Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Jasa SEO: Benarkah 7 Layanan Jasa SEO Ini Anda Butuhkan?

9 min read

apa itu jasa seo

Jasa SEO adalah pilihan bagi sebagian orang yang ingin websitenya muncul di Google dengan lebih mudah. Salah satu alasannya, menggunakan jasa SEO dianggap lebih praktis karena tak perlu repot optimasi sendiri.

Benarkah demikian? Sebenarnya, apa sih jasa SEO itu? Dan, apakah Anda benar-benar membutuhkannya? 

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk memakai jasa SEO atau tidak, ada baiknya simak pembahasan berikut, mulai dari pengertian hingga kelebihan dan kekurangannya!

Apa Itu Jasa SEO?

Jasa SEO adalah sebuah layanan yang menawarkan optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian Google. 

Layanan ini muncul karena persaingan antar website untuk bisa masuk ke halaman pencarian semakin besar. Kenyataannya, jumlah website semakin meningkat, tetapi tidak semua pemilik website paham tentang cara optimasi SEO. 

Selain itu, optimasi SEO juga merupakan serangkaian proses yang kompleks. Kalau salah menerapkannya, malah bisa membuat website tidak bisa ditemukan di hasil pencarian. Itupun masih ditambah dengan fakta bahwa algoritma Google selalu berubah. 

Nah, dengan alasan tersebut, pangsa market dari jasa SEO semakin luas. Bahkan, nilai pasar agensi atau jasa SEO secara global terus meningkat dan diperkirakan tembus USD 40,92 Miliar pada 2021! 

Namun, benarkah Anda membutuhkan jasa SEO? Apa saja sih layanan yang ditawarkan oleh jasa SEO? 

Layanan Apa Saja yang Biasa Ditawarkan Jasa SEO?

Nah, berikut beberapa layanan yang biasanya ditawarkan agensi jasa SEO:

1. SEO On Page

layanan jasa seo on page yang paling sering ditawarkan

SEO On Page adalah upaya optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang diterbitkan. Optimasi jenis inilah yang paling banyak ditawarkan oleh jasa SEO.

Jadi, penyedia jasa SEO biasanya akan lebih fokus pada faktor-faktor yang ada di dalam website, seperti riset keyword, strategi internal dan eksternal link, image SEO, dan lainnya.

Namun, setiap jasa SEO menawarkan layanan optimasi SEO On Page yang berbeda-beda, tergantung pada paket yang mereka sediakan. Misalnya, pada optimasi kata kunci. 

Umumnya, jasa SEO membatasi optimasi pada beberapa kata kunci utama dan kata kunci turunan saja. Jadi, Anda harus mengetahui keyword utama incaran Anda terlebih dahulu, jasa SEO kemudian akan membantu menganalisis keyword tersebut.

Pada paket optimasi On Page, jasa SEO sering menawarkan layanan pembuatan konten juga. Jadi, mereka akan membuat artikel yang sudah dioptimasi secara SEO untuk diposting di blog Anda. Tentunya, artikel tersebut diharapkan bisa mendapat posisi terbaik di hasil pencarian.

Namun, tak jarang jasa penulisan konten merupakan sebuah paket jasa SEO khusus, di luar dari paket On Page.

2. SEO Off Page

layanan jasa seo off page yang berkaitan dengan luar website

SEO Off Page adalah upaya optimasi yang dilakukan di luar website. Berbeda dengan On Page, optimasi  SEO Off Page lebih banyak pada upaya seperti: 

  • Menjalankan link building
  • Meningkatkan EAT (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness)
  • Memperhatikan Local SEO
  • Meningkatkan engagement di media sosial
  • Memanfaatkan forum online

Namun, biasanya layanan jasa SEO lebih banyak melakukan optimasi SEO Off Page dengan fokus ke jumlah backlink, serta peningkatan domain authority dan page authority.

Alasannya, website Anda berhasil mendapatkan backlink, link dari website lain, peluang untuk bisa menduduki peringkat atas di Google lebih terbuka. 

Kenapa demikian? Website yang mendapat link dari pihak lain dianggap terpercaya atas informasi yang diberikan. Jadi, Google akan memberikan nilai lebih untuk jenis website tersebut.

Bahkan, peran link sangat penting kalau website Anda topiknya adalah kesehatan, finansial dan jurnalistik. Makin banyak link yang relevan dengan topik, makin kredibel website Anda

Dengan kebutuhan itu, Anda bisa memanfaatkan jasa SEO untuk membantu website Anda sesuai dengan EAT (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness). Kalau sudah begitu, Google percaya Andalah ahli di niche tersebut dan bisa mendapat rangking atas. 

