Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

cPanel vs Webuzo, Manakah yang Terbaik untuk Hosting?

2 min read

cara kerja control panel hosting

Penggunaan hosting tidak bisa dipisahkan dari panel kontrol untuk memudahkan pengelolaannya. Nah, jika Anda mencari panel kontrol yang baik, cPanel vs Webuzo adalah dua kontrol panel yang bisa jadi pilihan.

Akan tetapi, di antara kedua panel kontrol tersebut, mana yang lebih tepat untuk Anda gunakan? Untuk menjawab pertanyaan itu, mari simak perbandingan antara cPanel dan Webuzo di artikel ini.

Pengenalan cPanel dan Webuzo

cPanel dan Webuzo merupakan control panel hosting yang populer. Keduanya memungkinkan Anda untuk mengelola hosting melalui graphical user interface yang mudah dipahami.

Dengan menggunakan panel kontrol seperti cPanel dan Webuzo, Anda cukup klik berbagai menu yang ada untuk mengelola file website, database, dan domain. Dengan begitu, pengoperasian hosting semudah menggunakan komputer atau smartphone Anda.

Tanpa bantuan kontrol panel, Anda harus bisa menjalankan perintah-perintah yang dibutuhkan untuk pengelolaan hosting di Terminal atau Command Prompt. Hal ini tentu akan lebih menyulitkan Anda yang belum memiliki kemampuan teknis dalam pengoperasian hosting.

Nah, meskipun cPanel dan Webuzo menawarkan fungsi yang sama, mana yang lebih baik untuk Anda? Mari simak perbandingan antara cPanel dan Webuzo di bagian selanjutnya.

Baca Juga: Kenali Cara Kerja Control Panel Hosting

Perbandingan cPanel vs Webuzo

Berikut ini adalah perbedaan cPanel dengan Webuzo dalam beberapa kategori:

Dukungan Sistem Operasi

Baik cPanel maupun Webuzo mendukung sistem operasi (OS) server berbasis Linux. Di antaranya, CentOS dan Redhat mulai dari versi 6 hingga yang terbaru.

Selain itu, cPanel bisa digunakan dengan CloudLinux versi 6 dan seterusnya, sedangkan Webuzo kompatibel dengan Scientific Linux dan Ubuntu LTS.

Dengan mengetahui kompatibilitas antara OS dan panel kontrol, Anda bisa memilih cPanel vs Webuzo yang dukungan sistem operasinya Anda butuhkan. 

Resource yang Dibutuhkan

Perbedaan cPanel dan Webuzo yang kedua adalah jumlah resource atau sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan keduanya.

cPanel memerlukan memori 768MB dan penyimpanan 20GB. Jika ingin performa yang lebih baik, setidaknya Anda perlu menggunakan memori 1GB dan penyimpanan 40GB.

Webuzo setidaknya membutuhkan memori 1GB dan penyimpanan 5GB. Namun, untuk kinerja yang lebih tangguh, sebaiknya Anda menyiapkan memori 2GB dan penyimpanan 10GB.

Software Database

cPanel dan Webuzo menggunakan MySQL sebagai software database bawaan. Akan tetapi, Anda juga bisa menggunakan software database lain untuk kedua panel kontrol tersebut.

Contohnya, cPanel kompatibel dengan PostgreSQL dan phpMyAdmin. Sementara itu, pilihan software database untuk Webuzo lebih banyak. Di antaranya, SQLite Manager, RockMongo, dan MyWebSQL.

Fitur Keamanan

Panel kontrol memiliki fitur yang membantu Anda untuk meningkatkan keamanan website. Tujuannya, agar risiko serangan hacker terhadap website bisa diminimalkan. Nah, perbedaan cPanel vs webuzo selanjutnya adalah fitur keamanan yang keduanya tawarkan. 

cPanel menggunakan leech protection, hotlink protection, ModSecurity, dan two factor authentication untuk mengamankan website. Kalau Webuzo, fitur keamanannya terdiri dari CSF configuration dan directory privacy.

Selain fitur-fitur keamanan tersebut, kedua panel kontrol mendukung SSL, akses SSH, dan IP blocker.

Aplikasi Webmail

Webmail adalah aplikasi di panel kontrol untuk mengelola dan menggunakan akun email yang terhubung dengan hosting Anda. Nah, pilihan webmail adalah perbedaan cPanel vs Webuzo mendukung webmail yang selanjutnya.

Pilihan webmail untuk cPanel sedikit. Di antaranya adalah Roundcube dan SQLite. Sementara itu, Webuzo mendukung lebih banyak webmail, seperti OpenNewsletter, phpList, Dada Mail, dan WebMail Lite.

Harga

Biaya lisensi cPanel mulai dari $15.99/bulan. Harga itu tentu jauh lebih mahal dibandingkan lisensi Webuzo yang mulai dari $2.5/bulan saja.

Meski begitu, Anda bisa mencoba keduanya dengan gratis selama 15 hari. Jadi, Anda bisa mengetahui perbedaan penggunaan dua panel kontrol tersebut sebelum menentukan pilihan Anda.

Ilustrasi kesulitan

cPanel vs Webuzo: Mana yang Anda Pilih?

Itulah penjelasan tentang dua kontrol panel populer, cPanel vs Webuzo. 

Masing-masing panel kontrol itu berbeda di beberapa hal, seperti dukungan sistem operasi, resource yang dibutuhkan, dan fitur-fiturnya. Meski begitu, kedua panel kontrol tersebut sama-sama memiliki keunggulan yang cukup direkomendasikan untuk Anda gunakan.

Nah, jika ingin menggunakan cPanel untuk membuat website, Anda perlu membeli lisensinya dan web hosting secara terpisah. Hal ini tentu cukup merepotkan, terutama kalau Anda masih pemula

Daripada bersusah payah melakukan itu, Anda bisa mendapatkan cPanel beserta hosting yang andal di Niagahoster untuk membangun website Anda. Bahkan, biaya berlangganan hosting tersebut masih jauh lebih murah daripada harga satu lisensi cPanel, yaitu mulai dari Rp10.000/per bulan.

Dengan harga hosting Niagahoster yang sangat terjangkau, Anda juga akan mendapatkan fitur-fitur unggulan, termasuk:

  • Server LiteSpeed Enterprise dengan uptime 99,9% untuk memastikan kelancaran website
  • Imunify360 untuk memindai dan menghapus file-file website yang terkena malware
  • Domain gratis untuk satu tahun
  • SSL gratis selamanya
  • Fitur-fitur pengelolaan WordPress, seperti update dan backup otomatis
  • Bantuan customer support 24 jam melalui live chat, telepon, dan email

Jadi, tunggu apa lagi? Segera dapatkan hosting cPanel Anda di Niagahoster!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.