Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

5 Kelebihan Domain TLD Bagi Website Anda

2 min read

apa itu top level domain? (tld)

Anda sebelumnya sudah belajar tentang domain TLD, kan? Domain TLD merupakan bagian terakhir dari sebuah nama domain yang penting sebagai identitas online. Kenapa demikian, ya? Apa sih kelebihan domain TLD?

Keuntungan domain TLD cukup banyak. Nah, di artikel ini, kami akan membahas kelebihan menggunakan domain TLD secara lengkap, serta beberapa kekurangannya.

Yuk scroll ke bawah untuk tahu penjelasan lengkapnya!

Kelebihan Domain TLD Bagi Pemilik Website

Berikut ini adalah kelebihan menggunakan domain TLD:

1. Memilih Domain TLD Sesuai Niche Bisnis

Kelebihan domain TLD yang pertama adalah memudahkan Anda memilih ekstensi yang relevan dengan bisnis Anda. 

Seperti % Arabica, jaringan kedai kopi global yang menggunakan nama domain arabica.coffee. Melihat nama domain website tersebut, pengunjung akan langsung tahu bahwa bisnis yang dijalankan berkaitan dengan kopi. 

Anda juga bisa memilih TLD, seperti .design, untuk bisnis yang menawarkan jasa desain digital art, .coach untuk yang berprofesi sebagai diet coach, .store untuk pemilik toko online, dan masih banyak domain TLD lainnya. 

Dengan kelebihan domain TLD ini, Anda bisa membuat nama website Anda menunjukkan niche bisnis dengan baik.

2. Nama Domain Lebih Ringkas

Keuntungan domain TLD berikutnya adalah Anda dapat memiliki nama domain yang ringkas. Dengan begitu, domain Anda jadi mudah dieja dan mudah diingat. 

Kelebihan domain TLD adalah Anda dapat memiliki nama domain yang ringkas

Sebagai contoh, TLD yang dipilih oleh stephenson.law. Mereka memilih ekstensi .law agar domain tersebut lebih singkat dan mudah diingat pengunjung sesuai niche bisnis.  

Baca Juga: Keunggulan Domain Berbayar

3. Menarget Pengunjung Sesuai Lokasi Bisnis

Tak hanya itu, kelebihan domain TLD berikutnya adalah Anda dapat menarget pengunjung sesuai dengan lokasi bisnis Anda. 

Kelebihan domain TLD adalah Anda dapat menarget pengunjung sesuai lokasi bisnis

Misalnya, seperti beautybeat.id. Sebagai platform media kecantikan yang berbasis di Indonesia, Beauty Beat memilih TLD .id yang menunjukkan bahwa mereka memang berasal dari Indonesia dan menarget audiens di Indonesia. 

4. Bisa Berkreasi dengan Berbagai Ekstensi

Dengan banyaknya pilihan domain TLD yang tersedia, Anda dapat berkreasi dengan beragam ekstensi supaya nama domain Anda jadi unik dan menarik. Inilah yang menjadi kelebihan menggunakan domain TLD berikutnya.

Kelebihan domain TLD adalah Anda dapat berkreasi dengan berbagai ekstensi

Misalnya saja, youcanbook.me menggunakan TLD yang mewakili negara Montenegro. Demi mempersingkat nama domainnya, You Can Book Me menggunakan TLD tersebut walaupun lokasinya tidak sesuai dengan target audiens. 

5. Bisa Jadi Peluang Investasi

Domain juga bisa menjadi aset investasi yang menarik. Bahkan, bisnis jual beli nama domain cukup menguntungkan.

Nah, domain TLD dikenal memiliki harga jual yang baik. Sebagai contoh, domain business.com terjual seharga 350 juta USD atau sekitar 5,2 triliun Rupiah. Padahal, harga awal domain saat dibeli hanya sekitar 112 miliar Rupiah. 

Melihat hal ini, nama domain yang unik dengan TLD yang tepat bisa jadi akan memiliki harga jual yang tinggi di masa mendatang.

Kekurangan Domain TLD

1. Mahalnya Harga Sewa Tahunan

Harga sewa tahunan domain TLD bisa saja cukup mahal. Bahkan, harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah. Ditambah, harga domain TLD bisa lebih mahal lagi kalau domain tersebut dianggap sebagai domain premium. 

Itulah mengapa, Anda perlu berhati-hati saat memilih penyedia domain yang menawarkan domain dengan harga lebih terjangkau dan punya banyak pilihan.

2. Pengunjung Masih Asing dengan TLD Tertentu

Domain TLD .com adalah domain yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan, tercatat ada 46,9% dari seluruh nama domain TLD yang terdaftar menggunakan ekstensi .com. Ini artinya, mayoritas pengunjung familier dengan domain .com. 

Melihat hal ini, mungkin awalnya sebagian pengunjung akan merasa asing saat melihat domain TLD seperti .fashion, .finance, .studio, dan lainnya. 

Tapi tenang, sekarang banyak pengunjung yang mulai paham kok kalau ada beragam domain TLD yang tersedia.

Sudah paham apa saja kekurangan domain TLD, ‘kan? Nah, bagaimana cara mendapat domain TLD murah dan terpercaya?

Cara Mendapatkan Domain TLD Terpercaya

Ingin mendapat domain TLD dengan harga terjangkau? Tenang, Niagahoster merupakan layanan penyedia domain yang bisa menjadi pilihan Anda. 

Membeli domain TLD di Niagahoster juga mudah, kok. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, Anda bisa melakukan cek domain yang Anda inginkan.

Cara dapat domain TLD terpercaya

Kedua, pastikan apakah domain yang Anda inginkan masih tersedia. 

Cara dapat domain murah

Ketiga, selesaikan pendaftaran nama domain pilihan Anda dan lakukan pembayaran sebelum melewati batas waktu pembayaran

Cara dapat domain harga terjangkau

Terakhir, nama domain pilihan Anda sudah bisa digunakan.

Bagaimana? Mudah, bukan?

Miliki Domain TLD Anda Sekarang!

Kelebihan domain TLD cukup banyak. Di artikel ini, Anda sudah mengetahui keuntungan domain TLD, yaitu bisa pilih domain sesuai niche bisnis, nama domain lebih ringkas, menarget audiens sesuai lokasi bisnis, bisa berkreasi dengan beragam ekstensi, hingga dapat menjadi peluang investasi.

Sayangnya, beberapa domain TLD memiliki harga sewa tahunan yang mahal sehingga bisa mengurungkan niat Anda menggunakannya. 

Namun,  Anda tidak perlu khawatir, Niagahoster menawarkan beragam domain TLD dengan harga yang terjangkau, mulai Rp18.000 saja!. 

Kelebihan domain TLD memiliki beragam ekstensi

Yang tak kalah menarik, pilihan ekstensi domainnya cukup beragam, seperti .xyz, .site, .online, dan masih banyak lagi. Dengan ekstensi tersebut, Anda dapat memanfaatkan berbagai kelebihan domain TLD seperti dijelaskan sebelumnya.

Terlebih lagi, Niagahoster juga menawarkan domain gratis untuk Anda, lho.

Tunggu apa lagi? Segera miliki domain TLD pilihan Anda sebelum dimiliki orang lain!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]