Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

cPanel vs CyberPanel: Mana yang Terbaik untuk Hosting?

2 min read

Kumpulan Panduan CyberPanel

Membahas kontrol panel hosting, cPanel memang yang paling dikenal. Namun, CyberPanel juga mulai banyak direkomendasikan. Manakah yang terbaik di antara cPanel vs CyberPanel?  

Nah, sebelum Anda menentukan pilihan, mari simak perbandingan cPanel dan CyberPanel di artikel berikut. 

Pengenalan cPanel dan CyberPanel

Sebagai sebuah kontrol panel hosting, baik cPanel dan CyberPanel akan memudahkan Anda mengelola hosting dan domain. 

Tampilan halaman cPanel dalam pembahasan cPanel vs CyberPanel

Sebab, semua pengaturan bisa Anda akses melalui graphical user interface (GUI). Dengan begitu, Anda tak perlu repot lagi mengetikkan perintah melalui terminal. Cukup dengan klik menu yang dibutuhkan.

cPanel memang kontrol panel yang ada lebih dulu dibanding CyberPanel. Pun demikian, keduanya memiliki performa yang baik dan fitur yang lengkap.  

Lantas, apa yang membedakan kedua kontrol panel tersebut, ya? Inilah yang akan kami ulas di bagian berikutnya. Yuk, baca sampai selesai.

Perbandingan cPanel vs CyberPanel

Inilah perbedaan cPanel dan CyberPanel dalam beberapa kriteria:

1. Kemudahan untuk Mengelola Website

Baik cPanel dan CyberPanel memiliki fitur pengelolaan website yang lengkap. Keduanya memudahkan Anda untuk mengelola file dan database. Anda juga bisa mengakses file website secara remote dengan menghubungkan cPanel dan CyberPanel dengan FTP client.

Selain itu, kedua panel kontrol menawarkan fitur manajemen WordPress yang baik. Dengan fitur tersebut, Anda bisa update WordPress secara otomatis, membuat staging, dan melakukan backup.

Bedanya, fitur pengelolaan WordPress di cPanel memungkinkan Anda untuk mengelola plugin dan tema tanpa harus log in ke Dashboard. Jadi, Anda bisa dengan praktis mematikan atau menghapus plugin dan tema yang tidak dibutuhkan atau bermasalah.

Terlepas dari perbedaan fitur pengelolaan itu, CyberPanel lebih unggul dari cPanel untuk pemilik website yang profesional. Sebab, CyberPanel mendukung integrasi dengan platform pengelolaan versi GitHub.

Dengan menghubungkan CyberPanel dan GitHub, Anda bisa deploy kode langsung dari repositori Anda. Jadi, kustomisasi website lebih praktis dan terdokumentasikan dengan baik.

2. Fitur Keamanan

cPanel vs CyberPanel sama-sama memiliki fitur keamanan yang baik untuk menjaga website dari hacker dan malware.

Di cPanel ada banyak fitur keamanan, di antaranya IP blocker, hotlink protection, dan two factor authentication. Sementara itu, CyberPanel memiliki ModSecurity yang berfungsi untuk menangkal serangan cyber terhadap hosting.

Kedua panel kontrol tersebut juga memudahkan Anda untuk mengaktifkan SSL secara gratis. Bedanya, cPanel menggunakan AutoSSL, sedangkan CyberPanel menggunakan Let’s Encrypt SSL.

3. Dukungan untuk Optimasi Kecepatan Website

Website yang cepat itu penting. Selain membuat pengunjung betah, juga akan meninggalkan kesan yang baik untuk pengunjung. Hal ini harus diwujudkan, terutama untuk website bisnis dan instansi.

Nah, CyberPanel dan cPanel mendukung kebutuhan website yang cepat. Sebab, keduanya bisa digunakan di web server berkecepatan tinggi seperti LiteSpeed.

Terlebih, CyberPanel dan LiteSpeed adalah kombinasi yang baik bagi Anda yang ingin membangun website WordPress. Dengan CyberPanel, Anda bisa menginstal plugin LiteSpeed Cache secara otomatis di WordPress.

Dengan adanya LiteSpeed Cache, loading website akan jadi lebih cepat. Alasannya, server tidak perlu memproses permintaan akses website satu per satu.

Nah, cPanel tidak menginstal plugin cache secara otomatis. Pun demikian, Anda tetap bisa menginstal plugin melalui WordPress untuk mengoptimalkan kecepatan website.

Baca Juga: Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

4. Harga

Perbedaan cPanel vs CyberPanel lainnya ada pada biaya berlangganan keduanya.

Harga lisensi cPanel mulai dari $15.99/bulan untuk satu website. Meski demikian, Anda bisa mencoba cPanel secara gratis selama 15 hari. Jadi, Anda bisa menilai manfaat panel kontrol tersebut sebelum memilih untuk membelinya.

CyberPanel lebih terjangkau karena memiliki versi gratis. Jika puas dengan fasilitas CyberPanel gratis, Anda bisa upgrade ke versi berbayar yang lebih canggih mulai dari $11/bulan.

Baca Juga: cPanel vs Webuzo: Manakah yang Terbaik untuk Hosting?

cPanel vs CyberPanel: Mana yang Anda Pilih?

Di artikel ini, Anda sudah menyimak perbandingan dua kontrol panel populer, cPanel vs CyberPanel.

Masing-masing panel kontrol itu memiliki perbedaan, yaitu di fitur keamanan, pengelolaan, dan kecepatan website. Namun, keduanya sama baik dan sangat direkomendasikan untuk Anda.

cPanel menawarkan fitur yang cukup bagi Anda yang baru pertama kali membuat website. Sedangkan, CyberPanel lebih cocok bagi Anda pengguna profesional yang ingin men-deploy website dari Github.

Apapun panel kontrol pilihan Anda, Niagahoster memiliki paket layanan hosting dengan keunggulan kontrol panel tersebut. Anda bisa menggunakan cPanel baik di Shared Hosting, Cloud Hosting, dan VPS, serta CyberPanel di layanan VPS.

Selain menyediakan cPanel dan CyberPanel, Niagahoster menawarkan layanan hosting dengan berbagai fitur unggulan, termasuk:

  • Server LiteSpeed Enterprise dengan uptime 99,9% untuk memastikan kecepatan dan kelancaran website
  • Imunify360 untuk memindai dan menghapus file-file website yang terkena malware
  • Domain gratis untuk satu tahun
  • SSL gratis selamanya
  • Fitur WordPress Accelerator di Shared Hosting dan Cloud Hosting untuk menginstal LiteSpeed Cache dari Member Area
  • Bantuan customer support 24 jam melalui live chat, telepon, dan email untuk pengguna shared hosting dan cloud hosting

Semua itu bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10.000/bulan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Segera pilih paket hosting dengan kontrol panel yang Anda butuhkan!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.