Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Cara Menentukan Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda

3 min read

nama domain untuk bisnis kreatif

Apakah Anda bekerja di bidang seni kreatif seperti menulis, desain grafis, ilustrasi, atau komik? Dengan talenta tersebut Anda bisa menelurkan berbagai karya, baik itu di bidang seni desain grafis, menulis buku, komik, atau karya-karya seni lainnya. Sayangnya, talenta saja tidak cukup karena Anda membutuhkan modal untuk terus mengasah talenta Anda. Oleh karena itu, Anda harus pandai mengelola talenta yang Anda miliki agar bisa menghasilkan uang. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan karya Anda menggunakan website!

Website adalah media terbaik untuk mempromosikan karya-karya Anda di dunia maya!

Salah satu elemen terpenting untuk website bisnis kreatif Anda adalah nama domain! Mengapa nama domain begitu penting untuk website bisnis kreatif Anda? Sebab nama domain adalah identitas digital yang merepresentasikan bisnis kreatif Anda di dunia maya.

Nama domain yang unik dan mudah diingat adalah cara agar bisnis kreatif Anda bisa menonjol di antara bisnis serupa di internet.

Penentuan nama domain adalah langkah penting yang membutuhkan banyak pertimbangan untuk akhirnya Anda memilih satu nama domain. Ada berbagai pilihan nama domain dan Anda harus memilih salah satu yang paling menunjukkan profesionalitas Anda di bidang seni kreatif. Sebagai profesional di bidang seni kreatif tentu Anda mengerti betapa pentingnya sebuah nama sebagai identitas bisnis.

Untuk membantu Anda menentukan nama domain terbaik untuk bisnis kreatif Anda, di artikel ini saya akan memaparkan enam tips menemukan nama domain profesional untuk bisnis kreatif Anda. Berikut penjelasannya:

<

6 Tips Menentukan Nama Domain untuk Bisnis Kreatif

<

1. Pastikan Nama Domain Anda Mudah Dieja

Kalau nama Anda mudah dieja, Anda bisa menggunakannya sebagai nama domain website Anda. Akan tetapi, jika nama Anda sulit dieja, sebaiknya pertimbangkan alternatif nama lain. Terdapat berbagai alternatif untuk nama domain Anda. Salah satu contohnya adalah nama domain www.ladyin.tech. Nama domain tersebut tidak mengandung nama seseorang, tetapi nama domain tersebut menggambarkan pemilik websitenya. Nama domain tersebut menunjukkan bahwa website tersebut adalah milik seseorang yang ahli di bidang teknologi. Dengan adanya macam-macam ekstensi domain, Anda bisa lebih kreatif untuk memberi nama domain website seperti www.ladyin.tech.  

2. Pertimbangkan untuk Membuat Brand Sendiri>Nama domain tidak hanya sekadar nama, tetapi juga menjadi brand atau merek bisnis kreatif Anda. Brand atau merek adalah cara terbaik untuk mempromosikan karya-karya Anda. Selain itu, dengan adanya nama brand atau merek, orang-orang akan lebih serius mempertimbangkan karya-karya yang Anda buat. Sebab nama brand membuat Anda bukan lagi hanya individu yang iseng membuat karya, tetapi sebuah entitas bisnis kreatif profesional.

3. Buat Nama Domain yang Singkat dan Mudah Diingat>Secara teknis, sebenarnya batas maksimum nama domain untuk website adalah 63 karakter. Namun, bukan berarti Anda harus membuat nama domain yang panjangnya hingga 63 karakter. Anda bisa saja membuat nama domain sepanjang itu, tetapi tidak ideal. Nama domain ideal adalah yang singkat dan mudah diingat.

4. Pilih Ekstensi Domain yang Tepat>Kini pilihan ekstensi domain semakin beragam. Pilihan ekstensi domain Anda tidak terbatas hanya pada .COM, .CO.ID, dan .NET saja. Terdapat lebih dari 1200 pilihan ekstensi domain yang bisa Anda gunakan. Dari 1200 pilihan ekstensi domain tersebut terdapat beberapa ekstensi domain yang cukup populer digunakan di kalangan bisnis kreatif. Beberapa di antaranya adalah .TECH, .SPACE, .WEBSITE, .SITE, .ONLINE, .STORE, .PRESS, dan .FUN.

Baca Juga: Domain .COM Tidak Tersedia? 7 Domain Unik Ini Bisa Jadi Alternatif!

5. Hindari Angka dan Tanda Penghubung>Nama domain ideal adalah nama domain yang singkat dan mudah diingat. Beberapa unsur yang perlu Anda hindari dalam penamaan domain adalah angka, tanda penghubung, dan akronim. Angka bisa membingungkan orang dalam ejaannya. Misalnya, nama brand Anda adalah Kelas Dua. Nama domain ideal untuk brand tersebut adalah www.kelasdua.com, bukan www.kelas2.com.

Begitu juga dengan tanda hubung. Tanda hubung membuat nama domain Anda sulit diingat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tanda hubung seperti strip (-) dan underscore (_).

Sebelum menentukan nama domain, Anda bisa mengetesnya terlebih dahulu dengan menggunakan metode Radio Test. Radio Test adalah metode untuk mengecek apakah nama domain Anda sudah cukup mudah diingat ketika diucapkan di siaran radio. Anda tidak perlu mengetesnya di siaran radio secara langsung, tetapi cukup membayangkan menjadi pendengar radio.

Misalnya, Anda sudah mempersempit calon nama domain menjadi dua pilihan. Pilihan pertama adalah www.elisha4tech-news.com dan pilihan kedua adalah www.elisha.tech. Bayangkan ketika dua nama domain tersebut disebutkan dalam sebuah siaran radio. Nama domain mana yang terdengar lebih mudah untuk diingat? Tentu pilihan kedua yang lebih mudah disebutkan dan diingat.

6. Temukan Kombinasi Kata Kreatif>Bisa jadi Anda sudah menemukan dua kombinasi kata yang terdengar unik dan kreatif secara lisan. Misalnya, nama IT Scrap adalah kombinasi kata yang unik dan kreatif untuk nama brand untuk sebuah perusahaan daur ulang teknologi. Akan tetapi, ketika keduanya digabungkan sebagai nama domain (Contoh: www.itscrap.com), kombinasi kedua kata tersebut bisa menyebabkan salah paham. Di contoh tersebut IT Scrap bisa disalahpahami sebagai It’s Crap yang artinya adalah sampah.

Ketika mendaftarkan sebuah nama domain, selalu ingat bahwa nama domain tersebut akan Anda gunakan untuk waktu yang lama dan kesalahan memilih nama domain bisa merugikan Anda.

Sebagai profesional di bidang kreatif, karya Anda adalah aset terbesar Anda dan agar aset tersebut bisa dikenal oleh orang banyak di internet Anda membutuhkan identitas online yang baik, yaitu nama domain. Nama domain tersebut yang akan Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan calon klien dan rekan kerja Anda. Oleh karena itu, nama domain Anda harus kreatif, tetapi tetap menunjukkan profesionalitas Anda.

Saya harap enam tips di atas bisa membantu Anda menentukan nama domain terbaik untuk bisnis kreatif Anda. Selamat berkarya!

 

2
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 19 =