Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Panduan Lengkap Cara Membuat Sitelink di WordPress

6 min read

Panduan Lengkap Cara Membuat Sitelink di WordPress

Ketika mencari sebuah brand di Google, Anda mungkin pernah menemukan hasil pencarian berisi sitelink seperti ini:

Google Sitelink di Niagahoster

Nah, hasil pencarian di atas itu namanya Google Sitelink. Sitelink ini memiliki banyak manfaat untuk SEO website Anda, serta bisa membuat brand Anda lebih menonjol di hasil pencarian daripada hasil-hasil lain di bawahnya.

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan akan membahas secara lengkap bagaimana cara membuat Google Sitelink untuk website Anda. Bagi Anda yang ingin tampil berbeda di hasil pencarian, baca artikel ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Google Sitelink?

Google Sitelink adalah sub-pages yang ada di bawah website pertama yang muncul di hasil pencarian. Sitelink ini biasanya berisi link ke berbagai halaman terpopuler di website tersebut. 

Nah, Google Sitelink ini biasanya muncul saat Anda mencari dengan kata kunci suatu nama brand yang spesifik, misal Niagahoster.

Jumlah Google Sitelink yang muncul berbeda-beda setiap website. Bisa dua, empat, enam, atau bahkan delapan sitelink. Jumlahnya sepenuhnya ditentukan oleh Google, bukan pemilik website.

Gambar di bawah ini adalah contoh penampilan Google Sitelink yang muncul saat Anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Niagahoster”:

Google Sitelink di Pencarian Niagahoster

Google Sitelink ini dipilih oleh algoritma Google untuk membantu pengguna lebih mudah masuk ke berbagai halaman populer dari sebuah website tanpa klik sana sini. Tapi, Google kemungkinan tak menampilkan sitelink apabila Anda baru saja membuat website atau website Anda sepi dari pengunjung. 

Namun tak usah khawatir, kami akan memberikan beberapa cara mendapatkan sitelink bagi website Anda. Tapi sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kenapa Google Sitelink ini penting bagi website Anda.

Kenapa Google Sitelink Itu Penting?

Google Sitelink ini merupakan idaman bagi para pemilik bisnis dan ahli SEO karena sitelink bisa membuat brand/perusahaan lebih mencolok di hasil pencarian. Di bawah ini kami jabarkan lima alasan kenapa Google Sitelink itu penting.

1. Bisa Meningkatkan CTR

Click Through Rate (CTR) merupakan rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Umumnya, klik ini bersumber dari hasil pencarian organik. Sedangkan impression adalah jumlah munculnya halaman website Anda di hasil pencarian Google.

Berdasarkan riset dari AWR, orang-orang lebih cenderung untuk mengklik tiga hasil pencarian teratas di Google. Bisa Anda lihat pada grafik di bawah ini:

Hasil Studi CTR AWR

Grafik di atas menunjukan bahwa tiga hasil pencarian utama mendapatkan mayoritas klik. Tapi setelah itu, jumlah klik mulai turun drastis.

Nah, sitelink bisa memakan tempat sama dengan tiga hasil pencarian teratas di pencarian, lho. Selain itu, sitelink juga memberikan pengunjung jalan cepat ke berbagai halaman populer website Anda bisa mendorong mereka untuk mengkliknya.

Semakin banyak orang yang mengklik website Anda dari hasil pencarian, semakin konsisten pula ranking Anda di pencarian tersebut dan pada akhirnya meningkatkan CTR.

2. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, tidak semua website mendapatkan sitelink di hasil pencarian. Adanya sitelink menunjukkan bahwa website tersebut populer, teroptimasi dengan baik, dan Google menganggap bahwa keberadaan sitelink berguna bagi para pengunjung.

Google Sitelink ini mengambil banyak tempat di layar, lho. Baik lewat komputer atau handphone sekalipun. Ini menunjukkan bahwa Google menganggap hasil pencarian teratas ini merupakan yang terbaik dan paling relevan dibandingkan dengan hasil pencarian lainnya.

3. Meningkatkan Product Awareness

Coba lihat sitelink Niagahoster di hasil pencarian. Anda akan menemukan tautan-tautan ke berbagai produk Niagahoster. Nah, ini membuat orang-orang bisa langsung aware mengenai produk unggulannya, fitur-fiturnya, hingga lowongan pekerjaan sekalipun.

Produk Utama Niagahoster di Sitelink

Dengan munculnya berbagai produk unggulan di hasil pencarian, Google Sitelink bisa membantu pencari untuk mengenali apa produk-produk Niagahoster. Ini sangat praktis karena pencari bisa tahu sebelum mereka masuk ke website.

Cukup satu klik dan pengunjung bisa tahu informasi lengkap mengenai produk-produk Niagahoster tersebut. Sangat memudahkan dan membuat pengguna lebih tertarik untuk melakukan pembelian nantinya.

4. Pengunjung Bisa Tahu Halaman Terpopuler

Google Sitelink bisa juga berperan sebagai suatu “daya tarik” untuk website yang mempunyai banyak konten di dalamnya. Sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui mana halaman terpopuler dari website Anda di antara ratusan atau bahkan ribuan konten lainnya.

Misalnya, Anda mencari dengan kata kunci “Blog Niagahoster.” Di hasil pencarian Anda akan mendapati sitelink mengenai artikel terpopuler kami. Di antaranya seperti Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Cara Membuat Blog, hingga rekomendasi Template WordPress Untuk Company Profile.

Sitelink Blog Niagahoster

Nah, artikel-artikel terpopuler tersebut bisa menjadi daya tarik bagi orang-orang yang belum tahu Blog Niagahoster. Tak hanya itu, orang-orang yang baru ingin terjun ke dunia WordPress juga terbantu. Sebab, mereka tak merasa overwhelmed dengan banyaknya konten yang ada.

5. Membuat Pengunjung Bisa Menjelajah Website Lebih Dalam

Bagi beberapa website, Google Sitelink juga menampilkan kotak pencarian. Kotak pencarian ini membuat pengguna bisa mencari sesuatu di dalam website tersebut langsung dari Google.

Google tidak memberikan fitur ini kepada sembarang website, lho. Hanya website dengan banyak konten saja yang bisa mendapatkannya. Ini karena Google menganggap fitur ini bisa membantu pengguna melihat banyaknya konten di website tersebut.

Kami berikan contoh kotak pencarian sitelink dari IMBD. Website ini mempunyai database berisi informasi lengkap mengenai film dan serial terbaru:

Kotak Pencarian Sitelink di IMDB

Pembahasan mengenai kotak pencarian ini akan kami ulas lebih lengkap di bawah, termasuk bagaimana cara mendapatkannya. Simak terus, ya!

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Sitelink di WordPress Anda?

Anda memang tak bisa mengontrol Google untuk memberikan sitelink kepada website Anda. Namun, bukan berarti Anda hanya berdiam diri saja dan memasrahkan semuanya ke Google.

Di bawah ini kami akan menjelaskan delapan cara untuk meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan Google Sitelink.

1. Buat Nama Website yang Unik

Google Sitelink ditampilkan pada pencarian dengan keyword nama brand tertentu. Tak semua brand akan mendapatkan sitelink, melainkan hanya pada brand dengan nama unik yang berada di ranking teratas saja. 

Misalnya, Anda punya toko online dengan nama “Toko Baju Online.” Nah, nama brand seperti itu akan kesulitan mendapatkan sitelink. Sebab, search intent pengguna bukan kepada nama brand, melainkan lebih ke daftar toko baju online.

Maka dari itu, pastikan Anda membuat nama brand/website yang unik. Jika Anda kebingungan mencari nama yang cocok, kami sudah memberikan tips-tips mencari nama unik untuk website di artikel ini.

2. Dapatkan Ranking Pertama Untuk Nama Brand Anda

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Google Sitelink ini hanya diberikan kepada nama brand yang berada di ranking teratas. Jadi, usahkan nama pencarian brand Anda berada di ranking pertama Google.

Meraih ranking pertama di hasil pencarian memang membutuhkan waktu. Apalagi dengan embel-embel sitelink di bawahnya. Tapi, dengan sedikit usaha, Anda bisa saja sampai ke sana, yakni dengan mengoptimasi SEO.

Kami sudah menuliskan artikel cara optimasi SEO di sini dan juga memberikan panduan lengkapnya dalam bentuk ebook gratis yang bisa Anda unduh di sini.

3. Gunakan Data SEO yang Terstruktur

Google melakukan crawling dan indexing di website Anda. Ini bertujuan untuk mencari data yang terstruktur agar bisa lebih memahami website secara keseluruhan. Nah, data yang terstruktur ini bisa meningkatkan kesempatan Anda mendapatkan Google Sitelink.

Anda bisa menstruktur data dengan menggunakan plugin SEO, seperti Yoast SEO atau All in One SEO.

Sekali lagi kami ingatkan kalau data SEO yang terstruktur tak bisa menjamin blog/website Anda mendapatkan sitelink. Namun, cara ini bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap menerapkan cara membuat sitelink di blog/website yang satu ini.

4. Pastikan Struktur dan Navigasi Website Jelas

Struktur dan navigasi yang jelas tak hanya menguntungkan pengunjung, tapi juga pemilik website karena bisa meningkatkan kesempatannya mendapatkan sitelink. Sebab, Google bisa lebih mudah melakukan crawling dan indexing, sehingga, pengguna bisa dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.

Anda bisa mulai melakukannya dengan merapikan menu navigasi dan menerapkan navigasi breadcrumb di website Anda.

Menu navigasi yang rapi akan mudah terlihat oleh pengunjung, sehingga mereka tak kebingungan bernavigasi di website Anda. Sedangkan navigasi breadcrumb ini berfungsi selayaknya navigasi kedua setelah menu utama. Jadi pengunjung tak perlu mengulang dari awal untuk menemukan halaman dengan topik yang sama pada website Anda.

