Cara Menambahkan Meta Title, Keyword, dan Description di WordPress - Niagahoster Blog

Beberapa hal yang menjadi ‘prosedur wajib’ untuk SEO pada blog WordPress adalah meta title, description, dan meta keyword. Sebenarnya Anda dapat melakukannya dengan mudah. Hanya saja, Anda tidak dapat asal-asalan karena tujuan akhirnya adalah peningkatan performa di search engine (SEO).

Dalam tutorial ini kami akan membahas cara menambahkan meta title, keyword, serta deskripsi pada blog WordPress untuk meningkatkan SEO.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke dashboard admin WordPress.

Mengapa Meta Description, Keyword, dan Title pada WordPress Penting?

Kualitas konten website bukanlah satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan untuk dapat bersaing di search engine. Bayangkan, dari ribuan website yang tampil di hasil pencarian, hanya tiga website teratas yang memiliki kesempatan paling besar mendapatkan pengunjung maksimal. Inilah alasan mengapa peringkat teratas menjadi rebutan.

Mendongkrak peringkat website di halaman pencarian menggunakan SEO adalah cara efektif yang bisa Anda lakukan. Untuk melakukannya Anda perlu menambahkan meta tag seperti meta keyword, meta title, serta meta description pada postingan.

Meta title dapat Anda isi dengan penjelasan singkat mengenai tema atau topik yang Anda ulas. Hal ini berfungsi untuk ‘memberitahu’ sistem tentang hal apa yang ingin Anda sampaikan.

Sementara itu, meta description memiliki dua fungsi. Pertama, memudahkan search engine mengetahui ringkasan dari konten Anda. Kedua, menarik perhatian pengunjung untuk mengakses website Anda.

meta deskripsi

Ada banyak plugin yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan meta deksripsi dan keyword pada blog WordPress. Untuk plugin yang kami gunakan pada tutorial ini menggunakan Yoast SEO. Untuk menggunakannya, silakan ikuti tutorial cara setting Yoast SEO.

Gunakan Yoast SEO untuk Menambahkan Meta Tag di WordPress

Langkah 1: Aktifkan Advanced Settings di Yoast SEO

1. Untuk mengaktifkan Advanced Settings, silakan pilih menu SEO > Dashboard.

2. Kemudian, dalam tab Features bagian Advanced settings pages silakan geser tombol menjadi Enable. Setelah itu Anda akan melihat menu baru di bagian menu SEO.

meta title

Langkah 2: Pasang Keyword

1. Untuk memasang keyword pada postingan Anda, edit salah satu postingan dengan memilih menu Posts > All Posts.

edit postingan

2. Setelah itu silakan scroll ke bagian bawah halaman editor postingan. Pada bagian Yoast SEO silakan isi keyword di dalam kolom Focus keyword.

tambah keyword di wordpress

Catatan: untuk plugin Yoast SEO versi gratis, hanya dapat memasukkan satu fokus keyword saja.

Langkah 3: Tambahkan Meta Title

1. Masih pada bagian Yoast SEO, klik tombol Edit Snippet.

edit snippet yoast seo

2. Pada bagian SEO title Anda akan melihat kolom isian untuk mengisi meta title dari postingan Anda. Silakan isi dengan judul yang sesuai dengan konten Anda. Judul tersebut akan tampil di hasil pencarian search engine seperti Google. Jika tidak diisi, Yoast SEO akan menggunakan judul postingan Anda secara otomatis. Pastikan meta title berisi keyword yang Anda tentukan.

Idealnya Anda perlu menuliskan judul hingga bar di bawahnya berwarna hijau. Ini artinya panjang judul telah mencapai batas optimal.

membuat meta title

Langkah 4: Tambahkan Meta Description

Untuk meta description pada WordPress dapat Anda tambahkan pada bagian yang sama di Yoast SEO. Di bagian bawah kolom SEO Title terdapat kolom Slug dan Meta description.

Silakan masukkan deskripsi menarik yang menggambarkan artikel Anda pada kolom Meta description secara singkat sampai bar berwarna hijau. Pastikan juga Anda menyertakan keyword utama postingan Anda.

menambahkan meta deskripsi

 

Langkah 5: Tambahkan Meta Keyword

Supaya dapat menambahkan meta keyword pada postingan, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

1. Silakan pilih menu SEO > Titles & Meta dengan membuka halaman baru atau new tab, kemudian klik tab Other. Pada bagian Use meta keywords tag? silakan ubah menjadi Enabled. Setelah itu klik tombol Save changes.

mengaktifkan meta keyword

2. Kembali lagi ke halaman postingan, pada bagian Yoast SEO di kolom Meta keywords silakan masukkan maksimal 10 keyword turunan dari keyword utama Anda.

meta keyword

3. Setelah selesai menambahkan meta keyword, silakan simpan perubahan postingan Anda dengan menekan tombol Update.

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk meningkatkan SEO WordPress Anda. Salah satunya adalah yang telah dibahas pada tutorial ini, yaitu dengan menambahkan meta title, meta description, dan meta keyword pada postingan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan terkait artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Silakan Subscribe pada kolom di bawah ini untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda.

Kini Anda bisa membuat website instan dengan WordPress langsung online dalam lima menit.
Ikuti tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

website instan

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!