Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Belajar Coding Yuk! Ini Cara Termudah untuk Menguasainya [Gratis!]

11 min read

SCSS adalah

Sudahkah Anda belajar coding hari ini?

Coding memang menjadi bahasan menarik dewasa ini. Sebab, tren belajar coding semakin meningkat dari tahun ke tahun. Masifnya perkembangan teknologi pun ditengarai menjadi penyebab meningkatnya tren ini.

Apakah Anda juga termasuk orang yang tertarik untuk belajar coding? Jika iya, Anda berada di artikel yang tepat!

Di sini, Anda akan mempelajari banyak hal tentang coding. Mulai dari pengertian coding, cara belajar coding, hingga berbagai website yang memungkinkan Anda untuk belajar coding secara gratis.

Tanpa perlu berlama-lama, yuk disimak sampai selesai!

Apa Itu Coding?

Coding adalah kegiatan menulis barisan kode yang bertujuan untuk memberi perintah kepada komputer. Barisan kode ini tidak boleh asal, ya! Karena ada aturan sintaks yang berlaku dan wajib Anda ikuti.

Jika Anda menulis tanpa mengikuti sintaks, komputer tak akan paham apa yang diperintahkan. Jadi, Anda harus hati-hati dan benar-benar memperhatikan kode apa yang ditulis. Salah sedikit atau melenceng aturan sedikit, maka komputer akan gagal paham instruksi Anda.

Agar Anda semakin paham tentang cara kerja coding, mari kita bahas secara singkat tentang peran coding dalam pembuatan website.

Anda pasti sudah mengetahui bahwa web development erat kaitannya dengan coding. Web development adalah suatu kegiatan pengembangan sebuah website atau aplikasi, yang mana sebagian besar pengerjaannya melibatkan coding.

Proses web development sendiri terdiri dari dua bagian:

  • Yang pertama adalah web development itu sendiri. Pada web development, pengembangan berfokus pada teknis sebuah website.  Pengembangan ini biasanya disebut back end development.
  • Yang kedua adalah web design. Pada bagian ini developer fokus pada pengembangan tampilan (UI/UX) sebuah aplikasi/website. Pengembangan yang dilakukan mulai dari warna, teta letak navigasi, design website/aplikasi dan lain sebagainya. Pengembangan dari sisi visual ini biasa disebut front end development.

Nah, front end developer maupun back end developer sama-sama harus menguasai coding. Walau begitu, bahasa pemrograman yang dipakai keduanya tidak sama.

Front end developer akan fokus pada bahasa pemrograman yang mengatur tampilan, seperti CSS dan JavaScript. Sedangkan back end developer akan banyak melakukan coding dari sisi server, contohnya dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, C++, Java, atau Python.

ilustrasi coding website development

Singkatnya, dengan belajar coding, Anda bisa melakukan banyak hal. Tapi, di luar dari segala fungsinya, sebetulnya apa saja sih manfaat yang akan Anda dapatkan dengan mempelajari coding?

Apa keuntungan belajar coding?

Jika Anda sudah membaca sejauh ini, kemungkinan besar Anda punya kemauan yang kuat untuk belajar coding. Agar Anda semakin yakin, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menguasai coding:

1. Pilihan Karir yang Bagus

Semakin majunya zaman, semakin banyak pihak yang membutuhkan orang yang bisa “berbicara” dengan komputer. Orang ini disebut dengan programmer dan mereka bisa menugaskan komputer untuk mempermudah kehidupan manusia. Contohnya bisa Anda temukan pada Gojek, Traveloka, dan semacamnya.

2. Bisa Bekerja dari Manapun

Hal yang Anda butuhkan untuk coding hanyalah komputer dan koneksi internet. Jadi, selama Anda memenuhi dua hal tersebut, Anda bisa bekerja dari mana saja. Tak melulu harus kerja dari kantor. Siapa tau, Anda bisa mewujudkan mimpi hidup sebagai digital nomad. Enak, bukan?

3. Menciptakan Sesuatu yang Bermanfaat

Di zaman digital ini, banyak sekali aplikasi atau website yang berguna bagi umat manusia. Tengok saja Facebook yang bisa menghubungkan jutaan orang dari seluruh dunia. Atau Tokopedia yang mempermudah belanja kebutuhan.