Lalu, pastikan juga untuk membuat halaman-halaman penting di website Anda seperti Kontak atau About Us. Setelah itu, buat halaman-halaman penting tersebut saling berhubungan dengan berbagai halaman lain di website Anda.

5. Buat XML Sitemap dan Masukkan Website ke Google Search Console

Sitemap XML ini memudahkan Google menganalisis semua halaman di website Anda. Jadi, dengan adanya sitemap XML ini, Google semakin mudah tahu halaman mana yang penting dan berguna untuk ditampilkan di sitelink.

Maka dari itu, Anda perlu membuat XML sitemap dan memasukkannya ke Google Search Console.

6. Biasakan Memasang Internal Link

Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Semakin banyak internal link, semakin memudahkan Google. Sebab Google bisa tahu mana halaman populer yang bisa menjadi kandidat untuk sitelink.

Lihat saja artikel ini yang mempunyai banyak sekali link ke berbagai halaman blog Niagahoster yang lainnya, terutama pada artikel-artikel terpopuler kami.

7. Perbaiki Judul Halaman Website Anda

Pastikan judul halaman Anda relevan dengan keyword yang ingin Anda dapatkan di posisi teratas pencarian Google.

Google menggunakan judul halaman untuk membuat sitelink, jadi pastikan judul halaman-halaman terpenting Anda itu relevan dengan isi halaman tersebut. Usahakan juga judulnya singkat dan mempunyai deskripsi to the point yang tak bertele-tele.

Judul halaman yang tak ada hubungannya dengan isinya akan membuat Google bingung, sehingga ranking akan jelek. Kalau sudah begini, Anda bisa  mengucapkan selamat tinggal kepada sitelink.

8. Coba Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan rasa familiar yang dimiliki orang-orang atas produk atau jasa. Semakin orang familiar dengan suatu brand, semakin sering pula mereka akan mencari nama brand tersebut di Google.

Nah, semakin banyak orang-orang yang mencari nama brand di Google, semakin tinggi pula kemungkinan untuk mendapatkan sitelink.

Kenapa seperti itu? Sebab, apabila banyak pencarian mengenai suatu brand, Google menganggap kalau sitelink bisa membantu kebutuhan mereka terkait brand tersebut. Kebutuhan seperti memudahkan membeli produk unggulan atau menemukan artikel terpopuler dengan mudah.

Bagaimana cara meningkatkan brand awareness? Ada banyak caranya dan semuanya sudah kami bahas dengan lengkap di artikel ini.

Bagaimana Menambahkan Kotak Pencarian Google Sitelink?

Kotak pencarian Google Sitelink bisa dipengaruhi dengan JSON-LD. Terdapat dua cara untuk memasang JSON-LD, yaitu dengan Yoast SEO dan plugin Sitelinks Search Box.

Apabila Anda menggunakan Yoast SEO, sudah secara otomatis akan menambahkan JSON-LD ke dalam website Anda. Namun, jika Anda bukan pengguna Yoast SEO, aktifkan saja plugin Sitelinks Search Box yang juga bisa membantu menambahkan JSON-LD ke website Anda.

Kami ingatkan kalau dua cara ini hanya mempengaruhi keputusan Google saja. Jadi, ketika Anda menambahkan JSON-LD, sitelink tidak akan langsung muncul. Keputusan akhir tetap mutlak ada di Google.

Kotak pencarian ini juga umumnya diberikan kepada website yang punya banyak konten. Misalnya, pada website IMDB seperti yang sudah kami berikan contohnya di atas tadi.

Kotak Pencarian Sitelink di IMDB

Jadi, apabila website Anda minim konten, kemungkinan besar Anda tak akan mendapatkan kotak pencarian Google Sitelink.

Kesimpulan

Mendapatkan sitelink memang mutlak keputusan Google. Terserah Google ingin memunculkan sitelink atau tidak pada suatu brand. Namun setidaknya, dengan cara-cara di atas, Anda bisa melakukan sesuatu. Seperti bisa mempengaruhi Google serta memudahkan Google untuk membaca dan menganalisis website Anda. Sehingga pada akhirnya, bisa meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan sitelink.

Kesempatan mendapatkan sitelink lebih besar nantinya juga bisa meningkatkan pencarian organik Anda. Lalu, pada akhirnya bisa memperluas brand awareness, sehingga lebih banyak orang tahu mengenai brand/website Anda.

Seperti tips SEO lainnya, mendapatkan sitelink tak bisa terjadi dalam sekejap setelah Anda menerapkan cara-cara di atas. Pastikan SEO Anda selalu teroptimisasi agar sitelink bisa lebih mudah didapatkan. Tetap sabar dan semoga sukses, ya!

5
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

One Reply to “Panduan Lengkap Cara Membuat Sitelink di WordPress”

  1. Berarti, website yang sudah memiliki sitelink itu sudah terbukti bagus di mata google. Oke, terimakasih untuk infonya. Bisa untuk bahan belajar saya hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =

[SEO Checklist]
[SEO Checklist]
[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]