Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Apa itu ccTLD? Penjelasan Kelebihan & Contohnya

2 min read

ccTLD adalah jenis domain yang menjadi favorit banyak orang. Terutama bagi mereka yang ingin situsnya mendapat rank teratas di hasil pencarian lokal. Misalnya, website dengan domain .ID.

Memangnya, apa itu ccTLD dan kelebihan yang membuat jenis domain ini banyak diburu? Pada artikel ini kami akan mengenalkan Anda pada ccTLD serta bersama-sama kita akan cek domain yang termasuk di dalamnya! 

Apa Itu ccTLD?

ccTLD adalah Country Code Top-Level Domain. Singkatnya, ccTLD adalah ekstensi domain yang mewakili kode negara tertentu. Biasanya, ccTLD terdiri dari dua karakter. Contoh, domain .ID untuk negara Indonesia, domain .IN untuk India.

Pertanyaannya, apakah country code top level domain sama dengan gTLD alias domain generik yang lebih umum? Kami akan jelaskan pada bagian selanjutnya.

Baca Juga: Apa Itu Domain?

Perbedaan GTLD dan ccTLD

Pasti, Anda familiar dengan akhiran situs semacam .COM. Yap, ini adalah gTLD alias Generic Top Level Domain. Meskipun ccTLD dan gTLD sama-sama top level domain, keduanya berbeda, lho.

Perbedaan gTLD dan ccTLD adalah gTLD lebih umum karena tidak merujuk ke lokasi geografis tertentu. Sedangkan fokus area country code top level domain lebih spesifik.

Contoh gTLD: .COM, .ORG, .EDU., .BIZ, dll.

Contoh ccTLD: .ID, .UK, .US., .IN, dsb.

Tentang contoh ccTLD, akan kami bahas lebih lengkap di bawah ini.

Contoh-Contoh ccTLD

Setiap negara punya country code top level domain yang berbeda. Contoh ccTLD adalah:

  • Domain .ID – untuk negara Indonesia.
  • Domain .US – untuk negara Amerika Serikat.
  • Domain .ES – untuk negara Spanyol.
  • Domain .AO – untuk negara Angola.
  • Cek daftar kode domain negara lainnya.

Untuk pemakaiannya, kami sarankan Anda memilih country code top level domain sesuai target audiens website. Misalnya, domain .ID untuk situs Indonesia.

Nah, itu tadi sedikit contoh ccTLD. Selain itu, Anda juga bisa menyimak contoh top level domain yang lebih umum.

Mengapa memilih country code top level domain sebaiknya sesuai lokasi target audiens website? Mari simak berbagai kelebihan ccTLD berikut.

3 Kelebihan ccTLD

Kelebihan ccTLD sebenarnya sama dengan kelebihan domain TLD, yaitu:

1. Pendaftaran Domain Mudah

Meskipun country code top level domain diperuntukkan bagi negara tertentu, Anda tetap bisa mendaftar dengan mudah, kok.

Di Niagahoster, misalnya, Anda bisa mendaftar .ID ataupun country code top level domain lainnya tanpa perlu melampirkan persyaratan tertentu. 

2. Meningkatkan Branding

Branding yang meningkat menjadi kelebihan ccTLD yang menguntungkan Anda. Terutama kalau Anda mau meningkatkan citra sebagai brand lokal, country code top level domain membantu target audiens mengidentifikasi asal situs Anda.

3. Potensi Performa Local SEO Lebih Oke

Umumnya, ekstensi domain memang tidak berdampak pada performa SEO. Sebab, Google lebih fokus ke relevansi isi website dibanding domain yang digunakan.

Meski demikian, country code top level domain berpotensi meningkatkan performa local SEO alias hasil pencarian lokal.  Alasannya, Google lebih merekomendasikan situs Anda sesuai kode domain negara calon visitor.

Tak heran, misalnya Anda menggunakan domain .ID, situs Anda lebih berpeluang muncul di SERP orang yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan website .IN yang potensi muncul di SERP India lebih besar.

Kekurangan Domain ccTLD

Di balik kelebihan ccTLD, Anda juga perlu melihat beberapa kekurangan country code top level domain:

1. Kurang Cocok untuk Target Audiens Global

Jangkauan country code top level domain sebenarnya sama saja dengan ekstensi domain lainnya. Walau demikian, secara branding mungkin country code top level domain kurang cocok untuk target audiens internasional. 

Sebab, county code top level domain biasanya sudah fokus ke negara tertentu. Belum lagi, domain ini biasanya sengaja digunakan untuk menaikkan local SEO website.

Ditambah, secara umum Google lebih mengenali domain generik seperti .COM untuk hasil pencarian universal.

Baca Juga: Perbedaan Domain .COM dan .ID

2. Biaya Sewa Lebih Mahal

Biaya sewa Country Code Top Level Domain memang lebih mahal dibandingkan ekstensi domain pada umumnya.

ccTLD di Niagahoster

Biasanya, country code to level domain dihargai sekitar lebih dari Rp200ribu. Cukup jauh dibanding domain biasa yang bisa Anda beli mulai dari belasan hingga ratusan ribu.

ekstensi selain country code top level domain

Yang Manakah Domain ccTLD Pilihan Anda?

Apakah Anda tertarik menggunakan ccTLD? Country Code Top Level Domain adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin situs mewakili kode domain negara tertentu.

Selain banyak kelebihan country code top level domain, Anda pun bisa mendaftarkan domain dengan mudah dan tanpa syarat.

Apalagi, kalau Anda registrasi di Niagahoster, berbagai country code top level domain bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga terjangkau. Domain .ID, misalnya, bisa Anda miliki dengan harga Rp230ribu saja per tahun.

Tak usah pikir panjang, yuk buruan cek domain incaran Anda sekarang!

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.