Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Perbedaan Domain .COM dan .NET yang Harus Anda Tahu

2 min read

contoh top level domain

.com dan .net adalah dua ekstensi domain yang cukup banyak digunakan. Akan tetapi, apa sih perbedaan domain .com dan .net? Lalu, mana yang sebaiknya Anda gunakan untuk website Anda?

Penggunaan ekstensi domain memang disarankan sesuai dengan tujuan website. Jadi,  yuk simak beda .net dan .com di artikel ini!

Untuk memulai, mari pahami pengertian ekstensi domain terlebih dahulu.

Apa Itu Ekstensi Domain?

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses website. Ada dua bagian di dalam sebuah domain, yaitu second-level domain (SLD) dan top-level domain (TLD) yang dikenal juga sebagai ekstensi domain.

Misalkan Anda punya website dengan alamat websiteku.com, websiteku adalah SLD-nya, sedangkan .com merupakan ekstensi domainnya. Jadi, bisa dibilang bahwa ekstensi domain adalah bagian akhir dari sebuah domain.

Selain .com, ada berbagai pilihan ekstensi domain. Masing-masing ekstensi memiliki tujuan penggunaan sesuai identitas website yang ingin dibangun. 

Contohnya, ada ekstensi yang tujuannya untuk website organisasi. Sementara itu, ada yang khusus untuk situs pendidikan.

Lantas, apa beda .net dan .com dalam penggunaannya, ya? Mari simak perbedaan com dan net di bawah ini untuk tahu jawabannya.

Perbedaan Domain .COM dan .NET

Berikut ini adalah beberapa perbedaan net dan com yang harus Anda ketahui sebelum membeli domain:

1. Penggunaan

Salah satu perbedaan domain .com dan .net adalah arti masing-masing ekstensi sesuai tujuan penggunaan. 

.com merupakan ekstensi untuk penggunaan yang sifatnya komersial. Dengan kata lain, semua situs yang tujuannya mendapatkan keuntungan, termasuk toko online, perusahaan, dan blog cocok menggunakan .com.

Sementara itu, ekstensi .net merupakan singkatan dari kata “network” yang berarti jaringan. Karena itu, .net umumnya menjadi pilihan perusahaan penyedia jaringan internet dan hosting. 

Namun, penggunaan .net kini lebih luas. Tidak jarang juga perusahaan teknologi yang alamat situsnya menggunakan ekstensi tersebut. Bahkan, website untuk networking atau mencari relasi profesional, seperti komunitas desainer, juga memakai .net.

Baca Juga: 10 Contoh Top Level Domain untuk Keperluan Bisnis

2. Popularitas

.com dan .net termasuk ekstensi domain yang paling sering digunakan. Akan tetapi, popularitas keduanya beda jauh.

Berdasarkan survei Statista, 52,8% website menggunakan ekstensi .com, sedangkan yang menggunakan .net hanya 3,1%.

Saking terkenalnya, .com merupakan ekstensi yang muncul di pikiran pengguna internet secara umum ketika mengetikkan alamat website.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .ID

3. Harga

Perbedaan domain .com dan .net selanjutnya adalah harga keduanya. Untuk memiliki sebuah domain dengan ekstensi .com, harga yang harus Anda keluarkan mulai dari Rp115.000 per tahun, sedangkan untuk .net, mulai dari Rp155.000.

Perbedaan domain .com dan .net dari sisi harga

Kapan Saatnya Anda Menggunakan Domain .COM?

.com merupakan ekstensi populer yang cocok untuk berbagai kebutuhan. Selama website Anda bersifat komersial atau umum, domain .com merupakan pilihan yang tepat.

Namun, mendapatkan domain .com tidak selalu mudah karena sudah banyak digunakan. Bisa jadi Anda harus mencoba beberapa nama domain yang maknanya mirip karena tidak semuanya tersedia dengan ekstensi .com.

Apabila tidak berhasil mendapatkan .com, jangan patah hati. Masih ada banyak pilihan ekstensi domain unik lainnya yang tidak kalah baik.

Kapan Saatnya Anda Menggunakan Domain .NET?

.net adalah ekstensi domain yang tepat bagi Anda yang ingin membuat website untuk perusahaan teknologi atau networking. 

Memang, .net tidak sepopuler .com dan sedikit lebih mahal. Namun, itu berarti pilihan nama domain yang tersedia dengan ekstensi .net lebih banyak. Jadi, Anda akan lebih mudah mendapatkan alamat website dengan ekstensi tersebut.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Anda

Sudah Tahu Perbedaan Domain .COM dan .NET, kan?

Di artikel ini Anda telah belajar tentang perbedaan domain .com dan .net. Keduanya merupakan ekstensi yang baik untuk Anda gunakan, tetapi cocok untuk tujuan yang berbeda.

.com bisa digunakan untuk berbagai jenis website asal tujuannya komersial, mulai dari website perusahaan hingga blog pribadi. Sementara itu, .net lebih spesifik karena diperuntukkan situs perusahaan teknologi, platform networking, dan sejenisnya.

Jadi, ekstensi apa yang Anda pilih? Atau, Anda ingin membeli keduanya agar nama domain tidak digunakan pesaing bisnis Anda?

Tenang, Niagahoster merupakan penyedia domain murah Indonesia resmi yang memungkinkan Anda memiliki domain .com dan .net, atau ekstensi domain lain. Selain domain murah, Anda juga bisa mendapatkan domain gratis di Niagahoster.

Yang menarik, di Niagahoster Anda mendapatkan fitur pengelolaan domain yang lengkap. Di antaranya, DNS management, domain forwarding, dan unlock domain.

Anda mengalami kesulitan saat mengatur domain? Jangan khawatir, ada customer support yang siap membantu 24 jam melalui live chat, email, dan WhatsApp.

Nah, tunggu apa lagi? Segera pilih domain .com atau .net yang Anda inginkan!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]