Bagaimana Cara Belajar Coding dari Awal untuk Pemula?

Nah, sekarang Anda sudah semakin yakin untuk mulai mempelajari coding kan? Jika Anda masih bingung harus mulai dari mana, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba:

1. Tentukan Skill yang Ingin Dipelajari

perbedaan java dan javascript

Mungkin Anda ingin langsung belajar coding melalui video YouTube atau sumber lain. Eits, tapi tunggu dulu, percuma saja jika Anda belum tahu skill apa yang ingin Anda kembangkan. Bisa-bisa nanti kegiatan belajar Anda tidak fokus.

Jadi, pertama-tama tentukan dulu skill apa yang ingin Anda kembangkan sebagai programmer. Berikut ini adalah pilihan skill sebagai programmer:

  • Website development: pengembangan teknis sebuah website seperti pengelolaan server dan database website. Biasanya profesi yang memiliki skill ini disebut dengan back end developer.
  • Website design: mengembangkan tampilan sebuah website. Profesi yang menguasai skill ini biasa disebut dengan front end developer.
  • Website development dan website design: pengembangan teknis sekaligus desain website. Profesi dari skill ini disebut full stack developer.
  • Mobile apps development: mengembangkan aplikasi yang digunakan dengan smartphone.
  • Data scientist: menganalisa data set untuk machine learning dan analisis statistik.

Nah, setelah mengetahui ragam skill set sebagai programmer, tentukan pilihan.

Apakah Anda ingin belajar soal website development? Atau malah Anda lebih tertarik belajar soal mobile app development?

Pilih salah satu supaya fokus ya.

2. Pilih Bahasa Pemrograman yang Perlu Dipelajari

Pengertian JavaScript

Nah, setelah Anda menentukan fokus pengembangan skill, langkah selanjutnya adalah memilih bahasa pemrograman. Setiap skill memiliki bahasa pemrograman tersendiri yang perlu Anda pelajari.

Sebagai contoh, jika Anda berfokus ke website development, Anda perlu mempelajari PHP atau Phyton. Namun jika fokus Anda mobile app development, Anda perlu belajar Java.

Selengkapnya, Anda bisa melihat tabel di bawah ini. Tabel ini menjabarkan jenis skill, profesi yang dipilih dan bahasa pemrograman yang perlu dipelajari untuk profesi pilihan.

SkillProfesiBahasa Pemrograman yang Harus Dikuasai
Website DevelopmentBack End DeveloperPHP, Phyton
Website DesignFront End DeveloperJavaScript, CSS, HTML
Website Development dan Website DesignFull Stack DeveloperJavaScript, CSS, HTML
Mobile Apps DevelopmentMobile Apps DeveloperJava, C++
Data ScientistData Scientist DeveloperPhyton

Sebaiknya pelajari bahasa pemrograman yang Anda butuhkan. Sebab hal ini akan membantu fokus dan produktivitas Anda dalam memahami materi pembelajaran.

3. Pilih Sumber Pembelajaran

Anda sudah mengetahui bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari. Sekarang saatnya memilih sumber pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

belajar coding untuk pemula

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui tujuan Anda belajar coding. Apakah untuk mengembangkan hobi saja? Atau Anda ingin lebih serius mempelajarinya untuk kepentingan karir?

Setelah tahu tujuan Anda, pertimbangkan ketersediaan waktu dan biaya. Apakah Anda hanya punya waktu beberapa jam dengan budget terbatas? Atau malah Anda punya banyak waktu luang dengan budget besar?

Misalnya, Anda sudah memantapkan hati untuk mengembangkan skill website development. Tujuannya untuk mempersiapkan diri menjajaki karir sebagai website developer.

Anda juga memiliki banyak waktu luang untuk fokus belajar. Katakanlah Anda punya satu bulan penuh dan budget maksimal. Oleh karena itu, mengikuti course intensif atau bootcamp bisa jadi solusi yang tepat.

Saat mengikuti course intensif, Anda akan dibimbing langsung oleh ahlinya. Anda juga dapat kesempatan untuk mempraktekkan teori yang Anda pelajari. Jadi, Anda akan makin paham dengan materi bahasa pemrograman pilihan Anda.

Lalu, bagaimana jika Anda punya banyak waktu luang, ingin serius belajar coding, tapi kantong kempes? Tenang saja, masih ada banyak sumber pembelajaran gratis kok. Misalnya melalui CodeAcademy.

belajar coding untuk pemula di kursus online

Masih ada banyak website gratis tempat belajar coding untuk pemula lho. Tak perlu bingung mencari lagi, kami punya rekomendasi website course gratis di artikel ini > Panduan Belajar Coding Gratis

4. Download Code Editor

contoh IDE untuk belajar apa itu coding
sumber: geekflare.com

Saat menjalani course intensif, Anda mungkin menulis kode di code editor langsung di browser Anda. Namun pada kenyataannya, menulis kode langsung di browser memiliki keterbatasan.

Anda hanya bisa menulis dan memodifikasi kode. Nah, untuk kegiatan seperti compile kode dan debugging kode, Anda perlu menggunakan tools lain.

Nah, ada alternatif yang lebih mudah nih. Anda tinggal mendownload code editor dengan Interactive Development Environment (IDE).

IDE adalah alat programming yang memiliki beberapa fitur gabungan untuk mempermudah penulisan kode. Misalnya text editor, compiler, dan debugger dalam satu tempat.

Dengan menggunakan code editor yang memiliki IDE, penulisan kode akan lebih mudah. Sebab Anda tak perlu menggunakan alat-alat itu secara terpisah untuk melakukan penulisan, kompilasi, dan debugging kode.

Tertarik mempraktekkan coding mengguakan IDE? Tenang, ada banyak IDE gratis yang bisa Anda gunakan, yaitu:

Biasanya digunakan untuk bahasa pemrograman Phyton, Java, PHP, C, dan C++. Akan tetapi lebih populer digunakan untuk Java.

Eclipse dilengkapi dengan fitur drop and drags yang memudahkan Anda meng-copy file kode. Selain itu, ada fitur static analysis untuk memeriksa adanya eror dalam kode Anda sebelum menjalankan kode.

Bisa digunakan untuk bahasa pemrograman Java, JavaScript, PHP, Python, Ruby, C, C++.  NetBeans memiliki tampilan yang user friendly sebab Anda dapat memodifikasi worksheet yang Anda gunakan.

Biasanya digunakan untuk bahasa pemrograman HTML, CSS, JavaScript. Jadi, Aptana memang populer digunakan untuk website development. Penggunaan Aptana juga bisa digabungkan dengan Eclipse.

5. Mulai Menulis Kode

Contoh coding HTML untuk pemula

Nah, sekarang Anda sudah memiliki pengetahuan coding untuk bahasa pemrograman yang Anda pilih. Langsung saja Anda praktik menulis kode untuk membuat suatu program atau project.

Supaya kegiatan menulis kode Anda makin fokus, berikut tips yang perlu Anda coba:

  • Fokus pada Fundamental

Sebelum beranjak ke tahap pembelajaran lain, Anda perlu memahami fundamental bahasa pemrograman pilihan. Misalnya data structure, control structure, variable, dan tools.

Jika Anda belum benar-benar memahami fundamental dan langsung belajar tahap selanjutnya, hasilnya takkan baik. Anda akan terus bingung dan bolak-balik mempelajari fundamental lagi. Tentu membuang waktu, kan?

  • Membuat Komentar di Baris Kode

Ketika Anda membuat baris kode yang masih Anda ragukan karena terlalu rumit, Anda bisa memberi baris itu komentar. Tulis alasan Anda menggunakan kode tersebut. Apa tujuannya?

Tujuannya agar orang lain memahami tujuan pembuatan kode itu. Selain itu, komentar juga akan jadi bahan pembelajaran Anda saat melakukan review.

  • Jangan Mengulang Kode

Pengulangan kode akan membuat dokumen Anda sangat panjang. Hal ini akan memutus alur pembacaan. Sebab, kode akan sulit Anda baca.

Nah, jika Anda memiliki potongan kode yang akan digunakan lebih dari satu kali, lebih baik membuat file terpisah. Kemudian sertakan file path. Tujuannya untuk menghubungkan suatu kode ke halaman lain yang membutuhkan.

Sebagai contoh, sebagian besar halaman website memiliki header dan footer yang sama. Akan tetapi, Anda tidak perlu copy paste kode yang sama ke setiap halaman, cukup hubungkan halaman ke satu kode.

  • Inovasi dengan Kode yang Lebih Mudah Dibaca

Oya, jangan terjebak menggunakan pola coding dan sintaks yang sama. Cobalah cari cara dan metode baru untuk membuat kode yang lebih mudah dibaca dan mudah diingat.

Akan tetapi, jangan buat kode terlalu singkat ya. Nanti Anda malah bingung sendiri ketika melihatnya lagi tiga3 bulan mendatang.

  • Terus Berlatih

Kunci keberhasilan penulisan kode Anda hanya satu: berlatih secara rutin.

Di tengah latihan Anda, pasti Anda membuat kesalahan kode. Tapi jangan menyerah, cari letak kesalahannya dan perbaiki supaya Anda makin mahir membuat program atau project.

6. Bergabung di Komunitas

tampilan forum resmi python

Ada kalanya Anda sudah mentok mencari kesalahan penulisan kode. Jadi eror pada pembacaan kode pun tak kunjung menemukan solusi. Nah, jangan dipikir sendiri ya, gabung saja di komunitas bahasa pemrograman aktif.

Misalnya, Anda fokus mempelajari Java, Anda bisa memaparkan masalah Anda di forum resmi Java. Bisa juga melalui pustaka gratis Java. Masalah coding Anda nantinya akan dijawab oleh programmer lain.

Sekarang Anda sudah siap memulai belajar coding untuk pemula. Nah, agar makin siap, Anda perlu tahu fakta-fakta soal coding sebagai insight Anda. Apa saja? Simak pembahasan selanjutnya ya.

Daftar 13+ Website Belajar Coding Gratis

Di bawah ini adalah beberapa website belajar coding gratis yang bisa Anda akses tanpa meninggalkan rumah. Anda hanya perlu menghubungkan perangkat ke jaringan internet dan Anda bisa belajar sesuai dengan kebutuhan. Mari kita coba lihat satu per satu.

1. CodeAcademy

belajar coding

CodeAcademy merupakan website belajar coding online yang sangat cocok mulai dari cara belajar coding untuk pemula sampai dengan tingkatan yang lebih expert. Tidak hanya bahan pembelajaran, ada juga kuis yang bisa Anda coba untuk mengukur kemampuan Anda memahami materi yang sedang dipelajari.

Anda bisa memulai kursus dengan Membuat Website Sederhana atau belajar bahasa pemograman HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, dan Ruby.

Baca juga: Panduan Lengkap XML: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuka Filenya

Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 45 juta pengguna yang menggunakan layanan tersebut. Cukup banyak bukan?

2. W3schools

Jika Anda merupakan seseorang yang lebih suka cara belajar coding dasar secara langsung praktek. W3school merupakan website yang cocok Anda kunjungi.

Website ini menyediakan compiler online yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu. Sehingga Anda bisa belajar sekaligus mempraktekan materi yang sudah dipelajari.

Bahasa pemograman yang disediakan lebih ke bahasa pemograman website, seperti JavaScripts, AngularJS, dan beberapa bahasa pemograman lainnya.

Ada contoh kode program yang ditampilkan pada setiap bagiannya. Anda juga bisa langsung mencoba mengedit kode program tersebut dan mengeksekusinya. Website akan menampilkan hasil yang kode program yang sudah Anda ganti dan menampilkan hasilnya.

3. CodeWars

Anda suka tantangan sekaligus ingin belajar coding web?, CodeWars adalah website yang cocok Anda kunjungi. Website ini menawarkan sebuah metode kode Kata. Kata disini bukan bahasa indonesia melainkan seni latihan yang digunakan untuk belajar pemograman dengan metode latihan dan pengulangan.

Seiring dengan kemajuan proses belajar Anda dan semakin tinggi tingkatan yang sudah Anda selesaikan maka akan dihadapkan dengan tantangan yang lebih sulit. Anda juga bisa membuat Kata anda sendiri untuk diselesaikan orang lain dan berdiskusi dengan mereka.

4. Free Code Camp

belajar coding

Free Code Camp termasuk website belajar coding yang saat ini masih berkembang. Website ini menyediakan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya.

Ada juga panduan Coding Interview Preparation yang bisa Anda gunakan untuk persiapan sebelum melakukan wawancara coding.

Ingin mengambil sertifikasi bahasa pemograman?, Anda bisa mencari dari website ini dan mendapatkan sertifikat yang ingin didapatkan.

