Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

15+ Cara Meningkatkan SEO WordPress Termudah untuk Website Anda

6 min read

cara meningkatkan seo wordpress

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat website WordPress Anda di mesin pencari, tentunya Anda perlu tahu cara melakukan optimasi SEO WordPress.

Ada banyak cara untuk mengoptimasi SEO WordPress. Contohnya seperti melakukan riset keyword, membuat konten berkualitas, dan masih banyak lagi.

Di tengah banyaknya pilihan optimasi SEO WordPress yang ada, tentu Anda perlu fokus pada hal-hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Di bawah ini kami telah siapkan beberapa ampuh tips meningkatkan SEO WordPress di mesin pencari.

Cara Membangun Fondasi SEO WordPress yang Tepat

Sebelum menjalankan berbagai praktik optimasi SEO di website WordPress, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Berikut di antaranya:

1. Pilih Penyedia Hosting dan Domain Terbaik

Penyedia hosting dan domain dapat membantu Anda membangun website yang ramah SEO. Jadi, jika Anda ingin website Anda punya peringkat tinggi di mesin pencari, pilihlah penyedia hosting dan domain yang tepat.

Dalam memilih penyedia hosting dan domain, pertimbangkanlah hal-hal ini:

  • Jaminan uptime tinggi. Semakin tinggi uptime, kemungkinan website down semakin kecil.
  • Kemudahan penggunaan. Pilih hosting WordPress yang mudah dikelola agar optimasi SEO WordPress lebih praktis.
  • Jaminan keamanan. Pastikan hosting punya lapisan keamanan yang ketat agar hosting tidak mudah terserang malware atau cybercrime lainnya.
  • Tersedia dukungan teknis 24 jam non-stop. Sehingga saat website terkendala, bantuan dari penyedia hosting bisa segera datang dan masalah tertangani.

Untungnya, Niagahoster menyediakan layanan yang menjawab semua pertimbangan di atas. Yap, hosting WordPress terbaik pilihannya!

Keunggulan WordPress Hosting dari Niagahoster yaitu memang didesain untuk memudahkan pengelolaan WordPress dan mengoptimalkan performa website. Jadi, Anda bisa mengelola website WordPress dengan lebih praktis.

Baca Juga: Kenapa Pilih Niagahoster?

2. Pasang SSL

SSL (Secure Socket Layer) merupakan protokol untuk mengamankan aliran informasi di dalam website. Seperti informasi login dan data sensitif lainnya. 

Website yang sudah memasang SSL akan ditandai dengan adanya perubahan HTTP menjadi HTTPS, dan munculnya icon gembok di samping nama website pada address bar.

tanda website memasang ssl, ada tanda gembok pada address bar

Lantas, apa hubungan SSL dengan meningkatkan SEO WordPress?

Google menyampaikan bahwa, HTTPS adalah protokol yang turut menentukan peringkat website di search engine. Sehingga jika ingin website Anda dapat bersaing di search engine gunakanlah HTTPS.

3. Instal Plugin SEO WordPress

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda lakukan saat mengoptimasi SEO website WordPress adalah menginstal plugin SEO, contohnya seperti Yoast SEO.

Dengan memasang plugin SEO, Anda dapat melakukan upaya search engine optimization secara lebih mudah. Karena, plugin SEO bisa menunjukkan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat website Anda jadi lebih SEO-friendly.

Praktik SEO WordPress di Dalam Konten

Gimana ya cara menulis artikel yang bagus untuk SEO WordPress? Mari lihat berbagai cara untuk optimasi konten berkualitas di bawah ini!

1. Lakukan Riset Keyword

Keyword merupakan salah satu faktor pertimbangan Google dalam menentukan peringkat artikel di halaman hasil pencarian. Oleh karena itu, riset keyword perlu Anda lakukan agar SEO WordPress optimal.

Selain riset, Anda juga dapat mengetahui kata yang tepat mengenai kata kunci apa yang sebaiknya digunakan pada artikel.

Pilihan keyword tools seperti Ahrefs, SEMrush, dan Google Keyword Planner dapat Anda manfaatkan untuk riset serta menentukan kata kunci yang tepat.

Jika konten Anda menggunakan Bahasa Indonesia, kami sarankan Anda untuk menggunakan Ahrefs atau Google Keyword Planner.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing

2. Gunakan Tag Header (H1, H2, H3)

Perayap Google akan melakukan pengecekan pada tag header HTML seperti H1, H2, H3 dan seterusnya untuk menentukan tingkat kerelevan dari konten Anda. Umumnya pada sebuah artikel terdapat satu tag H1 dan beberapa tag H2 dan H3 di dalamnya.

tag header untuk meningkatkan seo wordpress

Untuk tag H1 pada WordPress secara default terdapat pada judul artikel dan pada tag tersebut harus mengandung keyword. Selain pada judul, keyword juga harus ada pada subjudul yaitu tag H2 atau H3, dapat berupa keyword atau variasi long tail keyword.

heading untuk belajar seo wordpress

Tapi perlu diingat, konten yang Anda adalah untuk pengunjung, sehingga buatlah konten dengan kalimat yang mudah dipahami.

3. Tambahkan Keyword di Paragraf Pertama

Silakan untuk menambahkan keyword di paragraf pertama, jika memungkinkan. Hal ini karena Google akan melakukan perayapan dimulai dari paragraf pertama.

Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, jika belum menambahkan keyword di paragraf pertama akan ada pemberitahuan, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini dengan tanda berwarna merah.

seo wordpress pada konten

Untuk meningkatkan SEO sebuah artikel, Anda juga perlu menambahkan internal link. Internal link adalah link yang mengarah ke artikel lain yang ada di dalam website Anda.

Internal link sendiri berguna untuk membantu pengunjung membaca artikel yang relevan di website Anda, sehingga dapat meningkatkan waktu mereka dalam mengunjungi website Anda. Selain itu informasi pada website Anda lebih terstruktur.

Direkomendasikan menambahkan 3-5 internal link untuk setiap postingan. Namun jika konten Anda memiliki banyak kata, dapat menambahkannya lebih banyak lagi.

Untuk menambahkan internal link, silakan blok kata atau kalimat, kemudian klik ikon rantai dan ketikkan kata kunci dari artikel tujuan, kemudian tekan enter.

Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink yang cukup panjang. Struktur default tersebut berupa tanggal serta nama URL.

Secara default, WordPress menghasilkan struktur permalink yang cukup panjang. Struktur default tersebut berupa tanggal serta nama URL. Contohnya seperti di bawah ini.

https://niagahoster.org/2017/08/10/judul-postingan

Namun, permalink yang disukai oleh Google mengandung judul atau keyword. Kemudian, permalink yang lebih pendek akan memberikan performa yang lebih baik lagi.

Anda dapat mengubah permalink melalui dashboard WordPress. Silakan pilih menu Settings > Permalinks. Kemudian pilih radio button Post name dan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Ingat, apabila postingan Anda telah online dan Anda melakukan perubahan permalink ketika postingan tersebut sudah terlanjur Anda share di media sosial, bisa dipastikan postingan tersebut tidak dapat diakses.

Karenanya, pastikan untuk melakukan redirect URL postingan lama ke postingan dengan permalink baru agar pengunjung tetap dapat berkunjung dengan mudah. Anda dapat menggunakan plugin bernama Change Permalink Helper.

6. Tentukan SEO Title

SEO title adalah judul halaman yang muncul di hasil pencarian Google. Berbeda dengan judul biasa, SEO title memang ditujukan untuk mengoptimasi artikel pada mesin pencari.

Jika menggunakan Yoast SEO, Anda bisa memasukkannya ke kolom SEO Title.

seo title untuk seo wordpress

Kami sarankan untuk meletakkan keyword di awal title tag.

Sebagai contoh, apabila keywordnya adalah SEO WordPress, Anda dapat menggunakan judul “SEO WordPress untuk Website Anda.

Perhatikan baik-baik. Kami meletakkan keyword ‘SEO WordPress’ pada bagian awal title tag sebagai bagian dari langkah optimasi ini.

seo title pada wordpress

Perlu diingat, untuk maksimal karakter title tag yang dapat ditampilkan di hasil pencarian adalah 65 karakter. Selain mempengaruhi SEO, title tag juga berpengaruh pada Click Through Rate, jadi buatlah yang menarik perhatian.

Anda dapat melakukan percobaan dengan A/B testing judul, untuk melihat mana judul yang memiliki CTR tinggi. Untuk melakukannya dapat menggunakan bantuan plugin seperti Title Experiments dan Nelio AB Testing. 

7. Tentukan Meta Description

Meta description adalah deskripsi ringkas tentang artikel Anda. Elemen ini juga turut mempengaruhi performa SEO WordPress. Karena, meta description mampu menarik lebih banyak klik dari pengunjung.

meta description pada konten

Semakin banyak orang meng-klik konten Anda, Google berpotensi melihat relevansi konten Anda cukup tinggi. Sehingga hal ini akan mempengaruhi SEO WordPress di Google dan besar kemungkinan website Anda mampu tampil di hasil teratas mesin pencarian.

Baca Juga: Cara Menambahkan Meta Title, Description, dan Keyword di WordPress

Praktik SEO WordPress pada Gambar (Image SEO)

Selanjutnya, SEO WordPress pada gambar alias Image SEO. Gambar adalah elemen penting untuk meningkatkan SEO WordPress, namun seringkali disepelekan. Padahal, gambar bisa menjadi tempat strategis agar SEO WordPress makin optimal.

Mari lihat beberapa teknik image SEO yang paling mudah untuk Anda!

