Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

9 Template WordPress Company Profile (Gratis)

9 min read

9 Template WordPress Gratis Untuk Company Profile

Anda boleh percaya kata-kata bijak, “Don’t judge a book by its cover”. Jangan nilai buku dari sampulnya. Akan tetapi, kalau sudah ada hubungannya dengan website company profile dan bisnis, tolong buang pikiran itu jauh-jauh.

Faktanya, sebanyak 75 persen orang menilai kredibilitas sebuah perusahaan dari tampilan websitenya. Penilaian ini pun dibuat dengan sangat-sangat cepat. Hanya butuh 50 milidetik (0,05 detik) bagi pengunjung untuk menentukan apakah mereka harus mengeksplor website atau pergi dari website Anda. 

Ketika tampilan website berantakan, 38 persen pengunjung mengaku langsung menutup web yang sedang dibuka. Lebih buruk lagi, website dengan tampilan buruk akan kehilangan rekomendasi untuk dibuka. Setidaknya, itulah yang dikatakan 57 persen responden dari sebuah survei.

Maka dari itu, tampilan website yang profesional sangat penting untuk bisnis. Pun, sebetulnya tampilan macam itu bisa dengan mudah didapatkan. Anda tak perlu merogoh kocek dalam untuk membayar desainer web. Apalagi jika Anda masih baru terjun ke dunia bisnis dan belum yakin berinvestasi banyak ke tampilan web.

Sebagai gantinya, Anda bisa menginstal template WordPress company profile. Tanpa uang sepeser pun, Anda bisa memiliki web company profile yang nampak elegan, profesional, sekaligus meyakinkan.

Supaya menghemat waktu Anda mencari template company profile WordPress, kami akan merekomendasikan beberapa template yang bisa Anda pakai. Selain rekomendasi secara umum, kami juga akan ulas berbagai kelebihan dan kekurangan tiap template. 

Membuat Website Company Profile

Pada dasarnya, membuat website company profile sama dengan cara membuat website seperti umumnya. Secara teknis, Anda membutuhkan layanan hosting web dan domain untuk dapat meluncurkan website ke publik. 

Sebetulnya, ada begitu banyak pilihan platform membuat website. Akan tetapi, kalau boleh memberi saran, pilihlah platform WordPress. Platform satu ini memberi keleluasaan bagi Anda untuk mengatur tampilan dan fitur di website.

Apalagi kalau Anda menggunakan WordPress hosting. Layanan khusus ini dibuat untuk memudahkan Anda memiliki website dalam sekali klik. Pengelolaannya juga sama-sama mudah. Bahkan, Anda bisa login tanpa password, melakukan clone, sinkronisasi, auto/manual update, dan migrasi juga dalam sekali klik. 

Katakanlah, urusan teknis seputar website sudah selesai. Setelah itu, jangan lupa untuk melengkapi website Anda dengan halaman-halaman strategis. Misalnya, Anda halaman statis. Dengan halaman statis, Anda bisa menampilkan informasi penting dan konten yang tinggi konversi ke web.

Lalu ada juga landing page. Adanya landing page akan memudahkan Anda mengonversi pengunjung. Halaman ini juga sangat penting jika Anda mengiklankan web Anda ke mesin pencari seperti Google.

Kesemua elemen teknis ini akan semakin lengkap, ketika Anda juga menerapkan strategi marketing di website. Lebih-lebih, Anda pintar meramu storytelling untuk bisnis yang meyakinkan bagi calon pelanggan. 

9 Template WordPress Gratis untuk Company Profile

Seperti yang dijanjikan di awal, bagian ini akan mengulas berbagai template WordPress company profile. Kesemua template yang kami ulas bisa Anda dapatkan gratis di WordPress Theme Directory.

Supaya Anda mendapat insight yang lengkap, kami tak akan hanya mendeskripsikan tampilan tema di bawah ini. Kami juga akan kupas kelebihan, kekurangan (jika ada), serta menilai bidang usaha apa yang cocok menggunakan tema tersebut.

1. Talon

template wrodpress company profile talon

Kombinasi antara warna dan whitespace yang pas. Itulah kesan pertama yang mewakili template WordPress company profile ini. 

Tampilan depan dari template ini bisa Anda gunakan untuk mencuri perhatian pengunjung. Entah dalam bentuk slider atau static image, Anda bisa memamerkan konten terbaik yang perusahaan Anda punyai. Tak lupa juga, Anda bisa menambahkan tombol Call to Action (CTA) untuk mengarahkan pengunjung ke halaman atau aksi yang diharapkan.

Tampilan elegan tak hanya ada di bagian header Talon saja. Tema satu ini memudahkan Anda menampilkan berbagai konten dan info spesifik yang diperlukan company profile. Misalnya, terdapat banyak pilihan ikon di Talon. Pilihan ikon ini bisa digunakan untuk memasang fitur atau deskripsi jasa yang Anda tawarkan.

Selain itu, terdapat juga progress bar yang bisa digunakan untuk menampilkan progres atau persentase suatu proyek dalam bentuk persen. Lalu, ada juga bagian khusus untuk menampilkan profil team, testimoni pelanggan, serta portofolio produk dan proyek.

Fitur unggulan:

  • Terdapat opsi header dalam bentuk slider maupun static image.
  • Kustomisasi tidak terbatas.
  • Terdapat banyak pilihan ikon yang bisa digunakan.
  • Live Customizer memudahkan Anda mengedit tampilan web secara real-time.
  • Widgetized footer membuat tampilan footer Anda nampak lebih rapi dan tertata.

Cocok untuk: konsultan, web agency, lembaga non-profit, penerbitan, dan perusahan berbasis jasa lainnya.

2. Clarina

template wrodpress company profile clarina

Kalau Anda menyukai tampilan web satu halaman (one page business), Clarina bisa jadi opsi bagus. Tema website company profile ini bisa menunjukkan segala informasi soal bisnis Anda dengan apik. Detail informasi takkan nampak terlalu penuh atau memusingkan.

Rahasia dari tampilan apik ini ada pada partisi di tiap section. Untuk setiap konten yang ditampilkan, ada padding yang bisa Anda atur ukuran dan warnanya. Anda bisa menaruh info soal fitur dan layanan dengan latar putih. Kemudian, menaruh informasi seputar testimoni dengan shade warna yang lebih gelap atau terang. Hal inilah yang membuat konten tidak nampak penuh.

Hal lain yang jadi kunci tampilan apik dari Clarina adalah pembagian kolom. Anda bisa dengan mudah mengombinasikan kolom dalam satu halaman yang sama. Contohnya, Anda bisa muat konten penting semacam about atau artikel blog dalam satu kolom. Lalu, muat testimoni, fitur, dan portofolio dalam tiga kolom atau lebih.

Fitur unggulan:

  • Efek parallax untuk transisi tampilan yang apik dan profesional.
  • Tampilan satu halaman (one page business) yang simpel.
  • Tampilan responsif di berbagai resolusi layar.

Kekurangan:

  • Kurang banyak fitur bawaan yang ditawarkan.
  • Penambahan fitur dilakukan dengan menginstal plugin.

Cocok untuk: startup, agensi, korporasi, portofolio desain, dan videografi.

3. Zakra

template wrodpress company profile zakra

Website boleh saja keliatan ciamik dan estetis. Tapi apalah arti itu semua kalau website susah diakses dan lama sekali loading-nya? Itu mengapa apa yang nampak pada mata manusia perlu diseimbangkan dengan apa yang nampak pada “mata” crawler mesin pencari. 

Kalau Anda punya perhatian kepada dua aspek ini, tak ada salahnya untuk memilih template company profile Zakra. Tema satu ini sudah dioptimasi agar sesuai dengan prinsip-prinsip dasar SEO. Setidaknya, ia telah mengoptimasi penggunaan title tags supaya crawler mudah mengenali topik konten yang Anda buat.

Di samping itu, templates Zakra sudah dioptimasi untuk loading cepat. Tim developer Zakra selalu memperbarui code template-nya sesuai dengan perkembangan terbaru. Dengan begitu, template yang digunakan akan selalu dalam performa optimal. Update berkala ini juga mengurangi kemungkinan web Anda dianggap berbahaya ━ sesuatu yang mungkin akan mempengaruhi ranking web di mesin pencari.

Hal lainnya yang patut dipuji dari template ini adalah banyaknya pilihan demo. Kalau Anda tipikal orang yang tak mau repot, fitur ini sungguh-sungguh menyelamatkan Anda. Kenapa begitu? Karena Anda tinggal instal demo sesuai dengan keinginan. Lalu ganti konten default dengan konten yang sudah Anda buat. Seketika, Anda sudah punya web yang nampak meyakinkan.

Fitur unggulan:

  • Ringan, cepat, dan SEO-friendly.
  • Ada 20+ pilihan demo untuk diinstal.
  • Kompatibel dengan plugin page builder.
  • Terintegrasi dengan WooCommerce untuk toko online.
  • Kustomisasi tampilan lewat 7+ widget area yang tersedia.

Cocok untuk: konsultan, biro hukum, perusahaan konstruksi, perusahaan farmasi, startup, dan jasa perbaikan.

4. Himalayas

template wrodpress company profile himalayas

Himalayas merupakan template company profile berbasis one page website. Mirip seperti Clarina (template yang sempat dibahas sebelumnya), Anda bisa tunjukkan semua info soal bisnis Anda dalam satu halaman.

Struktur halaman di template ini sebetulnya tidak berbeda dengan template pada umumnya. Sebagai situs satu halaman, Anda bisa menemukan menu utama, header, bagian portofolio, CTA untuk subscribe web, team member, dan kontak.

Namun parallax effect lah yang membedakan Himalayas dari tema lainnya. Di setiap bagian info yang berbeda, Anda bisa tambahkan ilustrasi transparan sebagai latar belakang. Ketika Anda scroll halaman ke bawah, latar belakang visual tersebut akan ikut ter-scroll. Lantas, Anda bisa melihat gambar tersebut secara utuh.

Fitur ini sangat menguntungkan jika Anda memiliki company yang memproduksi konten visual. Anda bisa gunakan portofolio atau ilustrasi sendiri untuk dijadikan latar konten. Dengan begini, Anda bisa memamerkan karakter company Anda dengan lebih elegan.

Fitur unggulan:

  • Dilengkapi one page parallax.
  • Ada tujuh opsi widget untuk melengkapi halaman website (services, featured posts, portfolio, contact us, our team, about, dan call to action).
  • Sticky header menu untuk user experience yang lebih menyenangkan.
  • Terintegrasi dengan WooCommerce.
  • Dapat dikustomisasi melalui CSS.

Cocok untuk: digital agency, korporasi, agensi iklan dan web, perusahaan periklanan, dan usaha berbasis konten.

5. Business Hub

template wrodpress company profile business hub

Tampilan serius dan profesional kadang dibutuhkan oleh beberapa bisnis. Sebut saja bidang-bidang seperti finansial (bank, asuransi, dan simpan pinjam), pembangunan (konstruksi, konsultan pembangunan), hingga industri. Jika bisnis Anda masuk dalam kategori ini, Business Hub akan sangat tepat untuk didownload dan diinstal.

Kesan profesional sangat kentara di halaman bagian depan. Ini karena proporsi antara menu utama dan header yang hampir seimbang. Desain macam ini memberi impresi adanya sekat yang jelas dan tegas di sebuah institusi. Desain beginilah yang sangat jarang ditemukan pada website creative company ━ di mana tampilan cenderung menyatu dan fleksibel.

Penempatan informasi kontak juga lah yang membedakan template WordPress company profile ini berbeda. Umumnya kontak ditaruh di bagian terbawah. Business Hub justru menyertakan lokasi, nomor telpon, dan alamat email sisi kanan atas sebelah logo.

URL menuju halaman-halaman penting malahan juga ditaruh di bagian teratas. Halaman What’s New, Contact Us, akun media sosial, serta notifikasi waktu terkini. Kesemua URL tersebut akan sangat memudahkan pengunjung untuk mengakses informasi terpenting dari company Anda.

Fitur unggulan:

  • Kustomisasi tampilan secara terpusat di Theme options.
  • Didukung dengan Google fonts untuk memberikan look yang berbeda pada web.
  • Desain yang responsif di berbagai resolusi layar.
  • Kustomisasi tak terbatas dengan pilihan custom header, custom logo, dan custom menu.
  • Didukung elemen breadcrumbs untuk tunjukkan struktur web yang tertata.

Cocok untuk: layanan asuransi, bank, jasa konsultan, konstruksi, tekstil, percetakan, dan IT.

6. Interior Lite

template wrodpress company profile interior lite

Interior Lite adalah template company profile WordPress khusus untuk perhotelan dan retailer furnitur. 

Dengan apik, template ini bisa menggabungkan kesan elegan, profesional, sekaligus mahal. Besar kemungkinan ini karena dominasi warna hitam pada template web. Karena warna ini pula, pengunjung bisa mengalihkan fokus dari desain web ke detail ilustrasi produk. Katakanlah, ini sebuah cara mudah untuk menggiring pengunjung pada konten yang Anda inginkan.

Nuansa serba hitam tak lantas membuat look Interior Lite membosankan. Banyaknya layout bawaan dari template ini jadi jawabannya. Anda bisa memiliki satu dari empat layout yang tersedia. Mulai dari tampilan sidebar kanan, sidebar kiri, full width ataupun no-side bar. Kesemuanya bisa divariasikan tergantung bagaimana Anda ingin menampilkan konten. 

Fitur unggulan:

  • Fitur color picker memudahkan Anda mengganti warna sesuai dengan nuansa brand.
  • Terintegrasi dengan berbagai tombol media sosial.
  • Kompatibel dengan berbagai plugin galeri, formulir kontak, dan SEO.
  • Terdapat banyak pilihan layout dan static page.
  • Kompatibel dengan plugin alih bahasa.

Cocok untuk: perhotelan, interior design, retail furniture, dan bisnis properti.

7. Pinnacle

template wrodpress company profile pinnacle

Dilihat sekilas, Anda pasti sepakat kalau Pinnacle memang didesain khusus untuk perusahaan berbasis konten tulisan dan visual. Bagaimana tidak? Dari bagian header saja, Anda serasa seperti diundang menelusuri web berisi konten-konten menarik.

Pun, benar saja. Tampilan depan ini bukan satu-satunya yang diunggulkan. Kalau Anda eksplor lebih dalam, Pinnacle memang dilengkapi dengan banyak pilihan layout untuk memastikan konten Anda bisa mengundang decak kagum pengunjung.

Setidaknya ada tiga bagian yang sengaja didesain untuk konten company profile. Ketiganya ialah portofolio, galeri, dan blog. Sebetulnya ketiga bagian ini agak sedikit mirip. Anda bisa tunjukkan konten visual dan teks dalam beberapa format.

Beberapa format tersebut termasuk slider, dua kolom, list, dan sebagainya. Proporsi teks yang pas dibarengi dengan resolusi gambar yang besar ━ menegaskan kalau template ini memang khusus dibuat untuk travel agent, rumah produksi film, dan perusahaan berbasis visual lainnya. 

Fitur unggulan:

  • Transparent header memperkuat kesan apik antara desain web dengan konten.
  • Adanya pilihan layout konten blog dalam bentuk grid atau list format.
  • Terintegrasi dengan WooCommerce untuk pengaturan toko online.
  • Kompatibel dengan 800+ tipografi dari Google fonts.
  • Pakai desain website sesuka Anda dengan instal demo importer.

Cocok untuk: travel agent, rumah produksi film, outdoor apparel, media agency.

8. Airi

template wrodpress company profile airi

Jika diibaratkan teman, Airi adalah teman yang easy-going. Bagaimana tidak? Airi bisa Anda gunakan untuk setiap jenis bisnis yang Anda miliki. 

Buat website untuk restoran? Bisa. Buat website untuk band Anda? Berani. Buat website untuk toko online? Tentu saja. Buat website korporasi yang tampilannya harus terlihat sangat profesional? Tak usah diragukan lagi. 

Airi memang bisa jadi teman baik Anda untuk membuat website company profile yang berkelas, berkarakter, elegan, dan sangat fleksibel.

Menariknya, Anda tak dituntut untuk jadi desainer grafis handal untuk mewujudkan semua jenis website tersebut. Anda juga tak harus menjadi programmer handal. Airi akan membantu Anda mewujudkan semuanya hanya dengan beberapa klik saja. Ucapkan terima kasih pada beragam demo yang dimiliki Airi. Anda cukup mengimpor salah satu demo, melakukan beberapa penyesuaian dengan Elementor, dan website Anda sudah bisa live!

Kurang puas dengan demo Airi? Ingin mewujudkan bayangan website company profile ideal di kepala Anda? Jangan habiskan waktu dengan mencari template lain yang cocok dengan bayangan Anda. Airi kompatibel dengan plugin Elementor. Dengan Elementor, Anda bisa mendesain website Anda sesuka hati hanya dengan drag and drop saja.

Fitur unggulan:

  • Kompatibel dengan Google fonts. Anda bisa sesuaikan tampilan dan karakter branding lewat tipografi.
  • Translation ready. Anda bisa alih bahasakan konten web secara otomatis via plugin.
  • Terintegrasi dengan WooCommerce. Wujudkan website multifungsi dalam sekali klik. Dengan WooCommerce, Anda dapat memiliki company profile dan toko online dengan mudah.
  • Update terbaru dari Airi hadir secara berkala. Tak perlu khawatir dengan bugs. Pun, tak perlu takut ketinggalan fitur terbaru dari Airi.

Cocok untuk: creative agency, logistik, startup, restoran, industri kecantikan, musik, dan kesehatan.

9. Medzone

template wrodpress company profile medzone

Dari namanya saja, sudah jelas jika Medzone diperuntukkan bagi perusahaan jasa di bidang fasilitas kesehatan. Tampilan antarmukanya terlihat bersih, modern dan ramah. Meski begitu,  Medzone tak kehilangan kesan profesional. Begitu juga dengan nuansa formal di bidang medis yang amat kental.

Selain tampilannya yang berkelas, Medzone juga dilengkapi dengan beberapa plugin bawaan. Plugin yang dimaksud memang ditujukan khusus untuk memudahkan hubungan pasien dan tim medis. Sebut saja appointment form. Lewat appointment form, pasien dengan mudah melakukan reservasi bahkan melakukan perjanjian konsultasi dengan tim medis hanya lewat website saja. Dengan plugin yang sama, Anda juga bisa memberitahu pengunjung soal jadwal konsultasi dan praktik dokter.

Seperti halnya template web lain, Anda juga bisa memperkenalkan dokter dan tim kesehatan melalui halaman khusus. Jangan lupakan juga fitur testimoni yang tersedia. Anda bisa manfaatkan fitur ini untuk mempromosikan layanan kesehatan Anda serta membangun kepercayaan pelanggan. 

Fitur unggulan:

  • Live WordPress Customizer membuat desain dan kustomisasi menjadi lebih mudah dan real-time.
  • Kompatibel dengan WooCommerce untuk berjualan alat kesehatan dan obat.
  • Retina ready membuat setiap foto yang Anda unggah terlihat semakin tajam.
  • Dengan unlimited colors, Anda bebas tuangkan kreativitas untuk sesuaikan tampilan web dengan branding company.
  • Cepat dan ringan. Banyaknya fitur tak membuat MedZone kehilangan aspek kecepatan. 

Cocok untuk: website rumah sakit, startup kesehatan, dan klinik kesehatan.

Kesimpulan

Itu tadi rekomendasi download template WordPress company profile. Semoga Anda bisa menemukan satu template yang sesuai dengan bidang usaha serta branding bisnis Anda.

Seandainya Anda merasa kurang puas dengan template yang ada. Tenang! Masih ada opsi untuk melakukan kustomisasi dan desain hingga sesuka Anda.

Untuk itu, Anda bisa instal plugin page builder ke website WordPress Anda. Dengan page builder, Anda bisa ubah tampilan web hanya dengan drag and drop elemen yang tersedia. Lagi-lagi, tak perlu tahu CSS, PHP, ataupun HTML untuk bisa desain web yang nampak profesional.

Pun, kalau boleh memberi saran. Anda lebih baik menggunakan page builder Elementor. Dibandingkan page builder lain di pasaran, Elementor menjanjikan sejumlah fitur paling komplit secara gratis. Walaupun tentu saja, versi premium dari Elementor menjanjikan fitur yang lebih yahud lagi.

Terakhir, supaya tak lupa, Anda bisa download ebook Membuat Website Itu Mudah! Di ebook tersebut, kami susun cara membuat web langkah per langkah. Tak hanya soal tutorial saja, di sana Anda bisa temukan komponen apa saja yang membuat web Anda semakin berkualitas dan dikunjungi banyak orang.

Tinggal isikan nama dan alamat email, ebook tersebut akan langsung sampai ke kotak masuk Anda. Jangan lupa juga untuk subscribe blog Niagahoster supaya tak ketinggalan info soal template WordPress company profile serta info sejenisnya.

0
Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − eight =