Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Apa Itu Domain Rating? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

4 min read

cek DA PA

Anda ingin agar ranking website di hasil pencarian Google tinggi? Meningkatkan domain rating atau DR adalah salah satu teknik SEO yang perlu Anda lakukan.

Google menganggap website dengan rating domain yang tinggi sebagai sumber yang kredibel dan patut direkomendasikan kepada penggunanya. Itulah kenapa penting untuk terus mengupayakan website Anda punya rating yang baik.

Nah, jika tertarik untuk mengetahui apa itu domain rating, artikel ini cocok untuk Anda. Di sini, Anda akan belajar pengertian domain rating, tips meningkatkannya, dan cara cek domain rating dengan benar.

Yuk, simak bersama!

Apa Itu Domain Rating?

Domain rating adalah metrik buatan Ahrefs yang menunjukkan kekuatan backlink dari sebuah website, mulai dari 0 hingga 100. Semakin tinggi skor DR sebuah website, semakin kuat backlinknya.

Ahrefs menghitung rating domain berdasarkan tiga faktor, yaitu:

  • Jumlah website yang memberikan backlink ke website Anda
  • Domain rating website-website tersebut
  • Jumlah website yang mendapatkan link dari website-website tersebut

Nah, saat mendalami SEO, barangkali Anda pernah mendengar tentang domain authority (DA) untuk mengukur kualitas sebuah domain. Meski namanya mirip dengan rating domain, keduanya adalah metrik yang berbeda. Nah, mari simak perbedaannya di bawah ini.

Apa Perbedaan Domain Rating dan Domain Authority?

Domain authority adalah metrik buatan Moz untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan website muncul di hasil pencarian Google.

Untuk mengukur DA, Moz menggunakan beberapa hal, di antaranya:

  • Umur domain website. Nah, Anda bisa mencoba cek umur domain jika penasaran usia domain Anda.
  • Jumlah domain unik yang terhubung dengan domain website
  • Jumlah dan kualitas yang diberikan dan didapatkan website

Semakin tinggi skor domain authority, semakin tinggi juga potensi website untuk mendapatkan ranking tinggi di SERP. Maka dari itu, apabila memiliki DA yang lebih tinggi dari website pesaing, ranking website Anda di Google kemungkinan lebih baik.

Jadi, perbedaan domain authority dan domain rating adalah fungsinya. DA menyimulasikan kekuatan ranking website, sedangkan DR memberitahukan kekuatan backlink website.

Anda bisa menggunakan domain authority sebagai patokan untuk meningkatkan ranking website di SERP. Sementara itu, Anda memerlukan DR dalam strategi link building untuk menentukan website yang baik untuk diajak bertukar backlink.

Baca Juga: Apa Itu Aged Domain dan Manfaatnya?

Mengapa Domain Rating Penting?

Domain rating Ahrefs tidak termasuk faktor peringkat website di hasil pencarian Google. Akan tetapi, memiliki skor DR yang tinggi bisa membantu meningkatkan ranking website Anda.

Ingat, rating domain dihitung dengan jumlah website yang memberi backlink ke website Anda. Semakin banyak backlink yang website Anda terima, semakin tinggi DR-nya.

Nah, Google menggunakan jumlah backlink sebagai salah satu faktor ranking di hasil pencarian. Jadi, meningkatkan skor DR dengan mendapatkan banyak backlink juga bisa membuat ranking website lebih baik.

Namun, jangan hanya fokus pada jumlah backlink, ya. Meski banyaknya backlink mempengaruhi rating domain, relevansinya juga harus Anda perhitungkan. Anda harus mendapatkan backlink berkualitas agar Google menganggap informasi di website Anda terpercaya.

Bagaimana Cara Cek Domain Rating?

Beberapa tools SEO menawarkan fitur untuk memeriksa skor rating website. Namun, hasilnya bisa berbeda-beda di setiap tools. Jika Anda ingin tahu DR website, Ahrefs merupakan tempat yang paling direkomendasikan.

Nah, berikut ini langkah-langkah untuk cek domain rating di Ahrefs:

1. Akses website Ahrefs dan log in dengan akun Anda.

halaman login Ahrefs

2. Klik Site Explorer pada baris menu di atas dashboard Ahrefs.

menu site explorer Ahrefs

3. Ketikkan domain website Anda di kolom yang tersedia dan klik tombol enter di keyboard.

mengakses menu site explorer Ahrefs untuk cek domain rating

4. Anda bisa cek domain rating website pada hasil analisis site explorer di kolom DR.

cek domain rating Ahrefs

Seperti yang tampil pada tangkap layar di atas, domain rating website tersebut adalah 88. Artinya, backlink dari  website itu cukup kuat.

Baca Juga: Cara Cek DA PA Blog dan Cara Meningkatkannya

Tips Meningkatkan Domain Rating

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan rating domain website Anda:

1. Buat Konten Berkualitas

Agar domain rating meningkat, website Anda wajib berisi konten yang berkualitas. Konten tersebut harus menyajikan informasi yang lengkap dan mudah dipahami orang yang mencarinya. 

Yang tidak kalah penting, konten Anda harus memberikan solusi bagi pengunjung website. Untuk itu, Anda bisa memulainya dengan melakukan riset kata kunci sebelum membuat konten.

Jangan lupa, perhatikan juga kueri pencarian pada “people also ask” agar Anda tahu harus menyisipkan informasi apa saja di dalam konten.

Jika informasi di konten Anda berguna, pengunjung website tidak akan segan untuk membagikan konten tersebut dengan menyematkan linknya di website mereka. Dengan begitu, kredibilitas website Anda meningkat dan Anda mendapatkan backlink dengan sendirinya.

Berbekal konten berkualitas, Anda bisa melakukan link building dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa mendatangkan banyak backlink dengan cara bertukar link. Tipsnya, utamakan website yang domain ratingnya tinggi.

Tapi ingat, website yang diajak melakukan link building harus memiliki topik yang relevan dengan website Anda, ya. Dengan begitu, Anda tidak hanya asal mendapatkan backlink, tetapi juga menjaga kualitas link-nya.

Baca Juga: 7+ Tools Backlink Checker Terbaik

Internal link sebagai sebuah link antar halaman website Anda yang topiknya relevan juga mampu meningkatkan DR. Sebab, strategi internal linking yang baik akan menunjukkan bahwa informasi di website Anda lengkap dan bermanfaat.

Misalnya, di dalam konten Anda yang membahas tentang SEO ada link menuju konten tentang SEO on page. Dengan begitu, pengunjung bisa dengan mudah mempelajari salah satu teknik SEO tersebut secara lebih dalam.

4. Bagikan Konten Anda dalam Format yang Berbeda

Agar memiliki skor DR yang tinggi, Anda bisa membagikan konten dalam format yang berbeda. Contohnya, video, podcast, dan postingan media sosial.

Anda tidak perlu membahas keseluruhan informasi konten utama Anda. Cukup beri gambaran besarnya, lalu ajak audiens untuk membaca informasi lengkapnya di website Anda.

Dengan begitu, sumber pengunjung yang kemungkinan akan membagikan konten website Anda tidak hanya pencarian Google, tetapi juga dari platform lainnya seperti Youtube dan Twitter. Hasilnya, anda akan lebih mudah mendapatkan backlink secara cuma-cuma.

5. Jangan Lupakan Technical SEO

Cara meningkatkan skor domain rating tidak hanya berkutat dengan upaya untuk mendapatkan backlink, lho. Anda juga tidak boleh melupakan penerapan technical SEO.

Upaya seperti mengoptimalkan kecepatan loading, mengatasi broken link, dan memperbaiki struktur website tidak langsung mempengaruhi skor DR. Akan tetapi, hal itu mampu berdampak pada pengalaman pengunjung website. Kalau memberikan pengalaman pengunjung yang baik, hal itu menunjukkan ke Google bahwa website Anda kredibel.

Ayo Tingkatkan Domain Rating Website Anda!

Demikian penjelasan tentang apa itu domain rating yang merupakan skor untuk menunjukkan kekuatan backlink website Anda.

Ada beberapa cara meningkatkan rating domain, termasuk membuat konten berkualitas dan melakukan link building.

Yang tidak kalah penting, nama domain website Anda harus sesuai dengan topik yang Anda bahas. Alasannya, nama domain yang tidak sesuai niche Anda bisa menurunkan kredibilitas website.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, pilihlah nama domain yang sesuai dengan topik website. Nah, Niagahoster adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan domain murah.

Pilihan domain di Niagahoster banyak, mulai dari domain .com hingga beragam ekstensi yang bisa Anda pilih, seperti .online, .site, dan .xyz.

Selain itu, harga domain di Niagahoster sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp14.000/bulan. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan domain gratis berkualitas di sini! Jadi, segera amankan domain yang Anda inginkan sebelum dibeli orang lain!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]
[class^="wpforms-"]