Sama halnya Stack Overflow, website ini juga menyediakan forum yang bisa Anda manfaatkan untuk berdiskusi menyelesaikan masalah coding Anda -bukan masalah asmara ya- dan Anda juga bisa mencoba membantu permasalahan rekan lainnya.

5. Hack.Pledge()

belajar coding

Sumber di internet tidak selamanya bisa langsung menyelesaikan permasalahan yang sedang Anda temui ketika belajar coding. Sampai pada akhirnya Anda menemui jalan buntu.

Hal ini tentu saja bisa menghambat minat untuk terus belajar. Apalagi jika Anda adalah orang yang baru belajar coding.

HackPlegde() bisa menjadi salah satu jalan lain yang bisa Anda coba untuk terus belajar coding.

Website ini merupakan wadah bagi para developer untuk berkumpul berbagi informasi satu sama lain. Selama satu jam Anda bisa menjadi mentor sekaligus mencoba mendiskusikan permasalahan Anda dengan pengguna lain dengan berkomunikasi secara langsung. Seperti slogannya “Mentor the next generation of developers or learn from the best and master your craft“.

Hack.pledge() merupakan bagian dari Hack(dot) lainnya, hack.summit(), hack.hands(), dan hack.vc()

6. Coursera

Sering mendengar Coursera?, ya, pasti tidak asing lagi dengan website kursus ini.

Coursera merupakan website yang didirikan sejak tahun 2012 oleh dua orang profesor Stanford Computer Science yang ingin membagikan ilmu dan kemampuannya untuk dunia. Saat ini swebsite tersebut menyediakan banyak sekali tutorial mulai dari bisnis, seni, matematika, dan banyak jenis lainnya. Tidak terkecuali tutorial untuk belajar coding juga disediakan di website ini.

Mulai dari pemograman dasar sampai dengan expert bisa Anda temukan. Termasuk jika Anda ingin mencari sertifikat secara online.

Sayangnya tidak semua kursus gratis, melainkan Anda harus membayar untuk masuk ke beberapa materi khusus tertentu. Tapi, website ini juga mempunyai banyak kursus gratis yang bisa Anda coba untuk memulai belajar coding.

7. Udemy

Seperti tidak mau kalah untuk menyebarkan pengetahuan dan ilmu ke seluruh dunia. Udemy menawarkan layanan yang sangat lengkap.

Mulai dari kursus kesehatan, bisnis, matematika, musik, bahasa, fotografi dan banyak lainnnya.

Mirip dengan Coursera yang menawarkan layanan yang sama. Tinggal dimana Anda menemukan kenyamanan untuk belajar coding php dan pemograman lainnya sesuai dengan tipe belajar Anda.

Website ini juga tidak semuanya gratis akan tetapi Anda bisa mencari kursus yang free sehingga bisa memulai belajar tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan -kecuali koneksi internet-.

Anda bisa mencoba mencari kursus apa saja yang disediakan di website ini melalui kolom pencarian dengan kata kunci “free” dan trala semua kursus online secara gratis bisa Anda temukan disana.

8. HackerRank

Sudah sedikit menguasai pemograman, Anda bisa menguji kemampuan anda di website ini dengan menyelesaikan beberapa permasalahan yang diberikan. Banyak programmer menggunakan HackerRank untuk mengasah kemampuan mereka.

Anda bisa mendapatkan poin dengan menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan posisi Anda di papan peringkat.

Filosofi mereka “Learn By Doing” jadi Anda bisa menggunakan website ini untuk berlatih selagi mengikuti kursus lain.

9. The Odin Project

The Odin Project merupakan versi gratis dari  Viking Code School.

Website ini dibuat dengan tujuan untuk orang – orang yang tidak pernah mendapatkan akses untuk belajar mengenai teknologi informasi, namun ingin tetap belajar dengan kualitas yang tinggi.

Anda bisa belajar mengenai HTML + CSS, Javascript, Git, Databases, Ruby, dan Ruby On Rails pada website ini secara gratis. Situs ini juga menyediakan alat untuk mengkoneksikan Anda dengan orang yang sedang belajar lainnya sehingga bisa menukarkan ide dan membangun tim dalam sebuah proyek.

