Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Ingin Berjualan Online di Website? Pilih Hosting untuk Ecommerce yang Tepat!

6 min read

featured image cara membuat toko online

Kini berjualan online sudah kian mudah. Mulai dari mendaftar di marketplace, sampai membangun website ecommerce sendiri.

Nah, di antara pilihan tersebut, memiliki website tentu lebih menjanjikan kemudahan untuk sukses secara online. Bukan hanya bisa terhindar dari perang harga, tapi Anda lebih memegang kendali atas website tersebut, seperti tampilan, fitur, dan lainnya.

Nah, untuk membangun bisnis online dengan website, memilih web hosting untuk ecommerce yang tepat adalah kuncinya. Inilah langkah awal yang perlu Anda perhatikan.

Kenapa demikian? Artikel berikut ini akan memberikan jawabannya secara lengkap. Jadi, mari simak lebih lanjut!

Mengapa Anda Butuh Website Ecommerce?

Dengan memiliki hosting untuk ecommerce, Anda bisa membuat website toko online dan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

1. Bisnis Bisa Muncul di Pencarian Google

Agar bisa mendatangkan banyak pelanggan di ranah online, bisnis Anda harus mudah ditemukan di Google. Sebab, mesin pencari tersebut sudah menjadi tempat utama konsumen mencari informasi seputar kebutuhan mereka.

Nah, untuk bisa muncul di Google, perlu  upaya SEO atau search engine optimization yang baik. Dan, saat ini website merupakan sarana yang paling bisa membuat  bisnis Anda berada di peringkat pertama Google. 

Inilah hal yang belum bisa dilakukan dengan baik apabila menggunakan platform seperti marketplace atau media sosial.

Yang paling menarik, penerapan SEO pada website tidak memerlukan biaya dan bisa dipelajari dengan mudah.

2. Anda Bisa Memaksimalkan Pengalaman Belanja Konsumen

Memiliki website ecommerce itu seperti memiliki toko sendiri. Anda bebas mengatur segalanya, termasuk tampilan toko, tata letak barang, dan pelayanan. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan pengalaman konsumen saat berbelanja di toko Anda.

Misalnya, Anda bisa menawarkan promo bundle beberapa produk yang melengkapi fungsi satu sama lain. Dengan cara itu, pelanggan bisa mendapatkan beberapa barang yang mereka butuhkan dengan harga yang lebih murah.

Apakah hal itu mungkin dilakukan di marketplace? Tentu sulit. Sebab, ada aturan yang harus diikuti dan itu menghambat Anda untuk memberikan pengalaman berbelanja yang unik untuk konsumen.

ilustrasi mengatur website ecommerce

3. Anda Terbebas Dari Persaingan Harga

Kalau berjualan di marketplace, produk Anda akan ditampilkan bersebelahan dengan produk kompetitor lainnya. Dengan persaingan yang muncul, perang harga harus dilakukan. Dampaknya, Anda tidak bisa berharap mendapatkan keuntungan besar.

Kalau di website sendiri, konsumen hanya akan menemukan produk Anda. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi harga yang sesuai dengan konsumen.

Yang tidak kalah penting, di website sendiri Anda tidak perlu membayar biaya administrasi dari setiap transaksi yang terjadi. Jadi, Anda benar-benar bisa mendulang laba lebih banyak.

4. Memungkinkan Anda untuk Membuat Email List

Hal lainnya yang hanya bisa Anda lakukan dengan website ecommerce adalah membuat email list. Ini adalah daftar alamat email pengunjung toko Anda.

Kenapa email list penting? Dengan memiliki email list, Anda dapat mengirimkan email promo atau informasi produk kepada audiens. Menariknya, Anda juga bisa menentukan jenis konten email yang tepat kepada target audiens yang relevan.

Contohnya, pengunjung yang baru saja membeli sebuah kaos akan mendapatkan email promosi berupa rekomendasi celana panjang atau jaket. Cara ini dapat mendorong mereka agar kembali bertransaksi.

Trik untuk menjalankan strategi email list di website ecommerce cukup sederhana. Anda tinggal membuat sebuah formulir kontak dengan menyematkan penawaran promo yang nantinya diisi dengan data diri audiens.

Baca Juga: Email Marketing: Cara Mengembangkan Email List Anda

5. Memudahkan Anda Menentukan Strategi Pemasaran

Saat berjualan di website, Anda dapat mengetahui seberapa efektif upaya SEO, email promo, atau iklan di media sosial untuk mendatangkan konsumen.

Kalau tahu sumber yang mendatangkan paling banyak pelanggan, Anda bisa memfokuskan upaya pemasaran di channel tersebut. Jadi, Anda tidak akan menghamburkan anggaran promosi tanpa hasil yang maksimal.

Agar bisa mengetahui asal pelanggan, Anda perlu melakukan conversion tracking yang caranya dapat Anda pelajari di panduan ini.

Nah, banyak juga ya manfaat menggunakan website untuk bisnis online? 

Untuk bisa menikmati semua kelebihan tersebut, website Anda tentu harus didukung oleh hosting yang mumpuni. Lalu, apa yang perlu diperhatikan ketika memilih layanan hosting untuk ecommerce?

Kriteria Hosting untuk Ecommerce yang Baik

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih hosting untuk ecommerce:

1. Server Cepat dan Stabil

Anda harus memilih penyedia hosting yang didukung dengan protokol internet terbaru seperti Quic dan HTTP/3. Dengan teknologi tersebut, loading website bisa lebih cepat, sehingga konsumen tidak perlu menunggu lama untuk mengakses toko Anda.

Kalau target konsumen Anda tidak hanya ada di Indonesia, sebaiknya Anda memilih hosting yang menyediakan CDN. Ini adalah kumpulan server di beberapa negara yang menyimpan data website untuk disajikan ke pengunjung yang letaknya paling dekat. Sehingga, website Anda tetap cepat diakses meskipun pengunjung ada di luar negeri.

Agar website ecommerce selalu siap melayani pembeli, pilihlah penyedia hosting yang uptime-nya di atas 99%. 

Penyedia hosting yang uptime-nya tinggi servernya didukung dengan infrastruktur jaringan dan sumber listrik ganda. Sehingga, server yang digunakan website Anda tetap bekerja normal walau ada perbaikan jaringan atau listrik padam.

2. Sumber Daya Hosting Besar

Aspek lain yang harus Anda perhatikan ketika memilih hosting untuk ecommerce adalah sumber daya.

Idealnya, hosting Anda harus memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Sebab, website toko online berisi banyak gambar dan video untuk menampilkan segala keunggulan produk yang Anda jual.

Tak lupa, memori dan bandwidth hosting juga harus tinggi. Kalau keduanya tidak mencukupi, loading website Anda akan lambat, terutama jika dikunjungi banyak pelanggan sekaligus.

Ilustrasi meningkatkan kecepatan website

3. Fitur Keamanan 

Website ecommerce masih menjadi sasaran utama para hacker. Mereka mengincar data pribadi konsumen, seperti nama, alamat email, dan terutama, informasi kartu kredit.

Apabila data-data konsumen jatuh ke tangan hacker, tak hanya akan merugikan konsumen saat datanya disalahgunakan, reputasi toko Anda pun akan tercoreng.

Itulah mengapa Anda wajib memilih hosting untuk ecommerce yang aman. 

Salah satu cirinya adalah pastikan hosting Anda menyediakan sistem keamanan untuk memindai dan menghapus malware dari file-file website. Malware adalah salah satu celah yang digunakan hacker untuk menyusup ke website untuk mengambil data penting. 

Selain itu, pastikan penyedia hosting Anda menawarkan perlindungan SSL untuk website Anda. Dengan SSL,  transfer data antara server website dengan perangkat pengunjung akan dilindungi sehingga hacker tidak bisa menyadap data itu.

Yang tidak kalah penting, cek apakah hosting Anda dilengkapi fitur backup data website otomatis. Fitur ini menduplikat data website Anda secara berkala, sehingga Anda bisa memulihkan website jika ada error.

Baca Juga: 10 Isu Keamanan yang Wajib Diwaspadai Toko Online + Solusinya!

4. Kemudahan untuk Upgrade Paket Hosting

Ketika jumlah pengunjung Anda bertambah pesat sehingga akses ke website mulai terganggu, langkah upgrade perlu dipertimbangkan.

Oleh karena itu, Anda harus memilih penyedia hosting yang menawarkan kemudahan  upgrade paket hosting. Tak hanya dari banyaknya pilihan paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, tapi juga proses upgrade itu sendiri yang mudah.

5. Bantuan yang Selalu Dapat Diandalkan

Bagaimana, jika ada kendala pada website dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan? Saat itulah peran customer support sangat diperlukan.

Untuk itu, pastikan Anda memilih penyedia hosting untuk ecommerce yang menyediakan customer support 24 jam setiap hari. Bahkan, akan lebih baik layanan mereka tersedia dalam beberapa sarana, seperti live chat, telepon, dan email.

Ingin Hosting untuk Ecommerce yang Handal? Pilih Niagahoster!

Niagahoster adalah penyedia layanan hosting yang telah memenuhi semua kriteria di atas. Jadi, paket hosting yang disediakan cocok digunakan untuk membangun website ecommerce Anda, mulai dari shared hosting hingga paket yang lebih tinggi. 

Lalu, apa saja keunggulannya?

1. Menawarkan Berbagai Fitur Kecepatan dan Uptime Tinggi

Layanan hosting Niagahoster menggunakan server dengan kecepatan tinggi, yaitu LiteSpeed Enterprise. Server ini merupakan server tercepat yang didukung dengan protokol HTTP/3 dan QUIC untuk menjamin kelancaran loading website Anda.

Selain itu, adanya sistem kompresi Brotli yang meminimalkan ukuran file-file website akan membuat loading website ecommerce Anda bisa  lebih cepat.

Sebagai tambahan, fitur WordPress Accelerator memudahkan Anda untuk membuat kecepatan website semakin optimal. Cara mengaktifkan fitur ini pun mudah, karena hanya butuh satu klik melalui halaman Member Area Niagahoster.

