Muhammad Ariffudin Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Kenapa Punya Satu Domain Saja Tidak Cukup? Ini 5+ Alasannya!

4 min read

[FI] Kenapa Punya Satu Domain Saja Tidak Cukup Ini 5+ Alasannya!

Memilih nama domain yang tepat wajib Anda perhatikan ketika bisnis Anda go online. Tapi tahukah Anda, punya satu domain saja tidak cukup? Anda perlu memesan beberapa domain sekaligus untuk kebutuhan bisnis.

Loh, kenapa begitu? Tenang, jawabannya ada di artikel ini kok. Kali ini, Anda akan belajar kenapa bisnis Anda sebaiknya punya lebih dari satu domain.

Penasaran kan? Simak artikel ini hingga tuntas, ya!

6 Alasan Kenapa Anda Perlu Punya Lebih dari Satu Domain

Mungkin sebelumnya, Anda sudah familiar dengan apa itu domain dan seluk-beluknya. Nah, berikut ini beberapa alasan kuat kenapa bisnis Anda wajib punya banyak domain sekaligus:

  1. Menghindari Error Karena Typo Pengunjung
  2. Melindungi dan Memperkuat Branding
  3. Meningkatkan Performa SEO
  4. Memudahkan Kegiatan Promosi
  5. Memperluas Jangkauan Pasar
  6. Harga Domain Semakin Naik

Sudah siap? Langsung saja menuju ke alasan yang pertama!

Baca juga: Perbedaan Domain dan Hosting + Cara Kerjanya

1. Menghindari Error Karena Typo Pengunjung

menghindari error karena typo pengunjung

Kesalahan penulisan atau typo pasti terjadi pada semua orang. Termasuk, ketika pengunjung menulis URL website Anda di browser. Meski tergolong lumrah, hal ini cukup mengganggu kan?

Alih-alih website Anda yang terbuka, malah halaman error yang muncul. Tapi sebenarnya, hal ini bisa diakali jika Anda membeli beberapa variasi nama domain. Loh, bagaimana bisa?

Contoh kasusnya begini. Google membeli beberapa variasi domain seperti Googel.com dan Gooogle.com, untuk mengakomodasi pengunjung yang salah menulis URL asli.

Setelahnya, Google melakukan redirect dari beberapa ‘URL typo’ tadi ke ‘URL asli’ yaitu Google.com. Solusi yang brilian bukan?

Nah, Anda juga bisa mencontek strategi milik Google. Beli domain baru, lalu redirect ke domain asli. Jadi, website Anda tetap dikunjungi meski pengguna sering salah mengetik URL.

Baca juga: 10 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Anda

2. Melindungi dan Memperkuat Branding

Membeli beberapa nama domain dapat melindungi sekaligus memperkuat branding bisnis Anda. Kenapa demikian?

Mencegah Domain Tiruan

Kompetitor bisa saja membeli domain serupa dan menyebabkan kebingungan bagi pelanggan. Atau lebih parah, mengarahkan pelanggan Anda ke bisnis mereka dengan domain tiruan.

Coba bayangkan hal ini. Anda berbisnis fashion online di website hannaclothing.com. Ternyata, ada kompetitor yang meniru bisnis fashion Anda dengan website hannaclothing.id.

Apabila pelanggan Anda tidak teliti dalam menulis nama domain, mereka bisa saja salah masuk ke website kompetitor. Nah, membeli beberapa ekstensi domain berbeda bisa mencegah hal ini terjadi.

Memudahkan Rebranding

Rebranding adalah hal yang lumrah terjadi di dunia bisnis. Jika bisnis Anda akan melakukan rebranding, langsung saja beli domain baru yang sesuai. Namun, jangan lepaskan domain lama Anda, ya.

Alasannya, tidak semua pelanggan sadar bahwa nama bisnis Anda telah berubah. Jadi, Anda perlu me-redirect pelanggan yang mengunjungi URL lama ke URL baru yang telah rebranding. Dengan begitu, Anda mengenalkan brand baru secara  lebih mulus.

Baca juga: Strategi Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda

Memahami Karakteristik Konsumen

Perlu Anda ketahui, konsumen tidak selalu menyebut nama bisnis Anda secara resmi. Contoh kasusnya, banyak orang menyebut Coca Cola sebagai Coke. Padahal, nama resmi brand tersebut adalah Coca Cola.

Maka dari itu, Coca Cola juga membeli domain Coke.com. Nah, pengguna yang mengunjungi URL tersebut akan otomatis di-redirect ke website resmi Coca-Cola.com. Trik dari Coca Cola tadi bisa Anda tiru loh.

Dengan kata lain, membeli domain tambahan dapat memudahkan Anda menjangkau calon pelanggan yang mengenal bisnis Anda dengan nama lain.

Memanfaatkan TLD Baru

Membeli nama domain yang sama dengan ekstensi top-level-domain (TLD) berbeda bisa membuka peluang baru untuk bisnis Anda. Apa maksudnya?

Katakanlah, Anda berjualan gadget di website bernama reginagadget.com. Selain ekstensi .COM, Anda juga bisa membeli domain baru seperti reginagadget.store, yang bisa Anda pakai di halaman khusus penjualan.

Hal ini berguna untuk meningkatkan trafik, bahkan transaksi pengunjung. Tak hanya itu, memiliki berbagai variasi domain bisa membuat bisnis Anda terlihat lebih unggul di hadapan kompetitor.

Baca juga: 3+ Kegunaan Domain .STORE yang Belum Banyak Diketahui

3. Meningkatkan Performa SEO

meningkatkan performa seo

Memiliki lebih dari satu domain ternyata berdampak positif untuk SEO. Bisa dibilang, hal ini bisa meroketkan ranking website di hasil pencarian. Tapi, ada trik khususnya nih.

Caranya dengan me-redirect trafik dari domain tambahan menuju domain utama, memanfaatkan Redirect 301. Nah, redirect yang satu ini bisa memindahkan trafik antar domain secara permanen.

Tenang, Google tidak akan mem-banned Anda di mesin pencari karena praktik redirect ini kok. Justru, redirect 301 semakin memudahkan website Anda terindeks di Google.

Dan lagi, cara melakukan redirect 301 ini sangat gampang kok. Anda bisa me-redirect menggunakan .htaccess, plugin WordPress Redirection, atau memanfaatkan fitur Redirects di cPanel.

Baca juga: Domain .COM Tidak Tersedia? 7 Domain Unik Ini Bisa Jadi Alternatif

4. Memudahkan Kegiatan Promosi

memudahkan kegiatan promosi

Jika bisnis Anda sering mengadakan kegiatan promosi, campaign, atau event spesial, Anda perlu memiliki domain spesifik untuk setiap event. Alasannya simpel, agar pengguna tertarik untuk berkunjung ke website.

Sebagai contoh, Anda menjual keripik di website keripikpedassuneo.com. Kebetulan, keripik Anda punya varian baru, yakni rasa udang. Nah, Anda bisa memakai domain baru keripikudangsuneo.com untuk mengenalkan produk tersebut.

Singkatnya, Anda bisa mendaftarkan domain baru berkaitan dengan event yang dimaksud. Kemudian, membuat landing page khusus untuk mendukung event tersebut.

Tapi ada satu hal yang perlu diingat, terutama jika campaign Anda bersifat sementara. Setelah event berakhir, selalu menonaktifkan domain, menyembunyikan landing page, dan mengupdate sitemap.

Tujuannya agar website sementara tersebut tidak lagi terindeks di mesin pencari, dan malah merusak ranking milik website utama.

Baca juga: Cari Domain Murah? Dapatkan Promo Domain ID Murah di Sini!

5. Memperluas Jangkauan Pasar

memperluas jangkauan pasar

Apakah Anda pernah berpikir memperluas bisnis hingga pasar internasional? Jika ya, punya aneka domain ekstensi internasional wajib Anda lakukan. 

Memang sih, go internasional tidak segampang itu. Tapi, Anda bisa mencicil persiapannya dari sekarang kok. Yang paling mudah tentu saja membeli domain berekstensi asing, seperti .US, .ASIA, atau .UK. Siapa tahu, bisnis Anda benar-benar go internasional di masa depan.

Kebetulan, domain internasional sangat berguna untuk Global SEO. Dengan domain dan website khusus untuk bahasa atau area tertentu, bisnis Anda jadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari wilayah bersangkutan.

Baca juga: Punya Startup? Gunakan Saja Domain .TECH

6. Harga Domain Semakin Naik

Alasan terakhir kenapa Anda harus punya lebih dari satu domain tidak lain karena harga domain kian naik. Contohnya, harga domain .ID bakal naik dari Rp200 ribuan jadi Rp230 ribuan mulai 1 April 2022 nanti.

Loh, kok bisa? Iya, karena pemerintah menaikkan tarif PPN menjadi 11%. Makanya, harga barang kena pajak termasuk domain juga ikut naik. Nah, Anda yang sudah lama mengincar nama domain .ID disarankan membeli sekarang juga.

Hal ini juga berlaku untuk ekstensi domain lain. Lebih baik segera membeli, siapa tahu harga domain idaman Anda malah naik di masa mendatang. Atau yang lebih parah, domain tersebut sudah dibeli orang lain.

Daripada menyesal belakangan, kan?

Baca juga: 5 Kelebihan Domain ID yang Wajib Anda Ketahui

Sudah Punya Domain Incaran? Beli Sekarang Juga!

Di artikel ini, Anda telah menyimak beberapa alasan kenapa harus punya lebih dari satu domain. Mulai dari memperkuat branding, meningkatkan performa SEO, hingga memudahkan kegiatan promosi.

Jika Anda sudah ada gambaran nama domain baru, segera amankan sekarang juga. Jangan sampai harganya naik, atau malah direbut kompetitor. Anda bisa membeli di layanan penyedia domain, seperti Niagahoster.

Kenapa harus beli domain di Niagahoster?

Pertama, Niagahoster adalah layanan penyedia domain terpercaya dengan akreditasi ICANN. Kedua, tersedia berbagai ekstensi domain untuk Anda pilih. Ketiga, harganya super terjangkau, mulai Rp14 ribuan saja!

Selain itu, biaya transfer domain di Niagahoster juga sangat terjangkau! Jadi, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk beralih dari penyedia domain lain ke Niagahoster.

Tunggu apa lagi, yuk amankan domain impian Anda sekarang dengan membeli domain murah Niagahoster!

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik tombol Subscribe agar tak ketinggalan update terbaru kami. Sampai jumpa lagi!

Muhammad Ariffudin Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Leave a Reply

Your email address will not be published.