3. Technical SEO 

technical seo salah satu layanan jasa seo

Technical SEO adalah optimasi pada segi teknis website agar sesuai dengan algoritma Google. Karena bersifat teknis, optimasi ini tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang. 

Contoh dari technical SEO adalah membaca performa website melalui Google Analytics, meningkatkan kecepatan website, membuat sitemap, dan lainnya.

Beberapa jasa SEO memiliki paket layanan yang akan membantu Anda memastikan website sesuai dengan kaidah technical SEO yang baik. Biasanya ada berbagai tools yang digunakan untuk bisa mendapatkan analisa teknis dari sebuah website.

4. Local SEO

local seo untuk mengoptimasi pencarian lokal

Local SEO adalah metode untuk menampilkan bisnis di pencarian lokal. Jadi, calon konsumen terdekat dapat menemukan bisnis Anda.

Sekitar 46% pengguna Google, melakukan pencarian lokal untuk menemukan toko terdekat dari lokasi mereka. Semua pebisnis ingin usaha mereka ditemukan oleh calon konsumen. 

Hal inilah yang mendorong jasa SEO untuk menawarkan layanan khusus Local SEO.

Biasanya, jasa SEO akan mengoptimasi lokasi bisnis Anda, profil Google Bisnisku, dan informasi bisnis (NAP citation). Nantinya, semua itu akan dioptimasi dengan dengan kata kunci paling relevan dan dihubungkan ke website bisnis Anda.

strategi backlink bisa untuk optimasi mesin pencari

Bukankah backlink merupakan bagian dari Off Page SEO? Benar, akan tetapi banyak Jasa SEO yang menawarkan jasa optimasi backlink secara terpisah. Sebab, mendapatkan link terbaik dari niche yang sesuai dengan website Anda bukanlah hal mudah.

Pada umumnya, jasa SEO menawarkan kuantitas backlink dengan harga tertentu. Bisa dinilai dari banyaknya jumlah yang didapatkan atau tingkat Domain Authority yang dimiliki. 

Kalau Anda menggunakan jasa SEO, backlink berkualitas seperti apa yang perlu Anda dapatkan? Ini dia beberapa kriterianya:

  • Relevan dengan topik website Anda
  • Memiliki domain authority atau page authority yang baik
  • Memiliki traffic website yang baik
  • Website kredibel dengan konten yang baik dan terupdate
  • Memiliki rekam jejak outbound link yang bagus, tidak banyak spam
  • Terindeks Google

Nah, karena memilih backlink yang baik dan upaya mendapatkannya tidaklah mudah, menggunakan jasa SEO bisa jadi sebuah strategi yang bisa Anda gunakan.

6. SEO Suara

Saat ini, hampir 40% pencarian di Google dilakukan dengan suara. Jadi, optimasi SEO untuk voice search tentu saja sangat diperlukan.

Tak heran, saat ini jasa SEO juga kerap menawarkan layanan SEO suara. Kalau bisnis Anda ingin ditemukan jauh lebih cepat pada pencarian suara, terutama dari pengguna perangkat mobile, menggunakan jasa SEO ini bisa jadi pilihan.

Selain itu, kalau optimasi yang dilakukan berjalan dengan baik, website Anda juga memiliki kemungkinan mendapatkan featured snippet, atau menduduki peringkat paling atas Google. 

Tak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan long tail keyword untuk pencarian lebih spesifik sesuai dengan kebiasaan pengguna saat menggunakan Google Voice Search.

Baca juga: Cara Mudah Menambahkan Schema & Rich Snippet di WordPress 

7. Penulisan Konten

penulisan konten ramah mesin pencari juga kian dibutuhkan

Konten yang baik bisa membantu website Anda untuk menduduki peringkat atas pencarian Google. 

Makin banyak artikel dengan kualitas baik, makin besar kemungkinan website Anda ditemukan orang. Dan, tentunya hal tersebut berpengaruh pada bisnis yang Anda jalankan karena makin dikenal.

Namun, membuat artikel yang berkualitas dan SEO friendly tidaklah mudah. Itulah kenapa menggunakan jasa SEO bisa membantu Anda mendapatkan artikel terbaik dengan cara praktis.

Jasa SEO sudah paham seluk beluk artikel yang SEO friendly sehingga seringkali menawarkan layanan penulisan konten secara khusus. 

Nantinya, artikel Anda akan dioptimasi dengan berbagai kata kunci terbaik untuk bisnis Anda.

Apa yang Bisa Anda Dapatkan dari Jasa SEO?

Dengan segala layanan yang diberikan Jasa SEO, terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apa saja?

1. Traffic Lebih Banyak

layanan jasa seo dapat meningkatkan traffic

Jasa SEO bisa membantu Anda melakukan optimasi kata kunci sesuai bisnis Anda. Apabila website Anda berhasil menduduki peringkat atas mesin pencari, tentu akan banyak pengunjung yang datang. 

Oleh karena itu, penting untuk memilih paket jasa SEO sesuai dengan kebutuhan. 

Kalau Anda masih pemula, Anda bisa meminta jasa SEO melakukan semua optimasi yang diperlukan. Namun, bisa juga Anda meminta sejumlah kata kunci khusus yang paling relevan dengan bisnis yang dijalankan. 

2. Brand Awareness Meningkat

Jika optimasi SEO berhasil, website Anda bukan hanya akan mendapatkan traffic tapi juga awareness. Kenapa begitu?

Kalau setiap kata kunci pada sebuah topik dicari pengguna dan yang muncul adalah bisnis Anda, maka brand awareness bisnis akan meningkat. Sebab, makin banyak orang yang tahu bisnis yang Anda jalankan dan produk yang Anda jual. 

Meskipun hal ini belum tentu akan mengundang mereka untuk membeli produk, strategi ini bisa bermanfaat untuk tujuan jangka panjang. 

3. Kredibilitas Lebih Baik

Sebuah website akan dianggap kredibel kalau mampu menunjukkan keahlian di niche tertentu. Dalam dunia SEO, hal ini erat kaitannya dengan EAT.

Kenyataannya, meningkatkan kredibilitas website di mesin pencari bukan hal mudah. Sebab, selain upaya optimasinya harus tepat, Anda harus selalu update dengan algoritma terbaru.

Nah, jasa SEO menawarkan solusi dari upaya meningkatkan kredibilitas website dengan praktis. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, Anda akan dianggap sebagai expert di bidang itu, memiliki authority dan informasi website dipercaya (trustworthy).

4. Menambah Leads

hasil jasa seo dapat menambah leads

Leads adalah orang yang berpotensi membeli produk Anda karena sudah memiliki ketertarikan dengan bersedia meninggalkan informasi kontak. 

Dengan leads, Anda bisa mempromosikan produk secara langsung ke calon pelanggan agar mau melakukan pembelian sesuai dengan produk yang mereka inginkan.

Nah, karena jasa SEO mengoptimasi kata kunci utama, maka besar kemungkinan website Anda ditemukan oleh calon konsumen yang sesuai dengan produk atau layanan Anda. Merekalah pengunjung berkualitas website Anda.

Karena upaya SEO tepat sasaran dan konten yang ditampilkan bermanfaat, maka tak jarang pengunjung website bersedia meninggalkan identitas untuk mendapatkan informasi terbaru atau promo produk.

Salah satu upaya dalam menambah leads adalah adanya langganan newsletter bagi setiap pengunjung yang mengisi data diri mereka. 

5. Penjualan Meningkat 

Ketika jasa SEO berhasil membantu Anda mengoptimasi kata kunci yang sesuai dengan produk, kemungkinan penjualan produk bisa meningkat. Kenapa begitu?

Katakanlah, Anda berjualan jaket berkualitas dengan harga murah di area Bandung. Maka, dengan optimasi SEO yang baik, saat orang mencari “jaket murah bandung”, bisnis Anda akan muncul di hasil pencarian.

Nah, umumnya, kalau pencarian pengguna sudah spesifik ke produk, tujuannya adalah pembelian. 

Makin banyak kata kunci teroptimasi sesuai dengan niche bisnis Anda, makin besar tingkat penjualan yang bisa Anda dapatkan.

6. Optimasi SEO yang Tepat

Sebuah jasa SEO tentunya memiliki pengalaman dalam upaya optimasi website di mesin pencari. Baik dari upaya yang lebih efektif, maupun dari strategi yang selalu terkini (up to date).

Keahlian tersebut tentu membutuhkan waktu, sementara hasil yang Anda inginkan tentu lebih cepat. 

Nah, dengan bantuan jasa SEO yang tepat, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai kebutuhan. Apalagi, sebagian besar jasa SEO juga akan memberikan laporan perkembangan optimasi yang dilakukan. 

Dengan begitu, Anda dapat mengukur tingkat keberhasilannya dengan baik.

Apa yang Tidak Didapatkan dari Jasa SEO?

Meskipun jasa SEO menawarkan banyak pilihan optimasi untuk website, tapi tidak semua hal bisa dilakukan oleh sebuah jasa SEO. Lalu, apa yang tidak akan Anda dapatkan dari mereka?

1. Eksperimen Jenis Konten

Jasa SEO memang menyediakan layanan pembuatan konten, tapi variasi kontennya terbatas. Sebab, fokus mereka pada keberhasilan untuk menjadi peringkat atas.

Nah, kalau Anda ingin bereksperimen dengan berbagai jenis konten sesuai kebutuhan bisnis, belum tentu jasa SEO mampu melakukannya. Atau, Anda harus mengeluarkan dana lebih banyak dengan sebuah paket khusus.

Misalnya, Anda ingin membuat konten dengan infografik, ebook, wawancara, atau podcast.

contoh jenis konten jasa seo

Bagi beberapa bisnis, variasi konten mampu menunjukkan keahlian (expertise) mereka. Sebagai contoh, konten bervariasi yang dimiliki oleh Niagahoster, mulai dari tutorial, insights bisnis, hingga news.

Baca juga: 20 Cara Membuat Artikel SEO Friendly [Panduan Terbaru 2021]

2. Riset Keyword Lebih Banyak dan Spesifik

optimasi seo sendiri dapat riset lebih banyak

Salah satu keterbatasan utama jasa SEO adalah jumlah optimasi keyword di setiap paket yang ditawarkan.

Umumnya, dalam satu paket layanan reguler, Anda bisa melakukan optimasi hingga 10 kata kunci saja. Kalau menginginkan lebih, Anda harus menggunakan paket khusus yang harganya tentu cukup mahal.  

Nah, bagaimana kalau kebutuhan Anda adalah optimasi website dengan banyak kata kunci sekaligus di waktu tertentu? 

Belum lagi kalau penggunaannya adalah untuk di beberapa halaman utama website seperti homepage, landing page, halaman produk dan blog. Dan optimasi tersebut harus dilakukan pada seluruh halaman di website Anda.Kebayang seberapa banyak potensi keyword yang perlu Anda optimasi? 

Artinya, bagi kebutuhan optimasi khusus untuk keyword, jasa SEO belum dapat memberikannya kecuali dengan biaya lebih tinggi. 

3. Optimasi Website Mobile-Friendly

Menurut Statista, 54,8% website traffic dihasilkan dari akses mobile. Itu artinya, Anda juga harus mengoptimasi agar website nyaman diakses dari device ponsel.

Caranya pun meliputi memilih tema yang responsif, memilih font yang tepat, menggunakan AMP, dan masih banyak cara membuat website mobile friendly lainnya.

Dan hal ini tidak bisa dilakukan oleh Jasa SEO, padahal website yang mudah diakses dari device manapun sangat membantu peringkat di Google. 

Baca juga: Cara Optimasi Website untuk Google Mobile First Index

4. Audit Website Kapanpun

Umumnya, jasa SEO juga memiliki layanan audit website dalam upaya optimasi SEO. Namun, langkah audit biasanya merupakan bagian dari sebuah paket SEO dengan kuota terbatas dan waktu yang sudah ditentukan.

Padahal, audit website sering kali harus dilakukan dengan cepat sebelum dampaknya semakin buruk. Sebagai contoh, kalau terjadi broken link atau error 404, website lambat, Anda harus menunggu waktu yang ditentukan.

Hal ini tentu tidak akan terjadi kalau Anda mampu melakukan audit website sederhana pada website ya?

5. Investasi Jangka Panjang

optimasi seo sendiri untuk investasi jangka panjang

Ketika menggunakan jasa SEO, Anda tentu akan mendapatkan hasil instan. Untuk jangka pendek, Anda bisa langsung merasakan manfaatnya. 

Namun, untuk jangka panjang, Anda akan sangat tergantung pada jasa SEO tersebut. Bagaimana kalau Anda sedang tidak memiliki budget khusus untuk optimasi SEO pada saat bisnis sedang membutuhkannya?

Apalagi biaya untuk membayar jasa SEO tentu akan lebih bermanfaat untuk upaya pengembangan bisnis lain, atau untuk memasang iklan.

Bukan itu saja, Anda juga tidak akan mengetahui bagaimana langkah SEO yang seharusnya dilakukan. Sebab, semua upaya sudah diatasi oleh jasa SEO. Padahal, dengan SEO yang tepat, Anda bisa saja meningkatkan penjualan untuk produk dengan lebih baik.

Kalau Anda mampu belajar SEO sendiri, seiring waktu berjalan Anda akan kian paham cara optimasi SEO terbaik sesuai kebutuhan website Anda.

Faktanya, saat ini belajar SEO itu kian mudah dan banyak SEO tools gratis yang bisa Anda gunakan. Meskipun fiturnya terbatas, tools tersebut sudah cukup untuk membantu upaya optimasi SEO Anda.

Itulah alasan kenapa jasa SEO lebih cocok untuk upaya optimasi dengan hasil instan, bukan investasi jangka panjang.

Baca juga: 5+ Strategi SEO Terbaik untuk Berbagai Industri

Jadi, Mau Menggunakan Jasa SEO atau Belajar SEO Sendiri?

Bagi sebagian orang, jasa SEO merupakan jalan ninja mendapatkan peringkat di Google, tanpa perlu mengutak-atik SEO sendiri. Anda jadi bisa lebih fokus ke pengembangan bisnis tanpa susah payah optimasi website sendiri. Praktis, bukan?

Sekilas, menggunakan jasa SEO seakan pilihan terbaik bagi Anda, bukan? Namun ada hal yang perlu Anda pertimbangkan. 

Jasa SEO hanya memberikan hasil instan sehingga Anda tidak tahu proses optimasi SEO secara keseluruhan. Ketika Anda berhenti berlangganan, website Anda bisa saja kembali ke kondisi sulit mendapatkan ranking terbaik Google.

Bagaimana kalau bisnis Anda sudah terlanjur membutuhkan optimasi SEO karena banyak konsumen berasal dari Google?

Jawabannya, Anda bisa mulai belajar SEO sendiri. Bukan hanya lebih hemat dan bisa dilakukan kapan saja, saat ini sudah banyak panduan belajar SEO yang dibuat khusus untuk pemula. Belum lagi, ada banyak pilihan tools SEO gratis yang mudah digunakan. 

Salah satu panduan SEO yang cocok bagi pemula adalah Ebook 30 Langkah Ampuh Optimasi SEO yang bisa Anda download secara gratis!

FAQ – Belajar SEO: Alternatif Selain Jasa SEO

Untuk pemula, sering kali memiliki pertanyaan yang seputar SEO. Nah, berikut beberapa pertanyaan esensial terkait belajar SEO sendiri. Apa saja?

1. Dari mana saya bisa belajar SEO sendiri?

Saat ini, belajar SEO sudah sangat mudah, kok. Mulai dari kursus gratis, pelatihan, webinar, dan lainnya yang bisa Anda ikuti.

Seperti Niagahoster yang menyediakan sumber daya lengkap untuk Anda pelajari secara gratis. Mulai dari kursus, ebook menarik, video konten YouTube, artikel blog terupdate, sampai webinar dan event Audit Your Site yang rutin diselenggarakan.

2. Bagaimana langkah-langkah belajar SEO?

Untuk belajar SEO Anda bisa memulai dengan memahami konsep dasar dan indikator dari SEO yang meliputi, penggunaan kata kunci, dan pemahaman intent.

Selanjutnya, Anda bisa mulai melakukan optimasi pada website secara teknis. Hal tersebut penting untuk membuat website cepat dan mudah diakses dari berbagai perangkat. 

Yang tak kalah penting, Anda bisa belajar bagaimana membuat konten yang baik dan mempromosikannya agar menarik perhatian pembaca. Bahkan, Anda bisa belajar link building agar authority website Anda bisa meningkat.

3. Apa saja SEO tools yang bisa saya gunakan?

Untuk mengoptimasi SEO, Anda memerlukan bantuan beberapa tools, seperti: 
Riset keywordGoogle Search, Google Trends, Google Keyword Planner, Keywordtool.io, Ahrefs Free Keyword Generator, dan lainnya.
Backlink – UberSuggest, SEMrush, Ahrefs, Moz Pro, dan sebagainya. 
Optimasi Konten – Yoast SEO atau Rank Math.
Analisis performa SEO – Google Analytics, Google Search Console, Google PageSpeed Insight, dan lainnya. 

Kami sudah merangkum semua SEO Tools yang Anda butuhkan di → 10+ SEO Tools Terbaik dan Gratis 2021.

4. Adakah tips jitu agar upaya SEO saya berhasil?

Ada, dong! Optimasi SEO Anda akan lebih maksimal jika Anda mengaplikasikan beberapa tips simpel, seperti mengoptimasi gambar, memilih kata kunci yang tepat, membuat konten berkualitas, dan sebagainya. 

Setidaknya ada 17 tips SEO yang bisa Anda aplikasikan untuk meningkatkan pengunjung website.

Naning Nur Wijayanti A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *