Muhammad Ariffudin SEO | Content | Tech Writing

cPanel vs DirectAdmin: Mana Control Panel Hosting yang Terbaik?

3 min read

cPanel vs DirectAdmin Mana Control Panel Hosting yang Terbaik

Bicara control panel web hosting, cPanel vs DirectAdmin lumayan banyak menuai perdebatan. Ada yang bilang cPanel lebih oke, ada pula yang mengatakan sebaliknya. Pertanyaannya, siapa di antara cPanel dan DirectAdmin yang terbaik?

Tenang, di artikel ini, kami akan mengulas perbandingan lengkap cPanel vs DirectAdmin dari berbagai aspek. Sekaligus, membantu Anda memilih control panel mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Penasaran kan? Langsung saja, ini dia pembahasan selengkapnya!

Perbandingan cPanel dan DirectAdmin

cpanel merupakan

cPanel merupakan sebuah software control panel hosting berbasis Linux yang berguna untuk mengelola fitur-fitur yang disediakan provider hosting.

Seperti cara kerja control panel hosting pada umumnya, dengan cPanel Anda bisa menginstall aplikasi, mengupload file website, membuat database, menambahkan subdomain, mengelola email, membuat backup, dan sebagainya.

directadmin adalah

Sedangkan DirectAdmin adalah alternatif control panel hosting Linux lain, terutama bagi Anda yang tidak mau memakai cPanel. Untuk fungsi dan kegunaan kurang lebih sama dengan cPanel, yaitu memudahkan Anda mengelola hosting, domain, dan website.

Sudah paham pengertian cPanel vs DirectAdmin kan? Selanjutnya yuk mengenal perbedaan dua control panel hosting di atas!

Baca juga: cPanel vs Webmin

cPanel vs DirectAdmin: Manakah yang Lebih Baik?

Untuk mengetahui siapa yang lebih unggul, kami akan membandingkan cPanel vs DirectAdmin ke dalam enam aspek berikut:

  1. Web Server
  2. Fitur
  3. Plugin
  4. Kemudahan
  5. Popularitas
  6. Harga

Langsung saja menuju aspek yang pertama!

1. cPanel vs DirectAdmin: Web Server

Web server adalah software yang bertugas mengatur lalu lintas data antara server dan website. Bagaimana dukungan web server antara cPanel vs DirectAdmin?

cPanel mendukung dua web server terpopuler saat ini, Apache dan Nginx. Selain itu, ia juga sudah support LiteSpeed Web Server, web server tercepat dan banyak dipakai oleh provider hosting, seperti Niagahoster.

litespeed web server

Hampir mirip, DirectAdmin juga sudah mendukung web server Apache, Nginx, dan LiteSpeed sekaligus. Maka bisa dibilang, mereka berdua imbang di aspek ini.

Baca juga: Perbedaan LiteSpeed dan Apache

2. cPanel vs DirectAdmin: Fitur

Sekarang beralih menuju ketersediaan fitur cPanel vs DirectAdmin. Siapakah jawaranya?

cPanel dikenal sebagai control panel dengan fitur komplit. Bahkan saking komplitnya, Anda bisa memakai beberapa fitur berbeda untuk tujuan yang sama.

Sebagai contoh jika Anda ingin melakukan backup, cPanel menyediakan tiga opsi untuk Anda pilih. Mulai dari Backup tradisional, Backup Wizard, sampai JetBackup.

cpanel vs spanel backup

Sementara itu, DirectAdmin punya fitur yang lebih sedikit. Namun jangan risau, karena semua fitur esensial control panel masih tersedia dengan lengkap di DirectAdmin.

directadmin fitur

Pada akhirnya, Anda tidak mungkin menggunakan 100 fitur control panel sekaligus, kan?

3. cPanel vs DirectAdmin: Plugin

Perbandingan cPanel vs DirectAdmin masih berlanjut. Kali ini saatnya membahas ketersediaan plugin.

cpanel vs directadmin plugin

Dengan fitur yang lengkap, cPanel masih memberikan Anda opsi untuk memasang modul dan plugin pihak ketiga. Bahkan menariknya, hal tersebut bisa Anda nikmati tanpa perlu keluar biaya tambahan.

directadmin plugin

Sedangkan DirectAdmin sebenarnya tidak mau kalah, karena membebaskan Anda menginstall plugin tambahan. Hanya saja, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk melakukannya.

Baca juga: cPanel vs SPanel

4. cPanel vs DirectAdmin: Kemudahan

Apabila Anda masih pemula di dunia hosting, jangan skip bagian ini. Alasannya, perbandingan kemudahan cPanel vs DirectAdmin bisa jadi faktor penentu keputusan Anda.

cpanel vs directadmin kemudahan

cPanel merupakan control panel yang cukup user friendly. Sebab, sebagian besar tampilannya berbasis GUI (Graphical User Interface). Sehingga, Anda tak perlu takut error ketika sedang mengotak-atik sesuatu.

directadmin kemudahan

Kebetulan, DirectAdmin juga mengadopsi tampilan GUI untuk memudahkan Anda. Hanya saja, fitur-fiturnya agak minim. Hasilnya, Anda mungkin kebingungan ketika hendak melakukan konfigurasi.

Baca juga: cPanel vs Webuzo

5. cPanel vs DirectAdmin: Popularitas

Perbedaan cPanel vs DirectAdmin selanjutnya adalah masalah popularitas. Manakah control panel hosting yang lebih populer?

Berdasarkan survey W3Techs, cPanel merupakan control panel hosting terpopuler nomor dua setelah Plesk. Setidaknya, cPanel menguasai hingga 9% market share software control panel.

cpanel vs directadmin popularitas

Sementara itu, nama DirectAdmin sama sekali tidak terlihat di deretan control panel hosting terpopuler. Maka bisa disimpulkan, market share software yang satu ini tidak mencapai 0.1%.

Baca juga: cPanel vs CyberPanel

6. cPanel vs DirectAdmin: Harga

Terakhir, kami akan membandingkan cPanel vs DirectAdmin dari segi harga. Namun yang jelas, kedua control panel di atas merupakan software berbayar, ya.

cpanel vs spanel harga

cPanel memiliki harga sewa yang cenderung agak mahal. Paket termurahnya dibanderol $15.99 atau setara Rp230 ribuan, hanya untuk durasi satu bulan.

Untungnya jika Anda memilih paket hosting yang dikelola penyedia layanan, biaya sewa cPanel biasanya sudah termasuk nominal yang Anda keluarkan untuk berlangganan hosting.

Contohnya di Niagahoster. Ada banyak paket hosting plus cPanel yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari Unlimited Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, sampai VPS cPanel.

directadmin harga

Sementara biaya sewa DirectAdmin cenderung lebih terjangkau. Hanya dengan $2 per bulan, atau setara Rp29 ribuan, Anda sudah bisa menikmati software control panel yang satu ini.

Hanya saja, masih belum banyak penyedia hosting yang memakai DirectAdmin. Sehingga, Anda harus teliti memilih layanan hosting, jika benar-benar ingin memakai control panel hosting ini.

Tabel Perbandingan cPanel vs DirectAdmin

Jika Anda masih bingung menentukan pilihan, berikut kami sajikan tabel komparasi cPanel vs DirectAdmin:

Control Panel HostingcPanelDirectAdmin
Web ServerMendukung Apache, Nginx, LiteSpeed Web ServerMendukung Apache, Nginx, LiteSpeed Web Server
FiturLengkap, tersedia beberapa fitur berbeda untuk satu fungsiStandar, masih mencakup fitur esensial yang wajib dimiliki control panel
PluginMendukung instalasi plugin tanpa biaya tambahanMendukung instalasi plugin dengan biaya tambahan
KemudahanLebih mudah, sebagian besar fitur berbasis GUILebih sulit, cukup banyak fitur berbasis CLI
Popularitas#2 control panel hosting terpopuler setelah PleskTidak masuk jajaran control panel hosting terpopuler
HargaMulai Rp230 ribuan/bulanMulai Rp29 ribuan/bulan

Bagaimana, apakah Anda sudah memilih control panel hosting idaman? Jika masih belum, baca informasi yang mau lewat berikut, ya!

Panduan Lengkap cPanel

cPanel atau DirectAdmin: Siapa Pilihan Anda?

Di artikel ini, Anda telah menyimak perbandingan cPanel vs DirectAdmin dari berbagai aspek. Jika bicara fitur dan plugin, cPanel memang sedikit lebih unggul, meski hal itu sebenarnya bukan masalah besar.

Beda cerita jika menyangkut harga dan ketersediaan. DirectAdmin memang terjangkau, tapi jarang dipakai penyedia hosting. Sementara cPanel cenderung lebih mahal, tapi lebih gampang ditemukan di layanan hosting.

Nah, Niagahoster adalah salah satu provider hosting yang mendukung cPanel. Tak hanya asal dukung, tapi cPanel Niagahoster rutin diperbarui demi kenyamanan Anda sebagai pengguna.

Masalah harga tak perlu khawatir. Tersedia paket Unlimited Hosting dengan biaya terjangkau. Mulai dari Rp10 ribuan/bulan, Anda sudah bisa menikmati cPanel untuk mengelola website.

Yuk, segera beralih ke hosting murah terbaik dari Niagahoster!

Muhammad Ariffudin SEO | Content | Tech Writing

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]