Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Apa Itu Second Level Domain? [Bonus Contoh & Tips Membuat]

3 min read

Saat calon visitor website mau mengakses sebuah situs, apa yang akan mereka ketikkan ke mesin pencari? Anda bisa menyebutnya domain atau alamat website, tapi sebenarnya, ada istilah second level domain.

Percaya tidak percaya, second level domain adalah bagian domain yang akan paling diingat pengunjung website Anda. Sebab, second level domain atau SLD menyerupai nama website.

Misalnya, Wikipedia.org. Wikipedia adalah SLD situs ensiklopedi tersebut. Biasanya, orang-orang akan mengatakan, “Coba deh cek di Wikipedia” daripada “Coba cek di Wikipedia.org”.

Tapi, itu baru segelintir info tentang SLD. Anda akan lebih jauh memahami apa itu second level domain setelah membaca artikel ini sampai akhir.

Apa yang Dimaksud dengan Second Level Domain?

Second level domain adalah nama domain Anda. Niagahoster.co.id, misalnya, punya SLD ‘Niagahoster.’

Yang pasti, second level domain selalu berada di sebelah kiri ekstensi domain alias sisi depan domain.

Bukan hanya sebagai identitas website, manfaat second level domain cukup penting. Anda akan mengetahui pada pembahasan berikutnya.

Baca Juga: Apa Itu Domain?

Mengapa Second Level Domain Penting?

Second level domain penting karena ini mempengaruhi performa hingga kredibilitas website Anda. Kira-kira, ini manfaat second level domain:

1. Membangun Kesan Pertama 

Second level domain kemungkinan besar adalah kata pertama yang orang baca saat melihat domain website Anda. Oleh sebab itu, SLD ikut membangun kesan pertama calon pengunjung terhadap situs Anda.

Misalnya, kalau Anda mendengar domain sewajas.com, pasti yang terlintas di pikiran Anda yaitu website tersebut menawarkan persewaan jas.

2. Meningkatkan Branding Website

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan branding yaitu menjadikannya SLD. Sebab, second level domain adalah hal yang biasanya paling diingat orang untuk berkunjung ke website tertentu.

3. Sebagai Pedoman untuk Email Bisnis

Tahukah Anda bahwa nama email bisnis mengikuti second level domain yang Anda gunakan?

Misalnya saja, Niagahoster punya website niagahoster.co.id. Maka dari itu, setiap karyawan dan hingga tim resmi dalam Niagahoster punya email dengan embel-embel namakaryawan/tim@niagahoster.co.id.

contoh second level domain pada email bisnis

Dengan email bisnis yang sejalan dengan domain website, kesan profesionalnya pun lebih kuat karena email terlihat lebih resmi.

Baca Juga: Ingin Punya Email Bisnis Profesional? Email Hosting Solusinya!

4. Mendongkrak Performa SEO

SLD dapat mendongkrak performa SEO Anda. Alasannya, SLD adalah keyword yang orang-orang masukkan ke mesin pencari untuk menuju website Anda.

Itu sebabnya, terkadang beberapa brand menyelipkan kata kunci tambahan untuk memperjelas konteks website. Misalnya, lokasi bisnis, seperti jasaweddingjogja.com.

Contoh Second Level Domain

Ini dia beberapa contoh second level domain yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Niagahoster.co.id

Contoh second level domain yang pertama, niagahoster.co.id. Niagahoster memasang nama brand-nya sebagai SLD.

Nah, Anda juga bisa kok menggunakan nama brand, proyek, ataupun merek dagang yang sudah terdaftar, menjadi SLD website.

2. Paketpernikahan.co.id

Selanjutnya, paketpernikahan.co.id. Sebenarnya, ini adalah website milik Makna Wedding.

Faktanya, Anda memang tidak harus menggunakan nama brand sebagai SLD. Melainkan, bisa memakai kata kunci tertentu yang menunjukkan layanan Anda sekaligus mendongkrak performa SEO.

3. Therichjogjahotel.com

Selain menjadikan kata kunci tertentu sepenuhnya sebagai SLD, Anda juga bisa kok memakai nama brand dan menambahkan keyword juga. Seperti keyword yang berhubungan dengan lokasi bisnis Anda. Misalnya, therichjogjahotel.com.

Dengan begitu, Anda lebih mudah menjaring target audiens spesifik dan juga meningkatkan local SEO. Local SEO adalah optimasi rank website agar muncul di halaman teratas pencarian lokal.

Yap, itu tadi beberapa contoh second level domain dari berbagai website bisnis di Indonesia. Kalau Anda membutuhkan lebih banyak inspirasi, silakan temukan contoh nama domain bisnis lainnya di artikel tersebut.

Tips Menentukan Second Level Domain

Ini dia tips menentukan second level domain terbaik untuk website:

1. Gunakan Brand Anda atau Kata Kunci Tertentu

Tips pertama, gunakanlah nama brand Anda ataupun kata kunci tertentu. Kami akan menjelaskannya satu per satu.

Jika Anda sudah memiliki brand atau bahkan sudah mendaftarkannya secara hukum, memakai nama brand sebagai SLD adalah pilihan tepat. Selain meningkatkan branding, email bisnis Anda nantinya juga terlihat lebih kredibel.

Tapi kalau brand Anda masih dalam proses ataupun Anda ingin menguasai hasil pencarian pada satu keyword tertentu, bisa juga kok menjadikannya SLD. Yang penting, keyword harus mudah diingat dan dieja.

Baca Juga: Cara Riset Keyword

2. Hindari Menggunakan Angka, Singkatan, dan Tanda Hubung

Adanya angka, singkatan, dan tanda hubung akan menyulitkan SLD untuk diingat ataupun diketikkan. Jadi, sebaiknya SLD hanya memuat susunan huruf yang sederhana saja.

Baca Juga: Tips Nama Toko Online

3. Daftarkan SLD untuk Durasi yang Panjang

Sebelum membeli domain, pikirkan dahulu apakah Anda akan membutuhkan SLD tersebut dalam jangka panjang. Sebab, pembelian domain itu durasinya terbatas.

Kalau Anda hanya sewa domain setahun, kalau waktunya sudah lewat, domain tersebut boleh dibilang tidak bertuan sehingga siapapun bisa mengambilnya.

Maka dari itu, sebaiknya daftarkan SLD Anda untuk durasi yang panjang atau beberapa tahun. 

Trik lebih lengkapnya lagi, silakan kunjungi artikel Tips Memilih Nama Domain.

Baca Juga: Panduan Domain untuk Pemula

Yuk Tentukan Second Level Domain Anda Sekarang!

Ada banyak pertimbangan untuk menentukan second level domain terbaik bagi sebuah website. Tapi yang jelas, jika Anda memilihnya dengan tepat, SLD akan memberi dampak yang cukup positif.

Pertama, SLD akan menciptakan kesan pertama alias persepsi visitor terhadap situs Anda. Kalau SLD Anda mudah diingat, tentu branding bisnis makin oke. Apalagi, jika email bisnis Anda juga sejalan dengan nama SLD.

Dari sisi teknis, SLD juga mampu meningkatkan performa SEO. Baik untuk pencarian secara global ataupun lokal.

Nah kalau Anda sudah memutuskan apa second level domain Anda, jangan lupa pilih penyedia domain terpercaya. Di Niagahoster, mendaftarkan domain begitu mudah dan keunggulannya pun melimpah:

  • Bebas pilih ekstensi;
  • Fitur kelola lengkap. Mulai dari DNS Management, Domain Forwarding, hingga Unlock Domain;
  • Bisa sekalian beli hosting sekaligus instalasi website WordPress;
  • Dukungan teknis 24/7.
  • Tersedia free domain berkualitas untuk Anda

Yuk buruan booking SLD Anda sebelum keduluan yang lain!

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]