Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

cPanel vs Webmin: Duel Control Panel Hosting Terbaik

3 min read

22_8_8_cPanel vs Webmin Duel Control Panel Hosting Terbaik

Hingga kini, cPanel masih jadi control panel hosting sejuta umat. Namun ternyata, ada sebuah software panel hosting lain bernama Webmin yang belakangan mencuri perhatian. Yang jadi pertanyaan, siapa yang lebih oke antara Webmin vs cPanel?

Jangan panik! Di artikel kali ini, kami akan mengulas lengkap perbandingan cPanel vs Webmin. Sekaligus, membantu Anda memilih control panel web hosting yang lebih sesuai kebutuhan.

Penasaran kan? Langsung saja ini dia pembahasan selengkapnya!

Perbandingan cPanel dan Webmin

cpanel merupakan

cPanel merupakan software control panel hosting berbasis Linux yang berguna memudahkan Anda mengelola fitur-fitur yang disediakan provider hosting, dengan tampilan yang lebih user friendly.

Seperti cara kerja control panel hosting lainnya, dengan cPanel Anda bisa menginstall aplikasi, mengupload file website, membuat database, mengelola email, membuat subdomain di cPanel, dan banyak lagi.

webmin adalah

Sedangkan Webmin adalah alternatif control panel hosting open source yang bisa digunakan tanpa lisensi. Untuk fungsi sebenarnya tidak jauh beda dengan cPanel. Namun tentu saja, ada perbedaan di antara Webmin vs cPanel.

Nah, hal tersebut akan dibahas lebih detail di poin berikutnya. Yuk simak!

cPanel vs Webmin: Manakah yang Lebih Baik?

Guna mengetahui siapa yang lebih unggul, kami akan mengulas perbedaan cPanel vs Webmin ke dalam beberapa aspek berikut:

  1. Sistem Operasi
  2. Fitur
  3. Keamanan
  4. Kemudahan
  5. Harga

Langsung saja menuju aspek yang pertama!

1. cPanel vs Webmin: Sistem Operasi

Kami awali perbandingan Webmin vs cPanel dari segi dukungan sistem operasi.

cpanel vs webmin sistem operasi

Seperti yang sedikit disinggung, cPanel merupakan software berbasis Linux. Artinya, ia hanya dapat diinstall di server berjenis Linux. Contohnya seperti AlmaLinux, Ubuntu, CentOS, dan CloudLinux.

webmin vs cpanel sistem operasi

Hal ini berbeda lumayan signifikan dengan Webmin. Selain kompatibel dengan berbagai distro Linux, control panel hosting yang satu ini ternyata juga dapat dipasang di server berbasis Windows maupun Solaris.

2. Webmin vs cPanel: Fitur

Lanjut ke perbandingan fitur cPanel vs Webmin. Siapa yang lebih unggul?

Nah, cPanel dan Webmin cukup seimbang di aspek ini. Lebih jelasnya simak tabel fitur berikut:

FiturcPanelWebmin
Pengelolaan databasephpMyAdmin, database setup wizard, dan remote MySQLDatabase editor bawaan dan remote database
Pengelolaan emailSetup akun email, forward email, filter spam, dan enkripsi emailSetup akun email, layanan mail server, dan filter spam
Pengelolaan domainTools konfigurasi DNSFull setup DNS
Pengelolaan fileFile manager, Git, dan manajemen akun FTPFile manager dan fitur FTP

Bagaimana, mirip kan?

Bedanya, cPanel hanya menyediakan satu paket installer yang berisi lebih dari seratus fitur. Jika Anda butuh semuanya, mengelola website dengan cPanel akan sangat menyenangkan.

Sementara, Webmin membebaskan Anda memilih dua paket installer. Masing-masing versi lengkap yang memuat semua fitur, serta versi minimal yang hanya berisi fitur-fitur esensial.

3. cPanel vs Webmin: Keamanan

Keamanan adalah faktor sentral dalam mengelola hosting beserta isinya. Bagaimana sektor proteksi Webmin vs cPanel sebenarnya?

cpanel vs spanel keamanan

cPanel punya banyak fitur khusus keamanan untuk melindungi hosting Anda dari serangan pihak tak bertanggung jawab. Sebut saja akses SSH, IP Blacklist dan Whitelist, sertifikat SSL, Two-factor Authentication (2FA), dan log aktivitas.

webmin vs cpanel keamanan

Nah, Webmin juga kurang lebih menyediakan fitur keamanan yang sepadan. Hanya saja, opsi setting dan konfigurasi yang tersedia cenderung lebih lengkap dari yang dimiliki cPanel.

4. Webmin vs cPanel: Kemudahan

Berikutnya mari membahas kemudahan penggunaan dari cPanel vs Webmin.

cpanel vs webmin kemudahan

cPanel menggunakan tampilan berbasis GUI atau Graphical User Interface untuk hampir semua fiturnya. Bisa dikatakan, Anda yang pemula sekalipun tidak akan kesulitan beradaptasi dengan software ini.

webmin vs cpanel kemudahan

Sedangkan Webmin sebenarnya juga mengadopsi tampilan GUI. Namun sayangnya, interface Webmin agak kurang user friendly. Makanya, ia akan lebih cocok buat Anda yang telah terbiasa menggunakan software control panel.

5. Webmin vs cPanel: Harga

Terakhir saatnya membandingkan harga sewa cPanel vs Webmin. Di sini terdapat perbedaan yang sangat signifikan.

cpanel vs spanel harga

cPanel merupakan control panel berbayar. Untuk biaya sewa termurahnya dibanderol $15.99 atau setara Rp230 ribuan, hanya untuk durasi satu bulan.

Pun demikian, jika Anda berlangganan hosting yang dikelola penyedia layanan, biaya hosting biasanya sudah termasuk harga sewa cPanel.

Contohnya di Niagahoster. Anda bisa langganan paket hosting plus cPanel seperti Unlimited Hosting, Hosting Cloud Murah, WordPress Hosting, dan VPS cPanel.

harga niagahoster

Sementara Webmin, seperti yang dibahas, adalah control panel open source yang bisa Anda gunakan tanpa biaya sepeserpun. Hanya saja, masih belum banyak penyedia hosting yang menggandeng Webmin sebagai control panel andalan.

Praktis, Webmin lebih cocok digunakan jika Anda memiliki sebuah server VPS kosongan yang belum terinstall software control panel apapun.

Tabel Perbandingan Webmin vs cPanel

Jika Anda masih bingung menentukan pilihan, berikut kami sajikan tabel perbedaan cPanel vs Webmin:

PerbedaancPanelWebmin
Sistem operasiHanya kompatibel dengan LinuxKompatibel dengan Linux, Windows, dan Solaris
FiturLengkap, menyediakan 1 jenis installerLengkap, menyediakan 2 jenis installer (full dan minimal)
KeamananFitur keamanan lengkapFitur keamanan lengkap plus opsi konfigurasi lanjutan
KemudahanMudah digunakan, cocok untuk pengguna pemulaSulit digunakan, cocok untuk pengguna berpengalaman
HargaBerbayar, tapi banyak dipakai layanan hostingGratis, tapi jarang dipakai layanan hosting

Bagaimana, apakah Anda sudah memilih control panel hosting terbaik? Jika belum, simak info yang mau lewat berikut, ya!

Panduan Lengkap cPanel

cPanel atau Webmin, Sudahkah Anda Menentukan Pilihan?

Di artikel perbandingan Webmin vs cPanel ini, dapat disimpulkan bahwa Webmin lebih unggul di dukungan sistem operasi dan fitur keamanan. Sementara cPanel menang mutlak di aspek kemudahan penggunaan.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda. Namun, Anda juga harus memperhatikan aspek harga dan ketersediaan. Webmin itu gratis, namun jarang dipakai layanan hosting. Sementara cPanel memang berbayar, tapi jadi andalan banyak provider hosting.

Kebetulan, Niagahoster adalah salah satu web hosting yang mendukung cPanel. Tak hanya asal dukung, tapi cPanel Niagahoster rutin diperbarui demi kenyamanan Anda sebagai pelanggan.

Masalah harga jangan khawatir. Ada paket Unlimited Hosting dengan biaya terjangkau. Mulai dari Rp10 ribuan/bulan, Anda sudah bisa menikmati cPanel untuk mengelola website.

Yuk beralih ke web hosting terbaik Indonesia Niagahoster!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *