Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

17 Situs Short URL Terbaik untuk Memperpendek Link

10 min read

Featured Image 7+ Situs Short URL Terbaik untuk Memperpendek Link

Apakah Anda ingin membagikan suatu link di media sosial? Sayangnya, linknya terlalu panjang hingga melampaui kuota karakter yang diperbolehkan. Dalam hal ini, Anda perlu pemendek link alias link shortener.

Selain memperpendek link, link shortener juga bisa membantu Anda mengetahui performa link. Mulai dari jumlah orang yang mengklik, lokasi mereka, umur mereka, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, kami telah membuat daftar situs short URL terbaik yang bisa Anda gunakan:

  1. Bitly
  2. TinyURL
  3. Rebrandly
  4. Tiny.cc
  5. BL.INK
  6. T2M
  7. Polr
  8. YourIs
  9. EazyLink
  10. Shorturl.gg
  11. Short URL
  12. Cuttly
  13. Short.io
  14. Linkly
  15. PixelMe
  16. Smart URL
  17. Bonus: URL Shortener (Extension)

Apa yang membuat kami memilih situs-situs short URL di atas? Kami akan membahasnya dengan lengkap di bawah. Namun sebelum itu, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu situs short URL.

Apa Itu Situs Short URL?

Situs short URL alias link shortener adalah website yang membuat Anda bisa memperpendek URL yang panjang dengan mudah.

Anda bisa mengubah link URL menjadi sangat pendek, tanpa mengubah halaman yang ingin dibuka. Dengan kata lain, tak ada yang berubah kecuali jumlah karakternya saja.

17 Situs Short URL Terbaik

Ada banyak situs short URL yang bertebaran di dunia maya. Namun, tak usah bingung karena di bawah ini kami telah memilih delapan situs short URL terbaik untuk Anda.

1. Bitly

situs short url terbaik bitly

Bitly merupakan situs short URL terbaik dan terpopuler saat ini. Salah satu alasannya karena Anda tak perlu membuat akun untuk menggunakan Bitly. Plus, Anda juga bisa memperpendek link sebanyak yang Anda inginkan.

Namun, untuk lebih memudahkan analisis dan monitor data, kami sarankan untuk membuat akun gratis di Bitly. Sebab, dengan akun gratis Anda akan mendapatkan beberapa fitur yang bisa menunjang bisnis online. Mulai dari kustomisasi URL hingga melacak CTR.

Selain itu, setiap link yang Anda perpendek di Bitly dilindungi oleh enkripsi HTTPS. Sehingga tak usah cemas kalau link pendek Anda disusupi virus atau ada yang mengubah tujuan link tersebut.

Bitly sudah dipercaya oleh banyak brand besar di dunia, seperti McDonald’s dan Dunkin’ Donuts. Bahkan, kami juga menggunakan bitly dalam setiap promosi di media sosial Niagahoster, lho.

Cara membuat short URL sendiri di Bitly juga sangat mudah hanya dengan beberapa klik saja. Namun, di versi gratis hanya mengijinkan Anda untuk mengganti URL belakang saja. Jika ingin meng kustomisasi domain URL (bit.ly) Anda harus berlangganan minimal paket Basic seharga $29 /bulan.

Fitur unggulan:

  • Tanpa membuat akun tetap bisa memperpendek link sebanyak mungkin.
  • Akun gratis menyediakan fitur yang bisa membantu bisnis online Anda. Misalnya, fitur kustomisasi URL dan pelacak CTR.
  • Enkripsi HTTPS, menjamin keamanan link yang Anda perpendek.
  • Cara membuat short URL sendiri yang sangat mudah.

Baca Juga: Apa Itu Bitly? Pengertian dan Cara Membuat Bit.ly dengan Mudah

2. TinyURL

situs short URL TinyURL

TinyURL sudah ada sejak tahun 2002 dan bisa dikatakan merupakan pelopor situs short URL di internet. TinyURL masih berfungsi dengan sangat baik hingga sekarang, walaupun tak menawarkan banyak fitur seperti situs short URL lain.

Link yang Anda perpendek di TinyURL tak akan kadaluarsa. Ini berarti, link tersebut akan tersedia selamanya dan bisa Anda manfaatkan sepuasnya. Jadi, tak usah cemas dengan broken link nantinya.

Oh ya, selain memperpendek link dengan mengunjungi situs TinyURL, Anda juga bisa memperpendek link melalui toolbar browser langsung. Cukup tarik dan taruh link yang ada di website TinyURL ke toolbar browser Anda.

Fitur unggulan:

  • Gratis.
  • Link aktif selamanya. Anda tak usah cemas mengenai broken link.
  • Bisa memperpendek link melalui toolbar. Tak perlu mengunjungi website TinyURL, Anda bisa memperpendek link melalui toolbar dengan satu klik saja.

3. Rebrandly

situs short URL terbaik Rebrandly

Rebrandly adalah situs short URL terbaik untuk kustomisasi URL dengan nama brand Anda. Di Rebrandly, Anda bisa membuat nama domain sendiri yang nantinya akan digunakan di setiap link.

Rebrandly juga menyediakan berbagai fitur lain, seperti pengaturan kadaluarsa link, analytics, mengubah link menjadi QR Code dan masih banyak lainnya. Namun, untuk menikmati semua fiturnya, Anda diharuskan untuk berlangganan mulai dari $29/bulan.

Fitur unggulan:

  • Kustomisasi link dengan domain sesuka Anda.
  • Punya segudang fitur lain yang bisa menunjang bisnis online Anda. Misalnya, pengaturan kadaluarsa link, analytics, dan pembuatan QR Code.

4. Tiny.cc

Satu lagi situs short URL yang mendukung kustomisasi URL untuk keperluan branding bisnis Anda. Tiny.cc menawarkan harga yang cukup murah untuk kustomisasi URL dibandingkan situs short URL lain, yakni hanya $5/ bulan saja. Namun tenang saja, jika Anda hanya ingin memperpendek link, Tiny.cc tidak memungut biaya sepeserpun, kok.

Selain fitur kustomisasi URL, Tiny.cc juga memiliki beberapa fitur lainnya. Anda bisa melacak performa link yang diperpendek. Mulai dari melihat CTR, hingga mengetahui lokasi dan browser yang digunakan oleh orang yang mengklik link tersebut.

Fitur unggulan:

  • Gratis jika hanya memperpendek link saja.
  • Harga langganan yang murah. Cukup dengan $5 Anda bisa menikmati berbagai fitur seperti kustomisasi URL, melihat CTR, dan masih banyak lainnya.

5. BL.INK

situs short URL BL.INK

BL.INK adalah situs link shortener dengan fitur yang sangat lengkap dengan dashboard yang user friendly. Dengan BL.INK Anda bisa mengkustomisasi link dan melacak lokasi orang yang mengklik, perangkat yang digunakan, hingga bahasa sehari-hari mereka sekalipun.

Menariknya, versi gratis BL.INK menawarkan hampir semua fitur yang mereka miliki. Namun, terbatas hanya kepada satu pengguna dan 1,000 klik per link saja. Jika bisnis Anda masih kecil, versi gratis BL.INK ini bisa dicoba.

Oh ya, BL.INK juga mempunyai fitur bernama Smart Link. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat link berdasarkan keyword populer, sehingga bisa menarik trafik lebih banyak dan meningkatkan conversion rate.

Conversion rate ini sangat penting karena bisa menjadi petunjuk apakah bisnis Anda untung atau tidak. Anda bisa membaca perihal conversion rate lebih jauh di artikel → Apa Itu Conversion Rate dan Cara Optimasinya

Fitur unggulan:

  • Versi gratis yang menawarkan hampir semua fitur yang tersedia. Namun, terbatas kepada satu pengguna dan 1,000 klik per link.
  • Dashboard user friendly. Anda tak akan kebingungan untuk mencoba semua fitur dari BL.INK.
  • Smart Link yang memungkinkan Anda membuat link berdasarkan keyword populer. Ini tentunya bisa menarik trafik lebih banyak dan meningkatkan conversion rate.

6. T2M

situs short URL terbaik T2M

Satu lagi situs short URL terbaik dengan fitur lengkap. T2M memiliki dashboard di mana Anda bisa melihat berbagai statistik data. Dashboard ini mempermudah Anda melakukan analisis performa dari berbagai link yang telah diperpendek.

T2M juga menawarkan kustomisasi URL yang bisa Anda atur kadaluwarsanya, memperpendek banyak link sekaligus, dan membagikan link ke media sosial cukup dengan satu klik saja.

Salah satu fitur unik T2M yang yang jarang ada di situs short URL lain adalah Custom Analytic Reports. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meminta laporan statistik yang tidak disediakan di dashboard bawaan.

Anda bisa meminta alamat IP orang yang mengklik, browser yang digunakan, seberapa sering orang itu mengkliknya, dan masih banyak lainnya. Anda tinggal minta saja laporan custom yang diinginkan kepada customer support T2M.

Dengan fitur yang melimpah tersebut, sayangnya T2M tidak menawarkan versi gratis atau free trial sekalipun. Versi termurah adalah paket Basic yang bisa Anda nikmati selamanya dengan membayar $ 5.

Fitur unggulan:

  • Dashboard dengan berbagai statistik sehingga mempermudah Anda melakukan analisis performa link.
  • Kustomisasi URL yang bisa diatur tanggal kadaluawarsanya.

7. Polr

situs short URL Polr

Polr adalah situs short URL terbaik yang terkenal dengan fitur self-hosting. Fitur ini merupakan alternatif cara membuat short URL sendiri sesuai keinginan dengan gratis. Namun, karena fitur self-hosting ini pula, Anda harus paham mengenai PHP, Lumen, dan MySQL untuk menggunakan Polr.

Polr juga memiliki fitur yang mirip dengan situs short URL lain, seperti kustomisasi domain URL dan analisis performa link. Satu hal yang membedakan Polr adalah disediakannya demo terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran jelas sebelum memutuskan untuk mencobanya.

Fitur unggulan:

  • Self-hosting. Anda bisa membuat domain URL dengan nama brand sendiri secara gratis.
  • Disediakan demo. Anda bisa tahu lebih jelas apa itu Polr sebelum memakainya.

8. YourIs

situs short URL YourIs

Tak jauh berbeda dengan Porl, YourIs memungkinkan Anda untuk membuat domain URL sendiri dengan gratis karena adanya fitur self-hosting. Oleh karena itu, untuk menggunakan YourIs Anda harus menginstall dan menjalankannya di server pribadi.

YourIs menawarkan beberapa fitur yang tak kalah menarik seperti bisa membuat link privat atau link publik, melihat statistik performa link, dan masih banyak lainnya. Namun, tenang saja, walaupun punya banyak fitur, YourIs mengklaim bahwa ia enteng dan tidak akan membebani server Anda.

Fitur unggulan:

  • Self-hosting memungkinkan Anda membuat domain URL gratis.
  • Tidak membebani server.

9. EazyLink

EazyLink adalah platform dari Niagahoster yang membantu Anda untuk membagikan link sesuai kebutuhan. 

Menggunakan EazyLink, Anda bisa membagikan akun media sosial, toko online, portfolio, maupun link lainnya lewat satu link saja.

EazyLink Niagahoster sebagai alternatif short link

Tak hanya itu, EazyLink juga menawarkan berbagai manfaat seperti:

  • Menyusun link lebih mudah. Anda bebas mengatur urutan link dengan cara drag & drop saja;
  • Melihat informasi lengkap dan jelas performa link;
  • Bebas mendesain tampilan sesuka hati;
  • Bebas dan gratis menautkan link sebanyak mungkin.
EazyLink cocok untuk pemilik toko online dan influencer

Dibandingkan tools pemendek URL lainnya, EazyLink memang terlihat paling berbeda. Sebab, fokusnya memang untuk mendistribusikan berbagai link dengan mudah dan simple.

Daripada meringkas satu per satu link, lebih praktis untuk mengumpulkannya ke dalam satu link saja. Hanya dengan mengingat dan mengklik satu link saja, audiens Anda bisa mengakses berbagai halaman yang dibutuhkan.

Fitur unggulan:

  • Unlimited link sehingga Anda bebas menautkan link sebanyak-banyaknya;
  • Kustomisasi tampilan dengan berbagai warna dan desain;
  • Analytical tools yang menyediakan data konversi pengunjung untuk merencanakan strategi pemasaran.

10. Shorturl.gg

tools short link

Link shortener berikutnya, Shorturl.gg. Meskipun sama-sama pemendek URL, Shorturl.gg memiliki keunikan tersendiri. 

Alih-alih langsung membawa masuk pengguna ke halaman tertentu, link singkat yang dihasilkan justru membawa pengguna ke landing page seperti ini terlebih dahulu.

Landing page ini seperti halaman preview untuk memperlihatkan tampilan singkat halaman website sebelum benar-benar dibuka.

preview tools short link Shorturl.gg

Pada landing page tersebut, Shorturl.gg menampilkan ringkasan berisi judul dan meta description dari halaman website yang Anda inginkan. Sehingga, orang-orang bisa lebih memahami konteks halaman web sebelum masuk ke halaman aslinya.

Selain itu, cara ini juga menenangkan audiens Anda karena terkesan lebih aman. Sebab, mereka bisa melihat preview halaman tanpa harus masuk dulu. Jadi, potensi terkena phising pun juga lebih minim. 

Nah untuk melihat halaman aslinya, user hanya perlu mengklik tombol Click Here to Proceed.

Fitur Unggulan:

  • Link Management untuk megedit judul serta meta description halaman web;
  • Jumlah pemakaian short link tidak terbatas;
  • Link berlaku selamanya (tidak bisa kadaluarsa);
  • Menampilkan ringkasan halaman web;
  • Membagikan shorten link dengan mudah ke berbagai media sosial.

11. Short URL

Situs untuk shorten link Short URL

Walaupun punya nama mirip dengan Shorturl.gg, rupanya Short URL adalah tools shorten link yang berbeda.

Pemendek URL ini cocok bagi Anda yang ingin meringkas link dengan cepat dan sederhana. Sebab, Anda tinggal menaruh link saja pada kolom yang tersedia dan hanya butuh waktu sebentar sampai short link jadi.

Nah untuk menikmati fitur-fitur lainnya, Anda harus punya akun premium dulu. Dengan akun ini, Anda baru bisa mengantongi fasilitas seperti custom short link, dasbor multi-fungsi, analytics, dan banyak lagi.

Fitur unggulan:

  • Kolom pemendek URL yang sederhana dan mudah digunakan.

12. Cuttly

Cuttly untuk memendekkan link

Cuttly adalah tools shorten link yang cocok bagi pebisnis. Selain mempersingkat URL, Cuttly juga menyediakan berbagai fitur agar link Anda terlihat lebih kredibel dan bahkan performanya bisa dievaluasi.

Buktinya, Anda bisa custom link dengan menambah domain sendiri dan juga memantau statistik link lewat Link Analytics.

Fitur Link Analaytics dari Cuttly

Meski begitu, tetap ada batasan fitur antara versi gratis dengan yang berbayar. Pada akun premium, Anda bisa mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap. Misalnya, metrik analytics yang lebih detail.

Fitur unggulan:

  • Custom link dengan domain brand sendiri;
  • Link Analytics untuk menampilkan jumlah klik dan metrik lainnya;
  • Dashboard yang sederhana dan mudah dipahami.

13. Short.io

Short.io

Agak berbeda dengan link shortener yang sudah-sudah, untuk menggunakan Short.io Anda harus membuat akun terlebih dahulu.

Terdengar ribet? Eitts, tunggu dulu… Meskipun harus punya akun dulu, Short.io memberikan fitur menarik bahkan untuk versi gratisnya, yaitu Anda bebas memasukkan domain Anda ke dalam link.

Dasbor Short.io
custom domain link di Short.io

Tak berhenti di sana, Anda juga mendapat berbagai fasilitas menarik. Mulai dari melihat statistik link, melakukan campaign tracking dengan tag UTM, hingga link retargeting untuk menampilkan iklan relevan bagi siapapun yang mengklik URL Anda.

Fitur unggulan:

  • Data clickstream untuk menampilkan statistik pengguna yang mengklik link Anda;
  • Custom link dengan domain sendiri;
  • Melakukan campaign tracking untuk melacak performa link;
  • Link retargeting melalui Facebook Pixel dan AdRoll untuk menampilkan iklan relevan bagi orang yang mengklik link.

14. Linkly

Linkly untuk link shortener

Mirip seperti Short.io, Anda harus punya akun dulu untuk menggunakan Linkly. Menariknya, Linkly menawarkan dasbor sederhana dan multi-fungsi yang ramah bagi orang awam.

dasbor Linkly

Lewat dasbor ini, Anda bisa melakukan berbagai pengaturan link yang cukup detail. Misalnya saja, melakukan targeting berdasarkan device yang digunakan target audiens.

Tracker di Linkly

Bagi Anda yang memiliki versi halaman web berbeda, untuk mobile (AMP) dan desktop misalnya, tentu ini menguntungkan. Sebab dengan menggunakan link yang sama, Anda tetap bisa memaksimalkan user experience pengunjung di berbagai device.

Retargeting di Linkly

Selain itu, Anda juga bisa memantau performa link secara real-time. Agar lebih praktis, Linkly juga menampilkan grafik pada daftar laporan. Sehingga, Anda tak usah mengklik satu per satu report untuk melihat grafiknya.

Monitoring performa link

Fitur unggulan:

  • Custom domain sendiri;
  • Melakukan targeting dengan berbagai metrik (lokasi dan device pengguna);
  • Melacak performa link secara real-time;
  • Menampilkan sparkline/grafik dalam satu halaman report yang sama.

15. PixelMe

PixelMe

Selanjutnya, ada PixelMe. Bagi Anda yang memiliki bisnis, terutama berdagang lewat Amazon, link shortener ini cukup layak dicoba.

Setelah Anda mendaftarkan akun secara gratis ke pemendek URL ini, Anda akan mendapatkan dasbor untuk mengelola link-link website Anda. 

Dan tak hanya bisa meringkas link dan memantau analytics-nya, PixelMe memungkinkan Anda menghubungkan akun Amazon dan membuat iklan lewat dasbor yang sama. 

Dasbor ads di PixelMe

Selain itu, Anda juga bisa membuat micro-website yang berisi kumpulan link dari beberapa halaman website. Mulai dari situs bisnis, channel YouTube, akun media sosial, dan banyak lagi. Yang mana, ini membuat bisnis Anda lebih fokus dan memudahkan calon pelanggan menjelajahi halaman yang mereka butuhkan.

OneLink PixelMe

Fitur unggulan:

  • Ad launcher untuk mengintegrasikan akun Amazon sekaligus membuat iklan dan memantau performanya;
  • PixelMe One Link yang berfungsi membuat micro-website tanpa pemahaman coding.

16. Smart URL

Smart URL

Seperti namanya, SmartURL memang link shortener yang cukup pintar. Tidak hanya mampu memendekkan link, SmartURL juga menyajikan berbagai fitur yang mampu mendukung kebutuhan bisnis Anda. Terutama, untuk melakukan promosi yang lebih spesifik.

Misalnya saja, membuat link pendek sekaligus mengatur negara tujuan dan device yang digunakan. Tentunya, ini membantu Anda supaya link bisa mengarahkan target pasar ke halaman yang tepat. Seperti katalog produk khusus pengguna dari Indonesia.

Pengaturan Smart URL

Fitur unggulan:

  • SmartURL untuk mengarahkan pengunjung link menuju halaman web yang sesuai dengan negara dan device yang mereka gunakan;
  • Pivot yang berfungsi membuat landing page dan mampu menyembunyikan link yang tidak kompatibel dengan lokasi pengguna;
  • Flex untuk melakukan retargeting audiens berdasarkan negara dan perangkat yang digunakan;
  • Events untuk mempromosikan kampanye marketing berdasarkan lokasi calon konsumen.

17. URL Shortener (Extension)

Dari tadi, Anda sudah mengumpulkan berbagai situs short link terbaik dan gratis. Tapi kalau Anda lebih sering memakai laptop/komputer dan ingin pemendek URL yang praktis, URL Shortener Extension layak Anda coba.

URL Shortener Extension memungkinkan Anda meringkas link tanpa perlu membuka website tertentu. Sebab, ekstensi ini dipasang pada web browser sehingga Anda bisa langsung menggunakannya.

Nah kalau Anda tertarik, silakan download Url Shortener dari Chrome Web Store. Untuk menggunakan ekstensi short link ini, cukup klik icon-nya.

Ekstensi URL Shortener

Setelah itu, Anda tinggal meng-copy ataupun custom short link tersebut sesuai keinginan.

menggunakan ekstensi URL Shortener

Fitur unggulan:

  • Bisa dipasang pada web browser (khusus dekstop);
  • Pemakaian simple dan praktis karena bisa langsung digunakan;
  • Custom link sesuai keinginan.

Manfaat Memakai Situs Short URL 

Anda mungkin berpikir kalau memperpendek link itu seperti langkah ekstra yang tak perlu. Namun, ternyata ada beberapa manfaat memakai situs short URL lho. Salah satunya adalah untuk mengetahui performa suatu link. Berikut lima manfaat memakai situs short URL:

1. Kustomisasi URL

Website link shortener memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi link sesuai keinginan. Jadi, ini bisa Anda manfaatkan untuk memasukkan nama brand Anda di link pendek tersebut.

kustomisasi URL untuk situs short URL terbaik

Bisa Anda lihat di gambar di atas, bahwa brand Lamborghini membuat short URL lam.bo. Hal ini tentu menjadikan link tersebut unik dan mudah diingat oleh para follower akun Lamborghini. Selain itu, link pendek dengan brand mendapatkan 39% lebih banyak diklik dibandingkan link pendek biasa, lho.

Banyak situs short URL yang mempunyai fitur untuk melacak dan menganalisis performa link yang dipendekkan. Anda bisa melihat laporan CTR, mengetahui dari mana saja lokasi orang yang mengklik, dan masih banyak lainnya.

Data laporan tersebut bisa dianalisis untuk mengetahui performa digital marketing bisnis Anda. Ini tentu saja membantu Anda untuk merancang strategi digital marketing yang lebih baik lagi kedepannya.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing?

Link yang sangat panjang itu susah dihafalkan. Tidak percaya? 

Coba mudah mana menghafalkan link ini: 

https://www.nytimes.com/interactive/2018/09/25/climate/scotland-orkney-islands-sea-level.html?action=click&module=Top%20Stories&pgtype=Homepage

Atau link ini: 

bit.ly/NH-bisniskreatif

Selain mudah dihapalkan, URL yang pendek juga mengurangi kemungkinan salah ketik. Ingat! Salah satu karakter saja akan membuat link tersebut menjadi broken link. Akibatnya, halaman website tak bisa diakses oleh siapapun dan Anda kehilangan traffic.

4. Lebih Profesional dan Bisa Dipercaya

Saat Anda membagikan link panjang ke orang-orang, link itu bisa terlihat sebagai link yang tidak profesional dan tak terpercaya. Orang-orang ragu mengklik link tersebut karena merasa asing dan aneh dengan banyaknya jumlah karakter.

Situs short URL bisa merubah link Anda menjadi link yang jelas dan enak dipandang. Sehingga membuat orang-orang lebih yakin untuk mengkliknya. 

5. Sangat Cocok untuk Media Sosial

Setiap platform media sosial mempunyai batas berapa banyak karakter yang bisa Anda ketik. Misalnya, di Twitter 280 karakter dan LinkedIn 600 karakter.  Jadi, jika Anda ingin memasukkan suatu link di postingan, link yang pendek bisa sangat membantu agar tak melebihi batas karakter.

Siap Menggunakan Situs Short URL Terbaik?

Sekarang, Anda sudah mengetahui berbagai pemendek URL terbaik. Mulai dari situs, extension, hingga platform khusus untuk mengumpulkan semua link jadi satu.

Tapi yang tidak kalah penting dari link singkat, yaitu bagaimana cara Anda mendistribusikannya secara efektif. Terutama bagi Anda yang punya bisnis, atau mungkin bekerja sebagai influencer. 

Jika Anda hanya ingin membagikan satu halaman website, menggunakan situs dan ekstensi link shortener adalah pilihan tepat.

Namun kalau mau yang lebih praktis dan bisa membagikan banyak link sekaligus, menggunakan platform seperti EazyLink jauh lebih tepat.

Lewat satu klik saja, audiens Anda bisa mengakses berbagai halaman yang mereka butuhkan. Mulai dari website, media sosial, akun YouTube, dsb. Jadi, Anda pun tak usah repot membagikan satu per satu link. Mudah dan praktis, bukan?

Jadi, apa tools pemendek URL favorit Anda?

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

One Reply to “17 Situs Short URL Terbaik untuk Memperpendek Link”

  1. sangat berguna sekali artikel Cara Memperpendek Link URL terbaik pokoknya niaga hoster min

Leave a Reply

Your email address will not be published.