Pada tanggal 18 Juli 2023, Niagahoster telah beralih ke sistem manajemen hosting baru yang dikenal sebagai hPanel. Peningkatan layanan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
hPanel adalah tool control panel hosting yang dikembangkan oleh Hostinger. Dibekali antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur yang canggih, hPanel memudahkan Anda mengelola website dan hosting dengan mudah dan cepat.
Artikel ini akan mengajak Anda belajar cara menggunakan hPanel dalam mengelola berbagai aspek penting, seperti hosting, website, dan domain. Setelah membaca artikel ini, Anda pun dapat memaksimalkan potensi situs web melalui panel Niagahoster yang baru ini.
Sudah siap mengenal hPanel lebih dekat? Yuk scroll ke bawah!
Cara Menggunakan hPanel di Niagahoster
hPanel tersedia bagi Anda yang membeli layanan Niagahoster mulai tanggal 18 Juli 2023. Bagi pelanggan lama, akun Anda akan dialihkan secara bertahap ke hPanel demi menjamin kenyamanan dan kelancaran layanan.
Jika tertarik menikmati kecanggihan hPanel, Anda dapat langsung berlangganan hosting Niagahoster dengan mengklik banner di bawah ini:
1. Login ke Member Area
Sebelum mulai menjelajahi hPanel, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke member area Niagahoster.
Mulailah dengan membuka web browser favorit Anda. Lalu, kunjungi halaman login member area Niagahoster. Alternatifnya, Anda juga dapat langsung mengakses homepage Niagahoster dan mengklik tombol Log in di pojok kanan atas.
Setelah sampai di halaman login, masukkan email dan password yang telah Anda daftarkan. Lalu, klik tombol Log in. Anda juga dapat menggunakan akun Google atau Facebook yang telah terhubung untuk login dengan lebih mudah.
Jika belum memiliki akun hPanel, jangan khawatir. Anda dapat membeli hosting di Niagahoster terlebih dahulu. Dalam prosesnya, Anda akan terdaftar sebagai pelanggan Niagahoster.
2. Mengenal Member Area Niagahoster
Setelah berhasil login, mari eksplorasi member area Niagahoster dan beberapa menu utamanya.
Di member area ini, Anda dapat melihat semua layanan Niagahoster yang telah didaftarkan, mulai dari Hosting, Domain, Email, hingga VPS. Untuk mengelolanya, klik tombol Kelola di samping masing-masing layanan, yang akan membawa Anda ke hPanel.
Beralih ke menu navigasi bagian atas, terdapat beberapa menu tambahan untuk setiap layanan. Jika belum memiliki layanan tertentu, misalnya VPS, menu navigasi terkait dapat Anda akses untuk membeli layanan secara langsung.
Di bagian yang sama, Anda akan menemukan menu Tagihan. Ketika diklik, menu ini akan menampilkan semua daftar tagihan layanan Anda, termasuk biaya dan tanggal jatuh temponya. Anda juga dapat memperpanjang durasi layanan di sini.
Bergeser ke kanan, tersedia ikon Pilihan Bahasa yang memungkinkan Anda mengganti bahasa antarmuka member area sesuai preferensi.
Di pojok kanan atas, menu Akun memberikan berbagai opsi seperti Informasi Akun, Keamanan, dan Bantuan. Anda juga dapat keluar dari member area dengan mengklik menu Logout.
3. Mengakses hPanel untuk Mengelola Hosting
Dari member area, Anda bisa mengakses hPanel untuk mengelola hosting Anda. hPanel menghadirkan keleluasaan untuk mengelola hosting dengan mudah dan efisien. Mari jelajahi fitur-fitur penting yang ada di hPanel untuk mengatur hosting Anda.
Untuk mengakses hPanel, klik tombol Kelola di samping paket web hosting Anda di member area. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke dashboard hPanel untuk mengelola hosting dengan tampilan seperti pada gambar berikut:
Dashboard ini terbagi menjadi dua bagian utama. Bagian pertama adalah sidebar sebelah kiri, yang memuat berbagai menu yang disediakan oleh hPanel. Penjelasan detail untuk setiap menu dapat Anda simak pada poin-poin selanjutnya.
Sementara itu, bagian dashboard utama menampilkan informasi tentang website yang telah terinstal pada hosting Anda. Di sini, Anda juga dapat menemukan informasi penting seperti nama domain dan akun email yang terhubung ke hosting.