1. Beri nama pada file gambar

Tambahkan nama pada file gambar dari konten Anda yang relevan dengan konten Anda. Misalnya jika nama file gambar anda adalah DCF001.JPG diganti dengan seo-wordpress.JPG.

Selain itu gunakan pemisah berupa tanda strip, contohnya seo-wordpress.JPG, supaya dapat dibaca oleh Google berupa dua kata.

Jika memungkinkan, tambahkan keyword pada nama file gambar Anda, dapat ditambahkan pada featured image dari konten Anda.

Baca juga: Template WordPress Gratis

2. Isi Title Text pada Gambar

Title text sendiri tidak berpengaruh untuk SEO WordPress, namun ini akan menambah user experience. Ketika mouse diarahkan pada gambar, maka akan tampil title text dari gambar tersebut. Sehingga, gambar akan lebih mudah diidentifikasi.

3. Isi Alt Text pada Gambar

Tag ALT digunakan oleh untuk menentukan seberapa relevan antara gambar dengan konten yang dibuat. Sehingga penambahkan tag Alt cukup penting dilakukan pada setiap gambar di website Anda.

Setelah itu silakan masukkan masukkan deskripsi dari gambar. Jika memungkinkan masukkan keyword dari konten Anda, selama masih berhubungan antara gambar dengan konten.

Praktik SEO WordPress dari Sisi Teknis

Agar cara meningkatkan SEO WordPress makin optimal, Anda juga perlu memperhatikan konfigurasi websitenya. Dengan begitu, situs Anda akan punya struktur yang bagus untuk meningkatkan ranking di mesin pencarian.

1. Buat sitemap XML

Sitemap XML dapat memudahkan search engine dalam mengindex website Anda, untuk membuatnya Anda dapat mengikuti tutorialnya di artikel Cara Membuat Sitemap di WordPress.

2. Lakukan Verifikasi Bing dan Google Webmaster

Silakan untuk melakukan verifikasi website Anda ke Bing dan Google Webmaster, untuk melakukannya dapat mengikuti tutorial cara verifikasi WordPress di Bing Webmaster dan cara verifikasi Google Webmaster Tools.

Saat ini, backlink adalah faktor yang masih cukup penting dimiliki oleh sebuah website untuk meningkatkan ranking sehingga mudah bersaing di hasil pencarian. Untuk membangun backlink berkualitas, disarankan dengan link langsung dari artikel website yang memiliki ranking tinggi ke website Anda.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan link langsung dari artikel website orang lain, salah satunya dengan menawarkan artikel Anda untuk di publish di website mereka. Tentu disertai dengan link yang mengarah ke artikel atau website Anda.

Nah, itu tadi berbagai tips SEO WordPress yang bisa Anda terapkan. Lengkap banget, kan?

Yuk Tingkatkan SEO WordPress Website Anda!

Sampai sini, Anda sudah belajar SEO WordPress termudah untuk website Anda. Sebagai pengingat, mari kita lihat lagi cara SEO WordPress yang sudah Anda pelajari di atas:

  1. Pilih penyedia hosting dan domain terbaik
  2. Pasang SSL
  3. Instal plugin SEO WordPress
  4. Lakukan riset keyword
  5. Gunakan tag header
  6. Tambahkan keyword di paragraf pertama
  7. Tambahkan internal link
  8. Optimalkan permalink
  9. Tentukan SEO Title
  10. Tentukan meta description
  11. Beri nama pada file gambar
  12. Isi title text pada gambar
  13. Isi alt text pada gambar
  14. Buat sitemap XML
  15. Lakukan verifikasi Bing dan Google Webmaster
  16. Bangun Backlink

Nah, enam belas cara yang kami hadirkan kali ini hanyalah sebagian di antaranya. Meskipun hanya sebagian, tips-tips di atas sifatnya esensial sehingga perlu Anda dahulukan sebelum Anda mengaplikasikan cara-cara lain.

Tapi kalau Anda ingin tips lebih lengkapnya, silakan download ebook 40+ Tips dan Trik Meroketkan Ranking Website di Google yang sudah kami siapkan di bawah ini!

banner ebook meroketkan ranking website
Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

11 Replies to “15+ Cara Meningkatkan SEO WordPress Termudah untuk Website Anda”

  1. Saya sudah melakukan itu semua, tapi dalam beberapa bulan belakangan, hasilnya lebih cepat blogspot. Untuk wordpress saya tunggu, merangkaknya agak lama ke page one. Apa yang salah? Di saat saya mulai yakin di WP Self Hosted malah sulit untuk merangkak, padahal semuanya saya jamin sudah saya lakukan.

  2. Saya sudah mencoba trik tersebut, Alhamdulillah website saya masuk TOP 5. Hanya saja seiring waktu algoritma google semakin pinter sehingga beberapa halaman dari website saya tenggelam. Sekarang Backlink masih sangat berperan dalam SEO 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *