Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Mengenal Domain .IN dan Perbedaannya dengan .COM

2 min read

Panduan Addon Domain di CyberPanel

Website dengan akhiran .COM sih sudah biasa… Tapi, pernahkah Anda mendengar website dengan domain .IN?

Mendengarnya saja, mungkin kesan Anda langsung melayang ke India. Tapi memang tidak salah, domain .IN memang masih berhubungan dengan India, lho. Sama seperti domain .EU untuk inisial Eropa, ataupun .US untuk Amerika Serikat.

Nah, Anda ingin mengenal domain ini lebih jauh? Mari simak artikel ini!

Apa Itu Domain .IN?

Domain .IN adalah domain untuk kode negara India. Meski begitu, sebenarnya siapapun bisa menggunakan domain ini. Termasuk Anda yang tidak berasal ataupun berada di India.

Meski begitu, website yang menggunakan domain ini biasanya secara spesifik ingin lebih mudah menjangkau target audiens yang berada dalam wilayah India.

Contohnya, website Startup India Hub. Sebagai info, ini adalah platform supaya sesama startup di India bisa saling terhubung dan berinteraksi.

contoh website dengan domain .IN

Dengan memilih .IN, website Startup India Hub menjangkau audiens yang 96% ada di wilayah India. Dengan kata lain, target pasar Startup India Hub pun terpenuhi.

persentase pengunjung website domain .IN

Meski begitu, itu hanya sekilas dari beberapa kegunaan domain .IN. Lebih lengkapnya lagi, silakan simak penjelasan di bawah.

Baca Juga: Apa itu Domain?

Kegunaan Domain .IN

Kira-kira, .IN bisa untuk apa ya? Yuk lihat kegunaan domain .IN!

1. Membangun Branding Sebagai Bisnis Lokal

Mirip seperti orang Indonesia, orang India menyukai produk dari bisnis lokal. Faktanya, sejak pandemi COVID-19 sebanyak 45% orang India beralih ke produk lokal.

Nah dengan memakai .IN, branding perusahaan Anda sebagai bisnis lokal pun lebih kuat. Sebab, orang-orang lebih mudah mengenali toko Anda sebagai bisnis dari India.

2. Memperkuat Local SEO

Local SEO adalah upaya untuk menampilkan bisnis di pencarian lokal. Sehingga, Anda lebih mudah menjaring target audiens spesifik di wilayah geografis tertentu.

Menggunakan .IN, Google akan menganggap bahwa bisnis Anda berbasis di India. Dengan begitu, peluang situs untuk muncul di hasil pencarian India pun lebih besar.

Baca Juga: Belajar SEO

3. Menjangkau Target Pasar India

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kegunaan domain IN. adalah menjaring target pasar India. Semakin mudah situs Anda muncul di hasil pencarian India, makin banyak target audiens yang menemukan web Anda.

3+ Perbedaan Domain .COM dan .IN

Dibandingkan .IN, mungkin penggunaan domain .COM mungkin lebih umum. Pertanyaannya, apa sih perbedaan domain .COM dengan domain .IN? Mari tengok penjelasannya:

1. Jenis Top Level Domain

Perbedaan mendasar dari domain .COM dan domain .IN adalah pada jenis top level domain-nya (TLD), alias ekstensi website-nya. 

Domain .IN adalah Country Code Top Level Domain (ccTLD), alias TLD yang mewakili negara tertentu. Sedangkan .COM merupakan Generic Top Level Domain (gTLD) karena penggunaannya cukup umum.

Meski begitu, sebenarnya siapapun bisa menggunakan baik domain .COM ataupun .IN. Hanya saja, .IN lebih bagus jika Anda ingin menjangkau pasar India.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .ID

2. Daya Tarik

Secara umum daya tarik domain .COM memang lebih banyak dibandingkan domain. Namun di India, popularitas domain .IN juga cukup bagus. Terutama untuk penggunaan bisnis lokal ataupun usaha yang berbasis di India.

3. Kredibilitas

Domain .COM dan .IN sama-sama menawarkan kesan kredibel yang bagus. Hanya saja, penggunaan .IN lebih cocok untuk meningkatkan kredibilitas dan branding bisnis yang berkaitan dengan India.

4. Optimasi SEO

Untuk optimasi SEO, .COM mungkin lebih familiar bagi Google. Sebab, sudah banyak brand, baik yang lama ataupun baru, menggunakan domain ini. Sehingga, kredibilitasnya sudah dikenali.

Meski begitu, .IN bagus untuk Anda yang ingin mengejar optimasi local SEO. Mengingat domain .IN termasuk dalam ccTLD, potensinya untuk muncul pada halaman pencarian India pun cukup besar.

Baca Juga: Panduan Domain untuk Pemula

Cara Mendapatkan Domain .IN

Setelah mengetahui berbagai kelebihan domain .IN, mungkin Anda tertarik untuk menggunakannya. Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan domain .IN?

Gampang saja, Anda bisa kok mendaftarkan domain ini di Niagahoster. Harga domain .IN juga cukup terjangkau, Rp150ribu saja per tahunnya. Selain itu, tidak ada persyaratan khusus yang harus Anda penuhi.

harga domain .IN di Niagahoster

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .NET yang Harus Anda Tahu

Yuk Dapatkan Domain .IN Anda di Niagahoster!

Domain .IN adalah ekstensi website dengan kode negara India. Walau demikian, siapapun bisa menggunakannya. Semisal Anda orang Indonesia tapi target bisnis Anda India, domain .IN tetap boleh Anda adopsi.

Untuk mengantongi domain .IN, mudah saja. Anda hanya perlu mendaftar ke penyedia domain terbaik seperti Niagahoster. Di sini, Anda ga cuma bisa mendapatkan domain murah, tapi juga domain gratis!

Jadi tunggu apa lagi? Yuk dapatkan domain Anda sekarang!

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]