Menariknya, sistem hPanel secara berkala melakukan pemantauan terhadap performa dan keamanan website. Hasil pemantauan ini ditampilkan secara langsung di dashboard, memungkinkan Anda mengambil tindakan segera jika diperlukan.
Nah, demikian tampilan dashboard utama hosting. Namun, Anda juga bisa mengakses menu Hosting dari menu navigasi atas. Bedanya, di sini Anda dapat menemukan beberapa opsi pengelolaan hosting tambahan.
Di sini, Anda dapat mengupgrade paket hosting, menambahkan website baru ke hosting yang sama, hingga melakukan permintaan migrasi website melalui ikon tiga titik horizontal di sebelah kanan akun hosting Anda.
Sementara itu, tombol Kelola akan mengarahkan Anda ke dashboard pemakaian resource hosting. Hal pertama yang dapat Anda lakukan di sini adalah mengubah lokasi server. Namun harap dicatat, Anda hanya bisa mentransfer server setiap 30 hari sekali.
Halaman ini juga dapat Anda manfaatkan untuk melihat status penggunaan sumber daya hosting, seperti:
- Disk usage – jumlah ruang penyimpanan yang telah digunakan pada paket hosting Anda.
- Inode – jumlah total file dan folder yang ada dalam storage hosting Anda.
- CPU – statistik penggunaan daya pemrosesan CPU pada akun hosting Anda.
- RAM – statistik pemakaian RAM pada akun hosting Anda.
- I/O – kecepatan transfer data antara penyimpanan dan RAM pada hosting Anda.
- Proses entri – jumlah total proses yang sedang berlangsung pada hosting Anda.
Di bagian bawah halaman, terdapat pilihan untuk menghentikan semua proses yang sedang berjalan. Gunakan opsi ini jika terdapat proses yang macet atau berjalan terlalu lambat.
4. Menginstall dan Mengelola WordPress
Apabila Anda pernah menggunakan cPanel sebelumnya, salah satu keunggulan hPanel jika Anda membandingkan cPanel vs hPanel adalah kemampuannya untuk menginstal dan mengelola website WordPress dengan cepat dan mudah.
Setelah membeli layanan hosting Premium, Bisnis, Cloud, atau hosting untuk WordPress, akses dashboard utama hosting untuk mulai menginstal WordPress. Kemudian, pilih menu Website dari sidebar sebelah kiri dan klik Instalasi Otomatis.
Pada halaman berikutnya, klik tombol Pilih pada bagian WordPress.
Sebagai informasi tambahan, halaman Instalasi Otomatis juga memungkinkan Anda menginstal berbagai CMS atau aplikasi website lain, seperti WooCommerce, Joomla, dan Laravel.
Setelah memilih WordPress, Anda akan melihat popup Install WordPress seperti di bawah ini. Isikan informasi website seperti judul, alamat email, nama pengguna, dan kata sandi administrator. Setelah selesai, klik Selanjutnya.
Pada bagian berikutnya, ada beberapa opsi penginstalan WordPress lanjutan yang dapat disesuaikan. Jika kurang yakin, biarkan dalam pengaturan default. Setelah itu, klik Install.
Tunggu hingga proses install WordPress selesai. Jika sudah, Anda dapat mulai mengelola WordPress dengan memilih ikon tiga titik vertikal lalu Kelola. Atau, akses menu WordPress dari sidebar dan pilih Pratinjau.
Anda sekarang berada di dashboard pengelolaan WordPress. Mulailah dengan membuka halaman admin WordPress, yang bisa Anda lakukan tanpa memasukkan username dan password.
Caranya mudah, cukup klik tombol Edit Website seperti yang ditunjukkan pada gambar:
Tab Dashboard ini juga menyediakan beragam fitur untuk mengoptimalkan WordPress. Pada bagian Inti, terdapat beberapa opsi yang mendukung kinerja dan keamanan website WordPress, antara lain:
- Force HTTPS – mengalihkan semua transaksi data di website melalui protokol HTTPS yang lebih aman.
- Mode maintenance – menonaktifkan situs web sementara untuk melakukan perawatan atau perbaikan.
- LiteSpeed – teknologi server web untuk meningkatkan kecepatan dan performa website Anda.
- Object cache – mempercepat loading website dengan menyimpan data yang sering diakses dalam bentuk cache pada database.
- Flush cache – membersihkan cache yang tersimpan agar situs web dapat memuat ulang informasi baru.
- Pembaruan WordPress – melakukan pembaruan otomatis untuk situs WordPress agar website selalu cepat dan aman.
Selain itu, dashboard pengelolaan WordPress juga menyajikan informasi terkait situs WordPress Anda, seperti nama database, versi PHP dan WordPress yang terinstal, serta status aktivasi sertifikat SSL.
Beralih ke tab berikutnya, yaitu Staging. Fitur ini memungkinkan Anda menduplikasi website ke dalam subfolder sebagai lingkungan pengembangan. Dengan Staging, Anda dapat menguji dan mengkustomisasi website tanpa risiko merusak tampilan atau kinerja website utama.
Untuk memanfaatkan WordPress Staging, pastikan Anda menggunakan paket minimal Bisnis untuk layanan Web Hosting dan WordPress Hosting, atau paket apa pun untuk layanan Cloud Hosting.
Tab terakhir dalam menu ini adalah Keamanan. Di sini, Anda dapat mengaktifkan, memperbarui, dan menghapus tema serta plugin yang terinstal di situs WordPress.
5. Mengupload File Website
Selain menginstall aplikasi melalui fitur Instalasi Otomatis, Anda juga dapat mengunggah file website secara manual. Opsi ini cocok bagi para developer yang perlu menghosting website yang dibuat dengan coding.
Untuk mengupload website ke hosting, Anda dapat menggunakan fitur File Manager di hPanel. Silakan akses menu File, lalu pilih opsi File Manager. Pada halaman berikutnya, klik Akses semua file.
Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman File Manager untuk mengunggah file website dengan mudah. Namun, perlu diketahui bahwa ukuran file maksimal yang dapat diupload adalah 256 MB. Oh ya, di sini Anda juga dapat mengedit file yang sudah ada.
Opsi lain untuk mengupload file website ke hosting adalah melalui fitur Impor Website. Setelah mengakses fitur ini melalui sidebar, Anda dapat mengimpor file arsip website berformat .zip atau tar.gz dengan ukuran maksimal 256 MB.
Metode terakhir yang dapat Anda manfaatkan yaitu melalui FTP atau File Transfer Protocol. Dengan opsi ini, Anda dapat mengunggah website dari komputer ke server semudah drag and drop file antar folder.
Untuk melakukannya, silakan akses menu Akun FTP terlebih dahulu. Anda akan menemukan detail FTP IP, FTP username, FTP Port, dan FTP Password. Informasi inilah yang perlu Anda masukkan ke dalam aplikasi FTP Client seperti FileZilla, untuk login ke server.
Jika tidak ingat atau belum pernah mengatur kata sandi akun FTP Anda, silakan akses menu Ganti Kata Sandi dan masukkan password baru akun FTP Anda.
6. Mengelola Email
Mengelola email menjadi salah satu aspek penting dalam membangun kehadiran online yang profesional. Dengan hPanel, Anda dapat membuat, mengelola, dan mengakses alamat email yang terhubung dengan domain Anda.
Untuk membuat email dengan domain sendiri, misalnya nama.anda@alamatdomain.com, akses menu Email dan pilih opsi Akun Email.
Di halaman berikutnya, pilih nama domain yang ingin digunakan sebagai alamat email lalu klik tombol Kelola.
Anda akan diarahkan ke dashboard pengelolaan Email. Di sini, klik opsi Buat akun email untuk mendaftarkan alamat email baru. hPanel memungkinkan Anda membuat hingga 100 akun email.
Di halaman Setup Akun Email, masukkan nama email yang Anda inginkan dan atur kata sandi untuk akun email tersebut. Jika sudah, klik tombol Buat.
Setelah emaill dibuat, terdapat pilihan untuk menghubungkan akun email dengan beberapa platform email client, seperti Outlook dan Gmail. Anda dapat mengonfigurasinya sekarang atau mengaturnya nanti dengan mengklik opsi yang sesuai.
Anda akan diarahkan kembali ke dashboard pengelolaan Email. Klik Webmail untuk mengakses akun email Anda. Masukkan alamat email baru beserta passwordnya untuk membuka Webmail.
Selanjutnya, Anda akan menjumpai tampilan Webmail yang bisa digunakan untuk mengirim, menerima, dan mengelola email dengan mudah.
Dashboard ini juga menyediakan beberapa fitur tambahan untuk mendukung pengelolaan email, seperti:
- Forwarder – mengarahkan email masuk dari satu alamat ke alamat lain.