Kepercayaan mereka adalah pendidikan harus gratis dan dapat diakses dengan mudah, pembelajaran yang terbaik adalah dengan langsung mempraktekan, motivasi bisa didapatkan dengan bekerja dengan orang lain, dan terakhir adalah open source adalah hal yang terbaik. Patut untuk dicoba.

10. Edx

Tidak pergi jauh dari Udemy dan Coursera, Edx juga merupakan website pembelajaran cukup lengkap yang bersifat open source. Didirikan oleh dua universitas dunia, Universitas Harvard dan MIT.

Anda bisa belajar sesuai dengan kecepatan Anda masing – masing. Sedangkan jika ingin mendapatkan sertifikat, Anda harus membayar sesuai dengan kursus yang diikuti.

11. CodeFights

Masih kurang dengan tantangan website belajar coding sebelumnya?, coba CodeFight.

Ada ribuan pertanyaan mengenai kode yang bisa Anda coba selesaikan. Tingkatannya mulai dari logika yang paling mudah sampai dengan logika yang membutuhkan waktu banyak untuk menyelesaikannya.

Sepertinya pengembang website ini ingin membuat belajar coding berasa seperti bermain online games. Anda bisa bersaing menyelesaikan sebuah permasalahan dengan yang lain.

Ada juga tatangan yang dimunculkan setiap minggunya yang coba diselesaikan oleh pengguna – pengguna lain, berkomentar disana, berdiskusi dan mencari algoritma terbaik.

Disediakan juga menu tournament yang bisa Anda ikuti dengan durasi tertentu.

12. Code Avengers

CodeAvengers menawarkan cara belajar membuat aplikasi, game, dan website secara langsung. Anda juga bisa belajar bahasa pemograman seperti Python, HTML & CSS, Javascript dan banyak lainnya.

Website ini membedakan kursus dengan menggunakan nama ProCourses, School Teacher, dan JrCourses. JrCourse ditujukan untuk orang tua atau anak – anak seumuran 5 sampai 14 tahun yang ingiin belajar bagaimana pemograman bekerja.

Website ini juga terkadang mengadakan code camp yang sudah diselenggarakan di beberapa negara, sayangnya sampai dengan saat ini belum pernah mengadakan di Indonesia.

13. CodeSaya

Terakhir, saya coba ambilkan salah satu situs belajar coding Indonesia, yaitu CodeSaya.

CodeSaya merupakan salah satu website kursus yang dibuat oleh salah satu coder di Indonesia yang saat ini masih dalam proses pengembangan. Namun, sudah bisa Anda coba dan pakai untuk belajar coding secara gratis sekaligus bisa membantu pengembang untuk terus mengembangkan website tersebut dengan mencoba sistem yang telah disediakan.

CodeSaya adalah tempat bagi yang ingin belajar teknologi khususnya dalam pemograman Python, PHP, JavaScript, dan lain – lain.

14. MIT Open Courseware

bahasa pemrograman

MIT Open Courseware merupakan website yang berisi beberapa materi pembelajaran tdak hanya mengenai bahasa pemrograman saja. Banyak materi pembelajara yang bisa Anda dapatkan termasuk tentang transportasi, lingkungan, dan pengenalan tentang bahasa pemrograman itu sendiri.

[ecko_youtube]https://youtu.be/L455hWE-_v4[/ecko_youtube]

Kesimpulan

Semakin banyak kebutuhan untuk belajar coding, maka akan semakin banyak pula pengembang yang baik hati untuk mengembangkan website gratis agar semua orang bisa belajar dan mengembangkan kemampuannya.

Sekarang, tinggal menentukan akan menggunakan website yang sesuai dengan karakteristik Anda. Karena pasti setiap orang memiliki karakteristik jenis belajar yang berbeda. Menemukan kesulitan itu pasti, namun yang terpenting adalah konsisten dan tetap setia pada jalan yang dipilih untuk belajar coding.

Anda juga dapat melanjutkan dengan beberapa artikel berikut.

Semoga bermanfaat.

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

7 Replies to “Belajar Coding Yuk! Ini Cara Termudah untuk Menguasainya [Gratis!]”

  1. kalo saya si paling sering pake w3school.. paling enak cara pakenya.. thanks dah sharing nanti cobain yang lain lagi..

  2. Saya lebih suka W3School karena simple dan langsung bisa dipraktikkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *