Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

5 Tips Memilih Nama Domain Unik dan Menarik untuk UKM

2 min read

Banyak pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tidak menyadari betapa pentingnya memilih nama domain penting untuk usahanya. Pada era digital ini, eksistensi di dunia maya merupakan hal wajib bagi semua UKM. Meskipun sudah banyak pelaku UKM yang memiliki website, masih banyak di antaranya yang kesulitan menemukan nama domain terbaik untuk usahanya.

Menemukan nama domain yang tepat merupakan tantangan bagi kebanyakan pelaku UKM. Namun, di saat yang sama menentukan domain yang tepat juga bisa menjadi kesempatan bagus, terutama dengan adanya ekstensi domain baru.

Ekstensi domain baru memungkinkan Anda untuk memiliki nama domain bisnis yang unik dan mudah diingat. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk melakukan branding untuk UKM yang Anda kelola. Artikel ini akan memandu Anda bagaimana cara menentukan nama domain yang unik dan sesuai untuk UKM Anda menggunakan ekstensi domain baru. Berikut tips memilih nama domain untuk bisnis Anda:

1. Pahami Tujuan Anda

Banyak cara untuk mendeskripsikan UKM Anda melalui nama domain. Mungkin hal ini bukan masalah bagi perusahaan besar yang sudah memiliki pelanggan banyak. Berbeda dengan kebanyakan UKM yang mulai dari awal dan harus mengenalkan bisnisnya ke calon pelanggan.

Ekstensi domain baru bisa membantu Anda mendeskripsikan tujuan usaha Anda. Misalnya, Anda ingin membuka sebuah co-working space. Anda bisa membuat nama domain Anda menjadi www.funwork.space. Tentu nama domain tersebut lebih singkat dan mudah diingat dibanding nama domain seperti www.funworkspace.com.

2. Analisis Kompetitor

Dengan terus bertambahnya UKM baru setiap harinya, Anda tentu harus bisa menonjol di antara UKM lainnya. Oleh karena itu, dalam penentuan nama domain, Anda juga perlu melihat bagaimana kompetitor membuat nama domain untuk bisnis mereka. Setelah itu Anda bisa membuat nama domain yang lebih menarik dan unik dibanding kompetitor. Temukan istilah di industri Anda yang bisa dipakai untuk membuat UKM Anda lebih diingat dibandingkan dengan kompetitor lainnya. Contohnya, jika usaha Anda bergerak di bidang kue, Anda bisa membuat nama www.pesankue.online.

3. Pahami Konsumen Anda

Bayangkan konsumen Anda sedang mempromosikan UKM Anda kepada teman-temannya. Apakah nama domain Anda sudah cukup mudah untuk diingat oleh mereka? Membuat nama domain yang singkat biasanya lebih baik. Hindari penggunaan tanda penghubung, angka, ejaan tidak wajar yang bisa mengakibatkan konsumen lupa atau typo ketika menulis nama domain Anda.

Selain singkat, mudah dieja, dan mudah diingat, nama domain Anda juga harus bisa menggambarkan UKM yang Anda kelola. Ekstensi domain baru dapat membantu Anda untuk membuat nama domain yang singkat, mudah dieja, dan tentunya mudah diingat untuk semua orang.

4. Gunakan Nama Bisnis UKM Anda Sebagai Nama Domain

Website Anda merupakan elemen penting dalam eksistensi UKM Anda di dunia maya. Setelah melalui pertimbangan panjang, Anda sudah mendapatkan nama yang cocok, tetapi bisa jadi nama domain yang Anda inginkan sudah didaftarkan orang lain. Apalagi jika Anda berencana untuk menggunakan ekstensi domain .COM atau .CO.ID yang sangat populer.

Tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkan nama domain yang masih relevan menggunakan ekstensi domain baru. Dengan ekstensi domain baru, Anda bahkan bisa membuat nama domain yang lebih unik dan menarik. Dan tentunya Anda bisa memasukkan nama UKM Anda dalam domain, tanpa perlu khawatir nama domain tersebut sudah digunakan orang lain.

Baca juga: Mengapa UKM Memerlukan Desain Logo Profesional?

5. Kreatif dengan Kata Kunci

Kreativitas Anda diuji ketika menentukan nama domain untuk UKM. Anda dituntut untuk membuat nama domain yang unik, menarik, dan mudah diingat oleh semua orang. Selain itu, nama domain Anda juga sebaiknya mengandung satu kata kunci bervolume tinggi yang berkaitan dengan industri Anda.

Dengan ekstensi domain baru, Anda bisa membuat nama domain yang unik sekaligus mengandung kata kunci bervolume tinggi. Misalnya, Anda mengelola sebuah usaha jasa pembuatan website. Anda bisa membuat nama domain seperti www.jasapembuatan.website.

Memilih nama domain yang mengandung kata kunci dengan volume pencarian tinggi memudahkan Anda dalam optimasi SEO agar mendapatkan ranking bagus di hasil pencarian. Walaupun algoritma SEO terus berubah, tidak ada salahnya untuk memiliki nama domain yang mengandung kata kunci bervolume tinggi.

Baca Juga: Domain .COM Tidak Tersedia? 7 Domain Unik Ini Bisa Jadi Alternatif

Kesimpulan

Memilih nama domain yang merepresentasikan UKM Anda dapat membantu branding usaha Anda untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama. Ekstensi domain baru memudahkan para pelaku UKM untuk menemukan nama domain yang cocok dengan bisnisnya, murah, dan unik. Dengan begitu nama domain UKM Anda lebih mudah diingat oleh konsumen.

Anda tidak harus selalu bergantung pada ekstensi domain populer seperti .COM atau .CO.ID. Tersedia berbagai pilihan ekstensi domain yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis UKM Anda. Dengan adanya ekstensi domain baru, tidak ada batasan lagi bagi Anda untuk bisa berkreasi membuat nama domain unik, menarik, dan mudah diingat.

1
Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 14 =