counter easy hit
Beli Domain untuk Investasi, Mengapa Tidak? - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Berbicara soal beli domain, kami teringat kutipan lama yang berbunyi,

Domains have and will continue to go up in value faster than any other commodity ever known to man.”

Dalam Bahasa Indonesia, kutipan ini kira-kira mengandung arti “Domain akan terus mengalami kenaikan nilai jauh lebih cepat dari komoditas apapun yang pernah dikenal manusia.”

Kutipan ini bisa jadi benar adanya. Pada tahun 2010 Facebook dilaporkan membeli nama domain bernama fb.com dari American Farm Bureau Federation seharga $ 8,5 juta. Jumah yang fantastis, bukan? Rupanya ini tidak pertama kali terjadi. Pun bukan transaksi domain paling mahal yang pernah terjadi. Ada banyak domain lain di seluruh dunia yang dijual dengan harga gila-gilaan.

Domain paling mahal yang pernah diperjualbelikan hingga saat artikel ini ditulis adalah LasVegas.com. Domain ini memiliki nilai sebesar $ 90 juta hanya untuk kesepakatan tahun 2005 hingga 2040. Bukan tidak mungkin angka ini akan jauh meningkat di kemudian hari! Padahal, harga domain ini ketika pertama kali ditawarkan ke publik pada tahun 1997 hanya sekitar $70 saja.

Berikut adalah lima transaksi nama domain paling mahal dari seluruh dunia.

beli domain

Coba bayangkan, jika pada waktu itu Anda lebih dahulu membeli domain ini dari pihak pertama, bisa jadi Anda sudah kaya raya sekarang.

Gambaran di atas menunjukkan bahwa domain dapat menjadi komoditas yang sangat menjanjikan. Menurut laporan Verisign, sepanjang tahun 2016 saja terdapat 21 juta nama domain yang didaftarkan di seluruh dunia! Jumlah ini adalah peningkatan sebesar 3,1% dari tahun sebelumnya.

Peningkatan yang ada, ditambah dengan pesatnya pertumbuhan internet, dapat Anda tafsirkan sebagai sebuah peluang. Berkaca dari ungkapan yang kami sebutkan sebelumnya, besar kemungkinan peminat domain terus ada dan bertambah banyak dari tahun ke tahun. Artinya, Anda tidak akan pernah kehabisan calon pelanggan.

Bisnis Beli Domain Ibarat Bisnis Properti …

Anda tidak salah baca. Aturan dasar yang menentukan harga jual suatu properti adalah lokasi. Lokasi fisik yang strategis menjadi tolok ukur di sini. Bisnis domain pun memiliki aturan serupa. Hanya saja, dalam bisnis domain lokasi virtual-lah yang sangat menentukan. Tidak ada sebutan nama jalan, nomor rumah, maupun kode pos di sini. Semuanya digantikan dengan nama domain.

Cara kerja bisnis domain pun mirip spekulan properti. Anda hanya perlu memetakan serta membeli properti mana yang sekiranya dapat Anda jual lebih tinggi. Di sini naluri berbisnis Anda diuji. Jika berhasil, keuntungan besar menanti Anda.

Nama domain yang bagaimana? Tentu nama domain yang strategis. Nama domain yang memiliki peuang besar diinginkan oleh banyak orang, alias populer.

Biar kami beritahu sedikit rahasia. Saat ini ekstensi domain paling populer di dunia adalah .COM. Domain ini digunakan oleh hampir 50% website yang ada di dunia. Sisanya menggunakan domain lain yang juga tersedia bebas. Hanya saja, tidak ada ekstensi domain lain yang sanggup menggeser ketenaran .COM.

Berkaca pada hal ini, mengamankan domain .COM adalah harga mati. Mengapa? Logikanya sederhana. Ini artinya domain .COM adalah domain yang paling dicari. Jika banyak dicari, potensi memiliki domain .COM untuk dijual kembali guna meraih keuntungan tentu semakin besar, bukan?

Jika Anda masih belum percaya, silakan lihat daftar website perusahaan Fortune 500. Perusahaan yang berada dalam daftar ini tentu bukan perusahaan main-main. Rata-rata, tiap perusahaan di sini sanggup mencatatkan keuntungan hingga ratusan juta dollar per tahun. Sekarang lihat website yang mereka miliki. Hampir seluruhnya menggunakan .COM! Tentu Anda tahu bahwa semakin besar suatu perusahaan, daya belinya juga semakin besar.

Bayangkan jika salah satu dari mereka membeli domain .COM yang Anda miliki, katakanlah seharga satu juta dollar. Wah, tentu Anda untung besar! Ingat bahwa domain .COM bisa Anda beli sendiri seharga Rp 105rb saja. Dan itu hanya untuk satu domain saja. Padahal, Anda bisa membeli domain .COM sebanyak yang Anda inginkan. Sekarang sudah terbayang berapa besar potensi keuntungan Anda?

Ini Bagian Paling Menariknya: Anda Dapat Memulai Bisnis Domain Sendiri

Apa yang bisa Anda lakukan? Tenang, kami tidak akan membiarkan Anda pergi dengan tangan hampa. Kami punya tips jitu agar Anda dapat sukses di bisnis domain ini.

1. Riset Tren dan Pasar

Anda perlu terus-terusan melakukan riset pasar. Mengapa? Perubahan yang ada di internet berlangsung sangat cepat. Peristiwa terbaru, tren budaya populer, serta tren industri dapat membuat nama domain yang pada awalnya biasa-biasa saja mendadak banyak diminati. Nah, sebaiknya Anda terus update agar tidak ketinggalan peluang. Terlambat sedikit saja, keberuntungan bisa berpindah ke kompetitor Anda.

2. Pilih Top Level Domain Potensial

Seperti yang sudah kami sampaikan pada bagian sebelumnya, Anda dapat mulai dengan beli domain berekstensi .COM. Domain ini merupakan yang paling populer serta paling banyak digunakan di seluruh dunia. Peluang Anda untuk sukses berinvestasi dengan domain .COM terbuka sangat lebar.

3. Domain yang Sebelumnya Terdaftar Dapat Bernilai Lebih

Menurut data Verisign, saat ini ada sekitar 13 juta domain yang sebelumnya terdaftar ditawarkan ke publik. Domain seperti ini biasanya telah kadaluarsa dan tidak diperpanjang kembali. Bahkan, banyak juga yang masih memiliki potensi traffic, alias masih secara aktif diakses pengguna internet. Domain seperti ini yang dapat Anda jual dengan harga lebih mahal.

Meskipun demikian, Anda tetap harus berhati-hati dalam membeli domain yang sebelumnya terdaftar. Kami sangat menyarankan Anda mengecek history domain sebelum transaksi terjadi. Ini perlu Anda lakukan sebagai langkah antisipasi, mengingat terdapatnya kemungkinan domain yang ingin Anda beli telah masuk sandbox Google sehingga tidak dapat tampil di mesin pencari.

4. Hati-hati dengan Domain Bermerek Dagang

Domain yang mengandung trademark atau merek dagang terdaftar dapat menarik minat pembeli dengan modal besar. Ibarat jalan pintas, peluang Anda untuk langsung mendapatkan keuntungan terbuka lebih lebar. Meskipun demikian, Anda berhadapan dengan risiko cukup besar apabila menjalankan strategi ini.

Katakanlah Anda berhasil mengamankan domain dengan nama salah satu perusahaan dalam daftar Fortune 500. Tentu untung besar sudah berada dalam bayangan Anda. Hanya saja, Anda perlu sedikit berhati-hati di sini. Anda dapat saja tersangkut kasus hukum karena dianggap mencuri merek dagang yang terdaftar secara resmi. Perusahaan bisa melakukan klaim terhadap orang yang mendaftarkan nama domain yang sama atau mirip dengan merek dagang yang mereka miliki.

5. Beli Domain .COM Sebanyak-banyaknya

Semakin banyak Anda memiliki nama domain, semakin besar peluang nama domain Anda dilirik investor dan ditawar miliaran rupiah. Saran kami, beli nama domain dengan ekstensi .COM sebanyak-banyaknya. Modal yang perlu Anda keluarkan pun tidak banyak. Domain .COM kini tersedia dengan harga satuan Rp 105.000,- saja. Selanjutnya Anda tinggal membidik nama domain apa saja yang sekiranya potensial. Dengan nama domain yang memiliki potensi pasar luas, keuntungan berlipat akan menanti Anda.

Jadi, mengapa tidak Anda lakukan sekarang? Nama domain yang tersedia masih sangat sangat beragam. Berbekal riset dan sedikit kreativitas, kami yakin Anda dapat meraih sukses besar di bisnis beli domain.

Sampaikan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini. Jangan lupa klik tombol Subscribe apabila Anda untuk terus mendapatkan ulasan menarik seputar dunia online langsung dari email Anda.

Sampai jumpa di lain kesempatan 🙏

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Arah kiblat

    Trimakasih artikelnya.. .com memang lebih mudah untuk bisa masuk ke halaman pertama google

  • Fina

    Mengenai bisnis domain,setelah kita beli domainnya,apa semuanya kita harus buatkan website dan websitenya harus aktif dipakai?atau hanya beli domain saja..trims

    • Matias Sri Aditya

      Halo, jika tujuannya untuk investasi, Anda dapat melakukan <strong>parking domain</strong> atau mendaftarkannya di layanan lelang domain seperti sedo.com atau auctions.godaddy.com agar lebih mudah ditemukan orang-orang yang membutuhkan nama domain 😊

  • Prapto

    Domain saya ada di sedo bagaimana cara mengambil domain saya lagi?

  • Prapto

    Bagaimana cara bikin website

    • Waryanto

      Halo,

      Ada beberapa cara untuk membuat website, salah satunya dengan menggunakan WordPress, tutorial berikut bisa membantu https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-install-wordpress-manual-di-hosting/
      🙂

  • Septa

    Gila! Ane baru inget dulu waktu domain gmail.com itu game kucing garfil eh terus di beli deh domain nya sama google, coba itu gw.. Wiihh ntabss

  • Ade rahmatt

    Apakah dengan membuat website bisa dapat uang?

    • Waryanto

      Bisa, ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari website, salah satunya dari hobi seperti yang dibahas pada ebook ini: https://www.niagahoster.co.id/ebook/cara-menghasilkan-uang-dari-hobi-jalan-jalan

  • Rosid

    Kadang saya merasa perlu "mengamankan" beberapa domain dengan alasan "tidak saya gunakanpun gak masalah, yang penting tidak digunakan oleh kompetitor". Yah, begitulah… 🙂

  • Kasamago

    Berharap ada yang berminat membeli domain saja 100 juta dollar.. ah masih mimpi.

  • hebib

    beli domain mudah saja sih gan tapi membuat domain itu berharga itu yang makan waktu dan biaya..betul? kalo buat ngeblog aja pake domain gratisan aja dulu..hehehehe

    • Matias Sri Aditya

      Tentu untuk blogging bisa pakai domain gratisan, pak. Hanya saja, ini nggak ideal untuk citra blog bapak ke depannya. Alangkah lebih baik kalau perencanaan pembuatan website/blog dimulai dengan persiapan yang matang dari awal supaya nggak kerepotan di kemudian hari, misalnya untuk urusan migrasi, transfer, atau forwarding.

      FYI, hosting di Niagahoster udah bonus domain kok, Pak https://www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia