counter easy hit
17 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Website WordPress

Halo, bagaimana performa website Anda? Apakah Anda sudah berhasil mendapatkan hasil maksimal? Apabila Anda belum berhasil mendapatkan hasil maksimal, Anda dapat mencoba tips SEO dari kami guna meningkatkan pengunjung website WordPress Anda.

Jumlah pengunjung yang masuk sangat mempengaruhi kesuksesan website Anda. Agar lebih banyak pengunjung yang masuk, website Anda harus tampil di mesin pencari. Semakin website Anda disenangi oleh mesin pencari, semakin besar kemungkinan Anda memperoleh kunjungan.

Potensi terbesar Anda untuk menghasilkan konversi terletak di sini. Para pengunjung website inilah yang nantinya akan mencetak konversi di website Anda. Apakah Anda sudah tahu apa itu konversi?

Konversi adalah saat pengunjung website Anda memutuskan untuk membeli ataupun menggunakan layanan Anda.

Nah, untuk meningkatkan konversi pada website, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah optimasi dari sisi SEO. Optimasi ini dapat Kami telah menghadirkan 17 Tips SEO untuk meningkatkan pengunjung website WordPress Anda yang dapat Anda coba dengan mudah.

Bagaimana Website Anda Ditemukan di Mesin Pencari?

Berdasarkan laporan dari Statista, 90,37% pengguna internet melakukan pencarian melalui search engine Google. Inilah yang menjadikan Google sebagai search engine paling populer di dunia. Tak heran, banyak orang berlomba-lomba ingin menampilkan website mereka di mesin pencari ini. 

Anda pun dapat menampilkan website di mesin pencari Google bebekal tips yang kami berikan. Simak 17 tips SEO untuk meningkatkan pengunjung website Anda berikut ini. 

Optimasi Website: 17 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Website Anda

1. Gunakan Plugin SEO Yoast
2. Buat External dan Internal Linking
3. Tingkatkan Kecepatan Akses Website Anda
4. Hindari Broken Link
5. Pasang Snippet di WordPress Anda
6. Optimasi Gambar di Website WordPress
7. Konten Berkualitas di Website WordPress
8. Memilih Kata Kunci yang Tepat
9. Backlink Berkualitas
10. Tambahkan Bagian Review Klien di Website Anda
11. Hindari Duplikat Konten
12. Manfaatkan Google Analytics dan Google Webmaster Tools
13. Tambahkan robot.txt di Website Anda
14. Tambahkan Video Terkait Produk dan Layanan
15. Gunakan SSL di Website Anda
16. Manfaatkan Meta Description
17. Plugin Social Sharing untuk Menarik Pengguna dari Media Sosial

1. Gunakan Plugin SEO Yoast

meningkatkan pengungjung website

Meningkatkan pengunjung website WordPress Anda bisa dimulai dari menata setiap struktur postingan Anda dengan benar. Anda dapat menggunakan plugin SEO Yoast yang tersedia gratis.

Mengapa Yoast? Plugin SEO Yoast tidak hanya membantu Anda menambahkan meta description saja. Plugin ini memiliki banyak fitur untuk membantu menata struktur SEO Anda. Beberapa di antaranya adalah konfigurasi meta robot, menampilkan preview snippet, konfigurasi RSS, XML, hingga .htaccess dan robots.txt editor.

2. Buat External dan Internal Linking

Internal linking membantu meningkatkan skor SEO website Anda. Coba lakukan internal linking ke halaman lain dalam website Anda dan buat para pengunjung menikmati alur konten yang Anda miliki. Cara ini akan mengurangi bounce rate dan mempermudah pengunjung melihat halaman lain sesuai informasi yang mereka cari.

Apabila website Anda masih baru dan belum memiliki banyak konten, Anda dapat memanfaatkan tautan ke blog atau website lain yang mendukung informasi di website Anda. Cara inilah yang disebut dengan External Linking.

Tentu saja, kami sangat merekomendasikan agar Anda hanya menggunakan referensi blog/website yang terpercaya. Mengapa harus terpercaya? Google lebih menyukai website kaya informasi dan tidak menyesatkan para pengguna. Jadi, semakin terpercaya informasi dalam website Anda, performanya akan semakin baik.

3. Tingkatkan Kecepatan Akses Website

Kecepatan adalah aspek yang dapat secara signifikan mempengaruhi posisi website Anda di search engine. Bayangkan jika website Anda tampil dengan loading cukup lama. Kemungkinan besar, pengunjung akan segera meninggalkan website Anda tanpa basa-basi.

Hal ini tentu berimbas buruk pada konversi dan reputasi website Anda. Jangankan meningkatkan jumlah pelanggan, pengunjung yang sekedar melihat-lihat pun bisa kabur dan malah menuju website lain.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya memperbarui versi WordPress, menghapus plugin yang tidak berguna, optimasi database, hingga memilih tema yang tepat.

Kami telah menghadirkan ulasan 21 Cara Mempercepat Website WordPress pada Artikel. Selengkapnya bisa Anda lihat di sini. 

4. Hindari Broken Link

Google selalu mengutamakan konten berkualitas. Salah satu indikasinya adalah website Anda terbebas dari broken link

Broken link bisa jadi sangat menjengkelkan. Bayangkan Anda berkunjung ke suatu website untuk mendapatkan informasi namun malah menemukan halaman Error 404. Mengecewakan, bukan? Tidakkah Anda ingin cepat-cepat berpindah ke website lain yang menyediakan informasi serupa? Inilah yang juga dirasakan oleh para pengunjung ketika menemukan halaman 404 di website Anda.

Halaman 404 juga dapat mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari Google. Bagaimana bisa? Ketika Google mengindeks halaman website Anda, mereka akan melakukan berbagai macam penilaian termasuk konten dan kata kunci. Adanya halaman 404 akan membuat Google memberikan penilaian buruk, yang berakibat pada sulit munculnya website Anda di mesin pencari.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya Anda tidak perlu mencari satu per satu secara manual. Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tools. Instal dan gunakan tool ini untuk memperoleh link mana saja yang harus Anda perbaiki.

Jika Anda belum mengetahui penyebab 404 dan cara mengatasinya, Anda dapat membaca ulasan Error 404 pada Website kami berikut ini. 

5. Pasang Snippet di WordPress Anda

Snippet memberikan tambahan informasi rating bahkan gambar mengenai suatu halaman di website Anda. Ketika mereka mengetikkan suatu kata kunci dan website Anda muncul maka akan menampilkan rating seperti gambar di bawah ini.

17 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Website WordPress Anda

Memasang snippet seperti gambar di atas dapat dilakukan dengan bantuan plugin “All In One Schema.org Rich Snippets”. Anda hanya perlu instal dan sesuaikan snippet yang ingin Anda munculkan.

Penggunaan Rich Snippet dapat membuat website Anda terlihat lebih unik, jika dibandingkan hasil pencarian lain di mesin pencari. Tampilan ini dapat berpengaruh pada meningkatnya pengunjung berkualitas yang masuk ke website Anda. Bagimana bisa? Hal ini dikarenakan para pengunjung melihat informasi tambahan yang relevan mengenai website Anda terlebih dahulu di halaman mesin pencari. Dalam jangka panjang, tingkat kepercayaan mereka terhadap website layanan Anda akan meningkat lebih pesat. Tidak hanya itu saja, performa SEO Anda di mesin pencari Google pun juga akan meningkat. 

6. Optimasi Gambar di Website WordPress

Selain konten teks, konten gambar pada website juga perlu tampil dengan resolusi berkualitas. Menggunakan gambar yang jelas dan menarik tidak hanya memperindah website Anda, namun membuat pengunjung Anda lebih betah dan nyaman berada di website Anda sehingga mengurangi bounce rate. Namun, Anda harus berhati-hati, jangan biarkan gambar memperberat website dan malah menambah load website Anda. Sebelum Anda upload gambar disetiap posting, biasakan untuk resize terlebih dahulu. Selanjutnya isilah deskripsi gambar dan pastikan Anda mengisi Alt text. Apabila Anda sudah memiliki banyak gambar di website dan ingin melakukan optimasi gambar manfaatkanlah beberapa plugin seperti WP-Smursh.it, WP Optimizer, Responsive Image, SEO Friendly Image dan masih banyak lainnya.

7. Konten Berkualitas di Website WordPress

Content is kingIni adalah aturan utama apabila Anda ingin sukses di dunia online. Apapun yang ingin Anda lakukan, konten harus selalu nomor satu.

Google sangat menyukai website dengan konten berkualitas. Anda dapat melihatnya sendiri, hasil pencarian yang muncul di peringkat atas pasti memiliki konten yang baik dan relevan dengan kata kunci. Misalkan seorang pelanggan mengetikkan kata kunci “domain gratis” di Google. Jika website Anda memiliki konten yang baik dibandingkan entri lain di mesin pencari, website Andalah yang akan direkomendasikan Google di peringkat pertama, dan bukan yang lain.

Konten bukanlah satu-satunya hal perlu dioptimasi agar website Anda memiliki performa yang baik di mesin pencari. Ada banyak hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Informasi lengkapnya bisa Anda dapatkan di ebook Panduan SEO Meningkatkan Peringkat Website berikut ini.

8. Pilih Kata Kunci yang Tepat

Selalu pertimbangkan kata kunci sebelum Anda membuat konten. Anda dapat memanfaatkan bantuan tool seperti Keyword Planner dan KeywordTool.io guna menemukan kata kunci yang relevan terkait pencarian yang paling banyak dilakukan pengguna internet.

Menariknya lagi, tool ini bahkan tersedia gratis untuk Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan kata kunci dalam konten yang relevan. Penggunaan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan jumlah visitor yang berkunjung ke website Anda!

9. Backlink Berkualitas

Backlink dapat membantu meningkatkan traffic serta kepercayaan pelanggan terhadap website Anda. Semakin banyak halaman website Anda direkomendasikan oleh blog maupun website lain, tentu website Anda akan semakin dikenal. Popularitas inilah yang nantinya dijadikan salah satu tolok ukur Google dalam menampilkan website Anda di halaman pertama.

Untuk mendapatkan backlink dari website lain, pertama-tama Anda harus memiliki konten yang baik dan memberikan manfaat bagi banyak orang terlebih dahulu. Jika Anda sudah memenuhi kriteria ini, besar kemungkinan para pemilik blog/website lain tertarik memasang konten serta backlink menuju ke website Anda di website mereka.

Di samping itu, Anda dapat berjejaring dengan website lain yang memiliki topik serupa dengan website Anda. Kemiripan tema atau topik website, ditambah faktor kedekatan relasi, dapat mendorong pemilik website lain agar tertarik menampilkan konten yang Anda miliki. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai relasi dengan baik, misalnya memberi komentar di postingan media sosial mereka, berdiskusi di postingan blog, maupun menghubungi mereka secara pribadi.

10. Tambahkan Bagian Review Klien di Website Anda

Review klien merupakan salah satu aspek yang perlu ditambahkan dalam website WordPress Anda. Kesan baik dari review maupun komentar para pelanggan dapat membantu menampilkan citra positif  layanan Anda di mata calon pelanggan.

 

Citra positif dapat membantu meningkatkan jumlah traffic yang masuk ke website Anda dan mempengaruhi mereka untuk menggunakan produk/layanan AndaKarenanya, Anda perlu mengumpulkan review positif sebanyak mungkin, namun tetap perlu menampilkannya dengan cara natural.

Mengapa natural? Review yang dibuat-buat (mungkin Anda sudah terlalu sering melihatnya di internet) malah akan memperburuk citra layanan Anda. Lebih buruk lagi, bisa-bisa website Anda dianggap sebagai situs penipuan oleh Google! Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? 

11. Hindari Duplikat Konten

Duplikat konten berarti adanya dua atau lebih halaman website/blog yang memiliki title maupun meta deskripsi sama dalam sebuah website. Permasalahannya, duplikat konten akan membuat Google kesulitan menentukan halaman mana yang akan diindeks.

Tidak hanya itu saja, duplikat konten juga dapat terjadi ketika terdapat dua website berbeda namun memiliki konten yang sama. Karenanya, kami sangat tidak merekomendasikan Anda melakukan copy-paste dari blog atau website manapun.

Duplikat konten sebenarnya dapat dihindari ketika Anda mulai membuat artikel. Anda tidak disarankan untuk menggunakan title serta meta description yang sama. Misalkan Anda memiliki banyak produk dan diurutkan berdasarkan harga serta halaman yang sama seperti contoh berikut ini.

http://www.websiteanda.com/product.php?item=hijab234567&sort=price&sessionid=272282292
http://www.websiteanda.com/product.php?item=hijab&sort=price1&sessionid=dquhhjq1222828

Tambahkan kode seperti berikut ini di bawah <head> agar Google tidak kebingungan dan dapat menentukan halaman utama yang ingin diindeks.

<link rel="canonical" href="link halaman Anda"/>

12. Manfaatkan Google Analytics dan Google Webmaster Tools

 

Google Analytics adalah ‘gudang data’ traffic yang masuk ke website Anda. Data ini bisa Anda gunakan untuk menganalisa performa website Anda secara rinci. Pasang kodenya pada website dan Anda akan melihat jumlah kunjungan, asal kunjungan, hingga halaman mana saja yang sering diakses oleh para pengguna.

Sementara itu, Google Webmaster Tools dapat membantu banyak aspek pengelolaan website yang berkaitan dengan SEO Google, misalnya pengecekan jumlah backlink, jumlah pengguna yang mencari website Anda di search engine hingga melakukan pengecekan website ketika terjadi broken link.

Berbekal dua tool ini, Anda dapat melakukan optimasi SEO lebih maksimal. Informasi rinci dari Google Analytics dapat Anda jadikan patokan performa website. Misalnya, apakah jumlah kunjungan yang ada sudah cukup memuaskan Anda? Kemudian, apakah asal traffic pengunjung sudah sesuai seperti yang Anda harapkan? Setelah mendapatkan data yang pasti, Anda dapat menentukan langkah apa yang perlu Anda tempuh selanjutnya.

Kemudian, gunakan Google Webmaster Tools untuk optimasi lanjutan website Anda. Tool ini akan memberikan saran bagian mana saja dalam website Anda yang membutuhkan optimasi. Ikuti sarannya dan lihat peningkatan performa website Anda di mesin pencari Google!

13. Tambahkan robot.txt di Website Anda

Setiap website yang terdaftar menggunakan Google Webmaster Tools akan di-crawl oleh Google bot. Google bot akan menyimpan file apapun mengenai website Anda dalam database. Ini dapat membahayakan Anda, terutama jika file config website yang tersimpan dalam database Google dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan hacking pada website Anda.

Menggunakan robot.txt, Anda dapat menentukan file mana yang dapat ditelusuri Google Bot dan file mana yang tidak diperbolehkan. Kami sangat merekomendasikan Anda untuk menambahkan file ini di root directory Anda. Robot.txt akan membantu halaman website Anda terindeks Google. Semakin tinggi peringkat Anda, semakin cepat banyak pengunjung yang masuk ke website Anda.

Anda dapat menyalin kode di bawah ini untuk membuat file Robot.txt Anda sendiri.

User-Agent: *
Allow: /wp-content/uploads/
Disallow: /wp-content/plugins/
Disallow: /readme.html
  • User-Agent – Ditujukan kepada seluruh search engine.
  • Allow – Mengizinkan halaman ditelusuri oleh Google Bot.
  • Disallow – Melarang Google Bot menelusuri halaman tertentu.

14. Tambahkan Video Terkait Produk dan Layanan

Ketika pengunjung berada di website WordPress Anda, hadirkan konten menarik seperti video perkenalan produk maupun keuntungan menggunakan layanan yang Anda tawarkan. Video dapat membantu menjelaskan banyak hal dengan lebih mudah kepada calon pelanggan.

Sebagai contoh, silakan lihat apa yang telah kami lakukan. Niagahoster memiliki fitur keamanan BitNinja, dan kami menambahkan konten video guna memberi penjelasan lebih ke para pengunjung website. Anda tidak perlu khawatir video ini akan memperlambat load website. Manfaatkan fasilitas embed dari Youtube untuk menghemat bandwidth serta mempercepat loading website Anda. Sesungguhnya Anda pun dapat mengunggah video langsung ke dalam website Anda. Akan tetapi, cara ini malah kurang efisien, terutama untuk disk space serta kecepatan loading website Anda.

Gunakan video untuk menambah kepercayaan calon pembeli dan menurunkan bounce rate website WordPress Anda!

15. Gunakan SSL di Website Anda

Adanya fasilitas SSL/HTTPS meningkatkan aspek keamanan website Anda. Segala bentuk transaksi online berikut data pelanggan lebih terjamin dengan SSL/HTTPS. Selain dapat menjamin keamanan pengguna ketika mengakses website Anda, fasilitas ini rupanya juga disukai Google. Mesin pencari Google lebih memprioritaskan website ber-SSL untuk tampil di halaman pertama.

membuat website Anda semakin terpercaya dan meningkatkan keamanan dari website. Google pun lebih menyukai website dengan akses yang aman menggunakan https. Berbagai transaksi online di website lebih aman dan secara tidak langsung akan  pengunjung tentu SSL dapat dipasangkan di website Anda melalui cPanel, pilihan jenis SSL dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Fasilitas SSL/HTTPS cukup mudah didapatkan. Biasanya perusahaan penyedia hosting menyediakan layanan ini secara berbayar. Namun, saat ini Anda bahkan bisa mendapatkan fasilitas SSL/HTTPS secara gratis. Instalasinya pun mudah, Anda hanya perlu mengakses cPanel website Anda dan pilihan SSL sudah tersedia di sana. Untuk bantuan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi tim dukungan teknis layanan hosting Anda.

16. Manfaatkan Meta Description

Hasil pencarian akan muncul pada layar segera setelah Anda mengetikkan kata kunci pada Google. Di bagian ini, paragraf deskripsi – atau sering disebut meta description– yang menarik dapat memancing pengguna mengunjungi website Anda. Bahkan, hal ini dapat meningkatkan kunjungan pada website melebihi website peringkat pertama di mesin pencari!

Kami sangat merekomendasikan penggunaan deskripsi lengkap untuk menjelaskan suatu halaman. Namun ingat, deskripsi ini harus selalu relevan dengan konten yang Anda miliki. Semakin meta description konten Anda relevan & berkualitas, (ditandai dengan adanya kata kunci terkait), semakin besar kemungkinan website Anda ditampilkan pada peringkat pertama Google.

17. Plugin Social Sharing untuk Menarik Pengguna dari Media Sosial

Permudah pengunjung website Anda ketika mereka ingin membagikan konten maupun halaman favorit melalui media sosial. Seperti yang telah Anda ketahui, media sosial merupakan salah satu sumber potensial untuk menaikkan traffic website Anda. Terlebih jika konten Anda bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang, bersiaplah mendapatkan traffic yang tinggi. Nah, untuk membantu mereka, Anda dapat menginstal plugin Social Sharing.

Salah satu yang banyak digunakan di website WordPress adalah plugin Floating Social Bar. Selain itu, Anda juga perlu “memperkenalkan” konten blog Anda pada akun media sosial. Berbagi saja tentu tidak cukup. Anda juga perlu memasang link menuju ke website Anda guna meningkatkan traffic.


Sudahkah Anda menerapkan tips yang kami berikan pada website Anda sendiri? Coba sekarang, dan lihat hasilnya secara maksimal!

Jika memiliki tips maupun dan cara lain, Anda dapat membagikannya di kolom komentar 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Highland Indonesia

    Boleh dong diperjelas tentang SSL, thank info nya

    • Fadhel Odell

      Halo, detailnya ada disini di bagian atas halaman -> https://www.niagahoster.co.id/ssl-murah

  • Aip Saripudin

    Bermanfaat banget buat saya, yang masih belajar wordpress. Sudah ada beberapa yang diterapkan ke website saya

  • Zakaria

    Makasih ilmu nya mudahan lancar jaya

  • CHAERIL PACHSYA

    Terima kasih artikel yang sangat bermanfaat , Saya sedang belajar menggunakan wordpress , karena selama ini saya menggunakan blogger.

  • mebel murah

    makasih atas infonya, semoga web saya meningkat pengunjungnya.

  • Kasamago

    tinggal Robot txt yg belum optimal di terapkan…

    great info

  • Indra

    kalau untuk website html bagaimana cara optimasi nya pak?

    • Waryanto

      Halo,

      Untuk website html bisa mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Google, petunjuk lengkapnya bisa dibaca melalui alamat berikut: https://static.googleusercontent.com/media/www.google.com/en//webmasters/docs/search-engine-optimization-starter-guide.pdf

      semoga membantu 🙂

  • alifandofla

    penjelasan sangat lengkap untuk pemula bisa diterapkan sedikit-sedikit secara teliti dan tekun

  • dede

    terimakasih infronya….

  • wirajogja

    gan mengenai robot.txt itu kira2 perlu ditambahkan scrip apalagi gan selain yang dibahas diartikel diatas?

  • hendra

    info nya sangat membantu saya yang masih pemula

  • Marina Srikandi

    saya masih belum paham dengan plugin Yoast nya.

    • Waryanto

      Silakan kunjungi tutorial berikut untuk mengetahui cara penggunaannya: https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-setting-yoast-seo/