Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Apa Itu Bitly? Pengertian dan Cara Membuat Bit.ly dengan Mudah

4 min read

featured image cara membuat Bitly

Anda pernah ingin berbagi konten di media sosial, tapi postingannya kurang menarik karena link-nya terlalu panjang? Kalau benar, coba gunakanlah Bitly.

Dengan layanan tersebut, Anda bisa memperpendek link dengan praktis. Nah,  apa itu Bitly dan bagaimana cara membuat Bit.ly untuk kebutuhan promosi Anda?

Tenang, semuanya akan dibahas lengkap di artikel ini. Yuk, simak!

Apa Itu Bitly?

Bitly adalah website yang menyediakan layanan untuk menyingkat link atau tautan.

Katakanlah, Anda memiliki link halaman produk seperti ini: tokokita.com/celana-panjang-pria-polos-bahan-denim. Nah, dengan Bitly, Anda bisa memperpendeknya menjadi bit.ly/sO82lgT, atau bahkan bit.ly/CelanaDenim.

Selain mudah diketik dan diingat, link yang pendek lebih terlihat rapi saat digunakan di postingan media sosial, bukan? Misalnya, di story Instagram.

Apalagi di beberapa platform seperti Twitter masih ada batasan jumlah karakter di postingan dan informasi akun. Jadi, peran layanan seperti Bitly tentu sangat diperlukan.

Yang paling penting, dengan link yang pendek, fokus postingan bisa lebih ke pesan yang ingin Anda sampaikan, sehingga akan lebih mudah dipahami pembaca. Inilah contoh penggunaan Bitly di akun Twitter penyedia web hosting murah Niagahoster:

contoh penggunaan Bitly di Twitter Niagahoster sebagai pengenalan apa itu Bitly

Menariknya, Bitly bisa Anda gunakan secara gratis. Atau, Anda bisa memilih paket berbayar mulai dari $35/bulan untuk mendapatkan  fitur-fitur yang lebih canggih, seperti:

  • Memasang domain sendiri agar link bisa menggunakan brand Anda. Misalnya tokoki.ta/CelanaDenim.
  • Menyingkat banyak link sekaligus untuk menghemat upaya dan waktu Anda.
  • Mengatur redirect agar Anda bisa mengalihkan link ke halaman tujuan yang diinginkan.

Nah, setelah tahu apa itu Bitly, mari belajar cara membuat Bit.ly.

Cara Membuat Bit.ly

Cara membuat Bitly link sangat mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:
1. Akses Bitly dan klik Sign up Free di pojok kanan atas halaman utama.

klik tombol sign up Bitly sebagai bagian cara membuat Bitly

2. Klik Get Started pada paket yang diinginkan. Di panduan ini, kami memilih paket gratis.

memilih paket Bitly sebagai bagian pengenalan apa itu Bitly

3. Masukkan username, alamat email, dan password Anda. Atau, Anda juga bisa sign up dengan akun Google.

mendaftar di form sign up Bitly sebagai bagian cara membuat Bit.ly

Baca Juga: Cara Membuat Email di HP dan Laptop Kurang dari 5 Menit

5. Verifikasi akun Anda melalui email yang dikirimkan oleh Bitly. Setelah itu, Anda akan dibawa ke  dashboard akun Anda.

6. Klik Create di pojok kanan atas untuk menyingkat link.

tombol create link Bitly

7. Di sisi kanan layar akan muncul sidebar dengan beberapa kolom. Nah, masukkan link yang ingin Anda ringkas di kolom enter long URL.

menyingkat link di Bitly sebagai pengenalan cara membuat bit.ly

Jika ingin bisa memantau performa link melalui Google Analytics, isi kolom Source, Medium, dan Campaign. Kemudian, klik Create.

8. Ketika muncul popup sidebar lagi, isikan informasi berikut:

  • Judul link
  • Kustomisasi bagian belakang link
  • Tag
mengubah judul dan URL Bitly sebagai pengenalan apa itu Bitly dan cara membuat bit.ly

Memberi judul dan tag akan mempermudah Anda mencari dan menyaring tautan-tautan Anda nantinya. Sedangkan kustomisasi bagian belakang link membantu Anda untuk menjelaskan informasi utama link tersebut. Misalnya, bit.ly/CelanaDenim.

Kalau sudah, bagikan link dengan klik tombol Copy atau Share yang ada di atas teks Edit Link. Anda juga bisa membagikan dengan QR Code, tetapi harus berlangganan paket berbayar Bitly.

Dengan melakukan langkah-langkah tadi, Anda sudah berhasil menerapkan cara membuat Bit.ly link. Mudah, bukan?

Lalu, kenapa harus menggunakan Bitly? Apa saja sih kelebihan Bitly? 

6 Kelebihan Bitly

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan cara menggunakan Bitly:

1. Bisa Digunakan Secara Gratis

Anda bisa mulai menggunakan Bitly secara cuma-cuma. Fitur-fitur di paket gratisnya pun sudah cukup untuk kebutuhan memperpendek tautan. 

2. Bisa Kustomisasi Link

Langkah cara menggunakan bitly akan otomatis  menyingkat tautan Anda menjadi beberapa karakter acak. Namun, Anda juga bisa mengubahnya sesuai keinginan.

Misalnya, jika link Anda berisi daftar produk yang sedang didiskon, Anda bisa mengubah link Bitly menjadi bit.ly/DiskonDesember.

3. Dapat Memantau Performa Link

Bitly menyediakan fitur analytics untuk membantu Anda memantau performa link. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui berapa kali link diklik, dibagikan, dan lokasi orang yang melakukannya.

4. Bisa Diintegrasikan dengan Layanan Lain

Anda bisa menghubungkan Bitly dengan layanan lain, seperti media sosial atau tools marketing, melalui API. Dengan melakukannya, Anda bisa menyingkat link dengan Bitly dari platform yang dihubungkan tanpa perlu mengakses dashboard Bitly.

5. Lebih Aman karena Link Menggunakan HTTPS

Link yang Anda ringkas dengan Bitly dienkripsi dengan protokol HTTPS. Dengan begitu, lebih aman dari upaya pencurian informasi yang dilakukan oleh peretas.

6. Bisa Menyingkat Link Sebanyak yang Dibutuhkan

Versi gratis Bitly bisa digunakan untuk menyingkat 100 link setiap bulannya. Jumlah itu sudah cukup banyak bagi Anda yang membagikan tautan secara rutin.

Mengapa Harus Menyingkat Link?

Inilah keuntungan menggunakan layanan untuk menyingkat link seperti Bitly:

1. Tampilan Link Lebih Rapi

Seringkali, Anda tidak bisa menghindari link yang panjang di halaman produk atau posting blog Anda. Sebagai contoh,  tokokita.com/celana-panjang-pria-polos-bahan-denim.

Padahal ketika ingin menggunakannya untuk promosi di media sosial, haruslah enak dipandang. Itulah kenapa merapikan link dengan versi yang lebih pendek bisa menjadi solusi.

2. Link Terlihat Profesional

Link yang panjang dengan banyak huruf, angka, dan simbol yang berdempetan terlihat kurang profesional. Jadi, kalau dipaksakan penggunaannya, akan membuat audiens ragu untuk melakukan klik.

Beda cerita kalau Anda memperpendek dan mengkustomisasi linknya, seperti bit.ly/CelanaDenim. Karena lebih jelas dan profesional, audiens bisa lebih yakin untuk klik link tersebut.

3. Meminimalkan Kesalahan Penulisan Link

Ketika menyalin link yang panjang, seperti tokokita.com/celana-panjang-pria-polos-bahan-denim, bisa jadi ada huruf atau karakter yang terlewat. Hasilnya, tautan yang Anda bagikan tidak bisa diakses.

Itulah kenapa link yang pendek seperti bit.ly/CelanaDenim akan mudah dicek untuk menghindari kesalahan penulisan.

4. Cocok untuk Membagikan Link ke Media Sosial

Media sosial tertentu, seperti Twitter, sangat membatasi jumlah karakter di setiap postingan.  Kalau Anda membagikan link yang panjang, ruang untuk pesan Anda jadi semakin terbatas.

Nah, kalau tautan yang ingin dibagikan pendek, Anda jadi lebih leluasa menulis postingan, bukan?

5. Memudahkan Pemantauan Performa Link

Layanan untuk menyingkat link seperti Bitly memiliki fitur analytics untuk mengetahui efektifitas link, seperti berapa kali tautan tersebut dibagikan dan diklik.

Data seperti itu penting dalam pemasaran digital untuk mengukur keberhasilan dan menentukan strategi marketing yang tepat.

Misalnya, Anda membagikan dua link ke produk di website Anda. Link pertama yang berupa karakter acak, seperti bit.ly/asD02jH, hanya mendapatkan beberapa klik. Sementara itu, link kedua yang sudah dibuat deskriptif, bit.ly/CelanaDenim, menghasilkan puluhan klik.

Dengan mengetahui jumlah klik kedua link, Anda jadi tahu mana format tautan yang lebih efektif, bukan?

Sudah Paham Cara Buat Bit.ly?

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui apa itu Bitly dan keunggulannya. Selain itu, Anda juga sudah belajar cara membuat bit.ly dengan mudah.

Dengan Bitly, upaya pemasaran Anda secara online, terutama melalui social media marketing tentu semakin efektif, ya. Link promosi Anda jadi terlihat rapi untuk ditempatkan di postingan maupun di informasi profil.

Sayangnya, Bitly hanya cukup efektif untuk kebutuhan menyingkat link. Bagaimana jika Anda ingin memasang beberapa link sekaligus di informasi profil? 

Nah, kalau Anda punya website, akun marketplace, atau media sosial, dan ingin menampilkan link semuanya dalam satu halaman yang menarik, EazyLink Niagahoster bisa jadi pilihan Anda.

EazyLink mengemas semua link Anda dalam satu tautan singkat berupa sebuah landing page menarik. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk tujuan promosi brand atau produk, baik untuk bisnis maupun profesional.

tampilan EazyLink

Yang tak kalah menarik, tautan EazyLink bisa Anda kustomisasi sesuai dengan brand Anda atau kampanye produk tertentu. Dengan begitu, audiens bisa langsung memahaminya dengan mudah.

contoh penggunaan EazyLink

Tidak berhenti di situ, kustomisasi tampilan landing page-nya tinggal klik dan geser. Anda bahkan bisa menyesuaikannya dengan warna brand Anda.

EazyLink Niagahoster

Selain itu, EazyLink dilengkapi fitur analytics seperti Bitly. Jadi, Anda bisa mengetahui efektifitas semua tautan yang Anda tampilkan.

Menarik, kan? Yuk, coba EazyLink Niagahoster sekarang untuk meningkatkan upaya promosi bisnis Anda!

Aldwin Nayoan Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Leave a Reply

Your email address will not be published.