Yang tak kalah menarik, Anda bisa memanfaatkan CDN Cloudflare yang dapat diaktifkan dengan mudah. Dengan begitu, akan mendukung website toko online Anda melayani pengunjung dari berbagai negara dengan mudah.

Selain cepat, server Niagahoster juga stabil karena memiliki uptime 99,99%. Itu artinya, website Anda akan selalu bisa diakses 24 jam penuh.

Baca Juga: Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya…

2. Sumber Daya Berkapasitas Besar

Tak perlu khawatir dengan sumber daya yang akan Anda dapatkan. Ada beragam paket pilihan hosting Niagahoster yang mendukung untuk membangun sebuah website ecommerce yang baik. 

Yang pertama, Anda bisa menikmati ruang penyimpanan unlimited untuk semua paket shared hosting, kecuali bayi. Jadi, Anda bisa bebas menggunakannya untuk menyimpan aset foto produk dan data Anda sesuai ketentuan penggunaan

Yang kedua, semua paket shared hosting juga menyediakan unlimited bandwidth yang bisa digunakan sesuai kebutuhan website. Sesuai paket yang Anda pilih, website Anda bisa menampung sekitar 60.000 hingga 180.000 pengunjung tiap bulannya. 

3. Bisa Upgrade Paket dengan Mudah

Ketika pengunjung website meningkat, Anda bisa upgrade ke paket hosting yang lebih tinggi dengan mudah. 

Caranya, Anda cukup mengakses menu upgrade di akun hosting Anda melalui Member Area, memilih paket yang diinginkan, dan melakukan pembayaran. Permintaan upgrade hosting Anda akan langsung diproses.

upgrade paket hosting Niagahoster sebagai hosting untuk ecommerce

Kemudahan upgrade tersebut tidak hanya antar paket Shared Hosting saja. Apabila nantinya butuh hosting yang spesifikasinya lebih baik lagi, Anda bisa upgrade ke layanan Cloud Hosting. Caranya pun sama dengan ketika Anda upgrade antar paket Shared Hosting.

4. Fitur Keamanan untuk Meminimalkan Risiko Malware

Layanan hosting Niagahoster didukung fitur Imunify360 untuk mendeteksi keberadaan malware di file-file website Anda. Cara kerjanya dengan memindai file website secara berkala dan mengkarantina yang terinfeksi malware.

Yang tidak kalah menarik, Imunify360 juga memiliki Kill Mode untuk menghentikan skrip berbahaya pada website. Sehingga, serangan hacker melalui skrip tersebut bisa dihindari.

Selain itu, Niagahoster menyediakan SSL gratis. Nantinya, Anda tinggal mengaktifkan SSL tersebut agar lalu lintas data antara server dan pengunjung website tidak bisa disadap.

5. Customer Support Handal 24/7

Kalau Anda mengalami kendala terkait hosting dan website, tim customer success Niagahoster selalu siap membantu. Sarana yang bisa Anda gunakan untuk menghubungi mereka pun cukup banyak, termasuk melalui live chat di website Niagahoster, email, dan telpon.

ilustrasi mengelola website

6. Kemudahan untuk Mengelola Website

Niagahoster menawarkan fitur-fitur yang memudahkan Anda dalam mengelola hosting. Di antaranya, ada auto installer untuk menginstal WordPress dan aplikasi lainnya untuk membuat website semudah menginstal aplikasi di smartphone.

Selain itu juga ada WordPress Management yang memudahkan Anda mengelola website yang dibuat menggunakan WordPress. Dengan menggunakannya, Anda bisa update dan backup WordPress otomatis, log in dengan sekali klik, serta mengedit tampilan website dengan aman.

Dengan adanya fitur-fitur kemudahan tersebut, Anda tetap bisa fokus mengelola bisnis sambil mengurus website.

7. Harga Terjangkau

Meski memiliki segudang fasilitas unggulan yang menunjang pembuatan website ecommerce, hosting Niagahoster sangat terjangkau. Anda bisa mulai menggunakan hosting mulai dari Rp26.813/bulan saja. Bahkan, Anda bisa menggunakan layanan hosting bulanan yang tentu lebih terjangkau.

Yuk, Pilih Layanan Hosting untuk Ecommerce!

Memiliki website ecommerce memberikan banyak keuntungan bagi bisnis. Toko Anda bisa lebih mudah menarik konsumen karena muncul di pencarian Google dan mampu menawarkan pengalaman belanja yang unik bagi konsumen.

Website ecommerce yang baik harus didukung oleh hosting untuk ecommerce yang mumpuni. Kalau tidak, toko online Anda bisa lambat, sulit diakses, serta rentan diserang hacker. 

Untungnya, Anda sudah tahu kriteria layanan hosting yang baik untuk website ecommerce. Di antaranya, server hosting Anda harus cepat dan stabil, sumber dayanya harus besar, dan menawarkan proses upgrade paket hosting yang mudah.

Kabar baiknya, layanan hosting Niagahoster memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Jadi, tunggu apa lagi? Pilih paket hosting Anda sekarang untuk buat website ecommerce!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.