- Email Alias – membuat alamat email tambahan yang terhubung dengan alamat utama.
- Auto Reply – mengirimkan balasan otomatis kepada pengirim saat menerima email.
- Pengaturan DNS – mengelola konfigurasi DNS yang terkait dengan alamat email.
- Pengaturan Konfigurasi – menyediakan semua informasi untuk mengonfigurasi email di perangkat Anda.
- Log Email – merekam riwayat aktivitas email selama 30 hari terakhir.
- Custom DKIM – membuat DKIM record untuk melindungi email dari spoofing, phishing, dan kemungkinan ditandai sebagai spam.
Harap diingat bahwa Layanan email gratis dari berlangganan hosting memiliki batasan storage, pengiriman pesan, dan ukuran lampiran email. Untuk mengetahui batasan yang berlaku, klik tombol Lihat semua limit.
Apabila batasan layanan gratis belum memenuhi kebutuhan Anda, pertimbangkan untuk mengupgrade paket ke layanan Email Hosting. Layanan ini memberikan storage dan kuota pengiriman pesan ekstra, serta dilengkapi dengan fitur keamanan dan perlindungan spam yang lebih canggih.
7. Mengatur Domain
Pada bagian ini, kami akan membahas pengaturan domain di hPanel. Saat membeli paket hosting, Anda akan mendapatkan satu domain gratis yang secara otomatis terhubung sebagai alamat website Anda.
Anda juga dapat mengelola beberapa hal yang masih berhubungan dengan domain, seperti membuat subdomain baru. Untuk melakukannya, Anda perlu mengakses menu Domain dan memilih opsi Subdomain.
Selanjutnya, tuliskan nama subdomain sesuai preferensi. Jika ingin menyesuaikan direktori subdomain, Anda dapat mencentang opsi Folder kustom untuk subdomain sebelum mengklik tombol Buat.
Pengaturan domain lain yang dapat Anda temukan di hPanel adalah Parked Domain. Fitur Parkir Domain memungkinkan Anda memanfaatkan domain yang tidak terpakai dengan menampilkan isi konten yang sama dengan website utama.
Untuk menggunakan fitur Parked Domain, pastikan domain tersebut diarahkan ke nameserver Niagahoster.
Selain itu, hPanel juga menyediakan fitur Redirect yang memungkinkan Anda mengalihkan pengunjung dari satu halaman atau URL ke yang lain.
Jika ingin menghubungkan domain dengan layanan pihak ketiga, Anda dapat melakukannya melalui menu Tingkat Lanjut lalu memilih DNS Zone Editor. Di sini, Anda dapat menambahkan dan mengelola informasi DNS seperti A, MX, dan CNAME record.
Apabila membeli nama domain baru dan ingin menghubungkannya ke salah satu paket hosting, Anda dapat melakukannya melalui menu Domain dari menu navigasi atas. Setelah itu, pilih opsi Kelola pada domain yang dimaksud.
Pada halaman berikutnya, klik bagian Hubungkan website ke paket Hosting Anda dan pilih akun hosting yang ingin dihubungkan ke domain baru Anda.
8. Membuat Database
Hal lain yang dapat Anda lakukan di hPanel adalah membuat dan mengelola database MySQL. Database memiliki peran vital dalam menyimpan data penting website..
Untuk membuat database baru di hPanel, akses menu Database dan pilih opsi Pengelolaan. Lalu, isikan nama database, username, dan password untuk database tersebut, kemudian klik tombol Buat.
Setelah berhasil membuat database, Anda perlu mengelola database tersebut. Scroll ke bawah lalu klik tombol Masuk phpMyAdmin di sebelah kanan database MySQL yang sudah dibuat.
Anda akan diarahkan ke phpMyAdmin tempat Anda dapat mengelola tabel, menjalankan query SQL, mengimpor dan mengekspor data, serta melakukan tugas-tugas penting lainnya terkait database.
Anda juga dapat dengan mudah mengakses phpMyAdmin melalui sidebar sebelah kiri. Cukup klik menu Database dan pilih phpMyAdmin.
Jika perlu mengakses database secara remote dari komputer atau server lain, Anda dapat memanfaatkan menu Remote MySQL. Di sini, Anda dapat memasukkan alamat IP komputer dan database yang ingin diakses secara remote.
9. Memantau Performa Website
Di hPanel, tersedia berbagai fitur untuk membantu Anda memantau dan meningkatkan performa situs web. Mari jelajahi beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan.
Untuk memantau performa, mulailah dengan menguji kecepatan website Anda. Akses menu Performa dan pilih Kecepatan Website. Selanjutnya, pilih perangkat yang ingin diuji (Desktop atau Ponsel) lalu klik tombol Analisis.
Setelah itu, sistem akan melakukan pengujian dan menunjukkan seberapa cepat website Anda bisa diakses di perangkat yang Anda pilih. Apabila ada aspek yang kinerjanya belum memuaskan, hPanel akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkannya.
Selain itu, terdapat fitur Statistik yang memungkinkan Anda memantau penggunaan bandwidth website dalam rentang waktu tertentu. Halaman ini juga memberikan informasi penting lainnya, seperti total permintaan, alamat IP pengunjung unik, serta halaman yang mengalami error 5xx dan 4xx.
Apabila kemungkinan akan ada lonjakan trafik di website Anda dalam 24 jam ke depan, misalnya saat mengadakan promo di website toko online Anda, hPanel memiliki fitur Boost paket yang dapat Anda manfaatkan secara GRATIS.
Fitur ini akan menambah resource hosting Anda hampir dua kali lipat dari yang tersedia untuk mengantisipasi adanya peningkatan trafik.
Akses fitur ini melalui menu Hosting pada menu navigasi atas, pilih akun hosting Anda, lalu klik ikon tiga titik horizontal. Dari sana, pilih opsi Boost Paket.
Peningkatan limit sumber daya ini akan aktif selama 24 jam penuh, dengan kuota penggunaan selama satu kali dalam waktu sebulan.
10. Mengamankan Website
Tak hanya tentang performa, hPanel juga menyediakan berbagai fitur keamanan canggih untuk melindungi data dan privasi pengunjung, serta menjaga integritas website Anda dari ancaman berbahaya.
hPanel secara berkala akan memindai situs Anda guna mendeteksi keberadaan malware. Untuk mengakses fitur ini, cukup buka menu Keamanan dan klik Pendeteksi Malware.
Jika ditemukan malware, hPanel akan segera membersihkannya sebelum sempat menyerang website Anda.
Anda juga dapat mengakses menu SSL untuk melihat sertifikat SSL yang telah terpasang di website. Kabar baiknya, Niagahoster sudah menyertakan layanan SSL gratis seumur hidup yang terpasang secara otomatis.
Fitur penting lainnya yang disediakan hPanel untuk menjaga keamanan website Anda adalah pencadangan data website. Anda dapat mengaksesnya melalui menu File dan pilih Backup.
Di halaman Backup, Anda bisa melakukan pencadangan data website secara manual. Selain itu, tersedia opsi untuk mencadangkan file website dan database secara terpisah.
Oh ya, setiap paket hosting Niagahoster menyediakan opsi pencadangan mingguan secara otomatis. Sementara itu, pencadangan harian tersedia minimal dengan paket Bisnis pada layanan Web Hosting dan WordPress Hosting.
11. Fitur hPanel Lainnya
Di luar fitur utama yang telah dibahas sebelumnya, hPanel juga menyediakan berbagai fitur tingkat lanjut yang dapat Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan pengalaman hosting Anda.
Berikut adalah penjelasan dari beberapa fitur yang dapat diakses dari menu Tingkat Lanjut:
- Konfigurasi PHP – menyediakan pilihan untuk mengubah versi PHP dan mengaktifkan ekstensi PHP yang dibutuhkan.
- Cron Job – memungkinkan Anda menjadwalkan tugas-tugas otomatis, seperti membersihkan cache pada waktu yang ditentukan.
- Akses SSH – menampilkan informasi untuk mengakses SSH, serta menyajikan sejumlah perintah SSH dasar yang dapat Anda gunakan.
- Info PHP – menampilkan informasi terkait PHP di website Anda, termasuk versi dan modul yang aktif.
- Cache Manager – mengaktifkan cache otomatis di website Anda untuk mempercepat loading dan meningkatkan performa SEO.
- GIT – melakukan deploy aplikasi dan menerapkan perubahan langsung dari repository GIT.
- Password Protect Directories – mengatur perlindungan dengan kata sandi pada direktori tertentu sesuai kebutuhan.
- Pengelola IP – mengelola alamat IP yang diizinkan atau diblokir untuk mengakses website Anda.
- Hotlink Protection – mencegah pengunjung dan website lain melakukan hotlinking ke gambar dan berkas di website Anda.
- Folder Index Manager – mengubah cara direktori dan berkas diindeks oleh server web.
- Perbaiki Kepemilikan File – mengatur ulang izin untuk semua berkas dan direktori.
- Log Aktivitas – mencatat setiap aktivitas yang dilakukan dalam akun hosting Anda.
Terdapat juga opsi untuk mereset akun hosting. Namun, harap dicatat bahwa fitur ini akan menghapus semua data di hosting Anda tanpa terkecuali. Anda dapat mengakses fitur ini melalui menu Akun dan memilih opsi Reset Akun.
Selanjutnya, dari pojok kiri bawah pada sidebar, mari beralih ke menu navigasi bagian atas. Di sini, Anda akan menemukan tombol PRO Panel yang membawa Anda ke tampilan seperti yang ditunjukkan di bawah:
PRO Panel dirancang untuk membantu Anda menjadi reseller layanan Niagahoster dan mengelola akun pelanggan di satu tempat. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang fitur ini di panduan cara menggunakan PRO Panel.
Sampai di sini, Anda telah menyimak tutorial lengkap panel Niagahoster yang baru, yaitu hPanel. Bagaimana, mudah dan praktis kan?
Yuk Nikmati Kemudahan Mengelola Hosting dengan hPanel!
hPanel merupakan tool untuk mengelola hosting dan website secara efisien. Dalam artikel ini, Anda telah mempelajari panduan lengkap hPanel untuk melakukan beberapa tindakan penting, termasuk:
- Mengelola Hosting – mengenal dashboard utama hosting, memantau sumber daya hosting, dan melakukan upgrade paket.
- Menginstall WordPress – memanfaatkan fitur Instalasi Otomatis, mengoptimalkan performa, dan mengakses halaman admin WordPress.
- Mengupload File Website – mengakses File Manager dan menggunakan akun FTP.
- Mengelola Email – membuat akun email serta mengirim dan menerima email melalui Webmail.
- Mengatur Domain – membuat subdomain, mengelola domain, dan menghubungkan domain baru.
- Membuat Database – membuat dan mengelola database MySQL serta mengakses phpMyAdmin.
- Memantau Performa – menguji kecepatan, melihat statistik, dan menggunakan Boost paket.
- Mengamankan Website – mengakses pendeteksi malware, mengelola SSL, dan mencadangkan data.
Semua fitur canggih hPanel di atas dapat Anda nikmati dengan berlangganan Niagahoster, yang menawarkan beragam layanan seperti hosting, domain, VPS, hingga Website Builder.
Jadi tunggu apalagi, mulailah perjalanan online Anda bersama Niagahoster dan jelajahi potensi kesuksesan Anda dengan hPanel!
Saya ada pertanyaan untuk panel lama niagahoster itu masih bisa diakses sampai kapan ya?
Hai, kak. Saat ini tim internal kami sedang melakukan migrasi terhadap akun pelanggan dari panel yang lama ke hPanel.
Jika semua akun telah berhasil kami migrasikan, maka panel yang lama secara otomatis tidak dapat digunakan lagi.
Apakah hpanel tidak bisa menjalankan web berbasis node js seperti express js.
Saya terlanjur beli yg cloud startup ga nemu menu nodejs seperti di cpanel 😅
Hai, kak. Untuk menjalankan website dengan Node.js dan Express.js, kakak bisa berlangganan layanan VPS Hosting, ya.
Silakan kunjungi halaman berikut untuk info lebih lanjut: https://www.niagahoster.co.id/cloud-vps-hosting
Mengapa sekarang dinamakan hPanel sebagai pengganti cpanel?
Halo Kak! Saat ini Niagahoster adalah bagian dari Hostinger, dan kami menggunakan hPanel sebagai panel kontrol utama. hPanel dibuat untuk memberikan pengalaman yang lebih efisien dan lengkap untuk mengelola layanan hosting 😊
halo kak, bisa diterangkan kak, cara instal ojs 3 di niagahoster. terimakasih
Halo Kak! Untuk menginstal OJS 3 di Niagahoster, Kakak bisa menggunakan fitur Auto Installer yang tersedia di hPanel. Jika OJS 3 tidak tersedia langsung melalui Auto Installer, Kakak mungkin perlu menginstalnya secara manual dengan mengunduh software dari situs resmi OJS dan mengunggahnya ke server Kakak 🙂