Cara Verifikasi Google Webmaster Tools – Niagahoster Blog

Salah satu hal paling penting dalam melakukan optimasi website WordPress untuk search engine adalah menambahkannya ke Google Webmaster Tools. Dalam tutorial ini kami akan membahas cara mudahnya, langkah demi langkah!

Apa Itu Google Webmaster Tools?

Google Webmaster Tools adalah alat yang disediakan oleh Google untuk para publisher agar website mereka lebih mudah ditemukan di search engine. Tool ini menyediakan laporan berikut data yang dapat membantu Anda memahami bagaimana halaman website Anda dapat muncul di hasil pencarian.

Anda dapat mengetahui search query dimana halaman dari website Anda muncul di hasil pencarian dan seberapa sering diklik. Data ini dapat membantu Anda meningkatkan artikel yang pernah Anda tulis, membantu proses penulisan artikel baru, hingga menentukan strategi terbaik untuk website Anda.

Google Webmaster Tools juga memungkinkan Anda untuk mengajukan XML sitemap dari website Anda, mengecualikan URL, serta membantu Google menampilkan konten yang paling penting dari website Anda.

Selain itu, tool ini juga dapat memberitahu Anda apabila terdapat masalah dengan situs Anda dimana Google menghentikan crawling dan tidak lagi mengindeks website Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akun Google.
  • Akses ke dashboard WordPress

Langkah 1: Dapatkan Kode Verifikasi Webmaster

1. Silakan akses Google Webmaster Tools dan login menggunakan akun Google Anda. Setelah berhasil login, klik tombol ADD A PROPERTY, tambahkan URL website Anda dan klik tombol Add.

Google Webmaster Tools

2. Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi kepemilikan dari website yang Anda tambahkan. Silakan klik tab Alternate methods dan pilih HTML tag, kemudian copy meta yang tampil untuk dipastekan di dalam tag <head> website Anda. Silakan lanjut ke langkah 2 terlebih dahulu sebelum menekan tombol VERIFY.

Google Webmaster Tools

Langkah 2: Pasang Kode Verifikasi Webmaster di Website

Sebenarnya Anda dapat menggunakan salah satu dari beberapa pilihan, misalnya dengan mengunggah file HTML yang disediakan ke dalam direktori utama website. Nah, proses unggah dapat Anda mulai dengan menggunakan FTP. Hanya saja, dalam tutorial ini kami akan membahas pilihan dengan menambahkan meta tag pada header website Anda.

1. Supaya dapat dengan mudah menambahkan meta tag ke website Anda, silakan gunakan plugin Insert Headers and Footers. Instal dan aktifkan plugin tersebut, cara instalnya dapat Anda lihat dalam tutorial berikut ini.

2. Setelah plugin selesai diinstal dan aktif berjalan, salin meta tag yang diberikan Google Webmaster Tools pada langkah 1. Kodenya adalah seperti yang dapat Anda lihat di bawah ini.

<meta name="google-site-verification" content="KodeVerifikasi" />

3. Silakan pilih menu Settings > Insert Header and Footers, kemudian paste meta tag ke dalam tag header. Setelah itu, silakan simpan perubahan.

Google Webmaster Tools

4. Kembali ke halaman Google Webmaster Tools dan klik tombol tombol Verify site.

5. Jika semua langkah yang Anda lakukan sudah sesuai, Anda akan melihat pesan sukses seperti gambar di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah website Anda berhasil diverifikasi di Google Webmaster Tools, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan sitemap XML. Jika Anda belum memahami apa itu sitemap dan cara membuatnya, silakan ikuti tutorial cara membuat sitemap berikut ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai langkah pada tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Selain itu, silakan untuk Subscribe pada form yang tersedia, untuk berlangganan artikel langsung kami kirimkan ke email Anda. 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Kasamago

    Plugin Jetpack jg sudah cukup baik menyediakan fitur webmaster google..

  • Beton

    Bagaiman jika tidak ada Insert Headers and Footers?

    • Waryanto

      Anda dapat langsung menaruhnya di antara tag <head> Code verifikasi webmaster </head>

      • Classyl

        Kalau mau install insert headers and footers musti upgrade ke business di wordpress.. adakah cara lain buat yg pakai gratisan?

        • Yasin K

          Bisa, melalui editor yang ada di menu admin WordPress atau bisa juga melakukan akses ke file dimana tema Anda disimpan.

  • kaptain

    help donk kok sekrang tempilannya berbeda ya udah gg kaya gitu, gmna ini cara mendapatkan kode verifvikasi nya?

    • Waryanto

      Kami cek untuk tampilannya masih sama: http://prntscr.com/ggqnh2
      Setelah mengakses Google Search Console, silakan klik tab Alternate methods dan pilih HTML tag, kemudian copy meta yang tampil, semoga membantu. 🙂

  • candra dewa

    kalau tidak memverivikasi gimana gan

    • Waryanto

      Anda tidak memiliki akses ke data Google penelusuran pribadi untuk situs Anda, mengenai error pada website, data kata kunci paling banyak untuk website Anda, dll.

  • Sendi

    Di menu setting Gaada insert header and footers mas

    • Waryanto

      Silakan Anda instal terlebih dahulu plugin Insert Headers and Footers seperti petunjuk pada tutorial ini, 🙂

  • bali

    thanks ya min dah berbagi ilmu
    salam sukses selalu

  • karimunjawa

    kalau selain plugin insert header footer bisa ga ya?

  • Muxslih Ryu

    THANKS min setelah muter muter akhirnya berhasil

  • Erin Friyana

    Akhirnya berhasil, sesuai tutorial di atas. Makasih banyak.

three × 5 =