Cara Membuat Sitemap di WordPress - Niagahoster Blog

Cara membuat Sitemap di WordPress cukup mudah untuk dilakukan, karena pengguna WordPress dimudahkan dengan adanya plugin. Sebagai gambaran, sitemap adalah sebuah daftar dari halaman website yang dapat diakses oleh user dan search engine.

Anda pasti sudah sering menjumpai website yang memiliki menu dengan nama Sitemap. Menu tersebut berfungsi untuk memberikan petunjuk ke user dan search engine mengenai semua halaman yang dapat diakses pada website tersebut.

Berikut ini beberapa keuntungan sitemap pada sebuah website:

  1. Memungkinkan halaman pada website mudah ditemukan oleh search engine dan dapat terindex lebih cepat.
  2. Sitemap dapat memberitahu search engine mengenai perubahan pada struktur dari website.
  3. Memudahkan search engine melakukan pengindexan pada website yang memiliki banyak halaman dan tidak terstruktur atau tidak memiliki internal link.

Itu hanya beberapa keuntungan sitemap pada webisite dan kenapa Anda harus membuat sitemap pada website WordPress Anda.

Pada tutorial ini, kami akan langsung membahas jenis sitemap, bagaimana menambahkan sitemap ke WordPress dan bagaimana untuk mensubmit url sitemap WordPress ke search engine.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke admin area WordPress.

Memahami Perbedaan Antara Sitemap XML dan Sitemap HTML

Secara umum, sitemap dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Perbedaan utama dari keduanya yaitu untuk sitemap XML dibuat khusus search engine sedangkan sitemap HTML untuk user atau pengguna website.

Sitemap XML – Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, sitemap ini untuk search engine yang berisi metadata beserta url website. Di dalamnya mengandung informasi website jika terdapat update terbaru URL pada website.

Sitemap HTML – Sitemap ini dibuat untuk user dan menyediakan navigasi yang mudah ke halaman. Hal tersebut memberitahu user mengenai halaman Kontak atau Profile Perusahaan dan sebagainya. Meskipun diperuntukkan bagi pengunjung website, sitemap ini juga dapat memperbaiki peringkat di search engine karena menambah nilai user experience pada website Anda.

Kedua sitemap tersebut memudahkan search engine melakukan ‘crawling’ konten. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memiliki keduanya sekaligus, untuk search engine dan user. Hal ini akan memastikan Anda tidak melewatkan bagian penting yang berhubungan dengan SEO, selain meningkatkan user experience pada website Anda.

Sitemap adalah komponen yang cukup penting pada sebuah website, terutama untuk blog yang masih baru dan belum memiliki banyak backlink.

Berikut ini adalah cara membuat sitemap di WordPress …

Langkah 1: Buat Sitemap XML pada WordPress

Sitemap XML pada WordPress dapat dibuat dengan beberapa cara berbeda. Pada tutorial ini, Anda akan belajar bagaimana menambahkan sitemap dengan menggunakan dua plugin berbeda.

Pilihan 1: Membuat sitemap XML dengan Yoast SEO

Plugin Yoast SEO adalah salah satu plugin yang cukup populer yang berguna untuk meningkatkan SEO pada website WordPress.

Plugin ini menangani hal teknis yang berhubungan dengan konten dan membantu Anda dalam hal memasang keyword, tag h1 dan h2, kemudahan artikel untuk dibaca dan masih banyak lagi. Selain itu, plugin ini dapat membantu Anda membuat sitemap XML.

Ikuti langkah di bawah ini untuk menambahkan sitemap XML ke website WordPress Anda dengna menggunakan plugin Yoast SEO.

1. Instal dan aktifkan plugin Yoast SEO, untuk cara menginstal plugin silakan ikuti tutorial berikut.

cara membuat sitemap di wordpress

2. Setelah plugin sudah diaktifkan, silakan pilih menu SEO > Features dan aktifkan bagian Advanced settings pages.

membuat sitemap xml

3. Fitur ini akan mengaktifkan sitemap XML untuk website WordPress Anda dan menu XML Sitemaps akan muncul di bawah menu SEO. Pada bagian ini Anda dapat mengatur setingan seperti Max entries per sitemap.

sitemap xml aktif

4. Dengan cara tersebut, Anda sudah berhasil membuat sitemap XML dengan menggunakan plugin. Anda dapat membuka URL sitemap pada link Your XML Sitemap.

url xml sitemap

Pilihan 2: Membuat SitemapXML dengan Google XML Sitemaps

Plugin Google XML sitemap juga dapat digunkan untuk membuat sitemap XML untuk website Anda, dengan tujuan yang sama yaitu membantu serach engine dalam melakukan perayapan di website Anda.

Dengan menggunakan plugin ini termasuk cukup mudah dalam membuat sitemap XML untuk search engine seperti Google, Bing dan Yandex. Plugin ini membuat sitemap untuk semua halaman WordPress dan kustom URL. Selain itu, secara otomatis akan memberitahu search engine jika ada konten baru di terbitkan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Install dan aktifkan plugin Google XML Sitemaps, jika Anda belum mengetahui cara menginstal plugin, silakan ikuti tutorial berikut ini.

2. Setelah plugin diaktifkan, secara otomatis akan menghasilkan sitemap untuk website Anda.

3. Untuk mengeceknya, silakan akses URL sitemap melalui menu Settings > XML Sitemap.

Langkah 2: Buat Sitemap HTML untuk WordPress

Untuk plugin yang sudah kami bahas di atas dapat membantu Anda dalam membuat sitemap XML. Selanjutnya, jika Anda ingin membuat sitemap HTML dapat menggunakan plugin WP Sitemap Page.

Untuk membuat sitemap html, silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Install dan aktifkan plugin WP Sitemap Page pada website Anda.

2. Buat halaman baru dan tambahkan shortcode berikut pada postingan [wp_sitemap_page], untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini:

3. Silakan Publish dan untuk melihat perubahan silakan akses URL halaman tersebut. Hasilnya kurang lebih akan terlihat seperti gambar berikut.

Langkah 3: Mensubmit sitemap XML ke search engine

Langkah 3.1: Mensubmit sitemap XML ke Google

Setelah sitemap XML website Anda sudah berhasil dibuat, kami merekomendasikan untuk mensubmitnya ke Google search console tool. Langkah pertama untuk mensubmit sitemap Anda melalui Google search engine console, silakan untuk memverifikasi kepemilikan website Anda. Untuk langkahnya, silakan ikuti langkah berikut:

1. Setelah selesai melakukan verifikasi, silakan menuju halaman Google Searh Console dan pilih website baru yang telah Anda tambahkan.

2. Klik pada menu Crawl dan pilih Sitemaps.

3. Klik Add/Test Sitemap.

4. Masukkan URL dari sitemap WordPress Anda dan klik tombol Submit.

5. Silakan ditunggu beberapa hari, sampai robot Google memproses kiriman Anda dan meraypi halaman Anda.

Jika pada website Anda terdapat banyak gambar, kami sangat merekomendasikan untuk membuat sitemap image. Anda juga dapat membuat sitemap video jika memiliki banyak konten video pada website Anda.

Langkah 3.2: Submit Sitemap XML ke Bing

Bing adalah search engine selain Google yang Anda perlukan untuk mensubmit sitemap website Anda. Sama hal nya seperti mensubmit ke Google, Anda juga perlu untuk melakukan verifikasi website Anda terlebih dahulu. Untuk verifikasi blog ke bing melalui link berikut, pastikan anda sudah membuat akun microsoft. Langkah verifikasi website ke Bing, silakan ikuti tutorial berikut. Pada proses verifikasi, silakan masukkan sitemap XML website Anda dan tekan tombol Add.

Itulah cara submit sitemap ke Bing Webmaster Tools.

Kesimpulan

Sitemap adalah bagian terpenting dari sebuah website. Sitemap tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tapi juga membantu mempercepat proses indeks dan crawler search engine oleh robot.

Kami harap langkah yang ada pada tutorial ini dapat membantu Anda dalam membuat sitemap pada website Anda serta menghubungkannya dengan baik ke search engine.

Jika memiliki pertanyaan atau saran mengenai tutorial cara membuat sitemap di WordPress, jangan ragu untuk meninggalkan komentar melalui form yang tersedia. Untuk mendapatkan artikel terbaru kami, silakan Subscribe melalui form yang sudah kami sediakan dan akan kami kirimkan langsung ke email Anda. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Ariandi

    Pak sya maun nya untuk viewer post di atas pake plugin apa ? makasih

  • robby

    penjelasan dari web ini lebih jelas dibanding yang lain. walau begitu masih ada yang saya belum paham.
    penjelasan di atas hanya tentang sitemap xml dan html tapi tidak menjelaskan tentang feed sekalian. apa ada di halaman lain?
    dan satu hal lagi… sitemap yang saya buat dengan [wp_sitemap_page], tidak tampil sesuai dengan yang mas bro tunjukan, kenapa ya?

    • Waryanto

      1. Untuk feed belum dibahas, next post ya…
      2. Untuk sitemap, kalau setingannya sudah sesuai langkah di tutorial ini, kemungkinan pluginnya tidak kompatibel sama template, buat ngeceknya bisa nyoba pake template bawaan seperti twentysixteen. Selain itu bisa nyoba plugin sitemap lain, seperti dagondesign, bisa di download disini: http://www.dagondesign.com/articles/sitemap-generator-plugin-for-wordpress/

      semoga membantu. 🙂

  • fini

    saya mau tanya kok menu di google conse saya seperti nya berbeda dengan yang agan kasih info ga ada add a site nya

  • jaka

    Pak, kalo untuk web dng cms bukan wp, apakah bisa pake sitemap generator OL ? kalo boleh apakah ada saran pake yg mana?

    • Waryanto

      Halo, boleh tau CMS yang digunakannya apa?

  • Mixotekno

    ini kalau cara membuat laman sitemap gimana ya..?

    • Waryanto

      Silakan ikuti petunjuk pada langkah 2

  • cuci sofa bekasi

    XML sitemap harus dimasukkan secara manual ke webmaster atau tidak gan?
    Thanks..

    • Waryanto

      Dimasukkan manual, seperti pada langkah 3.

  • hayat imam subekti

    sangat puas tutorialnya thanks admin

  • Jaket Distro Medan

    Thx banget yaah.. sya udh berhasil nmbin sitemap ke wordpress

  • adham washim

    artikelnya sangat rinci dan mudah di pahami bahkan oleh pemula spt saya, sudah coba pasang sitemap spt tutorial di atas dan berhasil. Terima kasih pak Waryanto. 🙂

  • duta

    pembahasan cukup mudah dipahami sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan, terima kasih atas informasi dan petunjuknya

  • Wildan

    Terimakasih pembahasan cukup mudah dipahami dengan memberikan screnshoot. namun bolehkan kita menggunakan 2 plugin tsb sekaligus?

    • Waryanto

      Silakan gunakan salah satu plugin saja untuk membuat sitemap, baik sitemap html atau sitemap xml.

      • wildan

        hmm waktu itu saya mulai mencoba untuk mengatur ke seonya. 2 bulan terakhir ngga ngotak ngatik lagi, jadi liat artikel ini lagi. Dan sedang fokus belajar kode kode untuk membangun front-end. dan selama membagun itu, saya buat wordpress saya tidak bisa di deteksi oleh google di pengaturan default WP supaya tidak ada yang mampir dulu ke website saya karena sedang dibangun, tentang masalah saya. saya juga mengganti permalinknya yang awalnya http://www.domain.com/title menjadi http://www.domian.com/category/title. saat saya coba menggunakan Google Custom Search. google mendtek tulisan saya dengan permalink awal, alhasil saat saya klik pencariannya ya ngga ketemu karena udh berubah ke permalink baru (terakhir saya nulis artikel aktif saat belum di aktifkan mode menghalangi mesin pencarian untuk mencari).. karena masalah itu akhirnya saya tersadar untuk mengaktifkan lagi website saya agar bis di index oleh mesin pencari dan juga mendaftar ulang lagi di google console. yang masu saya tanyakan bagaimana dengan kasus di atas, mengapa hasil search google di google custom search masih menggunakan permalink yang dulu bukan yang sekarang? terimakasih sudah mau membantu mastah, btw ini web yang ane bangun, ane tulis di form.

  • Catatan si Amin

    Terima kasih sudah memberikan tutorial ini pak Waryanto,
    Sudah saya praktekkan, dan berhasil.

  • wawan

    kalau untuk membuat sitemap for images itu pake plugin apa ya …?

  • Rizki Raharjo

    sebenernya mudah dan banyak pilihannya ya, tapi kalo pake seo yoast itu harus premium dulu ya mas?

  • Maolana

    Yang pakai yoas seo sekarang udah ga ada sitemapnya. Menu feature nya sekarang ga ada mas. Aku juga bingung nih, kenapa yoas saya sekarang ga ada. padahal dulu feature nya ada.
    Pakai cara kedua deh.
    Tapi gini mas, sitemap ini keindek di google penelusuran ga ya mas?

  • baliora

    Terima kasih atas infonya. sngat bermanfaat untuk saya sebagai blogger baru.

    sukses selalu.
    salam

  • Erin Friyana

    Ka, kok punya saya di Yoast Seonya “security: no advanced setting for authors” itu kenapa ya?

  • restu

    Keren pembahasannya. Mudah dimengerti dan jelas.
    Terima kasih ya.. Semoga dibalas oleh alloh kebaikannya.

  • Fransisca Tan

    sangat puas tutorialnya thanks admin

Scroll Up