Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

10 Contoh Top Level Domain untuk Keperluan Bisnis

3 min read

contoh top level domain

Anda mau bikin website tapi domainnya sudah telanjur dipakai orang lain? Tenang, Anda bisa kok mengakalinya dengan Top Level Domain (TLD). Contoh Top Level Domain yaitu domain .CO.ID, .COM, .ID, dsb.

Bukan hanya sebagai akhiran alamat website, TLD itu seperti seragam yang menunjukkan identitas situs. Jadi, ada aturan serta manfaat tertentu dari setiap jenis top level domain.

TLD .CO.ID, misalnya, untuk website yang dimiliki perusahaan/organisasi dari Indonesia. Lain lagi dengan .COM yang bisa untuk penggunaan internasional.

Nah, itu hanya segelintir contoh top level domain. Kalau Anda ingin tahu apa saja top level domain terbaik yang digunakan untuk keperluan bisnis, silakan simak artikel ini sampai akhir!

Manfaat Top Level Domain untuk Keperluan Bisnis

TLD yaitu bagian akhir dari sebuah domain website. Mungkin, Anda mengenalnya sebagai ekstensi domain.

Sebagai pengingat, domain adalah alamat untuk mengantarkan visitor ke website tertentu. Contohnya, Niagahoster.co.id adalah domain, sedangkan .CO.ID adalah TLD-nya.

Tidak bisa diremehkan, top level domain yang digunakan untuk keperluan bisnis membawa banyak manfaat:

1. Memudahkan Calon Pelanggan Mengenali Situs Anda

Seperti yang Anda tahu, top level domain itu seperti seragam. Seragam ini memudahkan orang lain mengidentifikasi siapa pemakainya. Alasannya, penggunaan setiap domain sudah ada aturannya sendiri.

Misalnya, Anda bisa dengan mudah mengenali niagahoster.co.id sebagai situs perusahaan yang berasal dari Indonesia. Beda dengan wikipedia.org yang merupakan organisasi non-profit.

2. Menjaring Lebih Banyak Traffic Potensial

Salah satu kelebihan top level domain yaitu mampu mendongkrak performa SEO Anda. Yang artinya, situs lebih mudah ditemukan oleh traffic potensial. Sebab, Google lebih mudah mengidentifikasi topik website Anda untuk diantarkan ke audiens yang tepat.

Selain itu, rupanya top level domain membantu Anda melakukan retargeting berdasarkan geografis. Contoh, website dengan domain .ID lebih berpeluang muncul jika pencarinya berlokasi di Indonesia.

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Perlu Anda tahu, beberapa nama domain punya kesan kurang baik bagi Google. Contoh top level domain itu adalah .zip, .country. dll. Menurut pengalaman, TLD tersebut seringkali mengindikasikan website spam dan bisnis yang tidak sah.

Jadi boleh dibilang, TLD turut meningkatkan kredibilitas suatu website. Tak heran, setiap TLD punya persyaratan penggunaan domain sehingga tak sembarang orang bisa memakainya.

Baca Juga: Panduan Domain untuk Pemula

10 Contoh Top Level Domain Terbaik Sebagai Inspirasi Anda

Sebelum membaca artikel ini, mungkin Anda sudah tahu beberapa contoh top level domain seperti ini:

  • .COM: ekstensi paling populer. Biasanya untuk penggunaan komersial;
  • .ORG: ekstensi untuk organisasi non-profit;
  • .NET: top level domain untuk perusahaan teknologi jaringan, seperti penyedia jasa internet.

Lebih lengkapnya lagi, mari lihat beberapa contoh top level domain terbaik yang inspiratif ini:

1. .ID

Domain .ID adalah top level domain yang digunakan untuk keperluan bisnis di Indonesia. Dengan kata lain, ia adalah ccTLD untuk pemilik website asal tanah air. Meski begitu, sebenarnya kebutuhan personal seperti blog pun boleh memakai domain ini.

Oleh sebab itu, domain .ID tidak membutuhkan persyaraan khusus untuk pemakainya. Contoh website yang menggunakan domain .ID yaitu RRI Radio, Wifi.id, dll.

contoh top level domain ID

Baca Juga: Harga Domain .ID Naik per 1 April 2022, Ternyata Ini Alasannya

2. .CO.ID

Domain .CO.ID khusus diperuntukkan bagi website dengan perusahaan di Indonesia yang sudah diakusi secara hukum. Oleh sebab itu Anda harus mengumpulkan persyaratan seperti scan SIUP/TDP, surat kepemilikan merk, dll.

Contoh top level domain ini misalnya Niagahoster.

contoh top level domain Niagahoster

Menggunakan domain .CO.ID, kredibilitas perusahaan akan meningkat. Sebab, hanya bisnis dengan legalitas hukum saja yang bisa mengantonginya.

3. .OR.ID

Contoh top level domain berikutnya, .OR.ID. Ini adalah singkatan dari organisasi Indonesia. Artinya, hanya organisasi sah dari Indonesia saja yang bisa menggunakannya. Misalnya, website resmi Palang Merah Indonesia (PMI).

top level domain OR.ID

4. .COM

Pasti, Anda sudah familiar dengan contoh top level domain .COM. Yap, domain .COM memang ditujukan untuk kebutuhan komersial. Tidak harus perusahaan, individu pun juga bisa memakai TLD ini untuk website apapun.

contoh top level domain Elira
website blog Gita Savitri

Baca Juga: Domain .COM Tidak Tersedia? Coba 7 Domain Unik Ini!

5. .CO

Top level domain .CO biasa digunakan untuk korporat. Baik startup, perusahaan, ataupun jenis bisnis lainnya.

Bagusnya, apapun bidang industrinya boleh menggunakan contoh top level domain ini. Baik perusahaan kuliner, pendidikan, teknologi, dsb.

contoh top level domain .CO

6. .STORE

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah tahu contoh top level domain ini digunakan untuk keperluan bisnis.

Yang bikin unik, domain .STORE tidak merujuk ke lokasi geografis tertentu secara spesifik. Sehingga, Anda bisa menjangkau target audiens secara nasional maupun internasional.

STORE sebagai contoh top level domain

7. .TECH

Contoh top level domain .TECH bagus untuk perusahaan teknologi. Saat mendengar domain dengan ekstensi .TECH, pasti orang-orang langsung menduga website tersebut bergerak di teknologi. Misalnya, ces.tech.

perusahaan teknologi cocok menggunakan domain .TECH

8. .EDU

Sesuai dugaan Anda, contoh top level domain .EDU memang untuk kepentingan pendidikan. Oleh sebab itu, domain ini banyak digunakan oleh sekolah, universitas, atau institusi pendidikan lainnya. 

TLD .EDU digunakan oleh website pendidikan

Baca Juga: Cara Membuat Website Sekolah

9. .BLOG

Kalau ingin memperkuat branding Anda sebagai blogger, TLD .BLOG bisa menjadi ekstensi yang tepat.

Dan meskipun untuk website blog, Anda boleh kok melakukan bisnis lewat situs yang bersangkutan. Seperti yang dilakukan Seth Godin, seorang penulis dan pengusaha asal Amerika Serikat,  yang mempromosikan kursusnya lewat website blog-nya.

contoh top level domain .BLOG

Baca Juga: Cara Membuat Blog

10. .XYZ

Mungkin, contoh top level domain .XYZ terdengar asing di telinga Anda. Padahal, domain ini dibuat sebagai alternatif domain .COM yang cenderung memberikan kesan website jaman dulu.

Domain .XYZ sebenarnya kumpulan inisial dari tiga julukan generasi usia. Generasi X, Y, dan Z.

Jadi, diharapkan domain ini bisa memberi kesan yang lebih unik, modern, dan merangkul berbagai kalangan usia. Terutama bagi Anda yang target audiens bisnisnya cukup luas.

top level domain .XYZ cukup unik

Baca Juga: Bisnis Jual Beli Nama Domain

Jadi, Apa Top Level Domain Pilihan Anda?

Sampai sini, pasti Anda sudah mendapat lebih banyak inspirasi seputar contoh top level domain yang digunakan untuk keperluan bisnis.

Ternyata, TLD itu jenisnya macam-macam, bukan? Dan tidak semuanya bisa Anda gunakan begitu saja. Sebab, beberapa top level domain mengharuskan Anda memenuhi syarat tertentu.

Tapi selain jenis TLD-nya, Anda juga harus memperhatikan kualitas penyedia domain. Kalau sembarangan membeli ekstensi dari penyedia domain abal-abal, bisa jadi Anda membayar lebih mahal, konfigurasi sulit, dan produknya kurang terpercaya.

Kabar gembiranya, Niagahoster menyediakan berbagai domain terbaik yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda. Ini beberapa alasan mengapa beli domain di Niagahoster itu menguntungkan:

  • Bebas pilih ekstensi;
  • Tersedia berbagai pilihan ekstensi;
  • Domain terpercaya karena Niagahoster sudah terakreditasi ICANN;
  • Integrasi blogspot cepat;
  • Fitur kelola lengkap melalui DNS Management, Domain Forwarding, dll;
  • Dukungan teknis 24/7.
  • Anda berkesempatan untuk mendapat domain berkualitas secara gratis!

Jadi, apa nih top level domain pilihan Anda?

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.