Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

5 Tips Menaikkan Peringkat Website di Google

3 min read

Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

SEO dan Peringkat Website

Apa yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar istilah SEO? Mungkin keyword adalah kata pertama yang sebagian besar orang pikirkan ketika membicarakan tentang SEO.

Kebanyakan pemilik bisnis fokus pada keyword saja untuk strategi SEO mereka. Jika Anda juga melakukan hal yang sama dan belum mendapatkan hasil memuaskan, mungkin Anda perlu mencari faktor signifikan lain yang berpengaruh terhadap ranking Anda di hasil pencarian.

Alogaritma hasil pencarian tidak hanya dipengaruhi oleh keyword. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap peringkat website Anda di hasil pencarian. Beberapa di antaranya adalah berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website, broken links, jumlah view, bounce rate, kualitas inbound dan outbond link, dan masih banyak lagi.

Artikel ini akan membahas tentang berbagai aspek website usability yang mempengaruhi ranking website dan apa hubungan antara SEO dan website usability.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu website usability?

Website Usability adalah

Website usability adalah penggabungan berbagai elemen website yang berhubungan dengan conversion. Beberapa elemen website tersebut adalah:

Efektivitas: Apakah pengunjung bisa langsung mendapatkan informasi yang mereka inginkan ketika mereka mengunjungi website Anda? Misalnya, apakah mereka bisa menghubungi customer care atau membeli produk yang mereka inginkan dalam kurun waktu kurang dari 7 detik?

Efisiensi: Efisiensi adalah tambahan dari efektivitas. Berapa lama yang konsumen butuhkan untuk menyelesaikan aktivitas mereka (membeli produk, misalnya) di website Anda? Jika website Anda tidak memungkinkan konsumen untuk membeli produk dalam waktu singkat, kemungkinan besar konsumen akan meninggalkan website Anda.

Memorabilitas: Apakah pengunjung bisa menemukan kembali website Anda untuk keyword yang sama? Return traffic merupakan hal penting dalam penilaian alogaritma Google dan berpengaruh terhadap SEO website Anda.

Salah satu cara agar membuat pengunjung ingat website Anda adalah dengan menggunakan domain ekstensi baru seperti .tech, .store, .space, .fun, dan lain-lain. Domain-domain tersebut membantu Anda untuk membuat nama domain yang singkat dan unik sehingga mudah diingat pengunjung.

Misalnya, daripada membuat handmadebagsstore.com, Anda bisa membuat bags.store. Anda bisa menambahkan handmade setelah nama domain menjadi bags.store/handmade. Nama domain seperti ini lebih mudah diingat dan meningkatkan kemungkinan adanya return traffic.

Anda bisa membaca penelitian tentang ekstensi domain baru tentang bagaimana hubungan antara ekstensi domain baru dan SEO dan pengaruhnya terhadap SEO website Anda.

Error Prevention: Error di website Anda akan berpengaruh terhadap pengalaman pengunjung dan ranking SEO. Misalnya, 404 page not found error, link kedaluwarsa, atau link yang mengarahkan ke laman yang tidak sesuai.

Semua bisnis selalu mencari cara cepat untuk meningkatkan peringkat website mereka di hasil pencarian. Membangun SEO untuk bisnis merupakan investasi jangka panjang. Dan dalam bisnis jangka panjang, tidak ada jalan pintas.

SEO adalah proses panjang dan jika ada yang menjanjikan Anda akan mendapatkan hasil kilat dari SEO, perlu dipertanyakan kebenarannya.

Jadi pertanyaannya adalah….

Berapa waktu yang diperlukan untuk mendapatkan ranking di halaman pertama hasil pencarian Google? Jawabannya adalah tidak pasti. Bisa membutuhkan waktu lama, bisa juga dalam waktu singkat.

Mungkin Anda menganggap ini adalah jawaban yang tidak jelas, tetapi itulah kenyataannya. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi ranking website dan setiap kasus berbeda penanganannya.

Berikut adalah lima cara menaikkan peringkat website di Google

5 Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

1. Optimasi Website Versi Mobile

Tips ini berada di urutan pertama karena memang krusial. Dengan Google menerapkan indeks Mobile-First, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan Mobile-Friendly Test.

Anda perlu menaruh perhatian besar terhadap website mobile friendly untuk menghindari turunnya ranking website Anda di hasil pencarian di smartphone.

Tugas Anda adalah memudahkan pengunjung untuk mengunjungi website Anda di smartphone, tanpa mengganggu kegiatan mereka

17 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Website WordPress Anda

2. Lakukan SEO Audit

Sedikitnya informasi mengenai struktur informasi dan website bisa menggagalkan strategi SEO terbaik sekalipun. Alogaritma Google kurang menyukai website-website yang memiliki navigasi rumit. Buat navigasi semudah mungkin untuk pengunjung Anda.

Untuk memulainya, Anda bisa mempelajari Dasar-Dasar SEO ini. Setelah memahami dasar-dasar SEO, Anda akan memiliki wawasan lebih baik dan lebih paham apa saja yang harus diperbaiki.

3. Perbaiki Waktu Loading

Langkah ketiga (dan semua langkah di artikel ini) adalah proses yang berkelanjutan. Selalu monitor kecepatan website Anda, baik untuk desktop maupun mobile. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website Anda adalah sebagai berikut:

Ukuran File Gambar: Sebelum mengunggah sebuah gambar, Anda bisa menggunakan tools seperti TinyPNG untuk mengecilkan ukuran gambar, tanpa mengurangi kualitasnya.

Script: Sebelum mengunggah file JS dan CSS ke website, periksa kembali apakah Anda benar-benar membutuhkannya? File-file tersebut bisa memperlambat loading website. Bila memungkinkan, merge beberapa script menjadi satu file.

Cache Browser: Ketika sebuah browser menampilkan sebuah halaman website, browser juga memuat sejumlah file. File-file cache tersebut tersimpan secara lokal di komputer pengunjung. Dengan begitu, ketika pengunjung berpindah ke laman baru, file-file cache tidak perlu dimuat lagi. Sebagian besar website mengaktifkan brwoser caching dengan menambahkan kode htaccess file ke hosting atau server.

Download E-Book: Panduan SEO Meningkatkan Peringkat Website

4. Perbaiki Link Rusak

Baik link eksternal maupun internal berpengaruh terhadap peringkat website di hasil pencarian. Biasanya pemilik website mengabaikan link-link rusak tersebut. Padahal hal itu bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung ketika mengunjungi website. Anda bisa menggunakan W3C Link Checker untuk mendeteksi link rusak yang perlu diperbaiki.

5. Buat Anchor Text yang Sesuai

Walaupun sepele, anchor text berpengaruh signifikan terhadap SEO. Memiliki anchor text yang sesuai adalah hal krusial dalam membangun link. Ketika anchor text Anda sesuai dengan link yang dituju, mesin pencari mendapatkan sinyal positif tentang website Anda.

Misalnya, anchor text LeBron James Sneaker Store memuat link menuju alamat website sneaker.store/LeBronJames. Anchor text dan alamat website memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi sehingga bagus untuk SEO.

Kesimpulan

Google selalu memperbarui alogaritmanya dan bagaimana menentukan peringkat sebuah website. Lima strategi di atas sudah terbukti efektif dan Anda perlu menerapkannya secara kontinyu untuk mendapatkan hasil terbaik.

cara menaikkan peringkat website di google domain

3
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

2 Replies to “5 Tips Menaikkan Peringkat Website di Google”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =