topik sejenis bisa menjadi cara meningkatkan Domain Authority.

Sebagai contoh, Anda ingin menulis artikel tentang “ekstensi domain”.  Anda bisa menganalisis ranking tiga besar konten dengan keyword “ekstensi domain” yang muncul di hasil pencarian. 

Saat melakukan riset, cobalah untuk riset keyword apa saja yang digunakan, susunan dan isi heading artikel, dan lainnya. Nah, setelah itu Anda tinggal menulis konten dengan isi yang lebih lengkap dari kompetitor. 

3. Buat Konten yang SEO-Friendly

Dalam membuat konten, menulis artikel SEO-friendly juga tak kalah penting. Sebab, format penulisan yang berantakan bisa jadi akan membuat pengunjung malas membaca konten Anda. Akibatnya, skor Page Authority Anda semakin sulit bertambah. 

Lain halnya dengan DA, Page Authority (PA) akan menentukan kemungkinan ranking halaman website di SERP. Nah, berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menulis artikel yang SEO-friendly:

  • Buat heading dan subheading yang terstruktur. 
  • Tambahkan bullet point atau list angka supaya konten terlihat rapi.
  • Pakai jenis dan ukuran font yang nyaman dilihat.
  • Cetak tebal kata atau kalimat penting agar mudah diingat pengunjung.

4. Buat Konten Baru Secara Rutin

Mengunggah konten secara rutin merupakan cara meningkatkan Domain Authority yang tidak boleh dilewatkan. Manfaatnya tidak hanya dapat menaikkan skor DA saja. Konten baru juga mendorong kenaikan traffic website, website mudah masuk Google Index, dan meningkatkan performa SEO secara keseluruhan. 

Backlink menjadi salah satu cara menaikan Domain Authority karena profil backlink yang bagus menjadi faktor penentu skor DA.

Nah, dalam membangun backlink yang berkualitas, pastikan backlink Anda bukan berasal dari website asal-asalan. Popularitas website juga perlu dipertimbangkan supaya bisa mendapatkan backlink yang berkualitas. 

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membangun backlink berkualitas, di antaranya: 

  • Tulis konten Anda yang berkualitas. Kalau tidak, Anda akan sulit mendapatkan backlink karena kalah saing dengan konten lain. 
  • Promosikan konten di media sosial untuk menarik website lain agar memberikan backlink ke konten Anda.
  • Memasang artikel berkualitas Anda di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke website Anda.

6. Optimasi SEO On-Page

Optimasi SEO on-page merupakan salah satu cara meningkatkan Page Authority yang tentunya juga akan membuat ranking website Anda meroket di search engine.

Sebab, optimasi SEO on-page akan memudahkan Google untuk memahami isi website Anda dan memastikan apakah sudah relevan dengan permintaan user atau belum.  

Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi SEO on-page: 

  • Mengunggah konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi user.
  • Optimasi judul, meta tags, meta title, hingga menambahkan ALT text pada gambar.
  • Menempatkan keyword senatural mungkin.
  • Menguatkan internal link.
  • Sisipkan outbound link.

7. Optimasi SEO Off-Page

Optimasi SEO off-page juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan Domain Authority. Sebab, algoritma Moz mempertimbangkan performa SEO website saat menentukan skor DA. 

Nah, SEO off-page ini lebih fokus pada hal-hal di luar website, seperti link building, brand mention di media online, review dari user, sampai engagement di media sosial.

8. Optimasi Technical SEO

Cara meningkatkan Domain Authority berikutnya adalah mengoptimasi technical SEO yang fokusnya pada struktur website. 

Struktur website yang rapi akan memudahkan bot search engine melakukan web crawling pada website Anda. Jadi, saat user memasukkan keyword tertentu yang berkaitan dengan konten Anda, nantinya halaman website Anda akan muncul di mesin pencari. 

Untuk mengoptimasi technical SEO, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Daftarkan Website Anda ke Google Search Console – Saat akan meluncurkan website, buat sitemap XML lalu kirimkan ke Google Search Console supaya Google bisa melakukan crawling pada website Anda.
  • Hindari Duplikat Konten – Duplikat konten yaitu konten yang serupa di website Anda. Ini harus dihindari karena Google bisa jadi bingung harus menaikkan ranking konten yang mana kalau ada beberapa konten yang mirip di website Anda. 
  • Pasang SSL (Secure Sockets Layer) – Memasang SSL adalah salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Sebab, Google tentu ingin membuat user selalu merasa aman saat mengakses website. 

9. Tingkatkan Kecepatan Halaman Website

Salah satu cara meningkatkan Domain Authority adalah meningkatkan kecepatan halaman website. 

Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan mengaktifkan AMP. Accelerate Mobile Pages (AMP) ialah teknologi untuk meningkatkan kecepatan halaman website di perangkat mobile. 

Namun, AMP hanya bisa diaktifkan di jenis konten saja. Khususnya konten statis seperti artikel atau berita. Meski demikian, fungsinya sangat penting untuk meningkatkan skor Domain Authority. Sebab, kecepatan halaman website adalah salah satu faktor penentu skor DA.

Nah, untuk mengecek kecepatan website Anda, Anda bisa menggunakan tool seperti Google PageSpeed Insight.

Untuk mendapatkan analisis kecepatan website, Anda hanya perlu memasukkan link website Anda di website PageSpeed Insight. Contoh hasilnya bisa dilihat di bawah ini.

Dari hasil analisis tersebut, tool ini akan memberitahu Anda apa saja yang perlu dilakukan agar kecepatan website bisa meningkat. 

cara menaikan domain authority dengan mengoptimasi kecepatan website yang disarankan PageSpeed Insights

Sudah Siap Meningkatkan Domain Authority?

Domain authority merupakan matriks yang dibuat oleh Moz dengan range skor 1-100. Semakin tinggi skornya, semakin tinggi juga ranking website Anda di SERP. 

Nah, cara meningkatkan Domain Authority ada banyak, mulai dari membuat website yang mobile-friendly, rutin mengunggah konten berkualitas, membangun profil backlink, hingga meningkatkan halaman website.

Yang tak kalah penting, untuk meningkatkan ranking sebuah website di SERP tetap perlu diiringi dengan ekstensi domain website yang sesuai niche. Sebab, jika salah pilih, bisa-bisa website Anda sulit mendapat ranking terbaik di SERP.

Supaya hal itu tidak terjadi, pilihlah domain yang populer dan sesuai dengan topik website. Tak perlu khawatir soal harga, Anda bisa mendapatkan domain murah dan terpercaya di Niagahoster. Mulai dari Rp 14.000 saja!

Pilihan domain di Niagahoster pun banyak, ada domain .com hingga beragam ekstensi yang bisa Anda pilih, seperti .co.id, .net, dan .org. 

Jadi, tunggu apa lagi nih?

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published.