Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing

3 min read

email blast

Pada artikel Panduan Lengkap Membuat Email Marketing Efektif telah dibahas mengenai pentingnya email marketing sebagai salah satu marketing channel untuk bisnis apapun. Marketing channel ini bahkan memiliki efektivitas lebih tinggi dibanding beberapa media sosial. Selain itu, email marketing tidak membutuhkan biaya besar, mengingat tersedia berbagai layanan email blast gratis.

email blast adalah

Apa itu email blast?

Email blast adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas mengirimkan email kepada banyak penerima pada waktu bersamaan.  

Kebanyakan platform email blast digunakan untuk tujuan marketing sehingga mayoritas penyedia layanan email massal menyebut perusahaannya sebagai platform email marketing.

Untuk mengirim email marketing, Anda tidak dapat menggunakan platform penyedia email biasa seperti Gmail atau Yahoo karena jumlah email yang dikirimkan besar. Selain itu, banyak fitur email marketing yang tidak tersedia di layanan email biasa seperti email otomatis, segmentasi audiens, laporan, dan analisis performa email.

Download gratis E-Book 98 Tips Meroketkan Penjualan dengan Website

Apa yang harus diperhatikan ketika memilih platform email blast untuk marketing?

1. Tujuan Perusahaan

Sebelum memilih layanan platform email blast, Anda harus memahami tujuan seperti apa yang ingin dicapai oleh perusahaan Anda. Memahami tujuan kampanye perusahaan melalui email penting karena setiap layanan email marketing memiliki spesifikasi fitur yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai, Anda dapat memilih layanan email marketing yang paling sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda tidak akan menghamburkan uang untuk fitur yang tidak dibutuhkan.

2. Layanan Gratis atau Berbayar?

Beberapa perusahaan menyediakan layanannya secara gratis, tetapi tentu dengan fitur terbatas. Misalnya, MailChimp memungkinkan pengguna layanan gratisnya untuk mengirimkan email marketing maksimal 12.000 email per bulan kepada 2.000 subscriber atau lebih sedikit.

Untuk platform berbayar, biasanya setiap perusahaan menyediakan pilihan pembayaran per bulan atau per tahun dengan variasi harga dan fitur. Perbandingan harga dan fitur layanan email marketing akan dibahas di poin selanjutnya.

3. Template Email

email blast contoh template
Contoh template email di MailChimp

Ketersediaan template email juga perlu dipertimbangkan ketika memilih platform email blast. Dengan adanya berbagai pilihan template email, Anda bisa membuat email menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

4. Segmentasi Audiens

Segmentasi audiens email marketing bisa dilakukan berdasarkan beberapa aspek, yaitu tipe konsumen, minat konsumen, lokasi konsumen, ataupun engagement. Anda harus mempertimbangkan fitur segmentasi audiens juga agar dapat mengirimkan email yang sesuai dengan audiens yang ditargetkan.

5. Email Tersedia untuk Desktop dan Mobile Version

cara membuat email blast

Berdasarkan penelitian Forrester, sebanyak 42 persen email marketing dibuka melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa platform yang dipilih menyediakan template email yang tetap nyaman dilihat melalui perangkat mobile.

6. Customer Support

Ketersediaan customer support juga perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan email marketing agar ketika terjadi masalah pada layanan yang digunakan, Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Perlu diperhatikan bahwa beberapa penyedia layanan email marketing hanya menyediakan fitur customer support kepada pengguna berbayar. Beberapa platform bahkan menyediakan professional support untuk penggunanya yang membutuhkan konsultasi tentang email marketing.

7. Email Otomatis

Fitur email otomatis memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan email secara otomatis disesuaikan dengan perilaku penerima email. Anda bisa mengatur mengirim email otomatis ketika seseorang baru saja subscribe newsletter, ketika penerima email tidak membuka email sebelumnya, atau ketika penerima email tidak mengklik CTA di email sebelumnya.

Ketersediaan fitur ini juga perlu dipertimbangkan agar memudahkan Anda dalam mengirim email dengan konten yang berbeda kepada konsumen yang perilakunya berbeda pula.

8. Analisis Email Marketing

Setelah mengirimkan email marketing kepada konsumen potensial, Anda juga perlu mengevaluasi performa kampanye tersebut.

Anda harus mengetahui berapa banyak penerima email yang membuka email, yang mengklik tautan pada email, dan juga yang membatalkan langganan newsletter. Dengan begitu Anda bisa menganalisis keberhasilan kampanye yang Anda lakukan melalui email.

Beberapa platform menyediakan fitur analisis dan laporan secara gratis dan beberapa platform mengharuskan pengguna untuk mengakses fitur ini. Jadi Anda harus cermat dalam memilih platform yang disesuaikan dengan budget Anda.

Download Gratis E-Book Membuat Toko Online WooCommerce

Berikut beberapa platform email blast yang bisa Anda digunakan:

MailChimp

email blast mailchimp

Bagi para pemilik bisnis skala kecil dengan subscriber kurang dari 2000 akun, Mailchimp menyediakan layanannya secara gratis. Namun, pengguna layanan gratis ini hanya bisa mengirimkan email maksimal 12.000 email per bulan.

Versi gratis Mailchimp sudah meliputi

  • Template email,
  • Segmentasi audiens
  • Laporan performa email marketing.

Jika versi gratis belum memenuhi kebutuhan Anda, MailChimp menyediakan versi berbayar mulai dari 10 US Dollar per bulan.   

Vertical Response

email blast vertical response

Vertical Response juga memberikan layanan gratis yang bisa mengirimkan 4000 email per bulan kepada maksimal 300 penerima.

Versi gratis layanan ini sudah meliputi:

  • Email Editor
  • Template kompatibel untuk perangkat mobile
  • Contact list management
  • Email Welcome Otomatis
  • Facebook and Twitter Sharing
  • Report dan Analisis
  • HTML editor

Sayangnya, pada versi gratis, pengguna belum bisa mendapatkan fitur customer support. Report dan analisis pada versi gratis pun masih terbatas. Jika pengguna ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Vertical Response menyediakan layanan berbayarnya mulai dari harga 11 US Dollar.

BenchMark

email blast benchmark

Sama seperti dua layanan sebelumnya, Benchmark juga menyediakan layanan gratis. Versi gratis Benchmark memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan 14.000 email per bulan kepada maksimal 2.000 penerima.

Fitur-fitur gratis Benchmark adalah sebagai berikut:

  • Desain email
  • Template responsif
  • Sign up form
  • Email Otomatis Dasar
  • RSS Email Campaign
  • Email Delivery Management
  • Google Analytics Tracking
  • Manajemen List dan Segmentasi

Pada versi gratis Benchmark, pengguna sudah mendapatkan fitur customer support. Namun, fitur segmentasi audiens dan email otomatis yang disediakan masih terbatas. Layanan berbayar Benchmark dimulai dari harga 13.99 US Dollar per bulan.

Zoho Campaigns

email blast zoho campaign

Sama dengan MailChimp, Zoho Campaign juga menyediakan layanan gratis dengan pengiriman email maksimal 12.000 per bulan kepada 2.000 penerima.

Pada versi gratis Zoho Campaign, pengguna dapat mengakses hampir semua fitur layanan email marketing kecuali fitur marketing automation yang meliputi email otomatis berdasarkan segmentasi, email otomatis berdasarkan kalendar, hingga email otomatis berdasarkan laporan.

Layanan berbayar email marketing Zoho Campaign dimulai dari harga 5 US Dollar hingga 350 US Dollar. Anda dapat memilih layanan berbayar disesuaikan dengan jumlah penerima email marketing Anda.

Kesimpulan

Banyak layanan email blast yang tersedia secara gratis, tetapi dengan fitur-fitur terbatas tentunya. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus memahami platform seperti apa yang dibutuhkan bisnis Anda.

Platform gratis biasanya menetapkan batasan jumlah email dan jumlah penerima yang terbatas. Sedangkan layanan berbayar memungkinkan Anda untuk mengirimkan email lebih banyak dan tentu dengan fitur yang lebih lengkap pula.

Pahami betul seperti apa kebutuhan email marketing Anda sehingga tidak terjadi pemborosan dana untuk fitur-fitur yang tidak Anda butuhkan.

Demikian artikel mengenai cara memilih platform email blast untuk marketing. Klik subscribe pada blog Niagahoster untuk mendapatkan tips dan trik terbaru mengenai blog, website, web hosting, dan bisnis online. Selamat mencoba tips-tips kami!

 

0
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =