Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

7 Keunggulan Domain Berbayar Bagi Bisnis Anda

2 min read

keunggulan domain berbayar

Untuk apa pakai domain berbayar kalau yang gratisan banyak? 

Mungkin, itulah yang Anda pikirkan saat mau membuat website. Terutama kalau Anda belum terlalu mengenal berbagai keunggulan domain berbayar.

Jauh berbeda dengan domain gratisan, keunggulan yang dimiliki domain berbayar itu banyak. Mulai dari pilihan top level domain lengkap, hingga potensi performa web yang lebih oke.

Nah biar makin jelas, yuk simak berbagai keunggulan domain berbayar ini!

7 Keunggulan Domain Berbayar yang Sayang Anda Lewatkan

Berikut keunggulan yang dimiliki domain berbayar:

1. Pilihan TLD Lebih Beragam

Yang pertama, opsi top level domain (TLD) lebih beragam. Anda bisa memilih mau TLD berdasarkan penggunaan umum (gTLD), negara (ccTLD), ataupun organisasi swasta (sTLD).

Contoh top level domain misalnya .COM, .ID, .EDU… tinggal Anda pilih sesuai kebutuhan website Anda.

Jelas, ini lain dengan domain gratisan yang pilihan TLD-nya lebih sempit dan terdengar kurang umum. Bahkan, seringkali Anda hanya bisa memilih domain ccTLD saja. Seperti .TK, .ML, .GA, .GQ.

2. Bebas Menggunakan Situs untuk Tujuan Tertentu

Biasanya, domain gratisan tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial. Kalau melanggar, bisa-bisa situs Anda dihapus.

Untungnya, ini tidak terjadi pada domain berbayar. Bebas, jenis website Anda mau untuk apa. Mau berbisnis, blogging, memajang portfolio, ataupun kebutuhan lainnya.

3. Kredibilitas Website Terjaga

Ketika mendapat link undangan ke website seperti toko.ml, apa kesan pertama Anda? Pasti, Anda merasa asing dan kurang yakin. Beda rasanya kalau contoh nama domain bisnis itu toko.com.

Padahal seperti yang Anda ingat, domain gratisan biasanya hanya tersedia .TK, .ML, ataupun .GQ. Yang mana, mayoritas website dengan domain ini dicap sebagai situs spam.

daftar domain terindikasi website spam
Sumber: spamhaus.org

Jadi kalau Anda menggunakan domain-domain gratisan seperti di atas, jangan heran kalau reputasi website bisa rusak.

4. Potensi Performa SEO Lebih Oke

Sebaiknya, Anda tidak main-main dengan reputasi website. Sebab, ini berdampak pada performa SEO website Anda.

Penting Anda tahu, Google lebih merekomendasikan situs dengan kredibilitas terjamin daripada yang terindikasi spam. Nah, domain adalah salah satu faktor penilaiannya.

Selain itu, keunggulan domain berbayar juga memungkinkan Anda memaksimalkan strategi SEO. Misalnya, kalau Anda mengincar target audiens di wilayah Indonesia, dongkrak local SEO dengan memakai ccTLD .ID.

Tentu potensi hasilnya lebih bagus dibanding Anda yang memakai ccTLD seperti .TK. Alasannya, .TK adalah ccTLD untuk negara Tokelau.

5. Fitur Domain Lengkap

Fitur domain lengkap adalah keunggulan yang hanya dimiliki domain berbayar. Di Niagahoster misalnya, Anda bisa mengelola domain melalui Member Area.

pengaturan domain di Niagahoster yang mudah menunjukkan keunggulan domain berbayar

Dalam Member Area Niagahoster, tersedia berbagai pengaturan domain:

  • Memperpanjang domain dengan mudah;
  • Membuat email bisnis sesuai nama domain;
  • Domain Lock untuk mencegah domain ditransfer ke layanan web hosting lainnya;
  • Mengaktifkan proteksi WHOIS agar privasi lebih terjaga;
  • Transfer domain ke layanan lainnya;
  • Mendapatkan DNS Management untuk mengarahkan domain ke beragam layanan seperti Blogspot  tanpa akun hosting;
  • Membuat nameserver dengan domain sendiri;
  • Dan masih banyak lagi.

Mengantongi berbagai fitur keunggulan domain berbayar di atas, tentu domain Anda lebih aman, terjamin, dan mudah dikelola. Kalau tidak percaya, coba cek domain murah Niagahoster.

6. Aman dari Penghapusan Domain Sepihak

Menjadi mimpi buruk bagi pemilik website apapun, jika tiba-tiba domainnya dihapus sepihak. Apalagi kalau branding situs sudah oke, dan seseorang merebut domain tersebut.

Untungnya, keunggulan domain berbayar mencegah hal semacam itu terjadi. Sebab, biasanya Anda akan mendapat pemberitahuan dari jauh hari hingga menjelang jatuh tempo. Sehingga, Anda tidak akan kelupaan untuk memperpanjang masa aktif domain.

notifikasi masa aktif domain hampir habis dari Niagahoster

Baca Juga: Anda Pelanggan Baru Niagahoster? Jangan Lewatkan 26 Fitur Ini!

7. Tersedia Bantuan Teknis dari Penyedia Domain

Saat memakai domain gratisan, apa yang Anda lakukan kalau suatu hari domain kadaluarsa dan Anda lupa perpanjang? Atau, bagaimana jika tiba-tiba domain tidak bisa diakses?

Tentunya, Anda akan jauh lebih tenang jika memakai domain berbayar. Selain karena potensi error yang lebih kecil, sudah ada bantuan teknis yang siap menolong Anda.

Tapi kalau di Niagahoster, Anda tidak hanya sekadar mendapat bantuan teknis. Melainkan, customer support yang standby 24 jam sehingga bisa Anda hubungi kapan saja.

Tak hanya itu, Niagahoster juga menyediakan berbagai referensi untuk memudahkan Anda mengelola domain ataupun hosting. Misalnya saja, seperti Niagahoster Blog yang saat ini sedang Anda baca.

Yuk Rasakan Keunggulan Domain Berbayar!

Sekarang, Anda sudah tahu bahwa keunggulan domain berbayar membuat situs Anda lebih profesional, keamanannya terjamin, dan performanya lebih oke. Terutama untuk penggunaan website jangka panjang,

Karena Anda sudah tahu keunggulan yang dimiliki domain berbayar, tentu sulit untuk melirik domain gratisan di luar sana.

Meski begitu, jangan sembarang memilih domain berbayar, ya. Jangan lupa, perhatikan kualitas dari penyedia domainnya. Kalau di Niagahoster, Anda sudah pasti mendapat domain terjamin.

Selain karena Niagahoster sudah terakreditasi ICANN, banyak juga kemudahan yang menanti Anda. Mulai dari pilihan ekstensi lengkap, domain checker untuk mengecek ketersediaan domain, banyak promo, dan sebagainya. Niagahoster juga bahkan menyediakan domain gratis dengan kualitas seperti domain premium untuk Anda!

Gimana? Anda mau mendapat domain terpercaya sekarang juga?

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *