Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Domain .COM Tidak Tersedia? Coba 7 Domain Unik Ini!

4 min read

domain unik

Anda pasti sudah tahu tentang apa itu domain, kan? Intinya, agar alamat website Anda mudah diingat, Anda harus menggunakan domain yang unik dan juga memorable. Gunakan juga ekstensi yang populer, seperti .com.

Domain .com sendiri adalah domain paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Setidaknya terdapat sekitar 130 juta situs yang menggunakan domain .COM.

Walau begitu, di luar sana masih banyak alternatif ekstensi domain unik yang bisa Anda pilih selain .com. Mau tahu apa saja listnya? Yuk simak selengkapnya di bawah!

Apa itu Domain Unik?

Ada tujuh ekstensi domain unik terpopuler yang bisa Anda jadikan alternatif, yaitu .ONLINE, .STORE, .TECH, .FUN, .SPACE, .SITE, dan .WEBSITE.

Ketujuh domain tersebut merupakan bagian dari nLTDs. Apa itu nLTDs? Sebelum membahas nLTD, sebaiknya saya bahas sedikit tentang TLD agar Anda bisa mendapatkan pemahaman lebih lengkap.

TLD atau Top Level Domain adalah bagian terakhir dari sebuah nama domain atau bagian setelah simbol (dot). Nah, TLD sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu ccTLD, gTLD, dan nTLD.

ccTLD atau Country Code Top Level Domain adalah domain yang menunjukkan kode suatu negara. Setiap negara punya ccTLD masing-masing. Misalnya, Indonesia punya .ID, India punya .IN, Malaysia punya .MY, Inggris punya .UK, dan lain-lain.

gTLD atau Generic Top Level Domain adalah domain yang bisa didaftar oleh siapa saja dan tidak berkaitan dengan letak geografis tertentu seperti .NET, .COM, .ORG, dan .INFO.  

nTLDs adalah kepanjangan dari New Top Level Domains. nTLDs dirilis oleh ICANN pada tahun 2012 sebagai bentuk inovasi dan untuk memberikan lebih banyak pilihan domain bagi konsumen. Nah, tujuh ekstensi domain yang disebutkan di atas adalah bagian dari nTLD ini.

Dengan kata lain, adanya nTLD memungkinkan Anda untuk memilih berbagai ekstensi domain secara fleksibel. Tapi sebetulnya manfaat domain untuk bukan hanya untuk gaya-gayaan saja lho. Masih ada beberapa manfaat domain unik lainnya yang perlu Anda ketahui.

5 Alasan Menggunakan Domain Unik

Berikut adalah beberapa manfaat domain unik yang tentunya amat sayang jika dilewatkan:

Potensinya Sama dengan .COM

Apa alasan beli domain unik selain .COM? Jawabannya adalah jenis ekstensi ini mendapatkan perlakuan yang sama di hasil pencarian Google. Pernyataan ini bukan muncul dari saya, tetapi dari Google sendiri.

Google sudah memastikan bahwa semua ekstensi domain, baik gTLD (seperti .COM, .ORG, dll) dan nTLD (seperti .STORE, .TECH, dll) memiliki nilai yang sama di mesin pencari Google. gTLD tidak lebih baik dari nTLD. Begitu juga sebaliknya, nTLD tidak lebih baik dari gTLD.

Jadi, bagi Anda yang ragu kalau ekstensi domain unik akan berpengaruh buruk ke SEO website, tidak perlu khawatir lagi karena hal tersebut hanyalah mitos belaka.

Aman Digunakan

Selain itu, seorang Ahli SEO, Bill Hartzer juga menyatakan bahwa ekstensi domain unik aman untuk digunakan.

Menurut Bill, jika tidak menggunakan kriteria lain, domain general (gTLD) dan domain unik (nTLD) memiliki potensi yang sama untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google.

Bill Hartzer juga menambahkan nama domain seperti .ONLINE, .STORE, .TECH, .FUN, .SPACE, .SITE, dan .WEBSITE tidak memiliki rekam jejak yang buruk sehingga aman untuk digunakan dan tidak akan memberikan efek negatif pada SEO website Anda.

Google Menggunakan Domain Unik!

Ada satu fakta menarik lagi agar membuat Anda lebih yakin untuk membeli domain unik, yaitu Google juga merupakan salah satu perusahaan yang menggunakannya!

Dilansir dari blog resmi Radix, Google secara resmi membeli domain business.site untuk menyediakan website bagi para pelaku UKM di seluruh dunia, sebagai salah satu fitur dari Google Bisnisku (Google My Business). Indonesia pun adalah salah satu negara yang dapat menikmati fitur tersebut.  

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .NET yang Harus Anda Tahu

Perusahaan Besar Juga Tidak Ragu Menggunakan Domain Unik

Google bukan satu-satunya perusahaan yang menggunakan domain unik. Berbagai perusahaan besar pun mulai menggunakan jenis domain ini. Beberapa di antaranya yang cukup terkenal adalah Emirates Store, Consumer Electronic Show (CES), Asgardia, dan Radix.

Penyanyi terkenal Lorde bahkan juga menggunakan domain .STORE untuk toko online resmi merchandise-nya.

Baca Juga: Mengenal Domain .IN dan Perbedaannya dengan .COM

Domain Unik Jauh Lebih Murah

Alasan terakhir adalah yang paling penting, yaitu harga domain unik jauh lebih murah dibandingkan dengan domain general seperti .COM.

Anda bisa mendapatkan nama domain unik yang murah mulai dari harga 14 ribu rupiah saja! Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan .COM.

Sudah cukup yakin untuk menggunakan nama domain unik baru? Berikut tujuh jenis domain yang bisa Anda pilih untuk website Anda.

infografis domain unik terbaik

7 Domain Unik yang Patut Anda Ketahui

.ONLINE

Di antara tujuh ekstensi domain unik, domain .ONLINE adalah yang paling banyak digunakan, dengan jumlah pengguna sebanyak 809.935 domain.

Ekstensi domain ini cocok digunakan untuk blogger atau startup. RADIX menggunakan domain .ONLINE untuk laman yang memperkenalkan domain baru.

www.newdomains.online

.STORE

domain unik emirates

Anda berencana membuat website toko online? Domain .STORE bisa menjadi pilihan Anda. Biasanya ekstensi domain .STORE digunakan untuk website-website toko online.

Sampai saat ini sudah ada sekitar 186.195 website yang menggunakan domain .STORE. Banyak juga perusahaan atau merek terkenal yang menggunakan domain ini. Beberapa di antaranya adalah toko online resmi Emirates dan penyanyi Lorde

www.emirates.store

www.lorde.store

.TECH

domain unik ces

Bagi Anda yang menjual produk teknologi, mengelola blog teknologi, atau memulai startup, domain TECH bisa menjadi domain pilihan Anda.

Berbagai perusahaan dan organisasi yang bergerak di bidang teknologi sudah mulai menggunakan domain ini. Consumer Technology Association (CTA) memanfaatkan domain TECH untuk website resminya dan juga untuk website resmi pameran tahunannya, yaitu Consumer Electronic Show.

Berapa jumlah penggunanya saat ini? Sebanyak 192.554 website sudah menggunakan domain ini dan terus bertambah setiap harinya. Mungkin Anda selanjutnya?

www.ces.tech

.FUN

Kalau Anda mengelola blog atau website yang kebanyakan membahas tentang dunia hiburan seperti berita selebritas, travel, fashion, dan life style, Anda dapat menggunakan domain FUN.

www.kitch.fun  

Jumlah website yang menggunakan domain ini juga cukup banyak, yaitu 108.554 domain.

.SITE

Dari perusahaan-perusahaan besar, bukan hanya Emirates yang menggunakan nama domain unik. Google pun menggunakan salah satu domain unik untuk menyediakan website gratis untuk para UKM, yaitu .SITE.

Nama domain ini sudah digunakan oleh lebih dari 11 juta pengguna dari seluruh dunia. Berdasarkan penelitian SEDO, marketplace domain terbesar di dunia, domain SITE berada di posisi ketiga dari 10 besar domain baru dengan potensi paling tinggi untuk sukses.

.SPACE

domain unik space asgardia

Nama domain ini cocok bagi Anda yang ingin membuat website dengan konsep kreativitas tanpa batas atau website yang berkaitan dengan antariksa. Salah satu website terkenal yang menggunakan nama domain ini adalah Asgardia.

Selain Asgardia, ada 213.680 pengguna domain SPACE yang tersebar di seluruh dunia.

www.asgardia.space

.WEBSITE

domain unik website radix

Domain .WEBSITE juga bisa menjadi pilihan ekstensi nama domain Anda. Nama domain ini cocok untuk jenis website apa saja. Pengguna domain WEBSITE cukup banyak, yaitu 216.380 domain. Salah satu website terkenal yang menggunakan domain unik ini adalah RADIX.

www.radix.website

Yuk Gunakan Domain Unik untuk Website Anda!

Banyak nama domain yang bisa Anda pilih. Bukan hanya .COM. Domain .COM hanya salah satu dari sekian banyak ekstensi domain yang tersedia. Tujuh nama domain di atas adalah beberapa nama domain yang bisa Anda jadikan pilihan.

Selain ketujuh ekstensi domain tersebut, saran kami Anda bisa mempertimbangkan domain .id sebagai opsi yang bagus. Niagahoster menjual domain .id murah dengan support 24/7!

Anda tidak perlu khawatir tentang pengaruh nama domain ke SEO karena nama domain unik memiliki potensi yang sama dengan domain .COM untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.

Domain-domain tersebut juga aman karena tidak pernah ditemukan sejarah penggunaannya untuk hal-hal buruk.

Dan yang paling penting adalah harganya jauh lebih murah dibandingkan domain .COM! Dengan uang 14 ribu rupiah, Anda sudah bisa membeli satu domain unik. Selain itu jika beruntung Anda juga bisa mendapatkan domain gratis dari kami.

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *